Kamis, 29 Oktober 2009

Seminggu bersama mangga

Sejak kehamilan ini gw sukaaa banget sama yang namanya buah, sebenernya siy ga harus buah tertentu. Apa ajah hayuukkk. Hihihi. Macam alpukat, pisang, apel, jeruk, aneka jus, dll. Untuk ngidamnya sendiri, ga pernah juga mau yang macem2 ato yang aneh2 harus diturutin saat itu juga. Duuhhh kamu anak bae yahhh sayang, mengerti keadaan bahwa ga smua keinginan itu harus tercapai pada saatnya. Bisa kita raih besok ato laen waktu, yang penting kan teteup tercapai juga. Hihihi teteuppp ye HARUS...

Naahhh suatu hari entah kenapa tiba2 ajah si mas bawain gw mangga. Mangganya pun ada yang mateng dan ada yang muda. Trus doi minta kupasin deh yang muda & minta dibikinin sambel rujak. Dalam ati siy langsung ketawa2 sendiri. Ini yang hamil sebenernya siapa yahhhh, kok si mas jadi kaya orang ngidam gitu. Hehehe. Dan bener ajah, makan rujaknya tuh lahap banget. Walopun cuma sama mangga doang, ga pake2 buah yang laen. Ya ampyuunnn. Hihihi..;-) dan itu ga berlangsung hari itu ajah, besok2nya si mas bawa mangga lagi dan jadilah tiap hari slama 7 hari ini kita berdua pasti makan yang namanya mangga. Hehehe ada2 ajah yaahhh.



Trus entah kenapa juga, setiap gw makan mangga. Ciii dede tuw langsung gerak2 di dalem peyut. Muter2, meliuk2, ke kanan ke kiri, atas bawah. Waahhh seruuu disconya. Kamuuuu suka mangga yaahhh sayang, kok kompakan ciii sama Ayah. Hihihi...jadi ketawa2 sendiri kalo liat ciii dede disco. Soale geli gitu rasanya...;-)

Dan sekarang, setelah tau kebiasaan ciii dede setelah makan mangga, si mas masih teteup suka bawain mangga dengan tujuan biar ciii dede bergerak2 & memancing kepalanya dia untuk turun kebawah. Ga tau ini sekedar alasan si mas ato emang si mas yang lagi ngidam mangga yah ???. Yang pasti siy, salah satu pihak yang diuntungkan yaaa gw ini. Selaen juga doyan, otomatis sembelit pun berkurang. Hihihi syenangnyaaaaa...^_^

Kalo para hubby kalian sendiri, ngalamin ngidam juga ato kelakuan yang aneh2 ga slama kehamilan ini ?...Hehehe...

Rabu, 28 Oktober 2009

Apakah aku bisa menunggu ?

Entah kenapa pikiran gw tiba2 ga konsen, hati gw ga tenang, deg2an, wuiihh campur aduk banget deh. Apalagi setelah baca2 smua hal yang berbau tentang sungsang & kelilit tali pusat. Rasa khawatir itu muncul lagi dengan segudang pertanyaan. Apakah ia bae2 ajah di dalam sana ?...

Ya Rabb, ada apa sama diriku ini, kenapa hati ini slalu ga berhenti untuk memikirkan keadaannya. Aku ga mau apapun, aku hanya memohon agar ia slalu bae2 ajah dan sangaaat sangattt ingin mendengar kata dokter bahwa ia SEHAT, ga kelilit tali pusat lagi & posisi dia udah berada dibawah...

Ya Rabb, seorang ibu mana yang tidak khawatir & sedih ketika ia membaca atopun mendengar sgala hal2 tentang buah hatinya yang sedang mengalami masalah di dalam perutnya ?...

Ya Rabb, besar keinginan untuk segera mengeluarkannya secara normal dengan posisinya yang normal, keadaannya yang sehat & selamat & Ijinkan aku tuk melihatnya & memeluknya erat ya Rabb...

Ya Rabb, aku sangat2 khawatir walaupun aku yakin Engkau akan slalu menjaganya. Aku ingin segera menemuinya. Aku ingin segera melihat keadaannya dan aku ingin segera melihat senyumannya ketika aku bertemu dengannya kelak...

Ya Rabb, kutitipkan ia hanya padaMU yang mengetahui sgalanya. Tiada kemudahan selain yang KAU jadikan mudah dan tiada kesusahan itu mudah jika KAU menghendakinya jadi mudah...

Ya Rabb, lindungilah slalu malaikat kecilku karena ia merupakan anugrah terindahMU...

dan aku sangat2 ingin menemuinya...;-*

Jadwal kedokter lagi tuw tanggal 5 November 2009, tapi kayanya kok brasa lamaaaa banget nunggu seminggu lagi untuk tau keadaannya. Huhuhu. Gimana yah ?. Apa minggu ini ajah liat ciii dedenya biar hati ini agak tenangan dikit. Bener2 ga sabarrrrr rasanya. Huhuhu...

Selasa, 27 Oktober 2009

Sungsang dan solusinya

Semenjak tau ciii dede kepalanya masih diatas, langsung deh cari2 info sgala hal yang berbau2 tentang sungsang. Dan dapet deh info dari Klik Dokter :

Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas. Kehamilan sungsang didiagnosis melalui bantuan ultrasonografi.

Sekitar 3 - 4 % bayi berada dalam posisi ini ketika lahir. Dalam persalinan prematur, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang lebih tinggi. Persentase sungsang akan turun seiring dengan umur kehamilan mendekati 40 minggu.

Posisi bayi yang sungsang memang wajar didapatkan pada janin di trimester kedua. Seiring dengan perkembangannya, janin akan memutar posisi tubuhnya sampai mencapai posisi akhir yaitu kepala di rongga panggul. Pada usia kehamilan sekitar 34 minggu..., janin masih bisa berputar menjadi posisi kepala, namun semakin besar janin maka akan semakin sulit baginya untuk merubah posisi tubuh karena ruang gerak yang sudah semakin sempit.

