Kamis, 27 Agustus 2009

List Perlengkapan Baby

Beberapa minggu yang lalu, gw berdua sama temen gw nyari2 kado baby untuk sahabat kita yang baru ajah ngelahirin. Pas masuk ke tokonya...waaaahhhh bikin mupeng deh liat pernak pernik babynya. Lucu2 banget. Tapi ya itu, gw udah diwanti2 sama nyokap jangan beli dulu untuk sekarang2 ini walopun kita udah tau jenis kelaminnya ( yang Insya Allah ga akan berubah lagi ). Emang si, pertengahan bulan depan gw masih menginjak bulan ke 6. Tapiii apa bedanya yaaahh, toh cuma selisih beberapa bulan ajah kan ?. Huhuhu yoweslah nurut ajah...;-)

Dan ternyataaaa, perlengkapan baby itu buanyaakk banget. Makanya kita dianjurin untuk nyicil2 belinya biar ga kaget sama pengeluaran yang tiba2 besar. Ukuran usia bulannya si sebenernya ga ada ketentuannya harus pas bulan ke 7 ato setelahnya misalnya. Cumaaa rata2 orang2 belanja itu smua pas bulan yang udah mo deket2 lahiran. Katanya siii biar aman, soale takut kenapa2 sama Ibu & babynya nanti ( Moga2 si slalu sehat2 ajah sampe lahir nti. Amin ). Dan lagi2, banyak orang yang bilang kalo beli sebelum bulan ke 7 katanya PAMALI. Tapiii balik lagi ke kitanya siii, mo sekarang ato nanti sama ajah. Betcuulll ga ?. Bismillah ajah deh & yakin kalo si dede gpp sampe 9 bulan nti...^_^

Untuk perlengkapan babynya sendiri ada beberapa jenis dan itu smua tergantung kebutuhan masing2. Jikalau dirasa ga perlu dibeli sekarang2 ini, yaaa bisa nanti2 aja kok. Dan thanks banget utk Jeung Nesia yang udah kasi List Perlengkapan Baby. Ini dia Listnya :

Perlengkapan Tidur :
  • 1 Set Ranjang Bayi + Kasur + Bantal Guling
  • Bantal Peang
  • Bantal Guling Set
  • Sprei Sarung Bantal Guling
  • Selimut dengan tutup kepala
  • Perlak Polos Besar
  • Kaen Flanel ( Bedongan )
  • Selimut tipis
  • Matras
  • Box playpen ( box jaring )
Perlengkapan Berpergian ( Traveller ) :
  • Kereta Dorong Bayi / Stroller
  • Gendongan Bayi
  • Tas Bayi
  • Car Seat
Perlengkapan Mandi :
  • Ember Mandi Bayi dan Penyangga Mandi
  • Handuk Bayi Besar
  • Waslap
Perlengkapan Setelah Mandi:
  • Baby Soap & Shampoo
  • Baby Oil
  • Baby Cream
  • Baby POWDER
  • Cotton Bud Bayi
  • Minyak telon
  • Tissue Basah
  • Kapas Bulet2
  • Alkafil ( kapas steril untuk tali pusat )
  • Gunting Kuku
  • Sisir Bayi ( Jenis Sikat )
  • Peniti Bayi yg Gede
  • Tempat Bedak, Kapas dll
Pakaian and Baby's Accessories :
Baju :
  • Baju Tanpa Lengan
  • Baju Lengan Pendek
  • Baju Lengan Panjang
  • Baju New Born ( incl. baju pulang dari RS )
  • Jumper / Baju Monyet
Celana :
  • Celana Panjang
  • Celana Pop
  • Celana Pendek
Tambahan :
  • Sapu Tangan / Handuk Iler
  • Kaos Kaki / Sepatu Bayi
  • Sarung Tangan & kaki
  • Topi Bayi SPATU
  • Popok Bayi ( Kaen )
  • Pampers New Born
  • Maenan, ( Gigitan Mpeng )
  • Sweater
Perlengkapan Makan :
  • Breast Pump
  • Botol Susu + Dot
  • Slaber
  • Cooler Box
  • Sterilizer
  • Pemanas Susu
  • Sikat Botol
  • Sabun Cuci Botol
Others :
  • Breast Pad
  • BH Menyusui
  • Pembalut Bersalin
  • Nipple Cream ( Purelan - Besar )
  • Thermo meter Digital
  • Sedotan Ingus
  • NIPLE SHIELD
  • Gurita IBU
  • Ember Kecil TUTUP
  • Ember Besar TUTUP
  • Tempat Sampah Tertutup
  • Buku cara mengurus Bayi
Tuhhh kan banyak banget. Hihihi..ayooo siapkan tenaga, waktu & pengeluaran extra untuk item2 diatas. Tapiii beli yang dirasa perlu ajah yaahhh ibu2, soale biasanya kan kita suka laper mata. Ga boleh liat yang lucu dikit, pasti langsung dibeli juga. Hehehe. Apapun untuk si dede pasti kita bela2in deh, kapan lagi ngedandanin dia kalo ga pas baby. Nti kalo dia udah gedean dikit, pasti banyak protesnya kalo dandanan kita ga sesuai sama maunya diaaa. Hihihi...;-)

Ayooo nak, cepatlah besar & keluar pada waktunya. Bunda udah ga sabaarrr pengen liat kamuuu...Sehat2 yah didalam sana...^_^

