Senin, 25 April 2011

Perkembangannya di bulan ke 17


Hai hai mari kita mulai lagi cerita tentang zaki di bulan ke 17 ini yah, lebih bikin keringetan pastinya. Hahaha...
  • Gigi masih belum nambah ( masih 4 atas dan 4 bawah ).
  • BB belum diukur lagi, mungkin nanti ketauannya pas imunisasi ulangan pas 18 bulan nanti.
  • Suka ikutan sok sibuk dengan apa yang orang laen lakuin. Misalnya lagi nyapu, lagi bersih2, lagi rapihin maenan. Yang ada bukannya bantuin, malah ngerusuhin. Hahaha...

  • Suka maen pintu. Cilukba dibalik pintu atopun buka tutup pintu mpe kita takut sendiri tangannya kejepit. * jangan sampe deh *
  • Udah bisa nyahutin orang. Kalo ada yang nanya sama zaki, dia slalu jawab dengan bahasa planetnya.
  • Tangannya gratakan. Alias ga boleh liat sesuatu di meja, langsung bawaannya pengen ngambil ajah. Jadi barang2 di meja makan diamanin dari jangkauan sebelum toples, dkk nya diambil trus dimaenin sama zaki. Hahaha...
  • Suka ngebuntutin orang kalo lagi jalan. Jadi tadinya zaki dimana, tau2 udah ada di belakang kita ajah. waspadalah waspadalah. hahaha...
  • Udah bisa di mintain tolong. Suruh ambilin sapu, ambilin maenan, ambilin barang2. Hihihi lucu bgt ciiii kamu...
  • Suka maen pancuran kran, jadi kadang2 kalo zaki mandinya ga pake babybather, udah ajah di berdiriin dibawah kran biar dia maen pancuran. Mandi aer anget udah bye bye, soale doi lebih girang pake aer dingin.
  • Sikat gigi masih rutin tiap pagi dan sebelum tidur, kalo pasta gigi belum Bunda pakein soale zaki belum bisa kumur2 dan masih tanda tanya juga kalo pastanya ketelen gimana.
  • Suka maen njot-njot an alias jingkrak2 di atas tempat tidur dipinggir kasur. Trus ketawa girang badannya udah bisa goyang2. * lap keringet *
  • BAB masih rutin 1 - 2 kali sehari dengan asupan 2 buah yang berbeda dan 3 sayur yang berbeda warna. Karena kandungan vitamin di masing2 buah ato sayur beda2, jadi biar asupan yang zaki makan, lengkap dari aneka ragam buah dan sayur itu. Tapi liat sikon isi kulkas dan isi pasar juga kok.
  • Udah bisa lari ngibrit keluar, apalagi kalo pintu pager udah kebuka. Langsung deh keluar pager, kdg2 tanpa sendal maen keluar ajah.
  • Seneng kalo jalan ke taman, liat ibu2 yang lagi pada olahraga. Ikutan sibuk nimbrung jalan2 kesana kemari. Tapi teteup Bunda bawa stroller, jaga2 kalo zaki capek bisa pindah ke stroller, soale kalo gendong dari taman ke rumah, syiap2 deh tuw encok plus pegel2. hahaha * tulang udah keropos *
  • Udah bisa nyuruh Bunda buka gentong sambil bilang 'NEN', bahkan kalo minta minum aer putih di gelas pun kadang2 bilangnya 'NEN'. Jadilah kita kalo zaki 'NEN, NEN', kita udah tau kalo zaki haus. hahaha...
  • Bahasanya nambah jadi 'Pa Yang' alias Papa eyang, manggil2 papaku biar ga ditinggal naek mobil, kirain mo diajak jalan2. Tiap mesin mobil dinyalain, langsung minta naek ke mobil.
  • Jawabannya aneh2. Pernah waktu itu ditanyain, 'Zaki, bunganya ngambil dimana ?'. Dijawab 'SUNGAI'. Padahal ntu bunga dapet ngambil dari pot tetangga. Hahaha...ga tau kok bisa nyeletuk ajah SUNGAI, padahal kayanya belum pernah ngajarin kata itu.
  • Kalo keinginannya ga tercapai, langsung ngambek, nangis. Bunda omongin ajah bae2. Mereka kan juga harus belajar menerima kekalahan bukan ?...ga smua keinginan bisa terpenuhi.
  • Suka joged2 sambil hentak2in kaki, kalo lagi denger lagu di VCD lagu anak2. Jadilah kita nonton zaki joged, bukan nonton VCD nya lagi. Hahaha...
  • Suka lari2 maraton keliling meja makan. Abis itu badannya keringetan. Hahaha kaya orang gede ajah.
  • Pengen tau apa ajah. Geser2 bangku sendiri, jalan di tempat sempit kaya di sela2 bangku dan meja ruang tamu, numpahin aer di gelas, naek turun tangga. Hahaha bikin yang jagain keringetan juga jadinya.