Ibu dapat membantu mengubah posisi janin dengan cara menungging seperti waktu sujud, atau disebut juga knee - chest position ( lutut menempel pada dada ). Dengan cara ini diharapkan bokong janin akan lepas atau menjauhi pintu panggul atas sehingga janin dapat berputar dengan mudah. Posisi knee - chest ini sebaiknya dilakukan secara rutin 2x - 3x/hari, masing-masing selama 10 menit. Latihan ini efektif jika dilakukan sampai usia kehamilan 34 minggu ( pada kehamilan pertama ) dan sampai 36 minggu ( kehamilan kedua dan seterusnya ).

Posisi sungsang juga dapat diubah secara manual dari luar perut apabila kehamilan sudah memasuki minggu ke 34 sampai 36. Setelah 36 minggu janin menjadi lebih tidak banyak bergerak sehingga kemungkinan berhasilnya tindakan ini menjadi lebih kecil. Namun, kalau berhasil, posisi janin tidak akan berubah lagi. Cara ini (versi luar) sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan yang sudah berpengalaman. Hal ini dikarenakan memutar posisi janin dari luar dapat membahayakan nyawa janin.

Jika sampai usia 40 minggu dan janin masih berada di posisi sungsang, perkiraan cara kelahiran yang dianjurkan adalah operasi cesar. Melahirkan pervaginam atau normal dengan posisi bayi sungsang memiliki risiko yang lebih besar.

Selain itu, Ibu juga dapat melakukan senam hamil. Senam hamil dilakukan untuk memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, otot-otot dasar panggul, ligamen dan jaringan serta jaringan ikat yang berperan dalam mekanisme persalinan, melenturkan persendian-persendian yang berhubungan dengan proses persalinan, membentuk sikap tubuh yang prima sehingga dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan, letak janin dan mengurangi sesak napas, menguasai teknik-teknik pernapasan dalam persalinan dan dapat mengatur diri pada ketenangan.

To my lovely son :
Ayoooo sayang kita harus smangaaattt, waktu kita tinggal kurang lebih 1 minggu lagi menuju ke minggu ke 34 karena kamu di minggu ke 36 udah makin ndut & susah rubah posisi. Nda bantu kamuuu yah, kita harus 2 - 3 kali sehari dan itu juga harus 10 menit. Kamu ga boleh nyeraahhh, kamu harus bisa berjuang sendiri di dalam sana. Biar kamu lahirnya gampang sayang, jadinya Nda nti ga perlu disayat2 perutnya. Demi kamu, Ayah & Nda pasti bakal lakuin apa ajah dan biar Allah SWT yang slalu menjaga kamu. Ayah & Nda titip kamu sama DIA dan Nda yakin kamu jagoan Ayah & Nda yang pinter dan punya 1001 cara untuk melepaskan lilitan itu...Teteuppp smangat yaaahhh sayanggg...Luv u always...;-*

Senin, 26 Oktober 2009

Bekal kami sebelum kehadirannya

Makin tua usia kehamilan & makin deket waktu persalinan ( padahal mah masih kurang lebih 5 - 7 minggu lagi ), rasa2nya kok jadi tambah campur aduk yahhh. Yaaa deg2an, kuatir, takut, ga sabar pengen ketemu ciii dede dan sejuta rasa yang laennya. Tapiii itulah gunanya untuk slalu berpositif thingking yaahh, ada DIA disana yang slalu membantu kita & harus yakin kalo ciii dede akan keluar dengan mudah, selamat & sehat. Amiiinn...

Apalagi kami berdua sama2 belum pernah yang namanya pegang baby yang baru lahir, utk gendong ajah takut banget, takut kecengklak ( apa yaahhh bahasa indonesianya, salah urat kali yaahh ). Soale kan kulit & syaraf2nya masih sensitif banget. Belum lagi soal ngebedong, mandiin, ngejemur sampe mijaaattt. Huhuhu ngeblank banget dehhh. Makanya pas tau di RS. Tambak ada info tentang Seminar & Kursus buat para Calon Orangtua, kita berdua seneng banget. Dan sangat2 bersemangat sekali untuk dateng. Hihihi...

Sebelumnya gw nyoba ikutan Senam Hamilnya yang ternyata beda banget metodenya dari RS yang gw ikutin sebelumnya. Dalam satu ruangan itu ada kurang lebih bisa cukup untuk 20 orang. Trus kita dibikin rileks dengan alunan musik klasiknya, diajak meditasi untuk mengeluarkan pikiran2 negatif hal2 yang berbau tentang persalinan dan baby kita. Trusss diajarkan deh macam2 gerakan, dari awal pemanasan, gerakan inti, gerakan pada saat melahirkan dan terakhir, gerakan pendinginan. Dimana kesemuanya itu, dibarengi sama latihan nafas juga. Waahhh bikin ketagihan deh. Syiap2 si mas tak buking setiap Sabtu buat nemenin kesana. Hihihi...oiya, utk biayanya sendiri kalo per kedatangan 25 rb. Tapi kalo per paket ( 4 X kedatangan, terserah kita kapan ajah ) biayanya 80 rb ( Nti dapet goody bag, kaos, snack & susu ). Jadi tergoda utk ambil yang paket niy...;-)

Trusss selesai Senam, kita lanjut ke ruangan sebelah untuk ngikuti Seminar & Kursus Singkatnya. Seminarnya sendiri tentang bermacam2 alat Kontrasepsi dimana masing2, ada kelebihan dan kekurangannya. Mungkin kalo untuk hal yang satu ini, kita berdua masih dalam tahap berdiskusi. Hehehe...

