Selasa, 22 Maret 2011

Perkembangannya di bulan ke 16


Rasanya waktu tuw cepet banget yah berjalannya. Zaki rasanya tumbuh dengan cepat. Hehehe. Udah bisa ngapain ajah siy dia sekarang : * catetan pribadi *
  • Gigi masih belum nambah ( masih 4 atas dan 4 bawah ).
  • BB bulan ini belum diukur lagi, terakhir bulan lalu 10 kg pas imunisasi HIB 4. Moga2 sekarang udah tambah yah, soale mule berasa encok-encok alias pegel2 kalo gendong Zaki lama. Hahaha...
  • Alhamdulillah udah bisa jalan. Tepatnya di 15 bulan 1 minggu 2 hari atau 2 Maret 2011 lalu.
  • Makin pecicilan. Maunya naek turun tangga, manjat2 apa ajah, buka tutup lemari, buka tutup laci, mencet2 remote tv, ga bisa liat barang ada di meja ( langsung siap2 diambil trus dilempar ). Jadi amankaaannnn smuanya. Hihihi...ayooo aktif terus yah cayank, gpp smua berantakan yang penting Zaki seneng & nanti mau beresin lagi yah...;-*
  • Bosenan sama mainan. Jadi akhirnya malah yang bukan maenan jadi maenan. Kaya tutup toples, roda mobil-mobilan, kardus, kaos kaki, tutup ember, kok yah malah dipilih sama dia. Hahaha...
  • Gemes sama buku. Saking smangatnya pengen tau apa yang ada di dalem buku, buka2 bukunya suka ga sabaran. Solusinya, Bunda beliin buku bahan boardbooks ( agak tebal ) biar awet di bolak-balik ato buku yang ada suaranya biar Zaki bisa bebas mencet2. Kemaren ada di online shop FB nya Vazkia BabyCard .
  • Udah bisa protes. Kalo dia ga suka sama lagu yang ada di VCD, pasti langsung megang remote trus nunjuk2 ke arah TV sambil ngoceh2 dengan maksud minta lagunya diganti. Hahaha...
  • Kalo marah ato BT mukanya ditekuk sambil nangis ngoceh2 utarain maksudnya Zaki. Saatnya cari tau tentang tantrum niy. Dari apa yang pernah Bunda baca, ini siy masih wajar karena perkembangan emosional mereka lagi berkembang dan mereka masih bingung untuk ungkapin itu smua gimana...;-)
  • Udah ga betah duduk kalo lagi makan. Sambil eksplorasi jalan2 kemana2 di dalem rumah, kalopun duduk sambil maen ato nonton dvd biar ga bosen. Bocah2 kalian pada gini juga ga ? Takut ajah nti keterusan mpe gede * moga2 ajah ga. Amiiinn *. Dilemanya antara keinginan Bunda dan keinginan Zaki dan lagi2 mengalah demi Zaki mau makan. Huhuhu...gimana yah ?...
  • Alhamdulillah makan masih mau apa ajah dengan kombinasi minum ASI 3 kali dan yoghurt plain 1 kali ato UHT plain 1 kali.
  • Suka bersosialisasi. Apalagi kalo lagi nonton ONDEL-ONDEL di depan gang, kan banyak bocah2 pada liat juga tuw. Girang deh. Kalo ada suara ONDEL-ONDEL nya kedengeran tapi jauh dari rumah, langsung nyariin & minta keluar rumah. Hahaha. Trus juga, kalo ada anak tetangga yang maen nyariin Zaki, Zaki seneng banget maen ada temennya...
  • Udah tertarik sama makanan lain yang ada di meja. Misalnya ada kue bolu, makaroni, kue pukis, tempe, tahu, ato apa ajah. Minta deh dia. Setelah kita kasi ke tangannya, Zaki mau makan sendiri dimasukin ke mulutnya, tapi abis itu dilepas dan makanan itupun mendarat di tempat laen. Hihihi. Besok2 belajar lagi yah cayank...;-)
  • Udah bisa nangkis makanan kalo kita lagi suapin. Mungkin udah kenyang kali yah.
  • Sikat gigi teteup tiap mandi dan sebelum tidur walopun kadang2 pas malem absen sikat gigi gara2 Zaki udah ngantuk banget. Huhuhu...
  • Mulai berdiri lanjut jalan2 diatas tempat tidur, jadi kalo abis mandi kita kejar2an dikasur deh. Hahaha...
  • Mulai ngomong 'NEN' ato 'TET-N' sambil buka2 kancing baju Bunda biar Zaki bisa mik ASI. Hihihi...
  • Jatuh telentang 1 kali gara2 Zaki guling2an di tempat tidur dan Bunda lagi bobo. Hiks ga bisa lupa kejadian itu, inget Zaki langsung nangis kejer dan langsung Bunda peluk sambil di elus2 kepalanya. Mama yang dilantai dibawah juga langsung naek keatas karena bunyinya keras banget kedengeran dari bawah. Huhuhu. Tapi Alhamdulillah ga ada muntah, ga demam dan ga memar. * makin waspada *
  • Masih smangat maen cilukbaaaa trus udah bisa nyuruh bangku2 untuk dipinggirin biar doi bisa jalan nyelip2 diantara bangku2 itu. Hahaha...

