Rabu, 24 November 2010

( Hampir ) Terungkapnya misteri GTM

Alhamdulillah atas smua yang tlah terjadi padanya sampe hari ini. Bunda cenengggg banget dan sangat sangat bersyukur atas perubahan yang terjadi sama Zaki, terutama di acara makannya. Hihihi. Slama kurang lebih GTM 3 minggu karena acara sakit demam, batuk pilek dan teething, sekarang Zaki udah dikit2 mau makan dan kadang bisa lahap banget. Alhamdulillah...;-)

Tapiiiii teteup ajah bikin bingung, sebenernya kenapa siy yah :

Apa karena Bunda udah ganti sendok makan ?
Langsung menambah koleksi sendok untuk acara makannya, warna warni sampe sendok yang biasa orang rumah pake ( kalo ini cuma kadang2 ajah soale takut kena gusinya )

Apa karena Zaki seneng, udah diajak jalan2 kemaren ?
Sepulang dari jalan2 kemaren, lebih aktif, lebih ceria, lebih sering ngoceh, lebih suka maen dan lebih susye kalo disuruh bobo siang ( maunya maen mulu )

Apa karena kepalanya Zaki udah dicukur ?
Yups, sehari sebelum Zaki 1 tahun, Ayah & Bunda memutuskan untuk mencukur kepalanya karena bocahnya suka banget keringetan, suka garuk2 kaya orang ketombean dan rambutnya udah gondrong banget. Jadilah Zaki dicukur hampir botak, menyisakan hanya sedikit ajah. Hihihi. Pas mau dicukur juga susye, secara bocahnya udah pecicilan banget. Pas mau cukur, malah ngeliatin alat cukurnya. Hahaha. Sekarang, kepalanya udah adem kali yah.

Apa karena gusinya udah ga ngilu lagi ?
Kalo diliat2 siy, calon 2 gigi atas itu belum nongol juga sampe sekarang. Cuma baru ada putih2 di dalam gusi ajah.

Apa karena udah kenal gula & garam ?
Karena udah mati gaya, Pas Zaki 1 tahun kemaren akhirnya Bunda coba bikinin bubur sumsum dengan gula merah yang dikiiiittt banget. Dan ternyata Zaki suka. Hihihi...Tapi dia ga gitu suka juga sama makanan yang asin ( mungkin slama ini kenalnya sama makanan yang hambar kali yah ), terbukti saat Omanya bikinin bubur yang pake garem, Zaki juga teteup GTM nasi. Malah dia lahap banget ngabisin 1 buah tempe goreng. Btw, goreng2an dimulai saat umur berapa yah ? * ga boleh sering2 makan gorengan takut batuk *

Apa karena abis ulang tahun ?
Jadi Zaki ngerasa bukan baby lagi dan tau kalo kebutuhannya sekarang adalah makan. * ga nyambung *. Hehehe...

Hihihi ga tau deh. Cuma Zaki yang tau. Yang penting sekarang makannya udah kembali kaya semula lagi. Dan yakin ajah moms, episode GTM pasti akan segera berakhir dan buat moms yang babynya masih GTM, teteupppp smangaattttt yah. Trus buat moms yang babynya belum GTM, tetaplah tersenyum karena kalian sangat2 beruntung. Hihihi...

Apapun yang terjadi, jalani ajah dengan smangattttt yah babak seru ini. Hehehe...^_^

Senin, 22 November 2010

Jalan-jalan tak terlupakan

Aciiikkkkkk akhirnya Zaki jalan2 jauh juga. Kalo kali ini sengaja kita pilih tempat wisata yang banyak binatangnya yaitu Taman Safari. Hihihi sekalian pengen kasih hadiah terindah buat Zaki di ulang tahun pertamanya dengan mengajaknya liat hal2 baru yang belum pernah dia alamin. Dan berharap juga, smoga setelah dia seneng jalan2, GTMnya segera berakhir. Hehehe amiiinnn...