Dan abis itu, dilanjutin sama Kursus singkatnya. Ada pembicara yang menjelaskan tentang cara Memandikan Bayi, Merawat Tali Pusat, Membedong Bayi & Memijat Bayi. Langsung dengan prakteknya lho, tapi pake boneka bukan baby beneran. Hihihi syeneng banget dehhhh ngebayanginnya. Jadi makin ga sabar ciii dede cepet2 lahir. Trusss ditengah2 acara, mereka menawarkan kita. Ada ga yang mau praktek langsung sekarang. Dan ternyataaaa...si mas langsung acung tangannya. Hihihi ada yang bersemangat rupanya...



Jadi bisa diandalin niy kalo nti ada apa2. Bisa jadi team yang oke juga untuk sama2 merawat baby kita. Hehehe syenangnyaaaa...Udah lulus praktek soale, moga2 ajah nti ga lupaaa yaahh mas...;-*

Acara belum slese..., kita lanjut di topik tentang Gizi Ibu Hamil & Menyusui trus dilanjutin sama makan siang, dimana menu itu untuk sampel variasi menu makanan yang bergizi. Waaaahhh Bumil kenyaangg deehh. Hihihi...Alhamdulillah dapet ilmu baru hari ini...^_^

Untuk kesemuanya itu Bumil membayar 30 rb. Dan kita dapet goody bag, majalah & paket dari Johnson&Johnson...Oiyaaa, mereka adain kursus ini tiap bulan sekali dan untuk Sabtu ini, materi Seminarnya tentang Hypnobirthing plus ada kursus singkatnya juga lho, sama kaya yang diatas tadi. Hohoho kalo ada yang mo ikut hub ajah RS. Tambak di 230-3444 yaahhh...

Minggu, 25 Oktober 2009

Perlengkapan nan lucu2 untuk menyambutnya

Sebenernya crita ini hasil rangkuman beberapa waktu ( 4 kali kunjungan ) gw ke ITC Cempaka Mas. Karena ternyataaaa, kita ga bisa sekali kunjungan trus langsung dapet smua barang2nya, pasti adaaaa ajah yang kurang & mengharuskan kita untuk balik lagi & lagi. Gpp si, kalo untuk masalah bolak2ik yang ini mah Bumil seneng banget. Itu artinya kan, ada kemungkinan untuk nyangkut2 lagi liat yang lutu2. Ihhhh gemessssss deehhh...^_^

Di ITC Cempaka Mas sendiri, banyak banget toko yang bisa kita datengin. Bingung ?. Pastinyaaa. Soalnya tiap toko itu ada kelebihan & kekurangan. Misalnya di toko 1 ga ada barang A, tapi di toko 2 ada. Dan kalo soal harga, pinter2nya kita ngerayu si empunya toko ajah sambil pasang muka melas. Hihihi dan enaknya biasanya di tiap toko udah disedian list barang2 baby yang harus dibeli. Jadi kita ga usah bingung lagi. Hehehe. Oiyaaa, satu lagiii, pinter2nya juga kita nolak si empunya toko untuk membeli barang2 yang dirasa belum perlu kita beli sekarang karena beneraannn deh, kalo kita ga bisa nolak, maunyaaaa satu toko diborong smua karena banyaaakkk banget yang lucu2. Hihihi...

Untuk kunjungan gw sendiri, banyak banget toko yang gw datengin. Tapiii jangan salah yah, smuanya ga gw borong. Paling2 satu toko cuma beli 3 barang ato 2 barang ajah. Hihihi ini dia toko2nya :

Sinar Abadi
ITC Cempaka Mas Lt.Dasar Blok F No. 404 - 406

Dunia Toys

ITC Cempaka Mas Lt.Dasar Blok L No. 1132 - 1133 - 1134
021 - 42900510, 021 - 42882252

Okashiku
ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok L No. 1046 - 1047 - 1127
ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok K No. 971 - 972
ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok I No. 790
021 - 42901282


Audrey Baby Shop
ITC Cempaka Mas Lt. 3 Blok F No. 346 - 347 - 350
021 - 42901643

Baby Bear

ITC Cempaka Mas Lt. 3 Blok J No. 735
ITC Cempaka Mas Lt. 3 Blok K No. 909
021 - 42902115

Die Pie

ITC Cempaka Mas Lt.3 Blok J No. 736, 737, 737A, 739, 742
021 - 4257678 , 021 - 42903025

dan barang2nya sendiriiii, cukup bikin hati bener2 ga sabaaarr utk cepet2 ketemu ciiii dede...Hehehe...


Popok & Sisir Baby


Baju New Born


Baju Lengan Pendek, Clana POP & Clana Panjang


Berbagai Perlengkapan

Truussss ini yang paling gw sukaaaa...kaos kaki baby berbagai warna karena mengingat nti dia belum bisa pake sepatu. Hihihi...



Walopun dia cowo, harus teteup gaya & matching dunks sama bajunya nti. Hihihi...ga sabaaarrrr mo ngedandanin dia pake kaos kaki ini...;-)

Trus barang2 yang belum, ehm banyak juga siii macam Breastpump, Breastpad, Sterillizer, Pemanas susu, Cooler Box, Baby Box, Stroller, dll. Ngarepnya siy nti ada yang mo ngadoin. Hihihi...syenangnyaaaaaa...;-*

Kamis, 22 Oktober 2009

Doaku untukmu di minggu ke 32

Syenangnyaaaa kmrn jadwal kontrol si dede. Pas daftar juga dapet no. 3, jadi ga lama nunggu deehhh. Dan sebelum hari Kamis itu juga perasaan gw campur aduk, deg2an, takut, excited, dll karena mengingat terakhir kontrol kemaren kan posisi si dede masih sungsang. Moga2 dengan usaha sering2 sujud di 2 minggu kemaren, bisa membuahkan hasil. Amiinn...