Kayanya ga habis2 yah gosip tentang perkembangan Zaki. Hahaha. Seruuuu, makin keringetan kejar2an, makin waspada jagain dan tentunya makin sakit pinggang gara2 doi ngajak maen cilukbaaa dikolong meja. Hahaha...^_^

Kamis, 17 Maret 2011

Dulu, kini dan nanti



Paling seneng deh yang namanya kumpul2. Apalagi kalo itu berhubungan sama refreshing bareng temen2, entah itu jalan2 ke suatu tempat ato bisa juga cuma sekedar makan bakso doang sambil ngobrol2. Hahaha...^_^

Waktu SMP, Bunda sama temen2 hobi banget kalo abis pulang sekolah tuw, mampir gitu kerumahnya siapa ( baca : Farida ) cuma gara2 mau nungguin tukang bakso favorit lewat di depan rumahnya ato maen cuma mau ngobrol2 trus ngebongkar koleksi foto2nya ( baca : Mesi ) biar ngarep siapa tau foto2nya boleh dibawa pulang. Hihihi...;-)

Dan sebaliknya, mereka juga suka maen kerumah Bunda buat sekedar baca kertas2 kecil yang duluuuu...,jadi bahan percakapan kita di kelas kalo guru lagi ngajar di kelas ( Tapi ga lempar2an dunks, ngasihnya sembunyi2 biar guru di kelas ga tau kalo kita lagi pada ngobrol lewat kertas2 kecil. Hahaha ) Isinya : ngobrolin macem2, dari cowo, orang laen, janjian, rencana setelah pulang sekolah, bahkan ngegosipin hal yang ga penting. Hahaha...Masih ada tuw kertas2 nan kecil2 itu Bunda arsipin mpe sekarang * kerajinan dot com *



Dan kedekatan kita itu makin tambah dengan adanya kita smua ikut bareng2 di satu ekstrakulikuler. Dimana banyak kegiatan, pengalaman dan cerita disana. Trus berlanjut deh sampe sekarang untuk usahain ketemuan tiap 2 bulan sekali. Dan rencana bulan ini adalah ke Ancol. Otomatis Bunda ajak Zaki dunks, tapi kali ini full jaket soale waktu Zaki ke Ancol yang pertama kali, dia besoknya langsung demam gara2 kayanya kecapean dan masuk angin kena angin pantai ( Bunda lupa pakein jaket ). Huhuhu...

Trus ekspresinya gimana, Zaki girang banget, duduk di tiker bareng sama temen2nya Bunda, maen di pasir trus maen di jembatan gantung deket kita duduk2 di tiker. Hihihi syenangnyaaaa...





Moga kapan2 bisa lebih banyak lagi yang ikut yaaahhh biar tambah rame. Ayooo segera diatur yuuukkk pertemuan selanjutnya. Hehehe...

Dan keajaiban yang terjadi di hari Senin kemarin adalah hasil pumpingan beda dari biasanya, alhamdulillah bisa dapet lebih banyak dari hari biasanya. Terbukti yah pikiran senang bisa bikin ASI melimpah ruah. Hihihi. Subhanallah. Jadi diriku syiap deh niy buat jalan2 lagi. Hahaha...* emak2doyanjalan *

Senin, 07 Maret 2011

Hadiah Terindahku


Sedikit banyak yang nanya tentang Zaki, terutama dalam hal perkembangan jalannya. Soale udah menginjak 15 bulan lewat tapi kok masih di titah ajah. Kuatir siy pasti ada, tapi mo gimana lagi lah wong bocahnya masih suka rambatan sama titah tangan 1 ato kedua tangannya. Hihihi...