Rabu, 26 Agustus 2009

Kisahku yang menakjubkan bersamanya

Meneruskan cerita gw beberapa waktu yang lalu, tentang adanya komunikasi sejak dalam kandungan untuk membangun ikatan batin antara Ibu & Anak. Dan ternyataaaa hal itu kasih pengaruh positif lho ke baby kita. Kaya cerita yang pernah gw baca disini :

Mayang pun mengikuti anjuran terapisnya mengajak ngobrol sang bayi, terlebih lagi belakangan diketahui bayinya terlilit tali pusar sebanyak 2 lilitan. Pada jabang bayinya, Mayang membisikkan kata-kata sugesti untuk melepaskan diri dari lilitan tersebut.
“Begitu ketahuan kelilit tali pusar aku sering-sering ajak babyku ngomong. Ayo nak, kamu yang coba lepasin lilitannya, kan ibu nggak bisa bantu dari luar. Aku yakin babyku bisa karena waktu aku mengalami kontraksi palsu dia juga mendengarkan. Ayo nak, bantuin ibu mengatasi kontraksi palsu yang sekarang berlangsung. Karena sudah terbiasa diajak ngobrol dari dalam kandungan. Aku yakin pas nanti dia ada di depan kita, bahasa batinnya bisa disambung lagi,” ujar Mayang lagi.

Mungkin cerita diatas adalah salah satu kisah menakjubkan diantara jutaan kisah lainnya. Dan yang gw alami ini mungkin juga hanya sebagian kecil diantaranya, tapiiii cukup membuat gw terkesima & mengucap syukur berkali2...;-)

Pagi2 sebelum berangkat ke kantor, tiba2 perut gw sakiittt bangeettt. Mulesnya banget banget pengen BAB. Jadilah gw pergi ke kamar mandi & berharap BAB kali ini dimudahkan. Soale salah satu keluhan yang sering Bumil alami adalah SEMBELIT & gw bener2 berharap hal itu ga terjadi sama gw saat ini karena sakittnyyaa ituuuu. Duuhhh jangan mpe terjadi lagi deeehhh.

Trus trus, butuh waktu yang lamaaa banget untuk mengeluarkan 'sesuatu' di dalam sana itu ditambah dengan rasa sakiittt yang banget banget. Huhuhu. Tiba2, ada keinginan untuk mengajak ngobrol si dede 'Ayo nak, kamu bantu Bunda menghadapi rasa sakit ini. Kamu bantu Bunda untuk mengeluarkan bareng2 smua sampah2 ini. Ayo nak, Bunda ga bisa hadapin ini sendirian' sambil elus2 perut & berkaca2 nahan rasa sakit. Daannnn Subhanallah ga sampe 1 menit, rasa sakit itu tiba2 hilang & sampah itu akhirnya keluar juga setelah proses panjang sebelumnya. Akhirnya dikamar mandi takjub sendiri, kok bisa yah rasa sakit itu tiba2 hilang gitu ajah. Begitu besarnya kah pengaruh komunikasi yang barusan gw jalin ?. Apapun itu, gw percaya kalo ga ada yang bisa ngalahin ikatan batin antara Ibu sama anaknya. Subhanallah...;-)

Karena kejadian kemaren & lihat menu2 sahurnya Jeung Asti, makin sadarlah kalo slama gw sahur, gw ga pernah nyentuh yang namanya buah. Ehhmmm, itu juga kali yah sebabnya kenapa kemaren2 BAB gw susah banget. Jadiiinya, setelah pulang kantor, gw langsung ngeborong pisang Ambon di abang2 tukang sayur yang tiap sore slalu mangkal deket rumah. Moga2 ajah besok2 BAB nya ga sakit lagi. Amiinn...

Kalo kalian sendiri gimana, pernahkah mengalami kisah2 menakjubkan juga ?...^_^

Minggu, 23 Agustus 2009

Tambahan info tentang Puasa bagi Ibu Hamil

Waahhhh akhirnya pertanyaanku disini dijawab lagi. Masih dengan tema yang ga jauh2 dari puasa. Ini diaaaa...

Pertanyaan :
Siang Dok, usia kehamilan saya sudah memasuki usia 23 minggu. Saya ingin sekali menjalankan ibadah puasa. Bagaimana pengaruhnya nanti ke janin saya ? Dan bagaimana tips2 agar ibu hamil dapat menjalankan puasa tanpa khawatir janin yang dikandungnya kekurangan nutrisi ? Terima kasih banyak atas jawaban Dokter.

Jawaban :
Ibadah berpuasa tetap dapat dijalankan oleh ibu hamil selama usia kehamilan trimester kedua ( 14 - 28 minggu ) karena tubuh ibu hamil sudah beradaptasi dengan perubahan yang ada sehingga keluhan yang dirasakan pun sudah tidak terlalu mengganggu. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Berat badan ibu harus tetap baik sekitar 0,5 kg setiap minggunya. Ibu harus menghentikan puasa apabila berat badan Ibu terus mengalami penurunan.
  2. Ibu tidak boleh merasa lemas sekali, di mana kadar gula darah kemungkinan menjadi sangat rendah. Pada keadaan ini ibu harus segera menghentikan puasanya.
  3. Gerakan janin harus tetap sering dan tidak mengalami perubahan. Apabila terdapat penurunan gerak janin atau dirasa tidak seaktif biasanya meski sudah dirangsang ( berbaring miring dan mengelus perut ), maka disarankan untuk segera berbuka dan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ibu.
  4. Asupan makanan yang cukup saat sahur dan berbuka, bila perlu ditambahkan saat tengah malam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu.
  5. Suplemen dapat diberikan apabila diperlukan setelah berkonsultasi dengan dokter ibu.