Itulah cerita terbaru tentang zaki. Ga mau memaksakan zaki harus gimana gimana, karena dia masih tahap perkembangan. Jadi biar jalan kaya aer mengalir ajah. Paling2 teteup kasih dukungan sesuai tahap perkembangannya. Orangtua happy, pasti anaknya juga nanti happy. Hehehe...Banyak hal indah yang terjadi saat ini, daripada kita sedih ato stres karena anak kita belum bisa seperti anak2 lain. Bukan begitu ?. Setiap anak kan unik. Jadi biarin ajah kalo ada yang ngomong macem2. Tutup kuping tutup mata. Hehehe...Smangaaattttt terus yah moms...@_@

Kamis, 14 April 2011

AIMI goes to office ( AGTO )


Berawal dari pertemuanku di twitter dengan AIMI, penasaran gimana siy caranya mengundang AIMI dateng ke kantor untuk share tentang seluk beluk dunia per-ASI-an. Ternyata mereka bilang bisa tetapi syaratnya adalah jumlah peserta seminar harus ada minimal 10 orang, dimana peserta itu bisa :
1. Para calon ibu (ibu hamil).
2. Ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya namun sudah harus kembali bekerja karena cuti melahirkan sudah usai.
3. Tidak tertutup juga bagi para wanita bekerja lainnya meski belum hamil atau belum menikah namun ingin mengetahui banyak tentang ASI dan segala hal yang berkaitan dengannya.
4. AGtO tentu saja menerima peserta para calon ayah atau ayah yang baru memiliki buah hati dan istrinya sedang menyusui ( breastfeeding father ).

Langsung deh ngumpulin orang dan ternyata respon mereka juga smangat banget buat ikutan seminar ini. Trus aku minta proposal ke AIMI lewat email puti@aimi-asi.org buat ajuin ke HRD ku dan ternyata mereka pun mengijinkan. Setelah penyesuaian jadwal antara AIMI dan kantor, alhamdulillah tanggal 14 April 2011 kemaren kita dikasi kesempatan untuk bertemu dengan mba Fonda Kuswandi dan mba Yuli dari AIMI.

Materinya pun seputar Manfaat Pemberian ASI, seperti :
  • Komposisi ASI sesuai dan seimbang dengan kebutuhan karena dirancang khusus untuk bayi manusia, bahkan setiap ibu memiliki komposisi ASI yang berbeda2 dan bisa berubah setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap hari dan dari tahun ke tahun.
  • ASI mengandung sel-sel hidup, hormon, enzim-enzim aktif, berbagai macam immunoglobin, faktor-faktor pertumbuhan serta zat-zat lain yang memiliki komponen struktur yang unik.