Berangkat dari rumah sekitar jam 06.00 an dan optimis ga kena macet soale udah intip2 blognya mommy Aira yang udah kesana duluan. Ini dia infonya :

JADWAL JALUR PUNCAK
= Sabtu : Jakarta - Puncak 09.00-11.30 ( Puncak arah Jakarta DITUTUP )
Puncak - Jakarta 15.00-17.00 ( Jakarta arah Puncak DITUTUP )
= Minggu : Jakarta - Puncak 09.00-11.30 ( Puncak arah Jakarta DITUTUP )
Puncak - Jakarta 15.00-18.00 ( Jakarta arah Puncak DITUTUP )

Dan alhamdulillah perjalanan lancar. Nyampe sekitar jam 07.30 lewat dan sempet sarapan dulu di mobil. Untuk sarapannya Zaki, Bunda bawa Oats + Alpukat + Pisang. Sedangkan camilannya bawa kentang, ubi, pisang, alpukat, roti dan biskuit. Kaya mo pergi lama ajah, camilan segitu banyak. Kan sekalian buat yang laen juga maksute. Hahaha...Oiya, untuk hari libur Taman Safari buka jam 08.30 yah. Dan tarif masuk Taman Safari adalah :
  • Dewasa : 75.000
  • Anak 1 - 5 Th : 50.000
  • Mobil : 15.000
Tarif yang laen :
  • Wisata Gajah ( Safari Elephant -> keliling TSI dengan gajah untuk kapasitas 2 orang ) 150.000/gajah
  • Satwa Tunggang ( Gajah, kuda poni, unta ) 10.000/orang
  • Foto dengan baby animal di baby zoo ( harimau, orang utan, leophard ) 10.000/orang
  • Kereta Animal (menuju lokasi air terjun) 15.000/orang PP
  • Kereta Gantung 40.000/orang
  • Waterpark 25.000/orang
  • Wahana permainan anak-anak 10.000/permainan atau tiket terusan 40.000/orang
Karena Zaki udah 1 tahun, jadi udah kena tarif. Coba jalan2nya sebelum Zaki 1 tahun yah. Kan gratis tuw. Hihihi * emak2 irit *...Bunda gpp kok cayank, asal bikin kamu ceneng deh...;-)

Dan pas gerbang dibuka, mulai deh masuk area safari. Kita diajak kenal lebih dekat dengan para hewan. Untung ajah kita udah beli wortel seharga 10 rb ( 4 iket ) sebelum masuk Taman Safari, jadi bisa kasih makanan ke para hewan2 itu lewat kaca mobil. Hihihi...Ekspresi Zaki gimana yaaahhh ?...


Dia terkesima liat hewan2 itu. Apalagi ada beberapa hewan yang aktif banget nyamperin kaca mobil untuk minta makanan. Keluar deh ocehannya tiap liat hewan yang baru 'APA','INI APA','ITU APA', Hihihi. Slama ini Bunda cuma kenalin lewat poster ato mainan hewan2 yang super kecil2 itu. Nah sekarang kan Zaki bisa liat yang aslinya, dimana ukurannya beda jauh sama yang slama ini dia liat. Hahaha...


Dan saat dikandang gajah, kaca mobil dibuka lebar2. Lah wong itu hewan jinak kan yah, amaaannn jadinya. Hihihi. Ga taunya si gajah yang abis minum, langsung menjulurkan belalainya ke arah kaca. Kita udah takut ajah disembur, spontan tutup kaca mobil lagi. Ga taunya dia minta wortel. Hahaha...kamu laper yah ternyata...

Setelah liat2 binatangnya berakhir, kita menuju parkiran yang agak keatas. Dimana ada banyak banget yang bisa diliat, kaya Dolphin Show, Tiger Show, Bird Show, Elephant Show, orang utan, binatang malam, ikan, ular, waterpark dan aneka permainan anak2. Sayangnya Show2 itu ada jamnya sendiri2 dan kita ga gitu perhatiin banget. Eh, pas mau liat udah penuh banget orang2 dan shownya mau berakhir. Yowes, jadilah kita abis sholat Dzuhur pindah parkiran ke bawah. Dan ternyata banyak juga kok yang bisa diliat, ada Baby Zoo, Elephant Show, Satwa Tunggang, Kreta, Aneka Burung dan kalo mo cari makanan juga bisa. Akhirnya liat2 burung dulu abis itu ke Baby Zoo. Dan ternyata pilihannya ada Harimau biasa, Harimau Putih, Macan Tutul sama Orang Utan. Pasti dong yah Bunda pilih sama Orang Utan, apalagi dari hasil obrolan sama mommy Dhita, terlalu berisiko kalo sama yang ganas2 itu secara pernah ada kejadian nyeremin. Tapi ternyataaaaaa, si Ayah ga mau kalo sama Orang Utan, maunya sama Harimau Putih. Yowes deh bismillah ajah. Mana tuw harimau lagi bobo siang, dipaksa dibangunin. Apa nanti ga ngamuk mas ?. Kata pawangnya gpp, udah biasa kok dia gitu. Ya ampyuunnn kasian banget ya itu baby, dipaksa bangun cuma buat foto doang. Hahaha...Ekspresi Zaki gimana ?...


Zaki cuma diem ga berkata apa2 pas kita masuk kandang ntu baby Harimau Putih sambil liatin doang. Hihihi kamu takut yaahhh cayank. Gpp, ga galak kok. Kan sama kaya kucing yang biasa kamu liat, cuma beda ukuran ajah. Hahaha...

Dari situ kita menuju kandang Orang Utan buat foto lagi. Dan Ayah ga ikut foto ( Ayah maunya foto sama Macan Tutul ). Yowes, Bunda foto berdua ajah sama Zaki...


Ga tau kenapa kok tiba2 Zaki jadi ngoceh lagi. Nanya2 'APA','APA','APA' sambil megang2 wajah ntu baby Orang Utan. Hahaha. Bunda ajah suruh rangkul, rasanya agak2 gimana gitu. Tapi ternyata, mereka jinak kok. Hihihi...

Trus lanjut lagi naek Kreta muterin area itu. Masuk terowongan 2 kali, dimana terowongan yang 1 nya berisi sama hewan2 purbakala kaya dinosaurus, dll yang dibikin bergerak2. Sempet bikin Zaki takut, tapi abis itu girang lagi setelah keluar dari gelap. Hehehe...

Trus kita menuju ke Elephant Show dan kayanya zaki masih terkesima sama bentuknya yang buesaaarrrr. Hahaha bengong gitu dia. Mana pas mau foto, ntu gajah ga bisa diem. Jadilah Bunda ngibrit, ga mau deket2 lagi fotonya. Hahaha...maapkeun Bundamu ini yah cayank...* penakut dot com *


Dan ujan pun turun deras, membuat kita akhirnya pulang. Secara Zaki juga udah capek banget kayanya. Hihihi. Alhamdulillah, makasi Ya Rabb atas hari yang indah ini...^_^


Walopun capek, tapi rasanya senengggggg bgt. Hihihi alhamdulillah. Abis ini jalan2 kemana lagi yah ?...* lirik2 Ayah *

Minggu, 21 November 2010

1 tahun bersamanya

Alhamdulillah ya Rabb, atas smua nikmat yang tlah KAU berikan hingga saat ini. Trima kasihku padaMU atas kesempatan untuk menjaga amanahMU. Waktu trasa sangat2 cepat berlalu. 1 tahun bersamanya dengan begitu banyak cerita...

Masih ingat dalam ingatan, saat dikantor hari jumat ( 20 Nov 2009 ) mules ilang timbul, ilang timbul lagi dari pagi. Sorenya ketawa ngakak satu ruangan dengan jangka waktu yang ga sebentar. Dan pulangnya naek bajaj BBG masih dengan kondisi yang sama kaya pagi. Malemnya masih mules ilang timbul juga, akhirnya muterin meja makan sambil tarik nafas terus dan dibawa tiduran. Sampe akhirnya jam 2 malem makin mules dan keluar flek dirumah. Langsung deh ke RS dan di UGD ketuban udah pecah. Pas dibawa ke ruang bersalin jam 02.30 WIB, di cek pembukaan udah hampir lengkap. Antara percaya ga percaya mau lahiran soale baru 36 minggu 4 hari. Dan slama kurang lebih 1 jam suruh nunggu dokter dan teteuppp ga dateng2. Akhirnya lahiran sama bidan dan Alhamdulillah Zaki lahir jam 03.35 WIB dengan BB 2,9 kg panjang 49 cm. Pertama kali melihatnya, pertama kali mendengar tangisannya dan pertama kali menyentuh kulitnya yang masih merah. Subhanallah, ternyata ini lho yang slama ini ada di dalam perut Bunda. Masih ga percaya telah dipertemukan lebih cepat. Alhamdulillah...

Gaya berjemur kaya dipantai ( usia 1 hari )

Sekarang, umurnya udah 1 tahun dan apa ajah yah tingkah lakunya saat ini :
  • BB saat ini belum nimbang lagi. Terakhir kemaren seminggu sebelum setahun, 8,3 kg. Dimana BB normal saat umur 1 tahun = 3 kali BB lahir. Moga2 nti pas imunisasi BB nya udah naek lagi. Hihihi amiiinnn...;-)
  • Gigi yang udah keliatan ada 4 ( diatas 2, dibawah 2 ), calon yang belum nongol ada diatas 2.
  • Ga bisa diem, kalo abis mandi, mau dipakein baju, langsung kesana kemari. Akhirnya kejar2an deh di kasur. Hahaha...* lap keringet *
  • Suka gigit. Efek teething kali yah. Pendaratan paling sering ada di bahu dan sukses bikin pulau2 kecil berwarna merah akibat gigitan yang keras. Hihihi...
  • Mulai toilet training. Tiap mau dibersihin, entah pee ato poo, titah ke kamar mandi. Abis itu girang maen aer di gayung biar doi anteng cuci tangan sendiri. Hihihi...kadang2 pas pee juga dikamar mandi, tapi perlu waktu yang agak lama biar nunggu itu mancur sendiri. Hihihi...* lagi mikir kalo poo gmn yah ngelatihnya *
  • Ga bisa diboongin. Kalo Zaki udah mulai resah karena ngantuk, jungkir balik di tempat tidur, Bunda pura2 merem ajah dengan harapan Zaki bobo sendiri. Ga taunya pas Bunda melek dikit2, Zaki malah lagi nyengir di depan muka Bunda abis itu cium2 & gigit2 badan Bunda. Hehehe gemessshhhhh...* ga lama merem sendiri *
  • Teteup dengan ocehannya yang pengen tau smua hal dengan nanya berkali-kali 'APA','INI APA','ITU APA'. Syiap2 dengan jawaban sesering mungkin dengan penjelasan kata2 yang berbeda. * dituntut kreatif *. Hihihi...
  • Belum berhasil mimik pake sedotan ( malah di gigitin ), tapi kalo mimik pake gelas udah ga tumpah kaya dulu. * smangaaatttt berlatih lagi *
  • Untuk makannya mulai mau dikit2. Berharap bisa makin lahap kaya dulu lagi. Amiiinnn...;-)
  • Masih titah. Kadang2 bisa berdiri sendiri beberapa detik tanpa pegangan. Hihihi. Ayoooo cayank smangat latihan jalannya yah. Kamu pasti bisa...;-*


Minggu, 21 November 2010...
Cayank, tak trasa hari ini usia kamu telah 1 tahun. Begitu banyak cerita suka & duka yang tlah kita alami dan ternyata kita berhasil melewati itu smua. Kami doakan smoga kamu menjadi anak yang sholeh, yang mencintai Allah SWT dan RasulNYA, slalu sehat jasmani dan rohani, smoga hati kamu berisi dengan sifat2 yang baik, smoga kamu bisa mengisi hari2 kamu dengan mengamalkan apa yang kamu punya dan smoga Allah SWT slalu mencurahkan rahmatNYA dimanapun kamu berada. Amiiinnn. Muuaaahhhhh. Ayah & Bunda cayank kamuuuuuu...;-*

Rabu, 17 November 2010

GTM nan penuh misteri

Hihihi judulnya begono banget yah. Abis gimana ga, GTM ( Gerakan Tutup Mulut ) ini rata2 pasti dialami sama smua anak. Tinggal masalah waktunya ajah yang beda2. Hehehe. Dan beberapa minggu lalu menuju 1 tahun nya Zaki, acara makan jadi tambah seru dengan GTM nya dia. Ditambah setelah acara sakit demamnya, batuk pileknya dan teethingnya dia...;-(

