Rabu, 28 September 2011

Weaning With Love ( 22 month )


Seperti yang aku bilang di bulan sebelumnya bahwa aku akan khusus menceritakan kisah proses Weaning aku bersama Zaki tiap bulannya. Untuk mengenang akhir masa-masa indah aku bersamanya tentunya. * uhuk-uhuk *..;-)

Oke mari kita mulai critanya. He5. Setelah zaki berusia 21 bulan, aku memutuskan untuk berhenti pumping di kantor karena saat itu stok di freezer masih ada 18 botol dan zaki udah ga gitu smangat lagi minum ASIP hangat. Jadi daripada ASIP yang telah dihangatkan itu terbuang sia-sia tiap harinya, akhirnya aku coba memberikan variasi UHT coklat, yoghurt plain ataupun jus buah tiap harinya. Dan agar lebih bermanfaat, aku pun mendonorkan sebagian ASIP aku untuk anaknya temenku. Dimana dia sangat membutuhkan karena stoknya benar2 kejar tayang. Dan anaknya masih diusahakan untuk terus diberi ASI, walopun harus donor sekalipun. Gitu katanya. Dan pada saat yang bersamaan, dia juga terima 1 paket susu formula yang dikirimkan kerumah. Produsen susu formula itu tau darimana yah alamat rumahnya ?. * mikir *. Tapi akhirnya dia tetap memilih ASI untuk diberikan ke anaknya. Tekadnya hingga 1 tahun minimal ato syukur2 bisa lebih nanti. Amiin...

Bulan ini, ada satu hal yang berbeda di zaki yaitu dia mulai mau bobo sama Ayah. Entah diusap2 punggung, kepalanya ataupun di gendong dan pada akhirnya bobo di tempat tidur dengan menjadikan Ayah seperti guling ( Jadi kaya posisi IMD jadinya ) . Pelukan Ayah membuat zaki nyaman kali yah ?. Dan sukses membuat Bunda patah hati karena dia berhasil bobo siang sama Ayah dan itu artinya tanpa pelukan Bunda ( tapi masih NEN kalo bobo malem ). * antara seneng dan sedih *


Dan kalo wiken ataupun saat pulang kantor. Dia masih spontan bilang 'NEN NEN NEN' kalo ketemu sama aku. Jadi akhirnya dialihkan dengan main atopun pemberian makanan dan minuman lagi dengan tujuan zaki lupa NEN dan KENYANG. Tapi kalo bocahnya teteup minta, pasti dengan senang hati aku kasih...;-)

Perubahan bulan ini adalah kalo NEN ga seLAMA dulu lagi. Entah mungkin ASI aku yang udah ga sebanyak dulu atau zaki yang emang hanya pengen kenyamanan ajah dengan NEN itu. Jadi nempel sebentar trus maen lagi ato langsung bobo. Nah pas dia mau maen, ga lama trus minta NEN lagi ( jadi kaya maen2 ajah kan NEN nya. Ha5 ). Trus aku alihin ajah sampe dia capek maen trus akhirnya bobo sambil NEN sebentar. Untuk posisi favoritnya masih dengan menjadikan aku guling ( persis saat IMD dulu ), trus sampe akhirnya dia yang mencari posisinya sendiri dengan turun ke kasur meluk guling beneran. He5.

Pernah waktu itu ada kejadian, zaki melihat ASI aku menetes dari putingnya. Dan spontan langsung membuatnya 'geleng-geleng' dan ga mau NEN lagi. Mungkin dia pikir kok bisa keluar cairan putih-putih ?. Dan setelah itu zaki langsung maen lagi dan lupa sama NEN nya. * patah hati deh kehilangan moment peluk-peluk *. Hiks.

Kalo lagi jalan-jalan keluar gimana ?. Zaki udah sama sekali ga ngomong 'NEN NEN NEN' di depan orang banyak. Kayanya karena suasana hatinya lagi sibuk menikmati lingkungan sekitar makanya dia seneng jadi lupa minta NEN kali yah. Dan aku slalu siap sedia untuk bawa bekal aer putih atau susu UHT. Hi5. Aciikkk...;-)

Dan aku percaya sesuatu yang dimulai indah, pasti akhirnya indah juga. Amiin. Jadi sekarang enjoy ajah deh proses weaningnya. Ga kejar target juga kalo 2 tahun harus selese menyusuinya tapi teteup usaha pelan2 biar zaki bisa disapih nti. Amiin...

