Minggu, 23 Maret 2014

Cerita Umroh dan Keberangkatannya

Cerita ini sengaja aku tulis untuk mengingatkan perjalanan tak terlupakan dan untuk  membangkitkan SEMANGAT kami lagi untuk berHAJI. Hehehe BISAAAAAAAAAAA. Aamiin aamiin aamiin Ya Allah...^_^ 

Keberangkatan kemarin dengan rute : 
Jakarta - Malaysia - Colombo - Jeddah - Madinah = total perjalanan 18,5 jam

Rabu, 19 Februari 2014...

Setelah bongkar pasang koper kuatir ada yang kurang, akhirnya pagi2 itu koper udah siap. Hahaha legaaaa. Bismillah deh ga ada yang ketinggalan yah. Aamiin...;-)

Jam 10 WIB :
Aku, Bayu, Tante Mely dan Om peh berangkat dari rumah untuk meluncur ke Bandara Soekarno Hatta. Dan jam 11 siang kita sampe. Sempet bawa bekal buat makan siang disana + camilan makanan kecil + air minum juga. Dan lanjut untuk sholat Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya di bandara. Yups, smangat banget yah kita sampe nunggu berjam-jam gitu. Hihihi sambil suntik meningitis juga yang ternyata dilakukan di musholla bandara ( baru tau, kirain ada kantor khusus suntik gitu di bandara ) dengan biaya 450 ribu per orang dan langsung dapet kartu kuningnya juga ( tapi di Jeddah juga ga diperiksa ternyata )...^_^

Waktu di bandara, mungkin karena kelamaan nunggu, perutku ga bisa diajak kompromi. Mulessssss. Hiks. Akhirnya nyari pisang disana dan dapet seharga 10 ribu per buahnya. Hehehe beda jauh banget yah harganya ama dipasar. Yaiyalah, kan ini harga bandara ichaaaaa. Hehehe...air minumnya per botol aqua ukuran sedang juga seharga 7 ribu. Jadi sebisa mungkin bawa makanan sama minuman untuk masa tunggu di bandara yah. Lumayan bisa menghemat pengeluaran soalnya. Hehehe. Dan saat pemeriksaan di bandara Soekarno Hatta, kita sama sekali ga boleh bawa cairan ( air minum ) untuk di ransel atau di tas slempangnya. Banyak akhirnya botol2 aqua ukuran sedang, teronggok gitu ajah di pintu pemeriksaan. Akhirnya banyak yang pada minum disitu karena haus. Kalo aku bawa botol plastiknya ECO tupperware dan menyisakan sedikit air, teteup kena tegur juga dan harus diminum atau dibuang saat itu juga. Jadilah kita minum ajah. Hehehe tapi sempet2in pipis dulu sebelum take off dan pas masuk pesawat ternyata kursinya 3 di kiri sama 3 di kanan.

Jam 21.40 WIB Dari Jakarta :
Kita siap2 take off dan langsung lemes pas liat tiket pesawat yang ternyata kok BEDA sama si Ayah karena si Ayah ga terima tiket Lion Air. Masa beda pesawat sama Ayah ? Gimana mungkin berangkatnya misah, dll. Langsung nanya ke pihak travelnya dan mereka suruh kita masuk untuk check in dulu dan alhamdulillah di dalam ada orang dari pihak travelnya yang membagikan tiket Lion Air untuk sebagian orang yang belum kebagian tiketnya, termasuk si Ayah. Hufffttt panik. Hehehe...alhamdulillah di satu pesawat, tapi beda kursi. Hiks. Dan di pesawat, orang2 rata2 pada tidur dan aku cuma bisa melek ajah sambil sesekali liatin Ayah di kursi belakang. Hehehe. Pemandangan diluar juga gelap, ga duduk deket jendela juga, ga dapet makan juga ( tapi alhamdulillah udah makan sebelum take off, bareng2 sama semua rombongan dapet nasi kotak ). Dan untungnya juga, aku bawa buku bacaan, buku diary kecil untuk nulis2 cerita sama buku doa2. Jadi perjalanan ga terlalu ngebosenin juga. Hehehe...;-)

Jam 23.30 WIB Sampe di Malaysia :
Alhamdulillah kita sampe di Malaysia untuk transit dan nyobain naik MRT di bandaranya. Keren banget. Hehehe ndeso ga pernah naek MRT. Dan disinilah kita bermalam untuk menunggu jadwal penerbangan selanjutnya. Mata uangnya ringgit dan karena udah malem, kita udah males muter2 untuk nyari money changer secara itu bandaranya kaya mall, gedeeeeee banget. Jadi ga bisa beli apa2 karena kita kan bawanya uang rupiah. Alhamdulillah tiba2 dapet rejeki ada yang kasih minum untuk rombongan kita. Beliau orang di rombongan kita juga ( Pak Syuqri ) dan kebetulan bawa uang ringgit. Trus kita lanjut (berusaha) tidur di lantainya bandara pake sajadah karena kursi2nya udah penuh semua sama yang pada tidur juga. Hehehe seruuuu...(smoga ga masuk angin gara2 tidur di lantai)...;-)
 

 Bandara Kuala Lumpur International Airport
 
Untuk waktunya, Malaysia lebih cepat 1 jam dibanding Jakarta. Jadi kita sempet Shubuh dulu di bandara Kuala Lumpur. Dan karena beberapa toko di bandara udah buka, tergoda lah buat beli makanan ( laper soalnya hehehe ). Langsung ke money changernya buat tuker ringgit. Alhamdulillah untuk 100 rb nya dapet 328 ringgit. Dan saat di Malaysia aku mulai aktifin paket Umroh dari telkomselnya, trus juga memanfaatkan wifi bandara buat kasih kabar keluarga via FB karena BBM aku off, jadi HP nya bisa untuk sms / telpon ajah. Dan untuk rombongannya, jumlahnya ada 42 orang. Mereka inilah yang akan selalu bersama2 selama beberapa hari ke depan. Oiyaaa, beberapa tangga jalan bandara disini pake sistem sensor. Jadi sekilas pada mati semua, tapi pas kita naik / turun, baru pada bergerak. Hihihi lucu amat. *ndeso*...

