Kamis, 22 Mei 2014

Cerita Umroh di Mekkah - Hari Terakhir

Kamis, 27 Februari 2014 ( Hari Terakhir di Mekkah )

Hari ini adalah hari terakhir kita di Mekkah, jadi pagi2nya sempet Thawaf Sunnah dulu trus jalan2 di sekitar masjidil Haram. Dan di samping masjidil Haram ada tempat dimana dulu Rasulullah SAW dilahirkan, sekarang jadi perpustakaan dan ada beberapa larangan berbentuk poster besar agar para pengunjung tidak melakukan hal2 yang tertulis di poster itu. Misalnya : Dilarang sholat, dilarang berdoa, dilarang membuang sampah, dilarang coret2, dll. Kita juga ga masuk ke dalamnya, cuma foto2 ajah diluarnya.


Di masjidil Haram saat ini lagi pembangunan besar2an karena mau ada perluasan area disekitarnya. Dan setelah cari2 jalan untuk bisa melihat suasana Thawaf di lantai atas, akhirnya ketemu juga jalannya dari arah samping...

                                   Yang tembok putih menanjak itu jalannya

Dan tadinya kita pikir ini khusus untuk pemakai kursi roda ajah, ternyata bisa untuk umum juga dan antriannya panjaaaangggg banget mirip kalo mau masuk wahana2 di Dufan itu. Ada penjaganya juga dan entah kenapa kalo ketemu penjaga, bawaannya udah deg2an ajah kuatir ga boleh masuk dan alhamdulillah lancar masuknya. He5 lega. Trus kita lanjut Thawaf Sunnah sambil nunggu sholat Magrib dan ternyata saat kita lagi Thawaf pas adzan dan Thawafnya dilanjutkan nanti setelah selesai adzan. 

Dan untuk shaf shalatnya sendiri, untuk cowo2nya di bagian depan dan cewenya di bagian belakang dalam posisi mengitari Ka'bahnya. Rasanya teteup takjub dan merasa ga ada apa2nya saat melihat Ka'bah dari atas. Yang ada hanya berdoa, berdoa dan berdoa...*mewek*...

 Ka'bah dari atas
Pusat bumi ini ga berhenti2 untuk diputari. Selalu rame sama orang2 dari seluruh penjuru dunia untuk melakukan Thawaf dan saat keadaan terik pun, ubin nya ga panas di kaki. Teteup berasa adem kata si Ayah...;-)



Trus saat kita lagi Thawaf Wada besok siangnya, area beberapa meter dari Ka'bah di sterilkan. Ga tau juga ada apa. Jadi aku bisa punya kesempatan untuk foto secara jelas Hajar Aswadnya. Subhanallah...;-)

Dan rasanya beraaattttt banget ninggalin Ka'bah, rasanya ga mau pulang, pengen terus2an disana dan akhirnya meninggalkan mata bengkak karena selama Thawaf Wada ini, air mataku ga berhenti2 ngalir. Ya Allah, jangan jadikan ini saat terakhir kami kesini, kembalikanlah kami semua ke tempat tersucimu di muka bumi ini Ya Rabb. Mampukan kami semuanya untuk kesini lagi untuk berHAJI dan UMROH. Ya Allah, KANGEEEENNNN ka'bah, kangen Mekkah, kangen Madinah dan kangen untuk bisa mendengar suara adzan dan beribadah disana...

Setelah Thawaf Wada, kami siap2 check out, sholat dzuhur di hotel dan makan siang. Karena sebentar lagi harus meluncur ke Jeddah dan pulang insya Allah...;-)

Apakah rombongan kami BENERAN pulang ? Apakah prosesnya lancar ? Hiks ternyata tidak karena ternyata ada drama saat perjalanan pulang. Kaya gimana siy ceritanya ? Tungguin yah...;-) 

to be continued saat drama di Jeddah pun dimulai...;-( 

Tidak ada komentar: