Senin, 15 Agustus 2016

Sekolah Baruku

Sebenernya ini cerita bulan Juli kemaren, masih belum telat2 banget deh yaa daripada blog ini sepi terus. Hahahaa...

Jadi waktu duo Z mulai sekolah, kita berdua udah mulai atur2 waktu berangkatnya, jam berapa bangunnya, bawa bekal apa ajah, dll nya. Alhamdulillaah lokasi sekolahnya ga terlalu jauh jadi bisa estimasi waktu berangkat dari rumah.

Dan akhirnya hari pertama sekolah bawaannya pengen membelah diri jadi 2, biar bisa nemenin Zaki dan bisa nemenin Zulfa juga. Hahahaa apa daya ga bisa. Jadinya aku nemenin Zaki dan si Ayah nemenin Zulfa. 







Udah langsung deh titip pesen sama Ayah buat foto2 disekolah Zulfa hari pertama dan berakhir dengan Zulfa tampak belakang. Lumayan daripada ga ada foto sama sekali yaa. Hahahaa dan alhamdulillaah juga ga pake drama-drama nyariin Ayah Bundanya, jadi aman hari pertama dst...



Smoga mereka seneng terus di sekolahnya, jadi anak sholeh sholehah baik budi pekerti dan baik akhlaknya yaa anak-anakku sayang...

Ayah Bunda love u...

Dan WA grup pun nambah 2 grup. Soalnya kalo anaknya temenan, emaknya otomatis juga bakalan sahabatan terus sampe beberapa tahun ke depan. Langsung ganti nama di WA jadi nama anak dan kelasnya. Hahahaa...


Tinggal sama emak-emak di sekolahnya Zulfa niy yang belum pernah ketemuan sama sekali. Ngobrolnya baru di WA grup ajah. Smoga ada kesempatan silaturahmi pas ada acara sekolah nanti. Aamiin...

Hari pertama sekolah kalian gimana ? Smoga jadi cerita yang tak terlupakan juga yaa...

Senin, 20 Juni 2016

Tips Mengenalkan Puasa ke Anak

Alhamdulillaah tahun ini adalah tahun pertamanya Zaki belajar berpuasa. Saat hari pertama, aku langsung bilang ke Zaki kalo puasanya sampe Magrib ajah dan mungkin Zaki nya juga kaget kok ga makan minum dalam waktu yang cukup lama. Dan dia pun lupa, ga sengaja makan permen. Pas emutan pertama trus inget lagi puasa. Akhirnya permennya dibuang.

Godaan terbesar juga dari Zulfa soalnya kadang dia ngemil di depan kakaknya. Jadi Zakinya juga pengen ikutan ngemil juga. Dan hari pertama, lupa kalo lagi puasa. Soalnya pas Zulfa minum UHT, Zaki ikutan nyobain juga. Tapi abis itu lanjut lagi puasanya. Hahahaa gpp deh masih adaptasi, belajar pelan-pelan biar ga kaget banget yah kak.

Trus sahurnya gimana ? Aku coba bangunin dan dia sukses BT. Makan pun cuma 3 suap, abis shubuh lanjut tidur lagi. Tapi aku ga berhenti nyoba, aku ajak terus Zaki sahur dengan jam yang sama dan waktu tidur yang pengennya lebih awal, tapi belum bisa. Soalnya abis taraweh, bocahnya nonton sebentar trus main lego nya. Hahahaa penuh perjuangan yah ibu-ibu.



Dan aku sadar, mengenalkan anak tentang puasa bukan hal yang mudah, karena harus menghadapi :
  • Kemarahannya saat dibangunin untuk sahur
  • Ketidaksabarannya menunggu waktu berbuka, dengan menanyakan jam terus-menerus
  • Mimik muka yang bikin ga tega saat mereka mengeluh lapar dan haus
 
Alhamdulillaah ternyata smuanya butuh waktu dan proses :
  • Dari yang BT dibangunin sahur, sekarang jadi ga marah-marah lagi krn tau manfaat dan berkah sahur
  • Dari yang makan cuma 3 suap, sekarang udah mau 5 suap lebih
  • Dari berbuka jam 12, lanjut puasa lagi sampe magrib dan terus jam berbuka yang mundur terus tiap harinya. Alhamdulillaah minggu, 19 Juni 2016 ( 14 Ramadhan ) Zaki udah full puasanya sampe Magrib hingga hari ini
  • Dari yang ngeluh lapar dan haus, akhirnya sekarang bisa cari kegiatan untuk ngisi waktu luangnya dengan bermain, istirahat, cerita, dll hingga magrib.
Cuma pengen puasa kali ini dijalani Zaki dengan bahagia biar tambah semangat lagi ke depannya.

Dan ini Tips mengenalkan Puasa ke anak yah : 
  • Orangtua dan anak telah siap
  • Ceritakan manfaat tentang puasa, pahalanya, perintah Allah SWT, kapan waktu sahur, kapan waktu berbuka, dll. Anak akan belajar hakikat lapar haus dan belajar tentang waktu juga
  • Jam berbuka nya diliat dari kondisi anaknya dan mundur pelan-pelan
  • Jangan ada paksaan biar si anak jalanin puasa nya dengan senang. Nti sambil dikasih dorongan juga biar dia tambah semangat jalanin puasanya
  • Kitanya juga sabar dan konsisten saat ngenalin hal-hal baiknya. Yakin deh suatu saat mereka pasti inget terus hal-hal baik yang kita ajarkan ke mereka

Dan jangan lelah mengenalkan hal-hal baik pada anak-anak kita yah karena merekalah jalan kita menuju surga.