Manfaat Pemberian ASI pada bayi :
  • Sumber nutrisi dan kalori lengkap. Kalori dari ASI memenuhi 0 - 6 bulan = 100 %, 6 - 12 bulan = 70 % dan lebih dari 12 bulan = 30 %. Selebihnya di dapat dari makanan padatnya.
  • Perlindungan Optimal terhadap berbagai penyakit.
  • ASI meningkatkan kecerdasan ( IQ ) dengan didukung dengan stimulasi yang sesuai.
  • ASI meningkatkan perkembangan Emosi, kepribadian dan Percaya Diri ( EQ )

Manfaat Pemberian ASI pada Ibu :
  • Mencegah pendarahan dan anemia.
  • Menunda kesuburan; pada masa ASIX + tidak haid = 1,8 % kemungkinan hamil, masa ASIX + sudah haid = 27,8 % kemungkinan hamil dan setelah masa ASIX = 40,5 % kemungkinan hamil.
  • Mengecilkan rahim.
  • Menimbulkan ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak.
  • Mengurangi kemungkinan osteoporosis dan rematik.
  • Mengurangi kemungkinan kanker Payudara, Rahim dan Ovarium.
  • Praktis, Tidak merepotkan dan hemat waktu.
  • Lebih ekonomis dan murah.
  • Menghemat biaya pengobatan.

Dijelaskan pula tentang Hak Ibu Bekerja untuk menyusui dan Tips sukses menyusui saat kembali bekerja, seperti :
  • Masuk bekerja ketika hari kamis, dimana 2 hari kerja lebih ringan dilalui dibanding saat mulai kerja di hari senin. Tujuannya untuk mengejar stok ASIP saat wiken dan mengurangi stok ASIP yang terpakai pada minggu itu.
  • Disiplin memerah ASI di kantor setiap 3 jam sekali.
  • Jangan tungggu hingga payudara penuh dan kencang agar ASI tetap dapat berproduksi maksimal.
  • Mulai menabung stok ASIP 2 minggu setelah persalinan karena produksi ASI masih lebih banyak dibandingkan kebutuhan bayi.
  • Belajar memerah ASI pake tangan atau pompa manual / electrict.
  • Praktek untuk meninggalkan bayi 1 hari ato beberapa hari sebelum masuk kerja agar bayi dan pengasuh belajar cara menyajikan ASIP dan minum ASIP selain dari payudara langsung.
  • Susui bayi sebelum berangkat ke kantor.
  • Minta kepada pengasuh untuk tidak memberikan ASIP saat kita sudah dekat dengan rumah.

Dan tips lain nya adalah...

  • Setelah satu tahun keatas kan kita bisa mengenali UHT ato Pasteurisasi. Nah kenyataannya adalah Zaki ga gitu suka sama 22nya dan pernah sekalinya dicobain langsung cuma susunya ajah ( ga dicampurin ke makanan ), dia mencri2. Jadi tipsnya adalah, kita bisa mencampur sedikit2 antara UHT sama ASI. Misal UHT 10 % ASI 90 %, nti lama2 jadi UHT 90 % ASI 10 %.
  • Nah kalo udah diatas 2 tahun gimana, susu boleh tapi ga wajib karena pada usia itu, manusia sudah tidak lagi menghasilkan enzim pencerna susu. Jadi kita nantinya akan lebih kuatir kalo mereka ga mau makan dibanding mereka ga mau minum susu. Karena vitamin yang terdapat di makanan ga bisa digantikan dengan vitamin yang ada di dalam susu. Jadi kalo ada yang ga mau makan trus diganti susu, udah pada tau jawabannya gimana yah ? hehehe...
  • Trus ilangin 'ngempeng' malem2 gimana ?...kasus Zaki banget niy. hehehe. Kita ga bisa tiba2 menghilangkan kenyamanan mereka akan kebiasaan 'ngempeng' sebelum bobo itu, jadi nantinya pun harus pelan2. Seperti adanya komunikasi 'Ngempengnya ganti peluk ajah yah' ato bisa juga bikin perjanjian dengan anak kita.
  • Disapih harus 2 tahun atau gimana ?. Proses menyapih ini akan terjadi dengan alamiah alias hilang dengan sendirinya. Intinya harus ada kerelaan antara Ibu dan Anak. Bikin perjanjian dan adanya komunikasi yang baik antar keduanya. Kalau kita membohongi2, mengoleskan sesuatu di payudara dan berbagai cara agar anak kita ga mau mimik lagi, hal itu akan mengurangi ikatan yang tlah terjalin selama ini.
Kalo diriku pribadi, entah kenapa rasanya kok yah belum rela ajah kehilangan moment2 saat menyusui sama Zaki tetapi harus dihadapkan oleh kenyataan bahwa Zaki sekarang bukan baby lagi, Bunda bukan lagi satu2nya orang yang ia butuhkan dengan ketergantungan menyusuinya, dan sebentar lagi Zaki sekolah, lulus kuliah trus menikah dan akhirnya harus meninggalkan Bunda dirumah. Yayayaya waktu sangat sangat cepat berlalu yah. * kok jadi melow gini * hehehe...Jadi intinya, biar waktu ajah yang tau kapan proses penyapihan Zaki nanti. Dengan teteup niat, smoga bisa ASI sampe 2 tahun ato lebih nti, ga tau juga deh. Amiinnn. Hehehe...;-)