Doakan kami yah, karena jujur, hati ini masih belum ingin kehilangan moment-moment indah bersama zaki dan suatu saat, aku PASTI lebih bahagia melihatnya lebih mandiri bukan ? Walopun tanpa pelukan ASI ku lagi, Zaki pasti tau kan kalo aku slalu menyayanginya. * jadi sedih ( lagi ) *. Muaaaahhhh...Luv u...;-*

Selasa, 20 September 2011

Perkembangannya di bulan ke 22



Time so flies yah. Ga trasa tinggal 2 bulan lagi menuju 2 tahun. Alhamdulillah Ya Rabb. Slalu lindungilah ia dalam rahmatMU. Amiin. Untuk bulan ini, ada perkembangan apa ajah yah :
  • Gigi yang kelihatan 4 seri atas dan 4 seri bawah. Ditambah 1 di geraham atas kanan dan 1 di geraham atas kiri bagian belakang. Ditambah dengan 1 geraham bawah kanan dan 1 geraham bawah kiri. Ditambah 2 gigi taring atas bawah dan untuk bulan ini nambah lagi yang intip2 masing2 1 geraham bawah kiri dan kanan. Hehehe. Sikat giginya masih moody. Hu5. Dan untuk gigi atas, agak2 susah nyikatnya karena zaki malah gigit sikat giginya. Hiks.
  • BB yang sekarang belum nimbang lagi. Harapannya moga2 udah diatas 12 kg an. Amiin.
  • Kosakata di bulan ini ( akhirannya kok banyak yang -ANG yah ) nambah jadi 'ABANG', 'KE GANG', 'KE BANK', 'GAMPANG', 'TERKADANG', 'ADE'. Kalo 'DEKAT', 'BUAH', 'MELEDAK', 'NDA', 'APA APA APA APA', 'WUIH', 'AH TAK ADA', 'NEN NEN NEN', 'UH', 'YAH', 'OH', 'Pak Bu', 'MAM MAMAM', 'MAMA', plus bahasa baby yang ga jelas lainnya masih suka kedengeran. Ha5...
  • Untuk mendukung lebih banyak stimulasi biar Zaki banyak ngomong, kita emang di tuntut lebih bawel buat kenalin benda-benda di dalam rumah dan di sekitar, termasuk apa bentuknya, apa warnanya, apa fungsinya, dll. Tapi kalo bocahnya masih dikit ngomongnya masa harus di paksain yah ?. Aku sempet kuatir juga siy tentang masih sedikitnya bahasa yang keluar dari mulut Zaki dan akhirnya menyadari kalo tiap anak itu unik, beda dan pintar. Belum lagi ada cerita tentang anak yang sedikit ngomong, trus sekalinya ngomong bikin takjub karena dia langsung ngomong satu kalimat lengkap. Duuuhhh, moga2 nanti suatu saat Zaki ku pinter ngomongnya yah. PASTI kok, Insya Allah. Amiin...;-)
  • Kalo bulan kemaren dia mulai tau beberapa angka, bulan ini dia mulai tau beberapa warna dan bentuk. Gpp yah cayank, kita pelan2 nanti belajarnya...;-)
  • Dan mengakibatkan bulan ini, dia jadi hobi banget coret2. Kebeneran Bunda beliin dia papan tulis kecil buat media coret2nya dia tapiiiii, saat spidol, crayon ato pulpennya dia pegang, dia lanjut coret2 tangan, kaki, betisnya dan siap2 menuju tembok ato ubin buat jadi sasaran selanjutnya. Ha5...

  • Karena dia lagi terobsesi banget sama yang namanya bentuk2 bintang, bunga, hati, lingkaran, dkk nya, Bunda pun coba2 bikin BENTO yang isinya banyak warna-warni, dimana BENTO ini masih jauh banget dari kategori BAGUS yah buibu cantik. Tapi Alhamdulillah bikin Zaki smangat makannya. Walopun masih harus sembunyi sayuran dan favorit banget sama TEMPE. Jadi kalo ada TEMPE pasti mulutnya langsung mangap. He5. Dan bener, bikin Zaki jadi mau makan karena liat piringnya isinya warna warni. Acikkk. Hi5. Apa ajah pasti Bunda lakuin deh demi kamu...;-)