Sengaja dateng lebih awal karena saking penasarannya & pas nyampe ternyata Dr. Oni nya blm dateng. Yauda diukur tensi dulu deh, alhamdulillah normal 110 / 70. Trus timbangan juga naek 3 kg dari catetan bulan kemaren. Yang penting kan jangan sampe turun yaahhh...;-)

Trussss kita sholat Magrib dulu deh biar nti ga kekejar2 waktu & udah tenang pas kontrolnya. Secara waktu Magrib kan waktu yang pendek banget. Daaannn setelah Magrib, pas banget udah no. 2. Jadi kan abis ini giliran bumil masuk. Huuuaaaa deg2an nya tuuuwww ampun2nan banget deh. Huhuhu...

Setelah suster mempersilahkan kita berdua masuk, dokter Oni langsung menanyakan keluhan yang gw alami slama ini. Gw bilang ajah :

T : Tadi malem pas saya jongkok, di paha sebelah kiri saya kok ngilu yaahhh Dok. Apa itu sundulan kepala si dede ?
J : Ngilu2 itu wajar kok, karena space dirahim makin sempit, dia bisa mengenai smua organ2 di tubuh Ibu hamil. Daannn kita berharap itu sundulan yaahhh, bukan tendangan...

Huaaaaaa makin deg2an jadinya...dan beliau langsung menyuruh gw utk USG. Sebelumnya dia nanya :

Dr : Kamu lebih sering kedutannya dimana ?
Ic : Di perut tengah sebelah kanan & perut bagian bawah Dok...

Trusss perut gw dipegang2 & gw diajarkan utk menganalisa apakah yang ada di perut bagian atas ini. Apakah kepala / kaki ?. Dan beliau bilang sambil ikut mengambil tangan gw untuk ikut bareng2 meraba daerah perut itu. Lalu dia bilang 'Keras kaaannn'. Trus emang ada yang nonjol2 gitu di tangan gw. Daannn dia bilang 'Ini kepalaaaa'. Huhuhu sediihhhh...karena ternyata yang slama ini gw rasain kedutan itu adalah tangan & kakinya. Pantesan ajah perut bawah suka banget yang namanya kedutan, apalagi kalo saat gw sujud...Si dede lagi maen2 tendangan ternyata...

Analisa itu ditambah sama hasil USG, yang ternyataaaa benaaaarrr. 'Posisi dia masih sungsang' dan yang lebih bikin sediihhh lagi pas Dokter bilang kalo 'Ada yang menghalangi dia untuk merubah posisinya karena tali pusat melilit badannya, makanya dia tetap berada dalam posisinya skrg ( kepala diatas )'...

Dokter Oni teteuuupppp menyemangati gw utk terus optimis kalo masih ada harapan nti dia berubah posisinya karena gw masih di minggu ke 32 dan gw juga harus sering menyemangati si dede untuk melepaskan diri dari lilitan itu, teteup smangat & ga boleh nyerah. Soale cuma si dede ajaahhh yang bisa menolong dirinya sendiri dan selain itu juga dengan DOA. Ga ada yang mengalahkan kekuatan DOA bukan ?...^_^

Alhamdulillah jugaaa, berat badannya di minggu ke 32 ini udah nambah ndut jadi 1876 gram. Dan ga ada masalah di asupan makanan walopun si dede kelilit, dia teteuppp bisa makan karena di dalem tali pusat itu kan ada aliran darah. Jadi makanan bisa teteuppp masuk kok lewat aliran darah ituuuuu...Tinggal nanti kita pantau terus berat badannya. Moga2 ajah slalu naeekkkk. Amiinnn...

Gw juga nanya lagi ( karena seriinggg banget keluarga gw nyuruh gw utk ngelakuin ini. Huhuhu...)...:

T : Boleh ga kalo saya sekarang sering jalan2, baik pagi ato sore ?
J : Sebenernya banyak jalan itu untuk menuntun kepala baby memasuki rongga panggul & membuka jalan lahir ( kalo posisi kepalanya dia udah dibawah ). Kalo kamuuu banyak jalan sekarang, itu akan mendukung dia untuk teruuusssss di posisi sungsangnya & memancing kontraksi ( Duuhhh jangan sampe deh ). Jadi kamu sering2 sujud ajaaahh yang lebih lamaaa sambil berdoa & bisik2 ke si dede yaahhh.

Hihihi jadi ada pembelaan diri niy kalo nti disuruh jalan2 jauhhhh. Lah wong kalo jalan dikit, sekarang udah ngos2an. Makanya jalannya pelan2 kaya siput. Hehehe...truuss gw nanya lagi :

T : Perlu pemeriksaan retina mata ga, kan mata saya minus ?
J : Kamuuu harus optimis nti bisa lahiran normal, tapi kalo kamu mo cek ke dokter mata. Monggooo monggoo ajah...

Trus truusss...( banyak amat. Hihihi...). Untuk note ajah niy para Bumils...:
Ingetin slalu Dokter, Bidan ato Suster nti melalui suami2 kita ( sebagai salah satu pendamping pas kita lahiran ). Untuk melaksanakan IMD, karenaaa ada beberapa RS yang Dokter, Bidan ato Susternya ga sabaran untuk cepet2 menarik baby kita pas IMD nti.

Harus bawel2 niy sama RS nya, kalo si baby belum dapet puting kita. Jangaannn mau babynya diambil yaahhhh teman2..;-)

Sekaraaangg...
' Ayah & Nda hanya bisa slalu berdoa untukmu, smoga kamu didalam sana slalu dijaga sama Allah SWT, diberi kemudahan untuk merubah posisimu, dilepaskan lilitan di badanmu karena Nda tau kamu anak yang kuat, ga gampang nyerah, mau terus berusaha dan Nda yakin kamu pasti bisaaaaa lewatin ini smuaaaa. Ayah sama Nda cuma bisa doain kamu, cuma bisa kasih smangat dari luar, kamu harus teruuuss berjuang sendiri yaahhh. Kamu kan jagoannya Ayah sama Nda. Teteup smangaatttt yaahhh sayang. Doa kami slalu untukmu '. Luv u...;-*

Teman2...doakan kamiiiiii yaahhh & kami juga terusss berdoa yang terbaik utk kalian smua...^_^

Senin, 19 Oktober 2009

Info Seminar & Kursus utk Bumil

Haiiii para Bumil. Gw dapet info tentang seminar & kursus singkat di RS. Tambak ( Jl. Tambak No. 18, Manggarai ) niy. Topiknya tentang 'Seputar Alat Kontrasepsi' pada :

Hari / Tgl : Sabtu, 24 Oktober 2009
Waktu : Jam 9.00 - 12.30 WIB

Pembicara : Dr. A. Kemal Harzif, Sp.OG
Biaya : Rp. 30.000 per orang

Trus trus...kursus singkatnya tentang :
  • Pijat Bayi
  • Membedong Bayi
  • Memandikan Bayi
  • Merawat Tali Pusat
  • Konsultasi Gizi Ibu Hamil dan Menyusui
Tempat terbatasss lho. Hehehe...Untuk info lebih lanjut Hub. ( 021 ) 230-3444 yaahhh...

Kalo Bumil sendiri, udah daftar untuk Sabtu besok. Sebelumnya jam 8 - 9 nya ikutan Senam Hamilnya dulu disana. Yang katanya, dengan Metode Pilates. Hehehe...sapa lagi yang mo ikutan ?. Yuukkk yuuukkk bareng2...

Minggu, 11 Oktober 2009

Satu jam yang menyenangkan

Seperti rencana sebelumnya, jadilah bumil ini senam hamil hari Sabtu kmrn di RS. Islam Jakarta. Malessss...pastinyaaaa. Krn harus ada mood yang oke untuk memulai kebiasaan baik ini. Hihihi...tapiii demi si dede, gw lakuin apa ajah deh...;-)

Hari sebelumnya gw udah daftar dulu & konfirmasi mulai jam berapa. Dan hari Sabtunya, gw sama si mas langsung meluncur kesana. Tanya2 ruangan senam hamil dimana & ternyata oh ternyata masih dikunci. Langsung deh minta bukain sama susternya. Trus sampe jam 11 lewat, yang dateng untuk senam hamil itu cuma 2 orang. Gw sama si Pipit ( temen sesama bumil juga yang lagi hamil 32 minggu ) dan para Ayah ga boleh masuk. Huhuhu padahal kan maunya ikutan liat juga biar nti bantuin Bumil ingetin pas senam dirumah. Yaud...si mas nunggu diluar deh mbil baca koran...^_^

Trus pengajar saat itu, Bidan Cioni, mulai memberikan penjelasan2 tentang senam hamil & manfaatnya. Yang menurut beliau, sangat penting dilakukan, apalagi untuk usia kandungan setelah 28 minggu. Dimana kondisi para Bumil udah mulai lemah & banyak keluhan di badannya seperti punggung, pinggang, pantat, kepala, dll. Karena di senam hamil ini, nti diajarkan cara pernafasan yang baik, cara mengejan yang baik, posisi duduk yang baik & cara menghadapi persalinan dimana banyak para Bumil yang panik & stress saat persalinan. Naahhh senam hamil ini sifatnya membantu kita menghadapi itu smua & kalo kita udah tau gerakan2nya, kita bisa coba sendiri dirumah nantinya...

Di RS. Islam ini, materi tiap minggunya berubah. Dan 2 minggu sebelum persalinan ( antara minggu ke 38 - 40 ), kita nti diajarkan lebih kearah persiapan fisik & mental untuk menghadapi persalinan. Terutama hal2 tentang pembukaan, ttg mules2, tentang kontraksi, dll. Dimana menurut bidan Cioni ini, saat usia kehamilan menginjak 34 minggu, kita akan mulai mengalami yang namanya kontraksi palsu. Yang katanya siy, datengnya bisa 5 ato 6 jam sekali. Kalo rasanya sendiri, eehhhmmm kaya rasa mules BAB yang kadang timbul kadang hilang. Tapiiii kalo kontraksi beneraaaann, bisa satu jam sekali, lalu makin cepet 30 menit sekali, 10 menit sekali dan makin cepet lagi. Dan saat tiba waktu itu, ada baenya kita bawa jalan biar mempercepat kelahiran karena umumnya satu jam, kita proses pembukaan 1 cm. Dan kalo kita ada pembukaan 10, b'ati prosesnya 10 jam ye bow. Ck...ck...ck...

Trus2 beliau juga bilang, ketuban pecah itu ditandai keluarnya aer terus2an dari Miss. V & bening warnanya. Kalo udah begini, kita harus cepet2 ke RS karena kalo ketuban udah pecah, takutnya terjadi infeksi nti nya yang akan mengenai baby dan baby ga boleh sampai kekeringan di rahim. Gitcuuuu girls...

Dan saat gw tanya, tentang harus banyaknya jalan & bergerak saat2 kehamilan gw sekarang ini demi posisi baby yang bagus & lancarnya proses persalinan. Beliau hanya bilang, jangan terlalu dipaksain. Karena takutnya nti malah kaki gw yang jadi bengkak dan adanya kontraksi lebih awal karena kecapean. Soalnya beban bumil makin lama kan makin berat dan satu2nya penopang cuma di kaki. Jadiiii, kalo emang mo jalan2, baenya pas mo mendekati 9 bulan ajah & pas saat mules menyerang di awal2 mo persalinan. Tapiiii kalo emang mo skrg2 ini, kuncinya cuma satu, jangan terlalu dipaksain, kalo capek & lemezzzz yahhh berhenti ajah...Hehehe...