Adapun beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak terlalu lapar. Hindari makanan kaleng, yang mengandung pengawet, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula.
  • Saat sahur dan berbuka, hindarilah konsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena cepat dicerna tubuh sehingga menyebabkan cepatnya timbul rasa lapar.
  • Berpuasa akan melambatkan jalannya sistem pencernaan sehingga dianjurkan untuk berbuka secara perlahan. Minumlah minuman yang manis atau jus buah terlebih dahulu, diikuti dengan makanan ringan. Adapun komposisi makanan yang dikonsumsi harus tetap seimbang baik kandungan karbohidrat, protein, vitamin, lemak, vitamin, dan mineralnya untuk pertumbuhan janin. Lengkapilah asupan ibu dengan susu dan buah.
  • Hindari konsumsi minuman berkafein ( teh, kopi, kola, cokelat ) terlalu banyak karena sifatnya yang menarik cairan ( diuretik ) sehingga menyebabkan peningkatan frekuensi berkemin saat puasa yang dapat menyebabkan kondisi kekurangan cairan ( dehidrasi ) . Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala akibat efek adiksi yang ditimbulkan.
  • Hindari berkeringat terlalu banyak yang juga dapat berujung pada dehidrasi.
  • Tingkatkan asupan cairan ibu sejak berbuka hingga sahur, baik air mineral maupun jus untuk menjaga kadar cairan tubuh ( 1,5 - 2 liter/hari ).
  • Hindari aktivitas fisik berlebihan di siang hari dan perbanyak istirahat.

Apabila kondisi kehamilan ibu baik, janin sehat serta ibu merasa cukup sehat dan mampu memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin dengan baik saat berpuasa, maka ibu tetap dapat menjalankan ibadah puasa setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan ibu. Konsultasi ini penting untuk dilakukan karena keputusan boleh/tidaknya ibu berpuasa bergantung pada hasil pemeriksaan terakhir yang dilakukan oleh dokter ibu.

Moga2 bermanfaat yaahhh teman2...;-)

Ramadhan hari Pertama & Keduaku

Tahun inilah yang membedakan di banding tahun2 sebelumnya karena tahun ini lebih rameee. Keluarga kita masing2 jadi nambah satu. Hihihi tapiii itu juga yang sempet membingungkan tentang dimanakah kita berdua menghabiskan wiken saat puasa kali ini ???. Emang yaahhh berbuat adil itu susah banget & menjaga perasaan & hubungan bae itu juga susah banget karena yang namanya hubungan Orangtua - Anak itu emang ga bisa dipisahin. Kalo ada salah satu anak yang pergi dari rumah, mgkn ga ketemu sehari ajah kangennya bisa banget banget. Daaann mgkn itu juga yang orangtua kami berdua rasain, 2 pihak sama2 pengen ngalamin buka puasa & sahur hari pertama bareng2 sama anak2nya. Nah lhooo ???. Akhirnya lagi2 kami berdua hanya berusaha bersikap adil, lalu diputuskan deeehhh. Untuk puasa hari pertama dirumah si mas & untuk puasa hari kedua dirumahku. Alhamdulillah ga ada pihak yang merasa dikecewain karena kami berdua hanya bisa berusaha bersikap adil. Dan ga ada kebahagian selain membuat mereka tersenyum bahagia ketika kita berkumpul sama2 dirumah dalam kebersamaan sahur & berbuka. Luv u all mama & papa...;-*

Terus tentang puasanya sendiri, alhamdulillah ga ada masalah sampe hari ini. Si dede bae2 ajah & gw ga mengalami hal2 kaya pusing, gemetar & lemes. Cuma kadang2 lemesnya kalo setelah buka puasa, mgkn kebanyakan makan kali yah. Itu mah namanya kekenyangan yaahhh. Hihihi balas dendam ceritanya. Moga2 ajah kamu kuat terus yaahh sayang, kan latihan puasa dari sekarang. Dan moga2 juga hari ni & seterusnya kamu kuat kaya kmrn2 yaahh. Amiinn...^_^

Kamis, 20 Agustus 2009

Puasa pertamaku bersamanya

Waaahhh ga trasa udah tinggal menghitung hari aja niy puasa. Sangat bersemangat sekali untuk menjalankannya karena puasa kali ini beda dari tahun2 sebelumnya soalnya udah ditambah sama kehadiran si mas & si dede. Hihihi syenangnya. Kebayang ajah nti kita bisa jalanin sama2 smua ibadah2 Ramadhan dan tentunya bisa menjalaninya di rumah 2 keluarga yang berbeda ( keluargaku & si mas ). Dan ditambah juga dengan kebahagiaan, bisa ketemuan sama temen2 yang udah lama ga ketemu karena biasanya banyak banget undangan buka puasa bersama. Hohoho. Dan yang ga boleh lupa, harus ada manajemen waktu yang baik niy antara ibadah & sgala urusan dunia biar Ramadhan tahun ini ga kebuang sia2 gitu ajah...;-)