Nasi goreng brokoli - wortel bunga - nugget ayam bulat - tempe hati


Nasi - sosis bunga - tempe bintang - tumis kangkung bunga


Roti selai strawberry homemade bintang - Agar2 strawberry bintang

  • Masih suka banget sama balon. Tiap liat tukang balon slalu nunjuk2 sambil bilang 'UP UP UP' ( Awal liat balon dari Film UP ) * trus Zaki pasang mimik muka minta dibeliin & bikin yang liat ga tegaan dan langsung bikin hati luluh buat beliin *. Ha5...
  • Udah bisa nyuruh Bunda tutup muka sambil narik tangan Bunda di arahin ke muka trus suruh Bundanya pura2 nangis sambil Zaki ikut2an gaya pura2 nangis juga. Hi5 ada2 ajah siy bocah.
  • Udah bisa kasih kode berguman tapi ga keluar kata2 'E e' kalo lagi mau pup. Duuhhhh, masih PR banget niy Toilet Training. Secara bocahnya masih kadang2 moody kalo diajak ke kamar mandi dalam keadaan mules. Hiks.
  • Udah bisa diboboin sama Ayah tanpa Bunda dan tanpa NEN kalo siang. Antara seneng dan patah hati juga jadinya, ga bisa peluk2 dia. Hiks. Trus kadang2 kalo sama Bunda minta diusap2 kepala, punggung, dada ato minta dipeluk ajah. Dan ga lama setelah Ayah bacain dongeng, Zakinya merem sendiri.
  • Sayuran masih disembunyiin. Jus buah, yoghurt plain dan UHT coklat masih dipake buat alternatif variasi tiap hari, ASIP hangat udah ga mau lagi kecuali langsung dari gentong ato kadang2 maunya yang DINGIN. Udah coba campuran buah di agar2, tapi yoghurt di salad buah atopun yoghurt di puding belum di coba niy biar ga bosen. Tapi emang kayanya nafsu makan mereka bisa on off yah buibu, hari ini bisa cuma beberapa suap, besoknya bisa kaya orang kelaperan. Jadi kadang dibikin menu yang menurut kita enak, malah ga mau. Eh, tempe goreng yang simple malah lahap. Hi5.
  • Masih belum cobain madu dan susu kedelai niy. Bagusnya untuk berapa tahun yah buibu ?
  • Kalo disuruh tidur suka ga mau, maunya maen mulu. Dan kalo dipaksa, Zaki itu bisa nangis jerit2 ga jelas sambil kepalanya dibelakangin posisi tengadah. Hadeeeuuuhhh. * tepok jidat elus2 dada siapin stok sabar yang banyak *. Tapi kalo kita luluh, mereka kan jadi belajar 'dengan nangis aku dapet yang aku mau'. Akhirnya Bunda teteup konsisten dan kalo Bunda suruh Zaki tidur, Bunda ajak maen dia sebentar, tutup pintu kamar, trus Bunda pura2 merem ajah dan ga lama Zaki bilang 'NEN NEN NEN' dan akhirnya dia merem juga. Fuuuiiihhhh...* tarik nafas lega *
  • Suka pukul2 biar kedengeran bunyi nyaringnya. Sampe2 kaleng bekas dan tempat bekas KFC di manfaatin buat jadi drum-drum an ala zaki. Hehehe...

  • Untuk jam tidurnya, kalo siang sekarang cuma bisa tidur 1 kali ajah. Sisanya maen terus. Tapi kalo liat dari link ini Jam Tidur Sehat Buat Bayi dan Anak, usia 1 - 3 tahun hanya memerlukan jumlah tidur 12 sampai 14 jam. Jadi kategori zaki masih aman, karena kalo siang dia kecapean maen, malemnya bobo nyenyak banget dan paling2 bangun antara 1 ato 2 kali utk nempel sebentar trus lanjut bobo lagi. * emaknya bisa bobo nyenyak juga maksudnya * . Hi5...
  • Oiya, efek bocah bisa ngomong 'ABANG', jadi membuat si abang-abang jajanan yang lewat depan rumah berhenti gara2 panggilan zaki. Dan akhirnya suatu hari karena kita ga mau menanggung malu * halah * , kita jadi deh beli itu somay si abang. Ha5 maapkeun yah bang...* tepok jidat *

Sekian cerita bocah di bulan ini dan Bunda ga bosen2 nulis smua yang terjadi. * yang baca yang bosen yah * . Hi5. Biar suatu hari Zaki bisa baca dan tau betapa sayangnya Bunda sama kamu. Muaaaaaaahhhhh. Sehat terus yah cayank dan slalu smangat coba hal-hal baru karena Bunda yakin kamu pasti bisa lewatin itu smua. Muaaaaaahhhh...;-*

Kamis, 08 September 2011

Kalender Kehamilan dan Jenis Kelamin


Awalnya, temen kantorku mengirimkan email tentang prediksi mau punya anak cewe ato cowo. Dan saat itu pikiranku, apapun jenis kelaminnya nanti, yang penting dia lahir sehat dan selamat hingga akhirnya melihat dunia ini.