Semangattttt yah para Ayah Bunda...

Senin, 13 Juni 2016

2 Tahun Tlah Berlalu

Apa kabar semuanyaaaa ? Smoga sehat-sehat yah. Aamiin. Udah lama rasanya ga nulis di blog ini. Hihihi...

5 Juni 2016, alhamdulillaah Ayah sama Bunda bisa dateng ke acara wisudanya si kakak. Dan kali ini Zaki ga tampil menari soalnya dari rumah langsung pake baju toga. Jadi pas sampe langsung disuruh duduk manis ajah sampe acara puncaknya. Untuk yang mengisi pentas seni dan acara lainnya temen2nya kelas TK A dan TPA nya.






Rasanya gimana ? Campur aduk antara haru dan bahagia jadi satu kalo anak Ayah Bunda sebentar lagi mau SD. Dan setelah melewati beberapa tahapan test di 2 sekolah, alhamdulillaah Zaki masuk di SD yang insyaAllah bikin Zaki seneng disana dan ga terlalu jauh juga dari rumah.

Trus acara wisudanya sendiri jadi moment tak terlupakan. Karena ada saat dimana Zaki nyanyi 'Lagu Untuk Mama' trus bawa bunga dan ngasih ke Bundanya. Pas Zaki dkk nyanyi itu udah dipastiin air mataku netes satu-persatu. Begitu cepat yaa waktu berlalu.




Dan kita lanjut salam-salaman sama para Guru dan temen2ku sesama orangtua murid. Yaa...pasti akan sangat merindukan kalian...




 

Smoga perpisahan yang sementara ini bikin silaturahmi kita terus terjaga yaa ibu-ibu. Aamiin...

Trima kasih atas 2 tahun yang tak terlupakan bersama kalian...

Kamis, 21 Januari 2016

Tips Memilih SD Negeri atau SD Swasta


Memutuskan diantara sekolah negeri atau swasta itu bukan hal yang mudah, karena setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi kalo ternyata banyak hal yang harus dipertimbangkan dan banyak masukan dari sana sini tentang sekolah inceran. Siap2 deh bikin bingung ayah bundanya...;-)

Disini aku sharing yah saat mencari sekolah buat Zaki soalnya Zaki kena umur nanggung alias lahir bulan November. Jadi nanti SD nya saat usia 6 tahun 8 bulan per Juli...;-)

Sebenernya udah ngebayangin, Zaki sekolah di SD negeri tempat aku sekolah dulu karena deket sama rumah. Ngebayangin bisa anter tiap hari dan sempet lewat beberapa kali muterin sekolahnya dan mulai tanya2. Ternyata untuk SD negeri penerimaannya berdasarkan tanggal lahir nanti. Semakin matang usia anak, semakin besar peluang diterima di sekolah tersebut. Mulai deh deg2an dari sekarang. Hahahaa...;-)

Akhirnya untuk menenangkan hati, kita mulai cari-cari sekolah yang lain. Dan pilihannya jatuh ke SDIT ( Sekolah Dasar Islam Terpadu ). Beberapa sekolah ada yang ga begitu jauh dari rumah dan lagi-lagi bingung karena harus menentukan yang mana ?

Saat survei ke sekolahnya, aku liat2 sekelilingnya dan mungkin ini beberapa tips saat memilih SD negeri atau SD swasta :
 
1. Waktu belajar
Mulai jam berapa dan berakhir jam berapa. Ini untuk estimasi harus siap2 dari rumah jam berapa, bangun jam berapa, dll.

2. Lokasi
Gimana rutenya, jauh atau deket dari rumah. Banjir ga, macet ga, dll.

3. Lingkungan sekolah
Apakah sekolahnya, kelasnya, kamar mandinya, dll bersih.

4. Kegiatan sekolah
Kegiatan apa ajah yang nanti akan dilaksanakan 1 tahun ke depan.

5. Biaya
Apakah gratis atau ada biaya lainnya.

Kalo ternyata dari ke 4 hal ini, teteup bikin bingung juga. Mungkin bisa balik lagi ke kebutuhan dan kata hati masing2 nanti. Soalnya kadang ada beberapa pendapat yang berbeda tiap masing2 orang.

Misalnya : ada yang bilang sekolah A bagus, tapi ada juga yang bilang sekolah A ga bagus, dll

Dan dari hasil survei kemaren, SDIT ada banyak kegiatan ekstrakurikuler, sholat berjamaah, hapalan al qur'an, kunjungan edukasi, dll.

Jadiii, mau di sekolah negeri atau swasta. Smoga dapet pencerahan yah. Aamiin...;-)

Ibu-ibu cantik yang punya pengalaman saat memilih sekolah anaknya, mungkin bisa sharing disini juga yah tipsnya. Makasiiiii...;-)


Sumber foto :
https://zaldyogawa.wordpress.com