Waktu itu, mommy Tifa pernah nyaranin, coba ajak ajah ke lapangan luas biar doi lupa, karena liat2 sekeliling tau2 udah jalan sendiri. Dan yang terjadi sama Zaki adalah...pas Bunda ajak Zaki keluar rumah, jalan diatas aspal, mau siy berdiri lamaaaa banget. Tapi ya itu cuma berdiri doang, ga brani melangkah karena ngeliat dia berdiri diatas aspal ( kalo di ubin kan dia bisa jatuh2 trus merangkak, sedangkan di aspal kotor dan Zaki teteup bertahan untuk terus berdiri ). Sampe akhirnya setelah beberapa menit berdiri doang, kakinya Zaki gemeteran. Langsung deh Bunda peluk dan rasanya kok jadi berdosa banget yah udah maksain Zaki jalan. Huhuhu...maapin Bunda yah cayank udah bikin Zaki gemeteran...;-*

Sejak itu, Bunda ikuti ajah waktu. Dalam artian, Zaki mo rambatan, merangkak, jalan digandeng tangan 1 ato 2, terserah ajah. Ga membuat Bunda pasang target lagi supaya Zaki cepet2 jalan. Hehehe. Paling2 teteup usaha untuk mendukung dia jalan sendiri, kaya jalan dirumput tanpa alas kaki, jalan lepas tangan beberapa langkah, dibawa ke taman deket rumah dengan harapan Zaki mau jalan walopun masih titah, dll. Dan akhirnya menemukan kata2 nan menenangkan di webnya Ayahbunda . Hihihi syenang :

Bayi biasanya mulai melakukan langkah pertamanya untuk berjalan di usia 9 - 12 bln dan bisa berjalan dengan sempurna di usia 14 - 15 bln. Tetapi banyak juga bayi yang mulai berjalan dengan sempurna di usia 16 - 17 bln. Jangan terlalu panik jika si kecil belum bisa berjalan sampai usia 22 bln, jika diatas usia tersebut sebaiknya segera konsultasi agar mendapat terapi yang sesuai.

Lega deh, soale batas maksimal jalan adalah di usia 22 bulan. Sampe ada anaknya temen kantor, baru jalan tepat di usia 24 bulan. Udah sampe di scanning kepalanya, ternyata emang ga ada apa2. B'ati tiap anak itu emang beda2 yah. Jadi kita ga usah kuatir deh, moga2 bocah2 kita bisa terus berkembang sejalan dengan usia mereka. Amiinnn...;-)

Kembali ke topik...

Akhirnya...di usia Zaki 15 bulan 1 minggu 2 hari ato tanggal 2 Maret 2011, Zaki lagi maen di teras dan tiba2 dia berdiri, berjalan beberapa langkah dengan langkah sempoyongan, jatuh, bangun sendiri lagi dan berjalan lagi beberapa langkah dengan kedua tangan yang dibentangkan ( biar seimbang kali yah jalan nya. Hihihi ) trus jalan muter2 sendiri. Hihihi luuucuuuuuu banget liatnya. Jalannya sempoyongan antara mo jatuh tapi ga jadi jatuh gara2 Zaki ngerem trus mo jatuh karena setengah berlari tapi ga jadi jatuh juga. Hahaha...gemeesssshhhh. Jadilah kita kaya penjaga gawang yang lagi jagain Zaki takut dia kenapa2. Hahaha...^_^

Dan aktivitas favorit saat ini, bermain cilukbaa diantara meja makan ato kursi ruang tamu, di balik tembok, di balik pintu, dll. Hihihi trus syiap2 ajah kalo lagi jalan, dibelakangnya udah dibuntuti oleh Zaki. Hahaha...