 Bandara Kuala Lumpur International Airport

Kamis, 20 Februari 2014...

Jam 07.50 WIB Dari Malaysia ( jam 08.50 waktu Malaysia ) :
Kita take off naik Srilankan Airlines menuju Colombo. Dan Ya Allaaahhh, itu pramugari sama pramugara nya hidungnya mancung2 banget *salahfokus* Hahaha. Mana di sebelah tante Melly itu ada anak muda cowo ganteng banget, hidungnya mancung juga ( orang India kayanya ) *salahfokuslagi* Hahaha. Wajah2 mereka itu mirip orang India, karena Colombo, Srilangka itu kan deket2 India yah *liatpeta*. Dan lagi2 ga duduk sebelahan sama si Ayah, karena aku duduknya di pinggir deket jalanan, bukan di deket jendela. Hiks. Tapi bisa liat pemandangan diluar karena siang hari. Dan si Ayah duduk di pinggir jalanan juga, persis sebaris sama aku. Jadi bisa ngobrol walopun dipisahkan sama jalanan orang bolak-balik. Hehehe alhamdulillah...;-)


 


Jam 11.00 WIB - jam 12.25 WIB Sampe di Colombo :
Kita landing di Mattala Raja Paksa International Airport dulu trus lanjut ke Colombo dan landing jam 12.25 WIB. Dan di bandaranya ini ga ada restoran fastfood kaya di Indonesia ataupun Malaysia, secara kan kita kangen banget yah ama nasi. Hiks laper. Jadilah kompakan patungan 50 ribuan 1 rombongan buat beli sarapan. Dan ternyata, harga nasi gorengnya itu 12.5 USD. *lemes*. Hahaha. Yaud, kita akhirnya beli roti + air mineral ajah jadinya. Udah pesen banyak2 buat 42 orang tadi, ternyata MONEY CHANGER nya GA MAU TERIMA RUPIAH. Hiks gimana kita beli rotinya. Dan akhirnya kita patungan lagi pake uang dolar, uang real dan uang ringgit seadanya. Baru deh lanjut transaksi antar kita2 pake rupiah yang udah terkumpul tadi. Alhamdulillah rombongan pada bisa makan roti seharga 2 - 3 USD + bisa minum juga. Walopun secara lingkungan bandara, lebih bagus dan lebih lengkap makanannya di bandara Malaysia. Hahaha teteup ujung2nya makanan...;-)


Jam 17.30 WIB Dari Colombo :
Alhamdulillah di pesawat Srilankan Airlines dapet nomor kursi 24 F - 24 G, dimana itu artinya sebelahan sama Ayah. Hahaha senangnyaaaa. Perjalanan 6 jam soalnya, kebayang kalo duduk bengong sendirian ga ada temen yang dikenal. Dan di roda pesawatnya ada kameranya, jadi di kursi tengah kita bisa liat TV yang gambarnya pemandangan di bawah kita. Subhanallah, rasanya kecil banget yah kita kalo diliat dari atas. Dan lebih banyak pemandangan lautan nya dibanding daratannya. Bismillah smoga Allah SWT selalu melindungi perjalanan kita yah. Aamiin...


Jam 23.30 WIB Sampe di Jeddah ( jam 19.30 waktu Jeddah ) :
Setelah total 12,5 jam perjalanan. Alhamdulillah sampe juga kita di Jeddah. Setelah proses pemeriksaan pasport selesai, kita lanjut menuju Madinah, dimana untuk perjalanannya kurang lebih memakan waktu 6 jam via darat. Untuk waktunya sendiri, lebih lambat 4 jam dibanding Jakarta. Karena perjalanan ini malam hari, jadi kanan kiri itu gelaaappp banget. Mirip jalan tol di Jakarta, tapi bedanya lampu2nya cuma di dapet dari lampu mobil ajah. Jalanannya sama sekali ga ada lampu. Jadi pilihannya cuma tidur, dzikir atau liat2 HP karena ga bisa baca di bis juga soalnya lampunya ikutan di gelapin...;-)

Jam 04.00 ( waktu Madinah ) Sampe di Madinah :
Alhamdulillah sampe juga. Dan MELELEH pas liat kubahnya Mesjid Nabawi. Hiks...Ya Allah, makasiiiiiiiiiiii udah bisa sampe sini, makasiiiiiii atas kesempatan ini dan sampaikanlah juga semua teman2, keluarga, tetangga dan semuanya untuk BISA kesini juga nanti. Aamiin aamiin aamiin. Rasanya AIR MATA ini susah menggambarkan perasaan saat itu, tapi yang pasti, kami BERSYUKUR dan BERTEKAD bisa kesini lagi suatu hari nanti bareng2 keluarga, anak cucu kami dan bareng siapa ajah yang RINDU akan tanah haramMU. Smoga...Aamiin aamiin aamiin...;-) 

Langsung lanjut proses check in trus siap2 shubuh pertama di Madinah. Dimana udaranya dingin banget ( dibawah 10 derajat ), ditambah angin kenceng kalo pas sholatnya di area luar mesjid dan ga di tutupi payung mesjid. Dan disini, setiap selesai sholat Fardhu, juga SELALU ada sholat jenazah. Jadi bisa ikut sekalian...;-)

to be continued yah...^_^

Tidak ada komentar: