Senin, 30 Januari 2012

Kunjungan Ketigaku di bulan ke 4

Minggu lalu harusnya aku melihatnya, tapi karena Dr. Oni nya cuti long wiken, jadilah jadwal liat di Adek harus diundur sabtu ini. Alhamdulillah si Ayah dapet no. 1 walopun harus menunggu beberapa jam dari jadwal sampe Dr. Oni nya dateng. Jadi sambil nunggu, kita ukur2 dulu tensiku 100 / 70 dan beratku 62,5 kg.

Pas masuk, beliau menanyakan hasil test urine dan test darah untuk HbsAg, Hematologi Rutin & Glukosa Sewaktu nya aku. Huaaaa deg2an banget, alhamdulillah beliau bilang smuanya bagus. * lega *. Dan aku pun menanyakan tentang suntik Tetanus Tokso kapan ? Jawabannya nanti2 ajah gpp.

Lanjut dengan USG perut dan BB nya sekarang saat 18 minggu 1 hari udah 2 ons dengan panjang 12 cm. Plasenta ga nutup jalan lahir tapiiiiii jenis kelaminnya belum bisa ketauan sekarang karena masih ketutup sama tali pusatnya. He5. Gpp deh yah, Insya Allah bulan depan udah ketauan cewe ato cowonya. Hi5. Amiin. * penasaran juga *.


Trus kabar kontraksi rahim gimana ? Alhamdulillah di layar monitor udah ga keliatan denyut kontraksinya. Jadi efek weaning kemaren cukup berpengaruh banget yah. Alhamdulillah...;-)

Dan aku juga menanyakan tentang krim pagi dan malam yang biasa aku pake, ternyata mengandung Retynil ( Retinol = Retinoid Acid ). Jadi biar aman nya si bumil ini cukup cuma bedakan dulu ajah deh yah. He5. Ato kalo mo coba2 krim yang lain, harus teliti dulu liat detil produknya. Siippp deh...^_^

Lengkapnya disini yah, tentang 6 Bahan Kimia Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Doakan diriku yah teman-teman. Smoga smuanya slalu sehat2 terus sampe nanti. Amiin...;-)

Rabu, 25 Januari 2012

Perkembangannya di usia 2 Tahun 2 Bulan



21 Januari 2012, satu bulan berlalu lagi. Anak Bunda slalu membuat hari2 penuh warna dengan tingkah lakunya :
  • BB waktu ke dokter kemaren 7 Januari 2012 waktu imun Hepatitis A yang pertama, udah 13 kg.
  • Setelah weaning, alhamdulillah makan + ngemil + minumnya jadi lebih banyak. Tapi ada kalanya juga dia lagi bosen sama nasi, gpp kalo masih mau makan roti, singkong, kacang ijo, mie, spagetti, biskuit, dll. * yang penting ada yang masuk *
  • Lagi suka bermain sama tangannya. Entah sobek2in kertas + tisue, remas2 kertas mpe lecek. Atau main pukul2 kaleng, remas2 mainan lilin, belajar potong lilin pake pisau mainan. Gelinding2in mainan yg bisa gerak, putar2in bola, lempar bola keatas, dll.

  • Suka banget sama acara mandi. Karena itu artinya dia bisa pindah2in air dari satu gayung ke gayung lainnya, bisa nampung air dari kran terus disiram ke badannya sendiri / siram ke suka2 dia * basah deh *. Trs bisa juga jadi acara berenang dadakan kaya di gambar ini. Ha5. * girang *

  • Setelah weaning, nangisnya udah jarang. Biasanya apa2 Bunda, nempel terus sama Bunda, diikutin kemana2, sekarang udah bisa Bunda tinggal dan zaki jadi lebih pengertian kalo dibilang Bundanya lagi sholat, mandi, makan, misalnya. Dia bisa aktifitas tanpa Bunda lagi jadinya.
  • Setelah weaning, acara main sebelum bobo malem ditemenin sama Bunda, tapi pas bobo malem, zaki sama Ayah karena kalo Bunda ada deket dia, zaki maunya malah maen terus. Kasian padahal udah ngantuk. Pengen sama Bunda kali yah. Hiks. Soale kadang2 bocah maunya bobo posisi IMD sama Bunda, sedangkan di perut ini kan ada adeknya.
  • Mulai respon kalo dilarang. Kaya waktu itu, dia lempar2 mainan suka2 dia, ternyata hampir kena kepala orang lain. Pas Bunda bilangin pelan2 'Zaki mainannya di pegang ajah ya, karena nanti kalo kena orang sakit'. Zaki langsung diem tanpa ekspresi, berdiri lama ga mau digendong / digandeng, sampe akhirnya dia nunjukin muka sedih matanya merah mau nangis terus minta dipeluk Bunda. Dia ngerasa bersalah kali yah. Padahal aku dalam kondisi ga marah2. Langsung deh aku hibur dan zaki baru mau main lagi.
  • Mulai menunjukkan kemauannya, kaya 'Zaki ikut jalan2','Zaki ajah','Udah','Ga mau','Ga boyeh','Pinjam','Buat kakak Nia / Mba Vika', dll.
  • Lagi belajar 3 kata ajaib, 'Maaf','Tolong','Kasyih' ( makasi ).
  • Mulai nyanyi 1 bait 'Kupandang langit penuh bintang' dan nyanyi potongan lagu Cicak2 di dinding, kita nyanyi dan zaki lengkapin bait akhirnya ajah. Kalo nada yang lain, masih lagu suka2 dia. He5. Nti belajar nyanyi yah cayank.
  • Suka dengan aktifitas yang berulang2 & cerita berulang2. Kaya gambar maunya gambar bunga gede, maen kartu bentuk bunga, maen balok kayu bentuk lingkaran, segituga, cerita tentang kembang api, suka bentuk bunga matahari dll.
  • Smangat pake sendok kalo lagi makan puding / pas lagi mau minum susu mau pake sendok sendiri. Walopun harus berakhir dengan tumpah dimana2. Dan kadang2 kalo ga sabaran, pudingnya diambil pake tangan dan susunya langsung diminum ajah dari gelas.
  • Pengertian. Kalo kira2 sesuatu ga boleh, trs kita bilang 'Gpp yah', zaki pasti langsung jawab 'Gapapah'.
  • Bisa ucap Olat ( Sholat ), Owohbaban ( Allahu Akbar ), Yaowoh ( Ya Allah ). Pas liat sajadah langsung gerakan niru2 Rukuk + Sujud.

  • Berhitung udah nambah jadi ke 1 - 10. Walopun kadang2 masih loncat dari 5 ke 7. Angka 6 nya lewat. He5...
  • Suka cubit2 gemes. Kalo lagi deket sama Bunda, suka nyubit2. Walopun zaki pikir becanda, tapi teteup aku bilangin kalo ga boleh nyubit2, bolehnya elus2 ajah. Biar dia tau cubit2 sakit. * pasang muka serius, ga pake ketawa *. Soale kalo aku sambil ketawa, nti dia pikir cubit2 gpp. Padahal kan padahal yah. He5...
  • Kalo lagi dateng maunya, pengennya bobo di timang2 sama Bunda. Pernah sampe 1 jam an itu mata teteup melek dan diajak duduk / boboan dikasur / diturunin dari gendongan malah ga mau. Dan mengakibatkan tangan, punggung dan pinggangku jadi pegel2 banget. * mulai jompo *. Akhirnya solusinya dialihin ke hal lain yang dia suka, biar turun dari gendonganku. Acaranya ga jadi bobo dan berakhir dengan maen ( lagi ).
  • Teteup seneng merangkak menaiki tangga sendiri. Kalo turun dari tangga sendiri, belum bisa. * ekstra pengawasan *
  • Hobi bilang 'ga mau' kalo disuruh minum jus ato makan sayur. Solusi : Minum jusnya pake sedotan pas dia lagi haus banget, pake tusuk buah yang lucu2, bentuk potongan buah lucu2, bikin puding buah ato sembunyi sayur.
  • Toilet training belum berhasil soale bocahnya bilang pupnya pas udah pup dan bilang pipisnya pas udah mancur ke lantai. He5 gpp, nti kita belajar lagi yah cayank.
  • Beberapa kosakata masih banyak yang belum sempurna, untuk kata akhiran R, S, M masih disebut dengan akhiran N kaya 'PUTAN ( R )', 'MONAN ( S )', 'MINUN ( M )'. Teteup dilatih aja deh yah. Pasti nti bisa sempurna. Amiin.
  • Kalimat udah mulai 4 kalimat, walopun kadang2 pengucapannya masih suka di balik2, kaya 'minun ain putih, zaki mau','naik sepeda jalan2', dll.
  • Mainan favorit masih suka buka2 buku, mewarnai, gambar suka2, lempar2 sesuatu, pukul2 sesuatu, putar2 sesuatu, puzle kayu.
  • Bisa buka pintu sendiri. Jadi mengakibatkan ini bocah suka ngacir keluar kalo mau liat hujan, suka tiba2 menghilang masuk ke kamar sendiri dan setelah itu pintunya di buka tutup buka tutup lagi. * lap keringet *
  • Udah bisa bilang sakit saat 'sakit perut' dan 'ambin ( L ) sakitnya'. Dimana pas liat ekspresinya, bikin pengen ikutan nangis juga. Kejadiannya waktu lagi ikut jalan2 dan ga mau makan nasi. Jadi di jalan cuma ngemil aja dan makan nasi setelah nyampe rumah. Tersangka utama sakit perut : Telat makan. Alhamdulillah pup normal dan setelah itu makan normal lagi.
  • Lagi suka maen pura-pura. Barneynya dikasih makan biskuit sama zaki. He5...

  • Kalo bangun tidur, dia mimpi, pasti setelah itu jadi acara cerita sambil bilang 'Mimpi buyung merak gede, zaki takut' ato 'Mimpi kembang api, dooorrrr tsaaahhhh'.
  • Kalo bocahnya lagi ga mau makan dan ga bisa dipaksa ( karena hobi bilang 'ga mau' ). Yowes kita bilang ajah 'Nanti kalo mau makan bilang yah' dan bener kejadian zaki bilang 'Mau Mam' ato 'Laper Mam' ga lama setelah kita tawarin. Mungkin saat kita mau kasih makan, dia belum laper kali yah. He5...
Itu ajah cerita zaki di bulan ini. Smoga sehat terus dan slalu membawa kebahagiaan buat siapa ajah yah cayank. Amiin amiin amiin. Muuuaaahhhhh...;-)

Selasa, 17 Januari 2012

Obrolan Bocah

Si bocah sekarang udah bisa diajak ngobrol, Alhamdulillah. Walopun kata2nya masih suka2 dia ajah dan ga heran jadi bikin bingung + ketawa dalam hati ngeliat mimik mukanya + bahasanya yang lucu. Hi5 gpp yah cayank, nti kita belajar kata2 lagi yah. Muuuaaaahhhh...


B : Zaki adiknya ada dimana ?
Z : Perut Bunda, *lanjut cium perut + elus-elus*
Dilanjutkan dengan adegan Zaki elus2 perutnya sambil bilang 'Adik Zaki'
B : Bukan di perut Zaki sayang, tapi adiknya ada di perut Bunda.
* senyum-senyum *


B : Zaki belajar yuk. * sodorin kartu-kartu *
Z : Bikin bunga gede
Berakhir dengan belajar kartu yang disusun jadi bunga gede. Sodorin satu2 trs Zaki ikut ngomong yang di kartu itu, beberapa masih dengan bahasanya dia.


Z : Ada tikun ( tikus ). Mau liat. Takut.
B : Gpp tikusnya baik, tapi zaki liat dari jauh aja ya.
Z : Kasian.
* berakhir dengan adegan tikus kecil yang berhasil di tangkep dikurungan *


B : Zaki mau bobo sama Ayah apa sama Bunda.
Z : Gendong Ayah, nyanyi. * udah di gendong Ayah *
Z : Gendong Bunda, peluk. * udah di gendong Bunda *
Z : Gendong Ayah lagi. * udah di gendong Ayah *
Z : Gendong Bunda. * di gendong Bunda lagi *
* bingung dan berakhir dengan oper-operan bocah dalam gendongan *. Ha5...


B : Bunda ke kantor yah sayang, nti sore kita main lagi.
Z : Ga boyeh, main ama Zaki
* berakhir dengan ajakan tangannya yang narik Bunda ke karpet lagi buat main *. * mewek *


B : Zaki ada tukang balon, zaki mau ?
Bocah2 lain pun merengek minta balon dan ini bocah cuma bilang :
Z : Liat ajah.
Dia tau kita ga bawa uang. Ha5. Good Boy...


Z : Naik tangga, keatan ( keatas )
B : Yuk.
Udah sampe atas,
Z : Turun lagi, sendiri
B : Iya Bunda pegangin ya, pelan2 turunnya.
Z : Ga mau, sendiri.
* berakhir dengan acara tangkis2an tangan, secara itu bocah ga mau dipegangin.
Udah sampe bawah...
Z : Naik lagi.
* Bunda pun keringetan *. Ha5. Colek Ayah, biar Ayah ikut olahraga juga. Ha5...


Z : Kata Bunda kaget Hantu.
B : Bunda kan ga pernah ngomong itu sayang.
Nyanyi Burung Hantu pernah, tapi takut2in anak sama Hantu ga pernah. Kenapa itu bocah tiba2 ngomong kaya gitu yah. * bingung *


Z : Kepala Buntung.
B : Hah, kepala buntung ? Dimana ?. * kaget, emak2 penakut *
Ternyata dia liat gambar mickey mouse, kepalanya doang. Kirain apaan, udah horor ajah ?. Ha5...


Bunyi suara mobil
Z : Ikut naik mobin * girang *
Sampe dalem mobil, ga mau duduk.
Z : Mobinnya ngebut, kaya di angkot.
* tepok jidat *. Ha5. Padahal belum pernah diajak naek angkot.


B : Zaki, kita mandi yuk.
Lari ke kamar mandi, maen pancuran kran. Tangannya dikenain ke air trs bilang
Z : Kembang Api. * mirip yah *, ga lama langsung bilang
Z : Berenang.
* dan berakhir dengan adegan nyemplung ke ember sodara-sodara *. Girang. Ha5...


Abis mandi pake baju lengkap + wangi
Z : Zaki ganteng banget.
B : * senyum2 dalam hati *, Iyah Zaki ganteng banget yah. * elus2 bocah lagi *
Ini bocah udah bisa muji dirinya sendiri yah sekarang. Ha5...


Acak-acak tas Bunda, ketemu dompet, langsung dibuka, ambil uangnya.
Z : Beli pulsa
B : Iyah nanti beli pulsa yah
Terus pergi ninggalin Bunda kearah pintu
B : Uangnya mana tadi yang untuk beli pulsa ?
Z : Kantongin
Dan berakhir dengan uang yang dia berusaha masukin ke kantongnya dengan kondisi udah lecek, baru deh dikasi ke Bunda. Ha5...


Z : Mau kue intip
B : Kue intip ?
Z : * nunjuk2 biskuit *
B : Oooo biskuit * kasih ke zaki *
Berakhir dengan biskuit yg ada lubangnya sedikit, trs bocah intip2 Bunda. Ha5...


B : Zaki waktu tahun baru lihat apa ?
Z : Kembang Api, Wuussshhhh Taaaahhhhhh * ngegambarin bunyi kembang api *
Jadi dari tahun baru mpe sekarang, kalo cerita kembang api, responnya kaya gitu terus. Hi5...


Nyodorin buku isi hewan2
B : Zaki, dombanya ada berapa ?
Z : Atu, Dua, Tiga, Mpat, Lima, banyak.
Padahal dombanya ada 7, tapi dia bilangnya banyak + cuma ngitung mpe 5 doang. Ha5...


Ngeliat banjir dirumah, efek hujan.
Z : Ayah Bayu basyah basyah basyah ( basah )
A : Mana yang basah ? * Cek bajunya zaki takut ada yang basah *
Z : Air air air
A : Ooooo itu banjir namanya


B : Zaki anaknya siapa ?
Z : Ayah Bayu, Bunda Itha ( Icha )


B : Zaki tadi pagi jalan2 sama Bunda lihat apa aja ?
Z : Monan ( Monas ), Buyung Meyak ( Burung Merak ), Air Mancun ( Mancur ), Jam Dinding, Banyak
B : Zaki seneng ga ?
Z : Seneng. Ikut Agi ( Besok Ikut Lagi )
* peluuukkkk gemesssshhhh *


Ngeliat Sajadah
Z : Olat ( Sholat ), Owohbaban ( Allahu Akbar )
* Berdiri, tangannya gerak2 berusaha ikutin gerakan Rukuk & Sujud *
Z : Ya Owoh ( Ya Allah )
* Jadi anak sholeh yah cayank. Amiin *

Sekian cerita tentang si bocah. Hi5. Besok2 ada cerita apa lagi yah ?...;-)

Kamis, 05 Januari 2012

10 Tahapan Weaning With Love


Genap sudah 10 hari Zaki lepas dari ASI. Terakhir nempel tanggal 27 Desember 2011 lalu. Disaat proses gagal weaning itulah ternyata peluk-pelukan terakhir aku sama zaki ( ga konsisten ). Eh tapi ga terakhir juga siy, sekarang pun masih teteup bisa peluk2an juga kok sambil usap2 punggungnya. * senyum simpul *...;-)

Rasanya itu antara sedih dan seneng. Alhamdulillah masa2 nangis bombay nya kemarin udah lewat. Walopun harus menyisakan batuk + pilek + suara serak selama 2 minggu karena efek sedih + nangis terus2an slama proses Weaning * mak lebay *. Dan akhirnya sekarang udah bisa 'lebih' menerima kalo zaki harus melangkah ke tahap perkembangan selanjutnya. Pikiran itulah yang mengikhlaskan hati dan menerima kenyataan indah saat ini.

Apa ajah tahapan proses Weaning yang udah dijalani itu ?, aku coba share yah :

1. Hypnobreastfeeding
Langkah awal ini aku lakukan sejak zaki berumur 21 bulan. Tiap lagi nempel, aku slalu bisikin kata2 yang kasih tau kalo zaki sebentar lagi mau 2 tahun. Jadi minumnya pake sedotan ato gelas dan ga nempel sama Bunda lagi. Tapi entah kenapa proses ini masih aku lakukan dengan setengah hati karena bayangan waktu itu lebih ke arah 'menunggu' zaki untuk menyapih dirinya sendiri dan yakin kalo zaki bisa lakukan proses itu tanpa aku.

2. Siapkan Hati
Setelah mengetahui adanya kontraksi pada rahim, aku pun mulai menyiapkan hati untuk mengikhlaskan zaki lepas dari ASIku. Ini tahap yang paling berat karena sebelumnya aku ga tau mau weaning pake cara apa, ga tega liat tangisannya yang masih nagih nempel dan ga sanggup liat muka polosnya ketika aku ga bolehin nempel lagi. Hiks.

