Senin, 24 Januari 2011

Perkembangannya di usia 14 bulan


21 Januari 2011, tiba2 udah nambah lagi ajah usianya, eehhhmmm ini dia perkembangannya :
  • Gigi saat ini udah ada 6 buah diatas ( 2 masih terlihat putih2 di gusi, belom nongol2 juga ke permukaan ) dan 4 dibawah. Hihihi...
  • Efek gigitan pas mimik ASI udah sama sekali ga ada di bulan ini. Alhamdulillah. hihihi...
  • Mulai lincah rambatan, posisi dari duduk ke berdiri udah mulai sering terlihat, sempat tahan berdiri sendiri beberapa detik dan baru brani melangkah 1 langkah trus jatuh lagi. Suka banget sama sesuatu yang bisa di dorong2, keranjang cucian, maenan mobil2an. Bikin dia latihan jalan dengan satu tangan.
  • Mulai hobi menaiki tangga. Mungkin mau uji keahlian barunya kali yah, tapi giliran waktu turun tangga masih susye dia.
  • Girang banget kalo lagi ada aktivitas di kamar mandi. Kalo lagi dibersihin pee ato poo nya, kakinya dihentak2an ke ubin kamar mandi, biar kakinya kena genangan aer di ubinnya. hahaha...
  • Mulai tau kalo mau diajak pergi ato ditinggal, efeknya kalo Bunda mau berangkat kerja suka minta gendong & ikut sampe depan gang. Hiks.
  • Selain suka gambar yang bergerak alias nonton DVD Barney, dll, Zaki juga mulai suka baca buku. Walopun cuma bolak balik halamannya ajah buat liat2 gambarnya dan pas ada gambar warna warni, langsung ngoceh2 minta diceritain smua yang ada di gambar itu. hihihi...

  • Ga boleh ngeliat remote TV, Zaki langsung pegang trus diarahin ke arah TV. Minta di stel in video Barney, dll kayanya. Dan Bunda ga mau membuat Zaki suka TV, jadinya ga seharian nonton DVD Barney karena Bunda lebih suka Zaki dibacain buku, liat2 gambar di buku atopun bermain aktif, jadi badannya ga diem ajah ( kaya lagi nonton TV ) tapi aktif bergerak. Jadi nontonnya dalam sehari cuma beberapa kali dan ga lebih dari 30 menit. Kadang2 dia juga bosen sendiri dan akhirnya balik lagi ke pecicilannya. hehehe...
  • Rekapan kata2 yang pernah diucapkan tapi belum sering di dengar adalah Daaaa ( bunda, udah ), Apee ( capek, apa ), Amau ( Ga mau ), Giiii ( Pergi ), Apaeng ( Apanya ), APA ( Ini apa, Itu apa ), Papapapa ( Apa ), Ayaaa ( Ayah ), Cicaa ( Cicak ). Kayanya mau bikin kamus bahasa baby niy, hahaha...
  • Mulai hapal sekeliling, kalo ditanya tangga mana, meja mana, TV mana, kursi mana, matanya tertuju kepada benda yang dimaksud sambil tangannya nunjuk2.
  • Kalo denger Adzan, kupingnya ditutup, mungkin maksudnya mau ikut kaya orang Adzan juga kali yah. hihihi * ga tau liat darimana kok bisa ngikutin gitu ya *...hahaha...
  • Makannya ga ada masalah. Apalagi kalo lagi makan sama kerupuk, cepet banget kunyahnya. Tapi teteup ga boleh sering2 makan kerupuknya. Takut ketergantungan dan takut batuk. hehehe...mgkn solusinya Bunda mau bikin keripik bayam ajah kayanya niy...;-)
  • Lebih suka makan kering2an, jadi disiasati mam sayur basahnya belakangan setelah nasi & lauknya habis ato bikin sayur tumisan ajah. Entah kenapa kalo nasinya basah, Zaki ga mau. Huhuhu...
  • UHT dan pasteurisasi mulai coba dijalankan lagi dan Alhamdulillah ga ada mencri2...
  • Kalo lagi mimik, tangannya suka kitik2 ga bisa diem towel2 tangan / badan Bunda, kadang2 ada acara cubit2 kecil sgala. hahaha...
  • Suka banget dibacain dongeng sebelum tidur kalo pas lagi mimik, ga lama langsung merem sendiri.
  • Lagi suka maenan bongkar pasang, kaya tutup tipex dicopot, dipasang lagi sendiri. * ini mah bukan maenan yah * hihihi...
  • Suka juga sama mainan kayu bongkar pasang aneka bentuk, walopun baru bisa berantakin doang, tapi dia tau pasangnya ke arah mana dan belum bisa pas ke tujuan.

Kayanya ga habis2 cerita tentang Zaki. Hehehe. Sehat terus yah cayank dan teteuuuppp smangaattt yah latihan titahnya biar nti kita bisa maen bola dan kejar2an maen tak umpet sama Ayah juga. Muuuaaaahhh...;-*

Selasa, 11 Januari 2011

Antara Gigi dan Demam


Jumat, 7 Januari 2011. Badannya kok mulai anget2 lagi dari pagi dan berharap ga ada penyakit lain setelah demam ini datang. Soale ga ada tanda2 batuk ataupun pilek...

Demam itupun diikuti sama GTM nya dia. Mulai menolak makanan yang biasanya disikat habis, maunya digendong terus, ga mau ditinggal sendirian tapi teteup ceria. Nah bingung kan kenapa. Sampe akhirnya malam minggu, badannya makin panas. Ga bisa bobo semaleman, maunya dipeluk terus. Bunda pun kasi obat penurun panas sambil terus kompres pake aer biasa karena demam naek turun mencapai antara 39 - 40,4 C. Huhuhu siapa juga yang ga deg2an tiap denger ntu termometer bunyi. mau liat derajatnya ajah niy jantung kayanya udah deg2an banget berharap derajat itu turun walopun cuma 0,1 Derajat. Huhuhu...