Bunda siy berusaha menikmati acara GTM ini karena kalo ga bisa stres & nti ASI bisa berkurang. Jadi teteup dibutuhkan kesabaran ekstra tinggi dan jangan nyerah buat slalu nyoba hal2 baru apaaaaa ajah. Insya Allah ada solusinya kok. Amiiinnn...;-)

Dan kalian tau ga, menerapkan prinsip non GULGAR sama sekali sampe Zaki 1 tahun itu bukan hal yang gampang. Syiap2 dibilang Bunda keras kepala, Bunda ga sayang anak karena terlalu pilih2 makanan dan Bunda yang aneh. Yayayaya gpp deh, biar Bunda ajah yang tau smua alasan2 itu dan smua yang Bunda lakuin itu demi kebaikan Zaki juga kok. Alhamdulillah, penggunaan GULGAR untuk makanan sehari2 Zaki bisa dihindari tapiiiii untuk GULGAR di makanan yang lain pernah kecolongan. Akhirnya harus mengalah dengan menghibur diri sendiri 'Gpp deh sekali2'. Hihihi. Abis mau gimana lagi udah kejadian :
  • Pernah suatu hari Zaki lagi maen sama Aunty nya dikamar berdua ajah dan tiba2 tlah ditemukan mereka berdua lagi pada pesta biskuit. Dan Zaki trima2 ajah, malah menikmati rasa baru biskuitnya. Abis sampe 1/2 keping. Hahaha kecolongan pertama...
  • Dan lagi2 karena asas ga tega liat cucu pertamanya ini mupeng sama makanan, yangma ( Eyang Mama ) lagi makan kue pukis yang dibawa dari pasar dan Zaki pun ikut icip2 dan teryata super lahap. Hihihi kecolongan kedua.
  • Yang terakhir, saat Zaki bener2 GTM sama sekali kemaren pas lebaran Idul Adha, ga mau terima nasi + lauknya, dan mau buka mulut pas Bunda lagi makan ketupat tahu ( bumbu kecap + toge + tahu + kerupuk mie ). Zaki cobain 2 suapan potongan kecil ketupat + toge, mau dikit2. Hihihi bukan kecolongan tapi spontan dilakuin karena ga tega Zaki belum makan sama sekali...
Bunda pun harus mengalah demi Zaki. Dengan penghiburan diri 'sesekali, gpp deh'. Cukup membuat Bunda lebih tenang dalam menghadapi kecolongan2 itu. Yang pada awalnya cukup bikin kesel banget. Hehehe. * sabar sabar *

Kembali ke topik...

Setelah mencari2 penyebab GTM itu ( dari milis mpasirumahan ) karena :
  • Masa tumbuh gigi
  • Bosan dengan menu yang itu2 ajah
  • Bosan dengan tekstur halus / kasar ( pengen tantangan baru )
  • Perbedaan kenaikan tekstur makanan yang drastis
  • Sempat 'tercolek' makanan / minuman lain yang ditambah gula-garam
  • Bosan dengan suasana makan
  • Trauma makan / sendok
  • Sakit / tidak enak badan

Dan solusi GTM yang udah dicoba sampe dengan hari ini adalah :
  • Menu Nasi tim diganti dengan yang berkuah
  • Menu Nasi tim diganti dengan yang tumisan
  • Nasi tim dicampur jadi satu sama lauknya
  • Nasi tim dicampur sama makanan kesukaan
  • Nasi tim dipisah dengan lauknya
  • Nasi tim dicampur dengan alpukat
  • Nasi tim dicampur dengan olive oil extra virgin
  • Makan disuapin pake tangan
  • BLW an ( Baby Led Weaning )
  • Makan duduk sambil kasih maenan kesukaan
  • Makan sambil digendong liat2 sekeliling
Smua solusi diatas berakhir dengan beberapa suap ajah. Alhamdulillah kalopun nasi ga mau, zaki masih mau makan karbo dalam bentuk yang lain, kentang / wortel / labu siam kukus yang dijadiin finger food, plus buah potong / jus buah juga mau, biskuit / roti juga mau, ASI juga mau. Jadi kalopun sedikit2 yang masuk, lumayan deh bisa berhasil masuk. Hihihi...

Dan saat Zaki dikasi potongan buah yang semi dingin ( setelah masuk kulkas, dikeluarin, direndem sama aer mateng biasa dulu sebentar ) ato jus buah yang agak dingin juga, dia LAHAP banget makannya. Penyebab utama sekarang : TEETHING nya Zaki...

Jadi solusi sementara untuk baby yang GTM karena teething :
  • Kasih makanan yang bikin nyaman kaya buah potong ato jus buah yang agak dingin
  • Kasih makanan yang agak encer
  • Kasih es loli dari ASI ( belum dicoba niy )
Setelah kemaren2 udah coba smuanya, hari ini mo coba bubur nasi encer campur sayur. Moga2 ajah lahap yah. Amiiinnnn...;-*

Dan solusi lain untuk baby yang GTM, bisa dicoba dengan cara :
  • Ajak makan dengan anggota keluarga yang lain di meja makan
  • Ganti peralatan makan dengan yang lebih menarik
  • Coba ajak makan di playground yang ada di mall ( mungkin bosen suasana )
  • Makan sambil nonton DVD kesukaan ( moga2 ga jadi kebiasaan )

Smua cara dicoba deh, asal mereka mau makan. Yang penting jangan sampe bikin kita kehabisan ide buat mencoba smuanya, jangan mpe stres ( menghibur diri. Hihihi ) dan jangan sampe 'memaksakan' makan yang takutnya bisa bikin mereka jadi trauma. Gpp makan dikit2 asal masuk. Sediain juga camilan sehat yang banyak biar pas mereka lagi maen, mereka bisa makan. Hehehe teteupppp smangaatttt yah moms...

Monggo kalo ada moms lain yang mau nambahin solusi GTM nya. Ditunggu share nya yaaahhh...^_^

Minggu, 14 November 2010

Saat Alpukat jadi solusinya


Setelah Zaki sempat demam hampir kurang lebih 6 hari di akhir Oktober lalu dan mengalami demam naik turun ( lagi ) di minggu ke 2 November ini. Nafsu makannya agak2 menurun. Faktor utamanya mungkin karena badan ga enak ato mulutnya masih terasa pahit kali yah. Huhuhu...

Jadilah Bunda bingung harus gimana mengembalikan nafsu makannya kaya dulu lagi, ga sampe 5 suap langsung BT minta digendong dan jalan2 liat sekeliling. Plus kadang2 diemut. Makanya acara makan bisa jadi lamaaaaaa banget. Huhuhu...

Setelah bulan ke 11, tantangan membuat MPASI homemade pun mulai datang. Karena Zaki mulai mood2an saat makan. Kalo dia udah mulai BT, dia bisa memutar badannya saat duduk untuk menghindari sendok, lalu menutup rapat2 mulutnya. Kalo ada sendok menghampiri, dia udah bisa bedain mana yang isi makanan, mana yang isi aer putih biasa. Baru deh mau buka mulut kalo sendoknya isi aer putih ato suruh minum di gelas. Huhuhu...acara makan jadi kejar2an waktu, soale pas mulutnya Zaki lagi mangap, langsung deh itu sendok masuk. Huhuhu muuuppp yah cayank...

Mungkin penyebab utamanya BOSEN, bisa bosen sama menu, bosen sama tekstur makanan yang itu2 ajah ato bisa juga bosen sama suasana. Bunda udah lama mulai variasi makanan, dari yang berkuah, dari yang tumisan ( pake unsalted butter ato olive oil extra light ), dari yang kayanya rasanya tuw enaaakkkk banget ( menurut Bunda ), tapi teteupppp ajah ga bikin Zaki lahap kaya dulu...;-(

Ditambah dengan acara demam dan batpil ketularan Bunda, jadilah bikin badannya menyusut karena makannya kaya gitu. Waktu ke dsa demam 3 hari di minggu lalu ( umur Zaki 11 bulan, 2 minggu, 4 hari ), berat badannya teteup di angka 8,3 kg. Dimana range berat badan antara 8 kg sampe 9 kg untuk umur 11 bulan menuju ke 1 tahun masih dalam kategori cukup, tapi teteup ajah khawatir nti bisa menyusut lagi. * moga2 ajah ga. Amiiinnn *

Belum lagi RASA jadi alesan kenapa Zaki ga lahap kaya dulu. Makanan ga pake GARAM mana enak, ga ada rasanya tuh, makanya Zaki bla bla bla, dll. Teteeuuppp Bunda berusaha no GULGAR dulu sampe usia Zaki minimal 1 tahun nti. Bukannya Bunda ga sayang Zaki, tapi Bunda lebih sayang sama ginjalnya nti yang akan bekerja extra untuk mencerna makanan dengan garam2 itu...

