Selasa, 19 Agustus 2014

Weaning With Love in 2 years 2,5 month


Saat Zulfa melewati usia 2 tahun, sebenernya aku ga mau pasang target harus nyapih Zulfa nya kapan karena waktu Zaki aku terpaksa nyapih di 2 tahun 1 bulan karena hamil Zulfa. Sebenernya gpp kalo mau sambil nyusuin juga, tapi saat itu rahimku kontraksi dan saran dokter Zaki HARUS disapih. Jadi karena dikejar2 waktu, proses weaning nya Zaki penuh drama dan air mata deh ( ini ceritanya waktu dulu disini ). Hi5. Niatnya pengen Weaning With Love Zaki, tapi apa daya semua cara udah dicoba dan berhasilnya pake jamu paling pahit diolesin di PD nya. Hiks.

Dengan pengalaman 10 Tahapan Weaning With Love nya Zaki dulu, aku mulai menyiapkan hati. Soalnya ibunya kan juga harus ikhlas duluan yah, nanti anaknya ngikutin deh. Dan ini yang membuatku maju mundur untuk nyapih karena aku belum konsisten. Ha5. Rasanya kok belum rela ajah kehilangan moment2 indah saat menyusui, rasanya kok belum tega bikin Zulfa tidur tanpa ASI bundanya, dll. Kalo si Ayah mah udah bilang dari Zulfa 2 tahun, mau nyapih kapan Bun ? Tapi aku cuekin ajah pertanyaan itu karena kan aku sendiri belum tau bisa siapnya kapan. Hiks. 

Saat kontrol ke dokter pun, beliau udah menyarankan Zulfa untuk mulai pelan2 disapih. Dengan tujuan supaya makannya jadi tambah banyak. Yups, sekarang lagi tahapan diemut karena gigi geraham atasnya mau numbuh. Dari situ aku mulai menyiapkan hati lagi. Ya Allah, ini anak bayi cepet amat gedenya yah. Perasaan baru kemaren IMD di badan bunda. Hiks. 

Ya, aku harus IKHLAS. Bukan ikhlas melepaskan Zulfa dari pelukanku, tapi lebih ke mendukung Zulfa supaya dia melewati tahapan perkembangannya ini.

Ucapan salah seorang sahabat yang aku ga pernah lupa, dia bilang kalo :
'Rentang perkembangan anak itu panjang cha dan tiap2 perkembangan harus dia lewati. Sekarang zulfa udah besar, dia harus melangkah ke tahap perkembangan berikutnya. Jangan sampe dengan lo sulit menyapih dia, jdnya malah menghambat perkembangannya'.
 
Ini kata2 bikin jleb banget deh. Ha5. Jadi aku smangat juga untuk memulai yang namanya KONSISTEN, dengan bantuan Ayah yah tentunya karena aku ga bisa sendirian.
 
Kamis, 14 Agustus 2014 ( Hari ke 1 ) : 
Aku memutuskan Zulfa tidurnya sama Ayah. Dan aku bikin kenyang sebelum tidur. Alhamdulillah nyenyak tidur sampe pagi dan bangun tengah malem, dikasi air putih trus tidur lagi.  

Jumat, 15 Agustus 2014 ( Hari ke 2 ) : 
Hari ke 2 Zulfa tanpa ASI. Sejak setelah lebaran si mba ART ga balik lagi karena kecelakaan motor, hikmah yang di dapet adalah ikatan Zulfa sama Ayah semakin kuat soalnya saat aku di kantor, Zulfa seharian sama Ayah dan beneran makannya jadi banyak. Saat aku pulang sorenya, aku alihkan Zulfa ke kegiatan sebelum tidur untuk baca buku, nulis2, gunting2, maen masak2an, apa ajah pokoknya sambil kasih camilan dan susu di gelas sebelum tidur. Pas mau tidur, aku kasih ke Ayah biar tidur sama Ayah dan sukses nyenyak sampe pagi juga.
 