Untuk gerakan senam hamilnya sendiri,...ehmmm sebenernya Bumil ini ga PD majang foto sendiri yang lagi senam. Tapiiii demi sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi para Bumil2 yang laen, kenapa ga kita saling berbagi ?. Tul ga...Hihihi...daannn muuppp beribu muuppp yaahhh. Jangan liat orangnya, tapi liat gerakannya ajah...Hehehe...:-)


Gerakan awal yang diajarkan adalah posisi duduk yang bagus, dimana punggung harus slalu tegak lurus dengan kaki yang saling berdekatan dan ga boleh menumpuk satu sama laen...



Lalu masih dengan posisi pertama tadi, dilanjutkan dengan tambahan kita mengangkat paha lalu turunkan. Lakukan sebanyak 6 kali setiap hari. Tujuannya agar si baby turun menuju jalan lahirnya.



Gerakan yang ketiga, bertujuan untuk mengurangi bengkak di kaki. Jari2 kaki kita gerakin rileks lalu putar kaki searah jarum jam lalu kebalikannya. Lakukan sebanyak 6 kali setiap hari.



Gerakan selanjutnya bisa dilakukan diatas tempat tidur...dilakukan 2 kali sebanyak masing-masing 6 kali setiap harinya ( bisa saat bangun & saat mau tidur )...:

Untuk gerakan pertama..., kecilkan perut, kerutkan pantat, lalu angkat pantat setinggi mungkin kemudian turunkan. Tujuannya untuk mengurangi nyeri pinggang ibu hamil.



Gerakan kedua,...tujuannya untuk mengurangi nyeri punggung. Dengan cara tekuk salah satu kaki...


Lalu dilanjutkan dengan miringkan badan dengan posisi lengan teteuppp tegak lurus...lalu lanjutkan dengan kaki sisi sebelahnya ( kanan & kiri )...



Lalu selanjutnya latihan pernafasan, dimana latihan ini dibagi tiga : Pernafasan perut, Pernafasan tulang Iga dan Pernafasan dada...

Pegang perut, tulang Iga dan dada secara bergantian sebanyak 6 kali setiap hari. Lalu tarik nafas dalam2 & keluarkan lewat mulut...



Dan gerakan terakhir...ini bermanfaat untuk para Bumil2 yang posisi kepala babynya masih diatas seperti gw ini. Yaituuuu posisi sujud ( nungging ) yang benar...( maluuuu dehhh eike majang foto ini. Hihihi...)



Usahakan paha posisi tegak lurus dengan kaki direntangkan. Tangan juga direntangkan kesamping dengan dada menempel di kasur / lantai. Setiap 5 menit sekali, ganti posisi kepala ke kanan / kiri yaahhh biar ga sakit. Kalo yang ini kayanya harus slalu minta bantuan si mas niy...Hehehe...

Dan abis itu Bumil kecapean. Huhuhu ditandai dengan adanya pegel2 dipaha, betis, kepala & anggota tubuh laennya hari ini. Ughhhh karena belum biasa niy. Hihihi. Kayanya harus mulai rutin dilakukan setiap hari biar badannya ga kaget...;-)

Moga2 bermanfaat yaahhh teman2 & untuk gerakan2 laennya, monggo share nya...^_^

Kamis, 08 Oktober 2009

Bulan ke 7 ku

Waahhhh ga trasa udah memasuki 30 minggu ajah. Daaann itu artinyaaa, perjalanan ini akan ditempuh kurang lebih 8 - 10 minggu lagi. Rasanyaaa campur aduukkk, yahhh worried, seneng, deg2an sama proses lahirannya, dll. Tapiiii lebih banyak ke ga sabarnya siy, ga sabar mo ketemu si dede & segera bermain2 dengannya nti. Hihihi syenangnyaaa...

Perubahan bentuk tubuh, ehhmmm banyaakkk. Hehehe terutama 5P ( pipi, perut, pinggang, payudara & pantat ). Timbangan pun sampe saat ini udah naek 14 kg ( 67 kg skrg ). Syiappp2 ni bow lebih ndut lagi. Hihihi...dan karena yang pas bumil 20 minggu kmrn ada fotonya...jadiii 30 minggu ini harus ada fotonya juga. Untuk kenang2an ajah, sekalian kasih tau si dede nti pas udah gede. Gimana emaknya pas hamil dia waktu itu. Hihihi...



Trus kemaren, jadwal kontrol ke dokter lagi. Kalo kali ini dapet no.1. Wuiiihh tumben2nan niy. Tapiii teteup ajah ga ngaruh, karena kita sampe sana pun sholat magrib dulu & dateng telat pulaaa. Enaknya, pas dateng bisa langsung masuk karena no. 1 ituw. Hihihi curaanggg nyelag2...

Mulaiii deh masuk ruangan dokter & si dede di USG. Jantung, hati, ginjal, volume ketuban, plasenta smuanya bagus. Si dede juga ga kelilit tali pusat. Dan untuk jenis kelaminnya ga ada perubahan. Tapiii pas liat posisi kepala, huhuhu kepalanya dia masih diatas. Kata dokter siy, dengan beratnya sekarang yang masih 1607 gram ( 30w1d ), ada harapan kok nti kepalanya dibawah. Kan dia masih muter2. Oleh karena itulah, saran Dr. Oni, gw harus sering2 sujud kurang lebih 10 menit biar si dede posisi kepalanya muter jadi kebawah. Trus kemaren juga disuntik TT ( Tetanus Tokso ) untuk yang kedua kalinya.