Sekian share yang panjang ini, smoga bermanfaat yah teman2...^_^

Selasa, 05 April 2011

Di taman bersamanya

Kalo wiken tlah tiba, pasti deh Bunda manfaatin sebaik2nya buat menghabiskan waktu sama Zaki. Nah, kebeneran di deket rumah ada taman bermain buat para bocah yang bisa kita gunain rame2 dan kalo wiken, para bocah kumpul di tempat ini buat aktivitas mereka. Hehehe.

Nah karena Zaki udah bisa kesana kemari, kalo ada waktu pasti Bunda ajak Zaki kesini...


Trus pas ada si mpus, diikutin tuw mpus mpe keluar dari taman. Hahaha...kejar2an pagi2...


Trus ga berhenti2nya ajak Bunda buat ke perosotan terus, jadi olahraga naek turun tangga perosotan deh. Hahaha...* lap keringet *


Besok kita maen lagi yah cayank...^_^

Minggu, 03 April 2011

About Pillow Talk


Sempet ngeblank banget sama yang namanya hypnosis saat tidur, gimana caranya, tujuannya apa dan kira2 berhasil ga yah ?. Alhamdulillah waktu itu ada info tentang pembahasan hypno saat tidur ini di twitternya @keluargahypno, langsung deh pantengin sampe tuntas. Hihihi. Biar inget, Bunda coba share juga yah disini...:

Pillow talk adalah hipnosis dalam, jadi jika ragu2 sebaiknya jangan mencoba daripada salah. Konsultasilah jika belum yakin betul. Pillow Talk adalah bentuk dari metode hypnosleep, yaitu program sugesti yang diberikan oleh orang tua saat anak sedang tidur. Gelombang otak dominan pada manusia ada 4, yaitu beta-alpha-theta-delta : terurut dari gelombang paling tinggi sampai terendah.

Gelombang otak Beta adalah gelombang otak saat seseorang sedang aktif berpikir. Anak2 mengalami gelombang beta saat marah/tantrum.
Gelombang otak theta, saat seseorang sudah tertidur namun pikiran bawah sadar masih bangun sehingga sugesti hipnosis tetap terekam.
Gelombang otak Delta, saat seseorang tidur nyenyak sekali sehingga pikiran sadar maupun bawah sadar tidak aktif.

Saat tertidur, gelombang otak akan turun ke alpha, theta dan delta. Gelombang otak untuk sugesti hipnosis adalah alpha & theta. Anak-anak cenderung lebih cepat mengalami penurunan gelombang otak dari alpha-theta-delta, apalagi saat ia sedang lelah. Yakinkan terlebih dahulu bahwa anak masih berada di gelombang theta saat kita hendak memberikan sugesti pillow talk.

1-5 menit pertama saat anak baru mulai tertidur, kemungkinan besar masih berada di gelombang alpha menuju theta. Jika kelihatannya anak sudah mulai terlelap, coba goyangkan kepalanya ke kanan dan kiri sampai terlihat ada respon.