Gw sendiri, Insya Allah mo coba untuk puasa dulu. Kalo ternyata nti kenapa2, yaahhh ga mau maksain diri juga. Moga2 ajah bumil ini & si dede bisa kuat. Amiinn...tapiii gimana siy biar bumil bisa menjalani puasa dengan nyaman ?. Ini diaaa Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil :
  • Kehamilan Harus Normal. Artinya, kita harus dalam kondisi sehat, begitu pula sang janin. Bagi ibu hamil yang menderita Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi, sebaiknya tidak berpuasa karena penderitanya harus terus menerus mengkonsumsi obat secara teratur. Juga bagi ibu hamil yang mengalami gangguan saluran pencernaan, atau yang memiliki riwayat anarexia dan bulimia (gampang muntah), tidak diperkenankan berpuasa. Dan bagi ibu hamil yang ingin berpuasa disarankan untuk memperhatikan gejala berkurangnya kadar gula dalam darah (hipoglikemia). Gejala ini ditandai dengan pusing, gemetar, mual, dan demam. Dan yang dianjurkan bisa berpuasa adalah ibu yang masa kehamilan sudah cukup tua dan kuat yaitu sekitar usia kehamilan 5 bulan keatas.
  • Perhatikan Makanan kita saat sahur dan berbuka, baik jenis maupun jumlahnya karena pasokan kalori sangat diperlukan dalam nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Kita akan mendapatkan gizi yang seimbang jika makanan kita terdiri dari padi-padian atau serelia, sayur atau buah-buahan, serta daging dan sayur. Karena kegiatan berpuasa hanya mengubah jadwal makan. Sementara, asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil dan menyusui selama berpuasa tetap dibuat sama dengan saat tidak berpuasa, yaitu gizi seimbang dengan komposisi 50 % karbohidrat, 30 % protein, dan 10-20 % lemak.
  • Vitamin dan Mineral. Antara lain, asam folat (dari sayuran hijau, hati, daging dan telur), zat besi (dari hati ayam atau sapi, daging, kacang-kacangan atau sayuran berdaun hijau) dan kalsium (dari susu dan produk olahannya, tempe atau tahu, serta berbagai minuman yang difortifikasi dengan kalsium).
  • Penuhi Kebutuhan Cairan, agar tidak menyebabkan dehidrasi. Jika memang ingin puasa, usahakan untuk minum yang banyak di malam hari dan sebaiknya hingga waktu sahur habis, usahakan minum air putih sebanyak-banyaknya. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter. Dan ditambah dengan segelas susu hangat sebagai sumber protein, mineral dan vitamin. Karena minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Gejala anemia banyak ditemukan pada ibu hamil karena mereka kurang mengonsumsi makanan bergizi. Anemia berbahaya bagi ibu hamil, karena pada saat persalinan ibu akan mengalami kesulitan dan luka akibat persalinan sulit menutup.
  • Bagi ibu hamil dan menyusui, sangat tidak diperbolehkan untuk meninggalkan makan sahur. Ketika Sahur, hindari karbohidrat Sederhana (seperti permen dan cokelat), karena akan merangsang produksi hormon insulin untuk membakar guka dalam darah. Jika kadar gula turun, kita akan lemas, pusing dan perut terasa perih. Oleh karena itu, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi dan sayur, serta ikan pepes, atau tumis tauge dengan telur rebus. Makanan seperti ini dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan sebaiknya ibu hamil banyak mengonsumsi daging karena daging adalah makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi yang bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama.
  • Ketika berbuka, pilih beberapa makanan yang tidak langsung meberatkan kerja alat penceranaan. Misalnya saja, buah-buahan segar yang rasanya manis, bubur kacang hijau, atau bubur susu yang ditambah buah (segar atau kering).
  • Jika kehamilan kita normal dan sehat, olahraga tetap perlu dijalani. Lakukan olah raga ringan saja. Bukan untuk mengurangi berat badan, tapi untuk memelihara kesehatan dan kebugaran kita. Selain itu, olahraga ternyata bisa menurunkan keinginan untuk makan. Karena, ketika berolahraga, otak biasanya akan membentuk zat kimia yang akan mengirimkan pesan “kenyang”. Untuk itu, paling tidak kita perlu melakukan latihan aerobik sekitar 20 menit secara rutin setiap harinya. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.
  • Segera Berbuka Pada Waktunya. Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi.
  • Menjaga Kebersihan Gigi & Mulut slama berpuasa. Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.
  • Hentikan puasa jika tak sehat. Jika kita merasa tubuh kurang enak atau tidak nyaman slama berpuasa, sebaiknya hentikan puasa kita. Jangan dipaksakan, karena mungkin bisa berisiko bagi kesehatan kita maupun janin dan jika merasa lemas saat berpuasa, cobalah untuk beristirahatlah sejenak, entah itu dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran.
Untuk info lengkapnya bisa diliat disini, disini ato disini. Moga2 bisa membantu yaahhh. Dan ga lupa Icha, Bayu & Our Baby mengucapkan 'Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Mohon Maaf Lahir & Batin'...^_^

Kamis, 13 Agustus 2009

Bulan ke 5 ku

Tadinya mo kontrol hari Sabtu ini, tapi rasa2nya kok banyak yah yang harus ditanyain & ga sabar juga mo liat si dede. Hihihi jadi deh kemaren pulang kantor langsung meluncur ke RS. Islam. Sebelumnya pagi2 telpon dulu ke bagian pendaftaran dan alhamdulillah dapet no. 2. Syiippp dehhh...walopun ternyata oh ternyata, baru mpe RS pas magrib padahal dokternya udah mulai dari jam 4. Huhuhu gpp deh. Dan pas dateng ke ruangan, ternyata udah sampe no. 11. Cepet juga yaahhh. Hihihi...