Akhirnya cari2 info deh tentang menambah berat badan baby dan ketemu di milis mpasirumahan, solusinya adalah mencampur makanannya dengan alpukat ato mencampurnya dengan olive oil extra virgin. Karena Bunda belum sempet ke carefour, jadi solusi yang pertama yang Bunda coba ke Zaki duluan. Sempet mikir siy, apa rasanya yah makanan dicampur alpukat ???. Ehhhmmmmm...

Ternyataaaaaa...

Diluar dugaan, Zaki malah lahap banget makannya. Ga biasanya makannya buanyaaakkk dengan porsi yang bikin geleng2. Hihihi alhamdulillah. Tapiiii cuma bertahan 2 hari doang, abis itu kayanya Zaki bosen lagi. Huhuhu. Jadi hari ini mo coba balik lagi ke menu yang pake kuah + Lauk + Nasi padat. Moga2 ajah lahap. Amiiinnnn.

Trus trus...( banyak amat ceritanya. Hihihi )...

Kemaren pas Zaki lagi nyengir kok kaya ada yang mau muncul lagi yah di samping gigi seri atasnya. Menonjol di gusinya tapi belum keluar. Apa itu calon giginya lagi. Ehhmmmmm. Kalo emang iya, b'ati mungkin penyebab ga lahapnya Zaki si calon gigi itu. Tapi kalo emang bukan, yaahhh mungkin karena emang Zaki lagi bosen sama makanannya ajah kali yah. Hihihi ga tau juga deh.

Dunia baby tuh penuh dengan sgala ke-misterius-an yaaahhhh. Kadang2 bikin mati gaya, kadang bikin kita kangen terus dan pastinya jadi bikin seru banget. Hihihi...Luv u much cayank. Muuaaahhhh...;-*

Selasa, 09 November 2010

Ucapan 'APA' di kata pertamanya


Setiap bayi emang unik yah, gimana ga, setiap hari ada ajah keajaiban baru yang ditampilkan oleh mereka. Hihihi. Inget banget waktu Zaki berucap 'Saaaatuuuuu', 'Tatatatata', 'Dadadadada', 'Papapapapapa', 'Eh eh eh eh eh' dan ditambah dengan ocehan ala bahasa baby lainnya yang mungkin cuma para baby ajah yang tau. Hihihi. Lucu banget deh kalo lagi denger mereka ngoceh. Kadang2 saat bangun pagi, badan Bunda di tepuk2 trus pantatnya Zaki diangkat2 sama dia sendiri sambil ngoceh2, minta diangkat mungkin yah ato bisa juga minta diajak maen. Hehehe...

Nah, kalo sekarang Zaki lagi suka ngomong 'APA' untuk setiap hal baru yang ia alamin ato setiap nemuin benda yang ia liat. Akhirnya kalo Zaki udah nanya2 gitu, kita jelasin deh panjang lebar. Setelah dia dengerin serius, dia nanya2 lagi 'APA'. Trus kita jelasin lagi deh, nanya lagi, jelasin lagi. Hihihi. Syiap2 ngoceh panjang lebar dengan pertanyaan 'APA' yang sama bisa lebih dari 5 kali dan dituntutnya kreatifitas kita untuk merangkai kata2 yang berbeda tiap menjawab pertanyaan2 itu sampe kadang2 bikin kita mati gaya harus jelasin kaya gimana lagi. Hahaha. Gpp cayank, insya Allah akan kita kenalin terus hal2 baru untuk kamu. Biar Zaki tambah pinter yaaahhhh. Amiinnn...;-*