Jadi, tepat di usia 2 tahun pernikahan kita, tepat usia Zaki 15,5 bulan dan Alhamdulillah Zaki udah berani memulai langkahnya. Nti tinggal lari pelan2 yah cayank, kita maen bola bareng dan jalan pagi bareng2 lagi yah...Luv u much. Muuuaaahhhh...;-*

Minggu, 06 Maret 2011

2 Tahun bersamamu


7 Maret 2011, ga trasa umur pernikahan kita udah menginjak 2 tahun ajah. Rasanya baru kemaren coba2 duluan ngobrol sama Ayah. Secara, suamiku itu bukan tipe2 yang suka ajak ngobrol cewe duluan. Peliiittttt banget kata2 kalo diajak ngobrol. Cuma seperlunya & jawab kalo ditanya ajah. Gregetan ga tuw. Hahaha...

Tapi teteuppp, yang bikin aku terkesima itu yah sikapnya yang super duper diem banget itu. Apalagi sahabatku tetangganya Ayah, otomatis jadi makin gencar deh kita bikin rencana A, B, C sampe Z dengan tujuan bisa deket sama Ayah. Hahaha * malu tutup muka *. Dan karena sikapnya yang ga berubah juga, sempet juga bikin aku putus asa dan mau mundur ajah jauh2 dari Ayah biar ga sakit hati terus2an dicuekin sama diemnya itu. Dan sahabatku bilang, hidup itu cuma ada 2 pilihan yaitu MAJU ato DIEM ditempat. Otomatis aku pilih MAJU ajah. Hihihi...

Disaat keputusasaan itu, diluar dugaan kok Ayah mulai mau membuka dirinya. Ditunjukkan dengan sikapnya yang perhatian * GR * dan ga disangka2 mau nolongin bikinin tugas praktikum komputer. Masih ada tuw print nan nya Bunda simpen. Tinggal di bingkai in ajah. Hahaha lebay banget. Soale baru kan dalam sejarah hubungan kita, yang namanya Bayu Hertawan itu mau bersedia bikinin tugas. Hihihi * azas pemanfaatan *

Dari situ berlanjut deh, Bunda dapet undangan buka puasa dari Ayah. Hihihi masa pake acara surat2an sgala ( saking ga enaknya mau ngomong langsung ), kaya jaman purba banget deh pokoknya. Suratnya juga masih disimpen sampe sekarang. Hahaha. Dan Ayah pun makin deket sama Bunda, kita berdua belajar kelompok bareng2, jalan2 bareng sama temen2 kelompok belajar dan bikin kita makin kenal sama sifat masing2.

Sampe akhirnya lulus kuliah dan memutuskan untuk terus bareng2 tanggal 7 Maret 2009 lalu...

Makin banyak yang kita lalui dan sering juga bikin kita berbeda pendapat. Tapi disitulah kita berdua jadi banyak belajar dewasa untuk menyikapi setiap masalah dan slalu bareng2 hadapi susah seneng...^_^

Ayah...
Makasi atas smuanya yaaaahhh
Dukungan, kasih sayang, perhatian
Yang tanpa lewat kata2 pun Bunda tlah mengetahuinya

Ayah...
Masih banyak kekurangan Bunda sebagai istri dan bunda buat Zaki
Makasi tlah mengerti Bunda
Tapi itu tidak membuat Bunda diem ajah dan
Makin ingin slalu berbuat yang terbaik untuk keluarga kecil kita

Ayah...
Makasi tlah dengarkan smua cerita, marah, sedih dan bahagia
Walopun Bunda tau beban Ayah jadi makin banyak
Tapi senyuman Ayah yang tlah Ayah berikan
tlah meringankan sedikit banyak beban Bunda

Ayah...
Inginku tua bersamamu
Melihat besarnya anak2 dan cucu2 kita nti
Melihat rambut putihmu, keriputnya kulit kita dan mungkin gigi kita yang udah ga ada lagi
Entah siapa diantara kita yang nti duluan menghadapNYA

Ayah...
Smoga Allah SWT slalu membimbing kita dijalanNYA
Slalu bikin kita bersyukur atas begitu banyak nikmatNYA
Slalu mengisi hati kita agar slalu ingat kepadaNYA
dan slalu mencurahkan rahmatNYA yang tanpa henti untuk keluarga kecil kita

Amiin amiin amiin...

Makasi atas smua cinta yang tulus, Bayu Hertawan, Ayahnya Abyzaki Fathi Zahran, teruslah menemaniku tuk menempuh perjalanan yang panjang ini. Hingga akhir waktu menutup mata...;-*

Jakarta, 7 Maret 2011. Luv u always. Muuaaaahhhh...* big hug and kiss *