Trus ga lama, gw & si mas pun masuk ruangan. Huuuaaaa rasanya tuh deg2an campur seneng campur ga sabar ( campur aduk deh smuanya jadi satu ). Mulai deh Dr. Oni Khonsa menanyakan ke gw tentang keluhan yang slama ini gw alamin. Untung ajah udah siapin kertas rentetan pertanyaan yang mo gw tanyain, yaitu :

T : Bumil ikut puasa ga tahun ini ?
J : Kalo sanggup & ga ada keluhan seperti gemetar, pusing, kunang2, lemez, gpp ikut puasa. Asal sanggup & ga memaksakan diri. Trus jangan lupa HARUS slalu SAHUR & komsumsi cairan lebih banyak pada saat berbuka puasa & waktu setelah itu. Sekalian ngelatih si dede ikut puasa dari sekarang. Dan sebenarnya, cuma beda waktu ajah. Kalo biasanya kita makan pagi, siang & malam. Ini dituker, jadi waktu sahur, berbuka & selang beberapa jam setelah berbuka puasa.

T : Mengurangi sembelit gimana ?
J : Banyak makanan berserat seperti agar2, buah, sayur & minum aer putih yang banyak.

T : Makan buah kelapa aman ga dikomsumsi saat2 sekarang ?
J : Boleh2 ajah.

T : Vaksin TT ( Tetanus Tokso ) itu diberikan kapan ?
J : Ketika kontrol bulan depan kita kasih.

T : Seberapa besar pengaruh musik ?
J : Sebenernya kita bisa kasih berbagai jenis musik apa ajah, mau ROCK, mau jazz ato pun yang laen. Naahhh kamu mau anak kamu jadi apa ?. Jadi Rocker, jadi pecinta jazz ato yang doyan ngebut ?. Karena pernah ada cerita, waktu ibunya lagi hamil suka ngebut, eh anaknya doyan ngebut sekarang. Udaahhhh kamu ngajiiiii ajah biar dia kenal sedini mungkin sama penciptaNYA.

T : Obat penghilang rasa sakit untuk gigi + gusi yang paling aman untuk janin apa ?
J : Amoxcillin ato Clindamisin, tapiii minumnya kalo perlu ajah yaahhh.

Hihihi lengkap deh pertanyaan & jawabannya. Trus trus si dede di USG, dan hasilnyaaaaa...Alhamdulillah smuanya sehat2 ajah, aer ketuban cukup, plasenta ga menutupi jalan lahir, lensa mata jernih, lambung oke, denyut jantung oke, paru2 oke, hidungnya...ehmmmm, kata dokter Oni siy ( dengan sebelumnya ngeliatin hidung kita berdua ), 'Kaya2nya lebih mirip Ayahnya deh soale agak mancung segitiganya'. Hehehe langsung deh kita berdua cengar cengir. Subhanallah, bener2 ga kebayang deh nanti hasil penciptaanNYA dengan mengambil perpaduan dari kita berdua. Hihihi...

Dan bisa dipastiin lagi kalo baby kita Insya Allah cowo, soale keliatan jelas banget monasnya di monitor. Hihihi...Ini dia fotonya...



Karena si dede udah makin gede dan beratnya udah 532 gram, fotonya udah ga bisa utuh lagi. Jadi per bagian, seperti kepalanya, badannya, pantatnya, paha + jari kakinya dan yang pas kita foto ini pas bagian monasnya. Keliatan ga yang agak2 nonjol gitu deket gambar warna hitam di sebelah kiri ?. Hihihi...;-)...Kalo yang ini gambar kepalanya...



Moga2 sehat terus yaahhh kamu mpe lahir nanti. Amiinnn...^_^

Rabu, 12 Agustus 2009

Kelapa oh kelapa

Gimana ga ?. Tiba2 si mas sms gw, nanya2 yang namanya golok. Pikiran gw kan udah parno ajah, goloknya buat apaan, buat bunuh sapa. Hihihi serem amat ngebayanginnya megang golok malem2. Trus lanjut deh si mas bilang kalo dia bawa kelapa ijo dan belum dibuka. Ya ampyuunnn, kenapa ga dibuka di abang2nya ajah siy pikir gw waktu itu. Dan ga lama si mas mpe rumah. Lanjut deh dia cerita, kalo mamanya nyuruh dia bawa itu kelapa dan karena perjalanan Depok - Jakarta memakan waktu kurang lebih 1,5 jam, makanya itu kelapa ga dibuka di abang2nya takut ga segar lagi rasanya. Hihihi ya ampyuunnnn, di jakarta kan juga banyaakkk kelapa...^_^



Perjuangan si mas ga sampe situ ajah, karena dia harus berjuang membuka kelapa itu pake pisau mengingat dirumah gw ga ada yang namanya golok. Hihihi kasian deh ngeliatnya, mpe keringetan basah kuyup. Tapiiii akhirnyaaaa, itu kelapa terbuka juga. Dan si mas langsung nyuruh gw untuk menikmatinya. Hohoho...