Setelah itu, kita kasih liat deh hasil lab yang kemaren. Tau gaaaa, dokter Oni bilang apa ?. Smuanya bagus tapiii dari situ ketauan kalo gw Anemia. Huhuhu...dan dia memberikan gw vit. untuk zat besi & penambah darah ( Hemobion, yang diminum satu kali sehari ). Trus gw juga disuruh makan putih telor tiap hari biar beratnya dede nambah lagiiii...;-)

Untuk vit. laennya masih sama kaya kmrn, OSFIT ( kalsium ) dan Lactafar ( Natural fish oil 200 mg, EPA + DHA, folic acid 800 mcg, fructooligosaccharides 50 mg, vit E 10 mg ). Dan untuk kedatangan selanjutnya, mulai dilakukan tiap 2 minggu sekali dengan harapan posisi si dede & beratnya udah ada perubahan. Amiinn...

Pulang dari RS...dimulailah diriku bersujud biar kepalanya si dede jadi kebawah. Tapi ga sampe 10 menit, si bumil ini udah nyerah. Hihihi mgkn nti bisa karena biasa bukan ???. Karena pertama kali ajah, makanya jadi kaget & perlu adaptasi diri. Hihihi smangat smangat smangat demi posisi bagusnya si dede. Bismillah deh. Doakan diriku teman2...^_^

Selasa, 06 Oktober 2009

Perawatan payudara pra menyusui atau selama kehamilan


Awalnya lagi browsing2 tentang senam hamil, ternyata oh ternyata nyangkut di sebuah artikel yang menurut gw berguna banget untuk para Bumil2...

Sumber : TQ yaahhh for the article

Merawat payudara selama hamil adalah suatu hal penting yang harus diperhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya. Saat kehamilan payudara akan membesar dan daerah sekitar putting akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitive.

Banyak ibu hamil mengabaikan perawatan payudara. Boleh jadi lantaran malas atau sesungguhnya belum mengetahui akan manfaatnya. Padahal perawatan payudara selama hamil sangat penting untuk kelancaran air susu kelak setelah melahirkan. “ Malah, dengan perawatan yang benar, hasilnya bukan cuma produksi yang cukup, tapi juga bentuk payudara akan tetap baik selama menyusui ".


TIGA LANGKAH PERAWATAN

Perawatan payudara dianjurkan mulai dilakukan setelah kehamilan berusia 5-6 bulan. Sebab, jika sejak awal kehamilan kita sudah melakukan perangsangan puting, misalnya, bukan hasil baik yang diperoleh tapi malah bisa menimbulkan kontraksi rahim.

Adapun perawatan yang dilakukan ialah:

  • Pemijatan
    Hal ini bisa dilakukan bersamaan saat mandi. Siapkan baskom air hangat dan air dingin, baby oil, waslap/ handuk, serta kapas.

    Bersihkan payudara sebelumnya, lalu massage memakai baby oil. Pemijatan dilakukan disekeliling payudara diurut memutar searah jarum jam dan kemudian berbalik arah/berlawanan jarum jam. Setelah itu lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, namun putingnya sendiri tak perlu di-massage karena tak berkelenjar tapi hanya merupakan saluran air susu belaka.

    Ketuk-ketuklah payudara dg ujung jari atau ujung ruas jari agar sirkulasi darah bekerja lebih baik. Selanjutnya puting dibersihkan dengan menggunakan kapas dan baby oil yang berguna melenturkan dan melembabkan puting agar saat menyusui kelak puting sudah tak gampang lecet.

    Terakhir, bersihkan payudara dan puting memakai air hangat dan dingin. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah. Setelah itu keringkan pakai handuk.
  • Senam Teratur
    Sebaiknya payudara juga dirawat dengan melakukan senam. Gunanya untuk memperkuat otot pektoralis di dada, sehingga memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI agar lebih baik.

    Senamnya sangat mudah kok. Bisa dilakukan sebelum atau sesudah mandi. Ada dua macam senam yang bisa dilakukan para ibu, yaitu :
  • 1. Posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersidekap). Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga terasa tarikannya pada otot-otot di dasar payudara. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali.
  • 2. Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut (massage) payudara ke arah atas.

    Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini 20 kali putaran.
  • Memakai Bra Yang Pas
    Untuk mengatasi rasa tak enak pada saat payudara membesar, pakailah bra yang pas dan bisa memegang. Jangan pakai yang terlalu ketat atau longgar, tapi harus benar-benar pas sesuai ukuran payudara saat itu dan dapat menopang perkembangan payudara. Jika terlalu sempit akan menghambat perkembangan kelenjar payudara, sedangkan kalau terlalu longgar akan tampak jatuh dan sakit dipakainya.

    Bila anda berencana untuk menyusui anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan anda. Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara anda, memakai bh yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran payudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis ( suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).

    Jika payudara sangat besar, ada baiknya untuk memilih yang memakai penyangga kawat. Karena bra yang tak menopang dengan baik pada payudara besar cenderung akan turun dan membentuk lipatan di bagian bawah payudara. Sementara jika si ibu tak menjaga kebersihan dan kekeringan di bawah lipatan tersebut, maka jamur biasanya akan tumbuh. Jangan lupa, tubuh ibu hamil cenderung berkeringat. Untuk itu, pilihlah bra dari bahan katun atau campuran katun sehingga nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Tali pengikatnya agar dipilih yang lebar sehingga dapat menyangga payudara dengan baik. Bila jamur sudah terlanjur hadir, segera bawa ke dokter. Sebab, jika jamur naik hingga ke seluruh payudara bisa menjadi masalah pada saat menyusui nanti.
Perawatan payudara selama hamil memiliki banyak manfaat, antara lain :
• Menjaga kebersihan payudara terutama kebersihan puting susu.
• Melenturkan dan menguatkan puting susu sehingga memudahkan bayi untuk menyusu.
• Merangsang kelenjar-kelenjar air susu sehingga produksi ASI banyak dan lancar.
• Dapat mendeteksi kelainan-kelainan payudara secara dini dan melakukan upaya untuk mengatasinya.
• Mempersiapkan mental (psikis) ibu untuk menyusui
.

