Rabu, 26 Maret 2014

Cerita Umroh di Madinah

Jumat, 21 Februari 2014 ( Hari pertama di Madinah) :

Kita mencoba masuk ke dalam area masjidnya dan ternyata Askar wanitanya cukup ketat karena sama sekali ga boleh membawa HP berkamera ke dalam. Dan aku naro HP nya kurang tersembunyi di tas, jadi ga boleh masuk. Akhirnya aku coba selipin HP tadi agak ke dalam tas dan mencoba masuk lagi lewat pintu berbeda. Alhamdulillah lolos. He5 senangnya..., walopun pake acara deg2an sgala ini...;-)

Sampe di dalam, dibikin TAKJUB lagi. Ada banyak galon2 berisi zamzam dan gelas di sampingnya untuk para jamaah yang sholat. Dan aku pun mengisi botolku untuk persediaan air jaga2 kalo haus karena kalo ngisi botolnya setelah waktu sholat, antriiiiii banget. He5. Jadi aku siasati sebelum sholat ajah ngisinya karena masih sepi. Trus ternyata, kubah di masjid Nabawi ini bisa tertutup otomatis saat udaranya lagi panas2nya. Jadi kita yang lagi duduk menanti waktu sholat Dzuhur dibuat TAKJUB lagi. Dan disini, melihat banyak pemandangan, anak2 yang digendong ibunya saat sholat, wanita2 yang selalu berzikir menggunakan tasbihnya dan banyak juga yang membaca Al-Quran sambil menanti waktu sholat. Ah, indah sekali pemandangannya. Betapa akan sangat merindukan saat2 seperti ini lagi pastinya. Walopun godaan terbesar saat membaca Al-Quran adalah NGANTUK banget. Hiks. *ganjel mata*.  

 
Dan langsung jatuh cinta sama kota ini karena saat adzan berkumandang semua menuju mesjid Nabawi, penjual souvenir di sekitar mesjid meninggalkan barang dagangan mereka, toko jam, toko emas, toko baju, semua buka tapi ga ada penjualnya. Bahkan mereka bisa bilang 'sholat dulu' ke calon pembeli mereka. Dan aktifitas saat adzan hanya 'menuju mesjid'. Seneng banget kali yah kalo tinggal disini...;-)
Malemnya, satu rombongan kita semua, mencoba untuk ke Raudhoh ( tempat mustajab untuk berdoa, ditandai dengan karpet hijau di area masjidnya ). Untuk malam hari dibuka mulai jam 9 malam dan masuk dari pintu ke 25 untuk wanitanya. Kalo cowonya mah bebas kapan ajah masuknya *iriberat*. Dan ya ampuuunnnn, orang2 Iran, Turki, dll itu masuknya ga pake antri. Rata2 mereka menggunakan baju abaya hitam2 dan cadarnya. Dan untuk orang Asia, dll harus ANTRI dulu menuju Raudhohnya dengan beberapa tahapan. He5 pengalaman baru deh niy...;-)

 Antrian menuju Raudhoh, diliat dari pintu Doraemon

Tapi tiba2 Tante Melly mulessssss, ga bisa di tahan lagi. Dan aku, Tante Melly bareng ustadzahnya coba menerobos masuk ke Raudhohnya lewat pintu masuk Doraemon. Pintu inilah yang ternyata digunakan oleh orang2 bangsa Turki, Iran, dll yang GA PAKE ANTRI itu. Dan bener ajah, tiba2 kita bertiga udah deket sama Raudhohnya ( area berkarpet hijau ) tapi karena Tante Melly ga bisa di tahan lagi mulesnya ( walopun kita tinggal selangkah lagi ), akhirnya aku sama Tante Melly ga jadi ke Raudhoh, tapi balik pulang cari kamar mandi terdekat dulu biar Tante Melly lega. Sedih banget ga bisa ke Raudhoh malam itu, tapi lebih sedih lagi liat Tanteku itu nahan2 sakit perutnya. Smoga besok malam kita berdua bisa kesana nanti. Aamiin. Dan malamnya, entah kenapa kok bisa mules kompakan. Aku, Bayu, Om sama Tante Melly ganti2an masuk ke kamar mandinya, cuma beda jamnya ajah. Ga ngerti juga kenapa bisa gitu. Dari makanannya mungkin yah, ga tau juga deh...;-)

Sabtu, 22 Februari 2014 ( Hari kedua di Madinah ) :

Hari ini kita ke beberapa tempat, yaitu :

1. Mesjid Quba
Dibangun pertama kali oleh Rasulullah dan digunakan oleh Rasulullah untuk sholat berjamaah pertama kali dan merupakan mesjid tertua di dunia...;-). Barangsiapa yang bersuci dan mengerjakan sholat sunnah 2 rakaat di mesjid Quba, sama pahalanya dengan mengerjakan ibadah Umroh 1 x.
 