Soale mamanya si mas bilang,...kelapa itu biar anaknya lahirnya bersih. Yoweslah, gw nurut ajah walopun itu salah satu mitos yang berkembang di masyarakat. Hihihi. Maaci yaahhh mama Tati. Luv u...;-*

Selasa, 11 Agustus 2009

Andai waktu bisa diputar kembali

Akhirnya td malam aku dateng ke dokter gigi karena mengingat hari sebelumnya gusiku udah bengkak dan makan pun harus yang lunak2 macam bubur. Huhuhu ya ampyuunnn. Kaya cerita yang waktu itu pernah gw tulis tentang sakit gigi, harusnya aku ga menghindari dateng ke dokter gigi, harusnya aku cepet2 menambal gigi berlubang ini & harusnya juga aku ga usah takut si dede kenapa2. Padahal kalo nanti diliat dari akibat yang bisa ditimbulkan, si dede malah bisa kenapa2 mengingat rongga gigiku ini bermasalah. Karena kaya kasusku sekarang, aku ga bisa minum obat sembarangan untuk penghilang rasa sakit di gusiku, aku ga bisa cabut gigi dan aku hanya bisa berkumur2 sementara dengan air garam untuk penghilang sementara rasa sakit itu. Hiks...hiks...hiks...nyeseellll banget rasanya...kenapa ga dari dulu sebelum hamil aku bereskan smuanya. Soalnya gigi & gusi ibu hamil itu sangat sangat sensitif di saat hamil karena adanya pengaruh hormon kehamilan.

Dan mengenai hal itu dr Iskandar Mirza SpOG, dari RSIA Graha Permata Ibu Depok dan drg Sarworini B Budiarjo, SpKGA, dari Fakultas Kedokteran Gigi Ilmu Kedokteran Gigi Anak UI memaparkannya untuk kita...

Banyak keluhan yang seringkali dialami bumil, seperti ngidam, mual, muntah, badan terasa pegal-pegal dan sering buang air kecil. Keluhan lainnya yang paling sering menyertai bumil adalah pembengkakan gusi (gingivitis) akibat perubahan kondisi hormonal selama kehamilan. Akibatnya, gusi membengkak, mudah berdarah dan timbul nyeri yang disebabkan adanya pelebaran pembuluh darah di sekitar gusi.

Masalah gusi ini umumnya mulai terjadi pada trimester pertama. Namun, kondisi yang paling buruk sering dijumpai pada kehamilan trimester ketiga (usia kandungan 8 bulan). Nah, saat hormon mulai turun kala usia kehamilan 9 bulan, di situ pula masalah gusi akan mulai berkurang.

Selain pengaruh hormonal, kebiasaan nyemil dan frekuensi makan yang lebih sering bisa menyebabkan penumpukan plak lebih cepat sehingga mudah terjadi radang gigi dan karies. Belum lagi, morning sickness yang parah bisa meningkatkan keasaman dalam rongga mulut yang mengakibatkan erosi email gigi. Tak pelak, bumil jadi susah menelan makanan. Akibatnya, asupan nutrisi ke janin berkurang dan menimbulkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Bahkan, dampaknya bisa lebih berat jika terjadi kelainan di sekitar gigi seperti gigi berlubang. Jika tidak segera ditambal maka kuman streptococcus bisa masuk melalui aliran darah hingga ke jantung yang menimbulkan penyakit jantung.

Tak hanya itu, bila mengalami masalah mulut saat mengandung, seperti infeksi gusi, karang gigi yang telah membentuk perkapuran, atau gigi tiruan yang kurang baik, akan berakibat pada meningkatnya hormon prostaglandin. Peningkatan hormon ini bisa menimbulkan kontraksi pada rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran pada trimester pertama atau kelahiran prematur (usia kehamilan 28 minggu ke atas) dan inmatur (usia kehamilan 22 minggu ke atas, di bawah 28 minggu).

Sayangnya, saat hamil beberapa ibu merasa takut atau enggan berobat ke dokter gigi. Mereka beranggapan tindakan yang dilakukan oleh dokter bisa menimbulkan cacat pada bayi bahkan kesulitan saat persalinan. Tak heran, kerusakan gigi menjadi lebih parah karena sedari dini tak segera ditanggulangi.

Padahal, tidak semua tindakan perawatan gigi mengakibatkan efek yang membahayakan bagi kandungan. Yang terpenting, ada komunikasi antara dokter gigi, bumil serta dokter ginekolog yang merawatnya. Dengan demikian, dokter bisa meminimalisasi risiko sehingga bumil tak was-was terhadap kondisi janinnya.

Adapun, tindakan yang bisa dilakukan dokter seperti:

- Menambal gigi (dental filling and crowns) idealnya dilakukan pada trimester kedua. Hindari penggunaan amalgam karena mengandung merkuri (Hg). Logam berat tersebut melalui aliran darah bisa masuk ke dalam kandungan dan bisa membahayakan janin. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter gigi Anda, bahan apa yang aman untuk menambal gigi.