Posisi malem itu ngeblank banget sambil terus peluk Zaki, mimik in ASI dan skin to skin. Smua daerah lipatan dikompres dan bajunya Zaki Bunda buka biar uap panasnya keluar. Sempet baca2 lagi gimana caranya nanganin
kejang demam dan sangat2 berharap hal itu ga sampe kejadian di Zaki...huhuhu...alhamdulillah Zaki akhirnya bobo pules di pelukan Bunda...

Dan apa yang terjadi di esok paginya, 2 calon gigi seri bawah mulai menyembul keluar dari gusinya. Hahaha legaaaaaaaaa...oowwww ini lho penyebab demamnya. dan alhamdulillah hari minggu demamnya udah berlalu. Sekalian sambil observasi ( kalo demam udah lebih dari 3 hari mo ke dokter )...
Ternyata demam cuma 2 hari = gara2 gigi seri bawah mau tumbuh.

Kuncinya adalah berusaha tenang saat demam karena belum tentu ada penyakit setelah demam berlangsung.

Tapi entah kenapa rasanya kok susah banget yah praktekin biar ga panik. Bawaannya teteup ajah jantungaannnn kalo anak demam. Hahaha...* tertawa syenang *

daaannnn...
gigi seri atasnya itu ada celahnya alias renggang. Ehhhmm tanya2 sama para mommy yang punya batita, rata2 juga kaya gitu smua. Normal ga yah ?...Akhirnya dapet info dari sini :

bilang kalo Bunda, jangan khawatir itu hanya menyangkut masalah estetika. Sebetulnya pada periode gigi susu/gigi sulung/milk teeth adalah normal bila anak-anak yang awalnya giginya rapi kemudian nampak ada rongga, ada celah diantara gigi geligi sehingga geligi itu nampak renggang.

Hal ini terjadi karena rahang anak tumbuh dan berkembang sejalan dengan usianya, sedangkan gigi susu/gigi sulung/milk teeth nya ukurannya tetap, tidak menjadi semakin besar. Bertambahnya ukuran rahang untuk menyediakan tempat bagi gigi dewasa/gigi permanent/gigi tetap yang akan tumbuh dengan ukuran lebih besar dari gigi susu/gigi sulung/milk teeth.

Masa peralihan disebut juga Periode pergantian, berawal kira-kira usia 5 tahun, dimana periode gigi sulung/gigi susu/milk teeth menuju periode gigi dewasa/gigi permanent/gigi tetap.

Jadi kalau ada celah/sela diantara gigi susu/sulung/ milk teeth pada periode peralihan, itu pertanda baik.

Waaaahhhhh lega deh jadinya. Hihihi...;-)...

Senin, 10 Januari 2011

Kabar ASIku hari ini


Kabar ASI Bunda gimana yah ?. Pastinya udah ga sebanyak dulu dan waktu pompa sekarang bisa agak santai ( maksudnya jadi bisa absen melewati waktu yang seharusnya bisa untuk mompa ). Soale waktu mimik ASIPnya Zaki jadi cuma 4 kali ajah @40 - 60 ml saat mau bobo pagi jam 08.30 an, Bangun bobo ato 1 jam sebelum makan siang, Mau bobo siang jam 1 ato jam 2 an dan setelah mandi sore menjelang dia mau bobo ( kadang2 juga siy kalo Zaki mo bobo, kalo dia ga mau, dilanjutin sama maen menjelang magrib sampe isya ).

Karena Bunda udah mulai mau coba dikit2 UHT plain, untuk perkenalan akhirnya Bunda coba UHT nya di puddingnya dan Alhamdulillah ga ada masalah di pupnya. Tapi giliran di coba minum langsung, Zaki nolak. Mgkn karena baru kali yah. Yowes dicoba laen kali ajah deh...

Bunda mulai lagi beralih ke yoghurt dan Alhamdulillah zaki suka, waktu itu coba YUMMY sama Cimory dan alhamdulillah ga ada masalah sama pencernaannya. Tapi teteup untuk tiap harinya masih dominan ASIP, jadi yoghurtnya cuma Bunda kasi 1 kali ajah gantiin waktu mimik ASIPnya dia dan ga tiap hari.

Trus karena UHT Zaki ga gitu doyan kalo mimik langsung, akhirnya Bunda coba susu pasteurisasi dan Zaki suka. Tapiiiiiiiii, langsung bikin pupnya jadi encer banget dan bikin Zaki mencri2. Huhuhu maapin Bunda yah cayank. Akhirnya hari itu Zaki dikasi pisang sama roti gandum biar pupnya bisa jadi padat lagi. Soale penanganan anak yang mencri2 bisa dikasi BRATY ( Banana, Rice, Apple, Toast and Yoghurt ), dan it's work di Zaki. Besok paginya pupnya langsung balik kaya semula lagi. Hehehe Alhamdulillah Ya Allah. Dan bikin Bunda jadi lebih ati2 untuk sgala yang masuk ke tubuh Zaki. Takut kenapa2 lagi. Huhuhu...

Mungkin sekarang, Bunda beralih lagi ke UHT tapi untuk di pudingnya ajah sama yoghurt untuk sesekali. Dan itu artinya...ga boleh lagi bermalas2 ria untuk memompa. Smoga hasilnya cukup untuk minum Zaki di esok harinya. Amiiinnnn...

Smangaaatttt smangaaatttttt...;-*