Sabtu, 16 Agustus 2014 ( Hari ke 3 ) :  
Aku libur dan Zulfa masih inget sama ASInya. Pas nagih ASI nangis lamaaaa banget tapi aku teteup ga kasih dan sukses bikin dia seharian ga tidur karena biasanya minum ASI buat pengantar tidurnya. Yups, siang yang penuh drama dan air mata. Hi5. Dan masih jadi PR banget kalo Zulfa harus bisa tidur sama Bunda tanpa ASInya. Dan karena Ayah lagi pergi, jadi siangnya para bocah nempel terus sama Bundanya buat maen. Ha5. Pas malemnya, kegiatan sama kaya kemaren dan sukses nyenyak tidur sama Ayah. 

Minggu, 17 Agustus 2014 ( Hari ke 4 ) : 
Hasil KONSISTEN kemaren adalah hari ini masih nagih ASI bunda tapi bedanya tanpa drama dan air mata. Nagihnya malu2, sambil senyum2, sambil manyun tapi ga pake nangis. Aku berusaha mengalihkan ke hal lain biar Zulfa lupa. Dan sekarang sahabat tidurnya sebelum tidur adalah boneka kucing kesayangannya yang kemaren2 cuma di maenin ajah.

Emang beda yah saat mau tidur sama bunda, itu boneka kucing udah dipeluk, udah di injek2, udah di dudukin, teteup ajah ga berhasil bikin Zulfa tidur di pelukan Bunda. Giliran sama Ayah, ga ada 5 menit langsung hening, nyenyak seketika. Ha5. Okesip yang penting smoga kamu makan nya tambah lahap lagi yah dek. Aamiin...
 
Senin, 18 Agustus 2014 ( Hari ke 5 ) :
Tadi malem masih nyoba tidur sama Bunda dengan bolak-balik di kasur sambil gendong boneka kucingnya. Udah minum susu juga sebelum tidur pake gelas tapi teteup BISA tidurnya di pelukan Ayah. Dan sukses tidur nyenyak sampe pagi. Udah ga ada drama lagi pas Zulfa nagih ASI. Sekarang nagihnya udah ga sesering dulu, mungkin dia tau kalo sekarang udah ga dikasih kali yah. Hi5. Alhamdulillah...

Apakah saatnya emang udah tiba ? Kita liat ajah berapa lama Zulfa terus konsisten untuk ga nagih ASI lagi nantinya. Kita sama2 berjuang yah dek, kamu pasti bisa tanpa ASI bunda. Aamiin...
 
Selasa, 19 Agustus 2014 ( Hari ke 6 ):
Tadi malem boneka kucing kesayangannya diajak ngobrol, diajak nyanyi, digendong2 bolak balik di kasur. Tapi aku kasih pengertian terus kalo 'Zulfa sekarang udah besar, minum susunya di gelas, walaupun udah ga nen lagi, Bunda teteup sayang sama Zulfa'. Dan sebelum tidur sama Ayah, Zulfa minta aku peluk dulu, minta dicium trus mengangguk saat aku bilang 'Bobo nyenyak yah sama Ayah' dan berahir dengan dadah2. *emaknya mewek diluar kamar*... 
 
Rabu, 20 Agustus 2014 ( Hari ke 7 ) :   
Tadi pagi Zulfa tiba2 bilang 'Udah ga nen lagi, minum susunya di gelas ajah'. Rasanya itu pengen nangiiiisssss. Yups, karena BAHAGIA campur HARU. Ternyata anak Bunda udah besar. 
 
Dan proses weaning nya Zulfa ini ga sesulit waktu Zaki dulu karena ternyata hasil bisikan2 Hypnobreastfeeding sebelum tidur yang aku mulai lakukan sejak Zulfa 2 tahun membuahkan hasil sekarang. Alhamdulillah...
 
Smoga setiap tetesan ASI Bunda berguna buat masa depan kamu yah cayang karena di dalamnya ada doa yang akan selalu menemani kamu. Smoga Allah SWT selalu merahmatimu dengan berkah yang tak pernah putus. Aamiin aamiin aamiin. Ayah Bunda Kakak love u...^_^
 
Tips buat para Ayah :
Dan penting banget niy buat para Ayah buat selalu dampingi anak2nya saat lagi proses nyapih kaya gini. Saat tidur terutama. Jadi mereka teteup ngerasain kenyamanan dan kasih sayang sebelum tidurnya.
 
Smoga kalian berhasil juga yah proses nyapihnya. Aamiin. Semangattttttttttt...^_^