- Seandainya ada gigi yang harus dicabut, biasanya dokter akan menundanya bila Anda tengah hamil trimester pertama atau ketiga. Prosedur cabut gigi bisa membuat bumil stres, itu yang harus dihindari. Pasalnya, masa trimester pertama merupakan periode pembentukan janin. Jika bumil stres bisa memicu terjadinya keguguran.

Sedangkan, pada trimester ketiga stres bisa memicu terjadinya kontraksi. Tak menutup kemungkinan, bayi lahir prematur. Jadi, dokter biasanya hanya akan memberikan obat khusus untuk mencegah rasa sakit, seperti obat antibiotik yang aman untuk janin.

- Rontgen gigi dengan sinar X juga sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu pertumbuhan janin atau cacat apalagi pada trimester pertama.


Balik lagi ke kasusku, dokter gigiku ga brani untuk langsung kasi obat antibiotik mengingat diriku masih di usia kehamilan 22 minggu. Jadiiii, aku harus berkonsultasi dengan dokter kandunganku dulu obat apa yang aman untuk janin. Baru setelah itu kita lihat gimana perkembangannya. Good news nya, kalo gusiku udah ga sakit lagi, aku bisa melakukan perawatan yang namanya Perawatan Saluran Akar. Dan harusnya ini ga perlu aku lakukan jikalau saat itu aku langsung menambal gigi ini cepet2. Tapiiii sudahlah, menyesal udah ga ada gunanya. Dan moga2 besok ketika berkunjung ke dokter kandungan, ada good news lagi *ngarep dot com*. Hihihi amiinn...

Ayoooo ibu2, jangan seperti cerita diatas yaahhh. Mencegah itu lebih baik lhoooo daripada sakitnya lebih parah lagi. Dan teteup doakan diriku moga2 kesembuhan bisa cepet2 datang padaku. Amiinn...^_^

Kuliner wiken ini

Wiken kemaren saatnya ke Depok lagi untuk berkangen2nan sama papa mama nya si mas & tiba2 ajah aku pengen nyobain yang unik2. Hihihi dan pilihan itu jatuh ke Mie Ayam Hijau di Rumah Makan BERKAT, Margonda. Huaaaaa...Apalagi setelah baca asal muasal pembuatannya kenapa dia berwarna hijau dan beraroma sayuran karena terbuat dari bahan alami seperti daun sawi dan bayam. Trus mie ini juga dibuat sendiri dan dihidangkan layaknya mie ayam lain, seperti dengan bakso, pangsit atau jamur. Dan karena kandungannya itu oke untuk bumil, tambah mupenglah jadinya diriku ini. Hehehe...



Btw, aku sama si mas itu satu selera, dalam artian kita berdua itu sama2 suka makanan yang pedas, asin dan gurih2. Apalagi soal mie. Waaahhhh bener2 sehati deh. Jadi kalo pas aku lagi mau makan apaaa gitu, si mas ga cuma ngeliatin ajah. Doi pasti ikutan makan juga. Hehehe...Tapi setelah hamil, aku sangat2 membatasi makan yang namanya mie, apalagi mie instant. Sampe usia kehamilan memasuki 22 minggu, aku belum pernah menyentuh yang namanya mie instant. Tapi kalo mie-mie yang laen, macam bihun ato mie ayam model2 kaya yang sekarang aku pengenin, paling smangatttt deh...Hihihi tapi teteup ga boleh sering2...Abis diriku ga bisa meninggalkan sama sekali yang namanya mie niy. Huhuhu...

Trus aku langsung bilang ke si mas kalo aku pengen Mie Ayam Hijau, langsung deh Jumat malam pulang kantor, aku & si mas bela2in meluncur kesana. Letaknya yang deket kober UI, Margonda, bikin Rumah Makan ini gampang dicari. Dan ternyata menu andalan disana, yaahh Mie Ayam Hijau ini. Dudududu syenangnyaaa bumil makan mie sehat. Bakal pengen lagi deh kesana. Yuukkkk kesana lagi cay. Hihihi. Maaci yah udah nemenin...:-*

Ini alamat lengkapnya : Jl. Margonda Raya no 504 tepatnya di depan halte Kampus UI dekat Gang Kober UI

Jumat, 07 Agustus 2009

KeajaibanMU di rahimku

Memasuki minggu ke 22, aku semakin merasakannya. Dan sekarang pun, aku mulai menjadikannya tempat bercerita segala keluh kesah yang aku alami setiap harinya. Baik itu perasaan gembira, khawatir sampe2 perasaan sedih pun aku slalu berbagi padanya. Pernah ketika air mata ini jatuh waktu bercerita, bukan semata2 karena sedih siy waktu itu, tapi lebih ke rasa begitu kangen nya aku sama si mas ketika menjalani suatu malam tanpa dirinya. Yaahh...tanpa sadar, butiran2 itu jatuh...entah kenapa...