Tetapi saat data itu aku cocokkan dengan kelahiran zaki, saat umurku 28 dan 'proses' Maret 2009, prediksi akan adanya anak laki-laki, itu BENAR. Begitu juga dengan beberapa temenku yang telah mencocokkan data mereka dengan KALENDER tersebut.

Dan sekali lagi, ini hanyalah sebuah prediksi lho yah. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha. Ada yang MAHA Diatas sana. Dimana DIA yang Menentukan calon janin kita itu cewe atau cowo. Jadi kalopun nanti hasilnya beda sama yang kita inginkan, yah gpp. Hehehe...

Trus aku sendiri gimana ?. Kalo ngomongin tentang Zaki yang lahir November, dia jadi masuk ke umur nanggung alias masuk SD saat umur 6 tahun 8 bulan karena kalo kurang dari 4 bulan ( Dihitung saat JULI harus berusia 6 tahun ) KATANYA, baik sekolah negeri ataupun swasta nolak. Jadi pengennya nanti, si calon adeknya Zaki udah lahir sebelum JULI biar dia ga masuk ke umur nanggung tadi. * ngehayal siang-siang *

Dan kalo tahun depan, aku baru 'proses' adeknya Zaki, beda umur mereka sekitar 4 tahun nan dan mengakibatkan proses adeknya masuk SMP dan Zaki masuk SMA berbarengan. Begitu juga dengan adeknya masuk SMA dan Zaki masuk kuliah berbarengan. * kencangkan ikat pinggang *

Trus trus kalo tahun ini 'proses' adeknya Zaki, untuk mengejar dia lahir sebelum JULI adalah aku harus 'proses' minimal di bulan September ini dengan prediksi dapet anak CEWE. Bener ga yah ?. Hehehe. Ya Allah, waktu kok cepet banget yah. Kok jadi ngomongin anak ke 2 ajah jadinya sekarang. Hahaha...

* mendadak deg-deg an, pusing , mata kunang-kunang, perut laper *

Yoweslah, apapun itu kita lihat ajah nantinya gimana. Yang penting terus berusaha yang terbaik dan pasrahkan hasilnya sama Allah SWT. Smoga Allah SWT kasih kemudahan dan kesehatan buat kita smua yah. Amiin...

Jadinya tahun ini apa tahun depan niy, tahun ini, tahun depan, tahun ini, tahun depan ??? * itung kancing baju sambil inget umur yang tahun ini mau kepala 3 *. Hahaha...;-)

Rabu, 07 September 2011

Cerita Lebaranku



Sebelumnya Bunda mau ucapin dulu 'Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Taqobbalallahu minna waminkum. Mohon Maaf Lahir dan Batin yah' jikalau slama ini ada ucapan ataupun perbuatan yang kurang berkenan di hati para pembaca sekalian. Ceile. Hihihi...

Karena Lebaran tahun kemaren di depok, jadi Lebaran kali ini gantian di Jakarta. Dan sebelumnya Bunda udah bisikin Zaki biar pas sholat Ied nti Zaki bisa duduk manis dan anteng. Ternyata itu bocah udah bangun dari jam 04.30 WIB dan girang sampe menuju lapangan sholat Ied. Hahaha...


Tapi teteup ajah Bundanya deg-degan soale kan doi mood-mood an. Akhirnya Bunda bawa smua peralatan perang ( Red - Roti, Air Putih dan smua mainan favoritnya ) biar Zaki seneng dan jreng jreng jreng...

Pas sholat Ied mau mulai, Zaki ga mau duduk sendiri dan maunya dipangku. Yowes, jadinya Bunda sholat sambil duduk demi ngejaga Zaki ga BT dan teteup anteng. Alhamdulillah dia anteng dan mulai BT saat rakaat terakhir mau slese. Langsung deh Bunda mimik in dan habis itu dia bobo. Ngantuk banget kali yah, lah wong bangunnya ajah kaya waktu Ramadhan. Pagi-pagi banget. Hihihi...

Langsung habis itu maaf-maaf an sama Papa, Mama, Adik Bunda, Mbah, Om dan Tante dan ga lama langsung meluncur ke Depok buat Lebaranan sama keluarganya si Ayah. Dan kita menghabiskan waktu cuti disana. Yang pasti seru, karena si Mba udah mudik dan itu artinya waktu yang lebih banyak buat main-main sama Zaki. Apalagi itu bocah lagi ga bisa diem dan maunya kesana kemari. Bikin keringetan jadinya. Hahaha...

Ini dia bocahnya pas sholat Ied...


Lagi ngantuk, jadinya bengong dan ga mau liat kamera. Hahaha...^_^