2. Perkebunan Kurma 

 
3. Jabal Uhud
Jabal Uhud ( tempat perang Uhud ) dan satu2nya gunung yang nanti akan berada di surga...

4. Museum percetakan Quran
Sayangnya pas kita mau kesini tutup. Hiks.

Lanjut Dzuhur di Nabawi dan pulangnya nemenin Tante Melly beli oleh2 di Bin Dawood. Bin Dawood ini kaya semacam mall nya sana. Ada beberapa lantai dan banyak tokonya. Harganya udah ga bisa di tawar lagi karena rata2 udah di label in barang2nya. Kita berdua nyari body shop karena temennya Tante melly nitip parfumnya. Udah keliling2 ga ketemu2 juga, ga taunya body shopnya di tokonya tulisannya ARAB. Hahahaaa pantes lah ga ketemu tulisan BODY SHOP. Tapi karena mba2nya ga bisa bahasa inggris + jutek ngelayanin pertanyaan kita yang lagi cari parfum titipan, akhirnya kita juga males dan lanjut tanya2 ke orang laen aja tentang parfum titipan itu dan dapetnya malah di toko obat kaya century gitu. Alhamdulillah ketemu juga...;-)

Untuk coklat, kurma, jam, parfum, pashmina, gamis2, al-quran, pacar kuku, gelang, cincin, kamera mainan bergambar Kabah itu banyak dijual oleh penjual kaki lima di pelataran gerbang masjid Nabawi dengan harga bervariasi. Nanti pinter2 nawar ajah yah, tapi biasanya udah ga bisa di tawar juga. Kaya coklat misalnya, 20 real sekilo udah dapet segambreng. Hahahaa bahaya deh kalo tiap pulang sholat dari mesjid, karena penjualnya itu ganti2. Hari ini jual apa, besok di tempat itu beda lagi penjual nya. Beda barang pulak. *amanin dompet*...;-). Untuk coklat dan kurma, kita boleh nyobain dulu, biasanya mereka bilangnya 'HALAL', maksudnya BOLEH DICOBA. Jadi biar makin mantep kalo tau rasanya yah...;-)




Di kanan kiri hotel juga banyak tersebar toko2 yang menjual berbagai keperluan. Misalnya roti, susu, burger, kebab, aneka minuman, baju2, emas, jam, dll. Ada juga money changer dan agak jauh dari hotel ada juga ATM. Jadi untuk yang kehabisan uang cash, bisa mengambil uang di ATM berlogo VISA. Nanti jumlahnya di konversikan ke nilai tukar rupiah pada saat transaksi. Betah bangeeeetttt deh sama suasana disini...^_^

Dan biasanya setelah selesai sholat Fardhu, suka ada yang membagi2kan makanan. Aku ngerasain 2 kali di Madinah saat ada yang memberikan biskuit OREO dan di waktu yang lain ada yang membagikan kurma di area luar Masjid Nabawi. Anak kecil itu membawa plastik dan dalam bahasanya yang kita ga mengerti, dia menawari kurma. Untuk beberapa orang yang menolak, mungkin ga tau kalo dia memberikan kurma secara cuma2. Soalnya ada yang mengira dia berjualan kurma. Tapi aku sempet nyobain kurmanya. Enak. Hehehe...;-)

