Kamis, 21 Januari 2016

Tips Memilih SD Negeri atau SD Swasta


Memutuskan diantara sekolah negeri atau swasta itu bukan hal yang mudah, karena setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi kalo ternyata banyak hal yang harus dipertimbangkan dan banyak masukan dari sana sini tentang sekolah inceran. Siap2 deh bikin bingung ayah bundanya...;-)

Disini aku sharing yah saat mencari sekolah buat Zaki soalnya Zaki kena umur nanggung alias lahir bulan November. Jadi nanti SD nya saat usia 6 tahun 8 bulan per Juli...;-)

Sebenernya udah ngebayangin, Zaki sekolah di SD negeri tempat aku sekolah dulu karena deket sama rumah. Ngebayangin bisa anter tiap hari dan sempet lewat beberapa kali muterin sekolahnya dan mulai tanya2. Ternyata untuk SD negeri penerimaannya berdasarkan tanggal lahir nanti. Semakin matang usia anak, semakin besar peluang diterima di sekolah tersebut. Mulai deh deg2an dari sekarang. Hahahaa...;-)

Akhirnya untuk menenangkan hati, kita mulai cari-cari sekolah yang lain. Dan pilihannya jatuh ke SDIT ( Sekolah Dasar Islam Terpadu ). Beberapa sekolah ada yang ga begitu jauh dari rumah dan lagi-lagi bingung karena harus menentukan yang mana ?

Saat survei ke sekolahnya, aku liat2 sekelilingnya dan mungkin ini beberapa tips saat memilih SD negeri atau SD swasta :
 
1. Waktu belajar
Mulai jam berapa dan berakhir jam berapa. Ini untuk estimasi harus siap2 dari rumah jam berapa, bangun jam berapa, dll.

2. Lokasi
Gimana rutenya, jauh atau deket dari rumah. Banjir ga, macet ga, dll.

3. Lingkungan sekolah
Apakah sekolahnya, kelasnya, kamar mandinya, dll bersih.

4. Kegiatan sekolah
Kegiatan apa ajah yang nanti akan dilaksanakan 1 tahun ke depan.

5. Biaya
Apakah gratis atau ada biaya lainnya.

Kalo ternyata dari ke 4 hal ini, teteup bikin bingung juga. Mungkin bisa balik lagi ke kebutuhan dan kata hati masing2 nanti. Soalnya kadang ada beberapa pendapat yang berbeda tiap masing2 orang.

Misalnya : ada yang bilang sekolah A bagus, tapi ada juga yang bilang sekolah A ga bagus, dll

Dan dari hasil survei kemaren, SDIT ada banyak kegiatan ekstrakurikuler, sholat berjamaah, hapalan al qur'an, kunjungan edukasi, dll.

Jadiii, mau di sekolah negeri atau swasta. Smoga dapet pencerahan yah. Aamiin...;-)

Ibu-ibu cantik yang punya pengalaman saat memilih sekolah anaknya, mungkin bisa sharing disini juga yah tipsnya. Makasiiiii...;-)


Sumber foto :
https://zaldyogawa.wordpress.com

3 komentar:

Dr Oz Indonesia mengatakan...

memilihkan sekolah untuk anak memang harus hati-hati, agar anak bisa sekolahh dengan baik. Salam Dr Oz Indonesia

Rachman Al Fatth mengatakan...

SD negeri atau swasta tentu adalah pilihan yang harus dipilih oleh orang tua secara bijak ;)

Nurul Sufitri mengatakan...

Halo mbak Abyzka 😊 slm kenal. Memang kita penuh pertimbangan ya saat memilih sekolah untuk anak2 kita..apalagi TK dan SD itu langkah awal buah hati kita dlm dunia pendidikan ya.