Bila seorang ibu hamil tidak melakukan perawatan payudara dengan baik dan hanya melakukan perawatan menjelang melahirkan atau setelah melahirkan maka sering dijumpai kasus-kasus yang akan merugikan ibu dan bayi. Kasus-kasus yang sering terjadi antara lain:
  • ASI tidak keluar. Inilah yang sering terjadi. Baru keluar setelah hari kedua atau lebih.
  • Puting susu tidak menonjol sehingga bayi sulit menghisap.
  • Produksi ASI sedikit sehingga tidak cukup dikonsumsi bayi.
  • Infeksi pada payudara, payudara bengkak atau bernanah.
  • Muncul benjolan di payudara, dll.

    Kasus-kasus tersebut insya Allah bisa dicegah dengan melakukan perawatan payudara sedini mungkin. Berikut ini perawatan payudara yang bisa dilakukan :
a. Umur kehamilan 3 bulan

Periksa puting susu untuk mengetahui apakah puting susu datar atau masuk ke dalam dengan cara memijat dasar puting susu secara perlahan. Puting susu yang normal akan menonjol keluar. Apabila puting susu tetap datar atau masuk kembali ke dalam payudara, maka sejak hamil 3 bulan harus dilakukan perbaikan agar bisa menonjol.

Caranya adalah dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari, daerah di sekitar puting susu diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Dilakukan sehari dua kali selama 6 menit atau bisa disedot dg pompa susu/ breast pump.

b. Umur kehamilan 6-9 bulan

• Kedua telapak tangan dibasahi dengan baby oil.
• Puting susu sampai areola mamae (daerah sekitar puting dengan warna lebih gelap) dikompres dengan baby oil selama 2-3 menit. Tujuannya untuk memperlunak kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu sehingga mudah dibersihkan. Jangan membersihkan dengan alkohol, sabun atau yang lainnya karena menyebabkan iritasi atau puting susu lecet.
• Kedua puting susu dipegang lalu ditarik, diputar ke arah dalam dan ke arah luar (searah dan berlawanan jarum jam).
Pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan, lalu diurut ke arah puting susu sebanyak 30 kali sehari.
Pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetas.
• Kedua puting susu dan sekitarnya dibersihkan dengan handuk kering dan bersih.
• Pakai BH yang pas tidak ketat atau longgar yg bersifat menopang payudara, jangan memakai BH yang ketat dan menekan payudara.

Itulah tips-tips perawatan payudara. Lakukan secara teratur dan sedini mungkin...

Note : gbr. massage payudara / mamae dipublikasikan sbg gbr. peraga bukan bertujuan sbg pornografi dsb.

Mariiiii kitaaa mulaiii dari sekaraaangg...;-)

Kamis, 01 Oktober 2009

Sangatttt ga sabaaarrr

Yayayayayaya inilah yang lagi gw rasain saat ini. Kalo lagi ada waktu senggang niy, langsung deh liat2 foto baby temen gw yang lucu2 ituw di FB dan pas lagi blogging baca crita2 ttg bersemangatnya mama Anthie dan mama Sari untuk membeli perlengkapan baby2 mereka. Wuaaahhhh rasanya pengen cepet2 deh belanja juga untuk beli perlengkapan ituw.

Naahhh karena rumah Bumil ini ga jauh dari ITC Cempaka Mas dan mengingat juga segitu luasnya ituw ITC dan toko2 disana yang super duper buanyaakkk banget campur2. Mana baby shop, mana perlengkapan cewe, mana perlengkapan cowo, dll. Oleh karena itulah gw langsung menyiapkan data sebelum meluncur ke TKP. Hihihi...jadi langsung bisa ke tujuan tanpa muter2 yang ga jelas & tentu ajah nti bakalan bikin lemes...

Daaannn ini dia beberapa Baby Shop yang ada di
ITC Cempaka Mas :

Tira's Kidz & Baby Shop
ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok I No. 739 - 742
021 - 42902040

OKashiku
ITC Cempaka Mas Lt. Dasar Blok L No 1046 - 1047 - 1127
021 - 42901282

Dunia Toys
ITC Cempaka Mas Lt.Dasar Blok G No. 595 - 596 - 598
021 - 42901255 , 021 - 42902270

Aneka Baby Shop
ITC Cempaka Mas Lt.Dasar Blok G No.602
021 - 42902785

Jeanette Baby Shop
ITC Cempaka Mas Lt.Dasar Blok G No.587 - 588
021 - 42901405

Sinar Abadi
ITC Cempaka Mas Lt.Dasar Blok F No. 404 - 406

Happy Baby
ITC Cempaka Mas Lt.1 Blok C 205


Audrey Baby Shop
ITC Cempaka Mas Lt. 3 Blok F No 346 - 347 - 350
021 - 42901643

Die Pie
ITC Cempaka Mas Lt.3 Blok J No. 736, 737, 749, 752
021 - 4257678
, 021 - 42903025

Wawawawawaaaahhh banyakkk juga yaahhh. Duuhhh tambah ga sabar deh jadinya. Hohoho. Syiap2 niy ngajak para Eyang Uti untuk ikut membantu mendapatkan harga nan oke. Hihihi.

Oiyaaa, info lengkap lokasi2 Baby Shopnya ada disini yaahhh. Moga2 membantu...;-)

Yuukkk belanjaaaa yuuukkkk...^_^