Malemnya, aku sama tante Melly coba menerobos masuk ke Raudhoh lagi, bertiga sama ustadzahnya. Kali ini kita coba menunggu Askar penjaga pintu keluar Raudhoh lengah, dengan berpura2 minum air zamzam trus langsung coba masuk lagi. Ya ampuuunnn, deg2an bangetttttt karena kita berdua melawan arus ( arus keluar untuk pintu masuknya kita ). Tapi kata ustadzahnya, kita berdua suruh masuk duluan, nanti ketemu di dalem. Ternyata pas dicari2 di dalem ustadzahnya juga ga ketemu. Udah kaya anak ilang ajah berdua sama Tante Melly. Mana ga bisa bahasa Arab pulak. Hiks. Dan pas kita celingak-celinguk bengong, Askar nya mulai ngusirin kita2. Dan masuk lah kita ke antrian kursi roda. Amaaaannn sementara. Walopun setelah itu kita berdua ketauan lagi sama Askarnya. Dia bilang ini antrian untuk kursi roda, keluar keluar keluar. Gitu lah kurang lebih bahasa tubuhnya. Hahahaa sok tau. Jangan ditanya lagi lemesnya kaya gimana, deg2an bangettttttt. Soalnya kita tinggal selangkah lagi menuju Raudhohnya. Dan alhamdulillah ustadzahnya dateng, ternyata dia juga nyariin kita. Fuiiihh legaaaaaa. Dibawa lah kita berdua ke area Raudhoh dengan berdesak2an banget, sikut sana sikut sini karena orang2 berpakaian hitam2 itu tenaganya kuat2 banget yah. Kalah deh kalo secara postur badan. Hiks. Akhirnya aku sama Tante Melly sholat bergantian dan saling menjaga satu sama lain. Alhamdulillah ada orang ( ga tau berkebangsaan mana ), dia menjaga area sholat kita. Biar kepala dan badan kita ga terinjak2 disana. Dan walopun suasananya crowded gitu, saat sujud ketika sholat disana, bikin AIR MATAku ga berhenti2 nangis saat berdoa. Tampak semua dosa2 selama ini, keluar semua permintaan terpendam selama ini dan rasanya DEKEEEEEETTTT banget. Nikmat banget rasanya walopun cuma sebentar. Ah, kangeeennn pengen berdoa disana lagi. Hiks. Rela deh antri2 juga gpp...;-(

                                         Raudhoh diliat dari sisi area cowo

Kalo area cewenya ada sekat2nya. Jadi kita cuma bisa liat dari jauh ajah makam Rasulullah dan para sahabat dan juga bisa liat sedikit, mimbar yang dulu Rasululllah gunakan. Subhanallah...;-) 

Minggu, 23 Februari 2014 ( Hari ketiga di Madinah) :

Pagi2nya kita keliling masjid Nabawi, sekalian mampir ke masjid Umar, Abu Bakar dan masjid Ali. Soalnya siang setelah Dzuhur udah harus check out. Jadi udah pada siap2 pake Ihram nya untuk cowo2nya. Dan jam 4 kita sampe di mesjid Bir Ali untuk ambil miqot ( Niat Umroh ) yang pertama. Dan cewe2nya kompak pake jilbab hijau yang seragam travel biar pas Thawaf gampang dikenalin dan jam setengah 6 kita lanjut berangkat ke Mekkah. Perjalanan Madinah - Mekkah via darat kurang lebih sekitar 6 jam. Jalanannya mirip jalan tol tapi kanan kirinya gelap, kdg2 ada beberapa penerangan dari lampu kendaraan yang lewat. Alhamdulillah jam 22.10 kita tiba di Hotel di Mekkah. Lanjut check in dan makan malam karena malam ini kita insya Allah mau melakukan Umroh yang pertama. Bismillah semoga lancar yah. Aamiin...;-)     



Rasanyaaaaaaa, KANGEEEENNNNNNNNN banget sama Madinah. Padahal belum ninggalin dalam hitungan jam juga. Smoga bisa kembali kesini lagi suatu hari nanti. Aamiin aamiin aamiin...^_^

to be continued...^_^

4 komentar:

Nophi mengatakan...

semoga diberi kesempatan kesana lagi ya mbak amin :)

Rizka mengatakan...

Aamiin aamiin smoga kita bisa kesana yah Nop...*pelukkkk*...

Unknown mengatakan...

Makasih cerita ulasan nya membantu bgt dh.hhe. Insya Allah mau berangkat jg, jd tau dh sdqt bnyk ttg keadaan d sana.

Unknown mengatakan...

Semoga menjadi jamaah umroh yang mabrur.
artikelnya sangat menarik.

Salam
http://www.paketumrohdena.com
http://denapaketumroh.com/