3. Siapkan Cara
Akhirnya aku mulai coba ( tutup plester, oles minyak kayu putih, oles jamu pahit ) dan Zaki juga merespon dengan berbagai cara. Alhamdulillah saat mencoba tiap cara, hanya 1 kali ajah karena aku pun ga tega untuk terus memberikan cara2 tersebut berkali2 tiap zaki minta ASI.

4. Siapkan Sabar
Saat zaki minta ASIku lagi, aku langsung kasih pengertian ke dia saat dia nangis, dan ternyata ga begitu ada pengaruhnya. Dia bilang 'Buka','Mau nen Bunda','Gpp pait'. Ibu mana yang tega denger tangisan + ucapannya yang bikin mata berkaca2 + bikin hati nangis sesedih2nya.

5. Konsisten
Demi melakukan weaning, aku belajar konsisten untuk tetap ga ngasih ASIku ke zaki lagi. Ini juga tahap yang paling berat dan ga mudah dilewatin karena harus siap mendengar tangisannya.

6. Minta bantuan
Ya, aku ga bisa melakukan ini sendirian. Harus ada yang membantu untuk mensukseskan weaning ini. Alhamdulillah zaki langsung anteng di gendongan Ayah tiap kali habis nangis. Mau bobo sama Ayah juga. Karena kalo di gendong sama aku, dia malah nangis dan minta ASI lagi. Hiks.

7. Siapkan Tenaga
Si bocah di awal2 proses weaning bangun 2 kali, yaitu saat tengah malem dan menjelang Shubuh. Caranya : Langsung di gendong Ayah trs ditimang2 sampe bobo. Dan harus siap timang2 lagi kalo bocahnya pas ditaro melek yah. He5. * siapin camilan buat begadang *.

8. Perbanyak komunikasi
Mengingat itu bocah beratnya udah lumayan, jadi lumayan bikin badan kretek2 kalo di gendong lama tiap mau bobo dan tiap bangun malem. He5. Jadi sebelum bobo, aku slalu bilang kalo nanti bobonya di usap2 punggung ajah, di peluk2, bobo sama Barney atau dibacain cerita. Dan alhamdulillah berhasil. Acara menggendong sebelum bobo ato pas bangun malem sekarang udah berkurang...;-)

9. Pastikan kenyang dan ngantuk
Kalo siang bobonya zaki cuma 1 kali, selebihnya maen. Jadi sebelum jam 8 malem, zaki aku ajak maen + kasih camilan + minum dulu sampe dia capek. Dan sekarang dia bilang kalo 'mo bobo dikasur'. Tanpa gendong + tanpa drama tangis2an lagi...;-)

10. Siapkan senyum
Ini proses terakhir yang bikin lega karena kebiasaan sebelum tidurnya jadi berubah. Bisa acara maen, bacain buku cerita atau sambil ngobrol. Apalagi itu bocah responnya kan macem2 kalo lagi diajak ngobrol. He5. Bunda kangeeeennnnnn...


Sekarang kalo lagi ngobrol, kadang2 zaki bilang 'Nen Bunda tutut' ( Nen Bunda udah di tutup ) sambil senyum2 trs abis itu elus2 perut sambil bilang 'Sayang Adik'. Dan berakhir dengan pelukan kenceng + ciuman gemes dari Bunda buat Zaki. Hi5. Udah 2 hari ini zaki bobo tanpa gendong, tanpa nangis kalo bangun malem dan bisa bobo nyenyak sampe pagi. Moga2 seterusnya akan kaya gini yah. Amiin amiin amiin...;-)

Smoga awal yang indah, berakhir dengan indah juga yah sayang. Maafin Bunda, kemarin udah pake cara yang kamu ga mau dan bikin kamu sedih. Smua itu Bunda lakuin karena Bunda sayang kamu dan sayang sama Adek dalam perut. Muuaaahhhh...;-*