Jadi kalo sekarang Zaki lagi titah, kita sekalian ngobrol panjang lebar deh demi terjawabnya smua pertanyaan2 'APA' nya Zaki. Hihihi...Bunda gemesssshhhhh. Muuaaaahhhh...;-*

* menghitung hari menuju 1 tahun pertamanya, welcome to UHT & berjuang 1 tahun lagi tuk tetap memberikan ASI. Amiiiinnnn. Doakan diriku yaaahhh moms...*

Senin, 01 November 2010

Cerianya tlah kembali


Alhamdulillah Ya Rabb atas kesembuhan yang tlah KAU berikan untuk Zaki. Rasanya bahagia banget bisa liat senyumnya lagi. Setelah seminggu kemarin demam, batuk dan pilek yang kadang2 disertai muntah. Tersangka utamanya adalah Bunda. Yups, sebelumnya Bunda kena batuk pilek duluan. Jadilah Zaki kompak ikut2an. Ga mau makan, mik ASI sedikit dan minum aer putih juga ga banyak. Membuat Bunda suatu hari meninggalkan kantor untuk mik in Zaki dengan harapan dia mau mimik ASI langsung biar asupan cairannya ga kurang. Dimana demamnya juga bikin bingung, saat pagi hingga sore suhu biasa ajah. Tapi pas malem baru meningkat. Huhuhu...

Suhu tertinggi mencapai 40,1 derajat dan saat itu Bunda masih melakukan home treatment dirumah mengingat udah malem banget. Akhirnya Bunda kompres kening, ketiak, dada, leher dan lipatan badan yang lain, mimik in ASI yang banyak sambil peluk Zaki biar skin to skin ( dada & perut Zaki ketemu sama perut Bunda ) dan saat Zaki udah bobo bantalnya agak tinggi biar lendir2 di kepala bisa turun ( karena Zaki saat itu batuk pilek juga ) ditambah dengan Terapi Uap biar Zaki bisa bernafas lega dan tambah nyenyak bobonya. Akhirnya setelah suhu kamar hangat ( AC dimatikan ato dibikin ga terlalu dingin ), Zaki keringetan dan Alhamdulillah suhunya turun dikit2. Pagi2nya baru Bunda ke dokter anak deket rumah untuk memastikan Zaki baek2 ajah dan dikasi obat mencegah kejang untuk jaga2 demamnya tinggi lagi yang diberikan lewat dubur. Alhamdulillah obat itu ga perlu diberikan karena demamnya Zaki mulai turun. Sekarang dirumah harus sedia stok alkohol ( untuk kompres ), SANMOL ( obat penurun panas jika panas udah tinggi banget ) dan obat anti kejang itu...

Alhamdulillah malam itu Zaki ga kejang, Alhamdulillah malam itu demamnya Zaki turun dikit2, Alhamdulillah malam itu Zaki bisa bobo walopun ga nyenyak banget dalam pelukan dan dekapan Bunda. Rasanya sedih banget liat Zaki tak berdaya. Kalo boleh memilih biar Bunda ajah yang menanggung smuanya, jangan Zaki. Karena Bunda ga rela kehilangan cerianya, senyumnya dan tingkah lakunya yang ngangenin itu...;'-(

Ya Rabb, terima kasih atas smuanya. Atas kesehatan yang KAU berikan untuk membuat ia bisa kembali ceria. Jagalah ia slalu dalam lindungan kasih sayangMU karena aku sangat menyayanginya. Amiiinnn...;-*

Tapi tapi, badan Zaki kayanya menyusut deh. Hiks. Setelah seminggu kemaren ga mau makan. Mungkin mulutnya pahit kali yah. Huhuhu...Saat ini, Bunda udah mencoba dengan sgala makanan yang Zaki suka tapi teteup ga pernah habis. Udah masuk mulutnya separo ajah udah bersyukur banget. Gimana yah caranya membuat ia lahap seperti dulu ?. Perlu waktukah ato memang smua baby yang abis sakit perlu penyesuaian makanan lagi...Hiks...;'-(. Berharap moga2 Zaki bisa smangat makan lagi. Amiinnn amiinnn amiiinnn...^_^

Moms, mohon share nya yaaahhh...;-)...maaci maaci maaci...