Dan saat ini...Ia mulai menyapaku di pagi hari ketika bangun tidur, ketika abis makan, ketika belaian tangannya si mas & aku ada, ketika aku & si mas berbicara, ketika aku mengajaknya bercerita, ketika kami membacakan ayat2NYA dan bahkan ketika malam hari ketika diri ini lupa untuk segera beristirahat...Subhanallah...^_^

Pernah ada suatu kebingungan saat malam itu si mas lagi berada di tempat berbeda & menelponku kerumah, dimana hari itu aku sangat2 khawatir karena jarang sekali merasakannya. Tapiiii ketika si mas meminta ijinku untuk langsung berbicara padanya, aku letakkan gagang telpon itu diperutku, lalu ga lama langsung kurasakan sapaannya. Terbersit rasa cemburu saat itu, kenapa hanya Ayah yang kau sapa hari itu nak ?. Kamu kangen Ayah yaahhh. Gpp siy, yang penting hari itu kamu udah menyapa kami berdua...;-). Trus pernah juga ketika sholat, ketika tangan ini sedang berada di atas rahimku, tiba2 ada getaran2 kecil yang timbul dari dalam. Rasanyaaaa tuuhh, di perutku ada yang bergerak perlahan2...

Dan sekarang, aku hanya teteup berharap semoga minggu depan bisa melihatnya bergerak2 di layar monitor USG dengan keadaan sehat. Bae2 yahhh nak di dalam sana...Luv u...;-*

Selasa, 04 Agustus 2009

Nice to meet you all

Awalnya siy temen SMP yang tlah tiba di Jakarta kangen pengen kumpul2 dan karena udah lama ga ketemuan, akhirnyaaa diaturlah pertemuan dengan teman2 yang laen juga sekalian ARISAN. Hohoho...Kalo arisan kita ini dibuat 2 bulan sekali, jadi ketemuannya ga sering & ga bingung juga kalo harus atur jadwal arisan mengingat kesibukan masing2 yang udah super duper padat...

Kita2 ini udah bareng2 dari SD, lanjut ke SMP & bareng2 lagi mpe SMA ( Bosen deh tuh, temennya ga berubah2, itu2 ajah. Hihihi karena emang letak rumah kita yang deketan. Jadinya, sekolah pun yaahh ga jauh2. Hehehe...). Dan inilah foto para cewek2nya...



Kalo ini foto para cowo2nya, yang teteuuuppp ga mau kalah ikut di foto juga. Hihihi...



Sebenernya selain acara ARISAN, kangen2nan, ada juga acara laen yaituuu...pemberian simbolis kenang2an kita untuk sobat kita ( Farida & Dhian ) yang merit di bulan Januari 2009 lalu...lamaaaa bangetttt kaannn baru dikasi sekarang. Hihihi soale apa daya, kado itu ada di rumah teman kita yang sekarang lagi tugas di papua & baru sekarang akhirnya sempet bela2in harus diambil dirumahnya karena ga enak udah kelamaan belum dikasi2 sama yang empunya hajat...Ini dia merekaaaa...^_^



Mereka berdua ini punya cerita lucu banget. Dari SD udah satu kelas, malah sempet satu bangku. SMP & SMA juga sama2 di satu sekolah tapi kala itu mereka blm deket banget, walaupun mereka pas SMA sempet satu kelas juga & masih menjalani cerita percintaannya masing2. Hingga usai kuliah & sibuk kerja masing2, mereka mulai deket & sampe akhirnya menikah. Mo tau ga ?. Pas temen2 dapet undangan pernikahan mereka, banyak yang surprised banget. Lah wong mereka berdua ga pernah pacaran. Hihihi pada ga nyangka ajah kalo akhirnya mereka berjodoh. Emang yaahhh jodoh itu misteriNYA & tentu ajaaahhh dia adalah yang terbaik untuk kita dariNYA...;-). Congrats yaahhhh Farida & Dhian...

Senin, 03 Agustus 2009

Dan Bumil pun mencoba Duren

Hihihi itulah yang gw lakuin selama wiken kemaren. Sebenernya siy bukan ngidam makan duren. Tapi ga tau kenapa, si papa kok tiba2 pengen Duren & tega ga tega juga pas nawarin gw. Soale mitos yang slama ini beredar kan, bumil ga boleh makan Duren. Takut kenapa2 sama dede & ibunya. Tapi masalahnyaaaa...siapa yang tahan sama godaannya...Nyium aromanya ajah udah bikin gw mupeng, masa ga boleh cobain dikit ajah siy. Diiiikiiittttt ajaahhh...Hihihi...
Si mas pun sebenernya takut juga, tapi ternyata rasa ga tega liat gw mupeng lebih gede dibanding ketakutannya. Hihihi jadinya dia membolehkan gw untuk nyobain deeeehh...



Awalnya gw pun takut juga, makanya cuma nyobain secuil doang alias cuma 1/4 sendok makan. Tapiiii bener2 ga tahaaaannn untuk makan lebih & lebih banyak lagi. Akhirnyaaa, gw pun membatasi diri cuma makan 1 biji doang di hari Sabtunya dan di hari Minggunya, gw cuma makan 2 biji. Jadinyaaa, total gw makan kemaren adalah cuma 3 biji doang. Ga banyak kan yaahhh ?. Hihihi bismillah deh moga2 si dede bae2 ajah. Amiinn...Lagipula kata Dokter, smua buah ato makanan itu gpp, asal jangan kebanyakan makan nya dan menurut Sumber dari Info Bunda tentang Durian vs Ibu Hamil juga gpp. Hehehe...*pembelaan diri*...Maapkeunnnn Bundamu ini yahhh Nak, ga bisa tahan godaan sama makanan yang enak2. Hihihi...;-)