Respon yang umum yaitu berubahnya pola napas si kecil saat diganggu sedikit. Ini tandanya gelombang otaknya pindah ke theta. Mulailah pillow talk dengan terlebih dahulu menuliskan kata2 sugesti untuk anak, karena ini adalah kunci penting keberhasilannya. Kemudian :
  • Belai kepalanya atau bagian tubuh lainnya sambil menyebutkan diri anda ( ayah atau bundanya ).
  • Katakan, " Adik, ini bunda sedang berbicara dengan adik, kalau adik bisa dengar, gerakkan ibu jari tangan kiri adik ".
  • Tunggulah respon anak setelah anda mengucapkan kalimat perkenalan tadi. Jika ia belum merespon dgn gerakan, tunggu 30 detik & ulangi.
  • Cobalah 2-3 kali sampai anak memberikan respon berupa gerakan ( bisa gerakan jari, kepala, tangan, dsb ) agar yakin ia berada di theta.
  • Jika sampai 2-3 kali belum ada respon, coba ganggu sedikit dengan menggoyangkan tubuhnya agar gelombang otaknya naik.
  • Jika anak tetap belum merespon, tapi ada perubahan pola napas dan gerakan tubuh, gelombang otaknya sebenarnya sudah di theta.
Beberapa anak tidak sensitif dengan gerakan ideomotor, jadi kemungkinan respon gerakan tubuh akan kecil bahkan tidak terasa. Gerakan ideomotor : gerakan yg diperintahkan dari bawah sadar. Saat anak diminta menggerakkan jari, perintah datang dari bawah sadar. Jika anak memberikan respon berupa gerakan, sebenarnya semakin kecil responnya semakin dalam kondisi hipnosisnya.
  • Segera berikan anak sugesti hipnosis dengan kalimat - kalimat sugesti yang sudah anda persiapkan dan yakin benar.
  • Gunakan kata positif dan hindari kata negasi. Ini adalah suatu keharusan !.
  • Hindari menuliskan sugesti terlalu banyak, usahakan sugesti yang kita berikan maksimal 3 dan sebaiknya berhubungan.
  • Hipnosis bukan proses yang instan, karena itu orang tua butuh kesabaran yang besar dan konsistensi saat melakukan pada anak.
  • Contoh : " Mulai sekarang, adik senang makan dan makan banyak, karena makanan itu enak dan sehat, apalagi sayur, adik suka sekali ".
Contoh sugesti tersebut punya 3 tujuan : 1. anak senang makan, 2. makan banyak, 3. suka sayur. Gunakan susunan sugesti yang berhubungan.
  • Ulangi sugesti anda sebanyak 5 kali dalam 1 malam ( selama 3 hari ) berturut-turut dengan inti sugesti yang sama persis dan tidak berubah agar repetisi konsisten.
  • Lebih baik jika selama memberikan sugesti, ayah / bunda tetap melakukan belaian pada si kecil untuk membuainya dalam hipnosis.

Selamat Mencoba yaahhh...^_^

Dan Bunda sendiri apakah udah nyoba...ini dia ceritanya :...

Saat Zaki udah mulai agak terlelap Bunda bilang, 'Zaki ini Bunda cayank, Zaki masih denger Bunda ?. Kalo masih denger Zaki gerakin tangan Zaki yah'...Yups, tangannya bergerak teman2. hehehe...

Lanjut, 'Zaki, mulai besok & seterusnya, 1. Zaki makan yang banyak, 2. Mau makan sayur sama buah trus 3. Makannya sambil duduk dan dikunyah2...'

Tujuan : 1. Zaki doyan makan, 2. Suka sayur sama buah, 3. Makan ga sambil jalan2 & makan ga diemut...

Faktanya sekarang :
1. Zaki doyan makan, 2. Suka sayur sama buah, 3. Makan kadang2 duduk kadang2 jalan2 dan kadang2 diemut...

Jadi untuk tujuan no.3 ini Bunda masih pillow talk sampe sekarang. Yups, harus dengan kesabaran yah karena Bunda yakin Zaki pasti mau dengerin kata Ayah Bundanya. Hihihi. Luv u cayank...
;-*