Jumat, 15 Mei 2009

Pertanyaanku di Situs Dokter

Awal tau situs ini dari browsing2. Dan ternyataaaa banyak banget informasi kesehatan apapun yang bisa kita dapet. Kita juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan online yang akan langsung dijawab oleh para Dokter di bidangnya masing-masing. Kalo pertanyaan kita beruntung, tema pertanyaan kita itu akan langsung tampil di Halaman Depan Situs Dokter tersebut. Daaann hanya dengan Sign In kita bebassss untuk bertanyaaa tentang apa ajaahhh. Inilah beberapa pertanyaan gw ( dari banyak pertanyaan ) yang berhasil dijawab oleh beliau-beliau itu...


Bahaya MSG pada Janin

Salam Dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Dari informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, diketahui bahwa MSG / vetsin / penyedap rasa itu cukup membahayakan janin. Naahh, yang saya ingin tanyakan, ada cara lain tidak untuk menetralisir vetsin tersebut di dalam tubuh karena bagi saya sulit sekali menghindari masakan2 tanpa vetsin ( saya mendapatkan makan siang dari kantor dan saya tidak tau makanan itu pake vetsin ato ga ) Saat ini saya rutin minum susu hamil, juice jambu merah & juice alpukat. Apakah sudah cukup untuk membuat janin saya terhindar dari zat-zat berbahaya dari makanan ber-vetsin tersebut Dok...Terima Kasih banyak atas jawabannya...( perempuan, 27 thn,170 cm,55 Kg)

Jawaban:

Ibu / saudari yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. MSG (monosodium glutamat) atau yang lebih dikenal dengan istilah vetsin atau bumbu penyedap adalah salah satu senyawa kimia yang pada konsentrasi tertentu tidak memiliki rasa, namun dapat memperkuat atau memodifikasi rasa makanan.

Glutamat secara alami terdapat di berbagai bahan makanan seperti keju, tomat, dan ikan. Glutamat pada dasarnya dibutuhkan usus dan plasenta sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk melihat manfaat dan bahaya dari MSG. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dalam jumlah tertentu, MSG masih dikategorikan aman untuk dikonsumsi. Batasan aman tersebut kurang lebih adalah 0,3 - 1 gram per hari.

Glutamat tidak dapat melalui barier palasenta atau dalam kata lain tidak berpengaruh secara langsung terhadap janin. Namun bagaimanapun juga MSG diduga sebagai pencetus dari berbagai keluhan penyakit yang dikenal dengan Chinese Restaurant Syndrome (CRS). Selain itu, konsumsi MSG juga diduga berkaitan dengan gangguan alergi.

Makanan instant merupakan salah satu sumber dari MSG. Karena itulah berhati-hati untuk tidak terlalu berlebihan mengonsumsi MSG. Dalam kasus Anda, apabila Anda memang harus makan siang di luar dimana tidak diketahui kandungan MSG-nya maka paling tidak Anda dapat membatasi kandungan MSG dari masakan Anda di rumah. Sekian, semoga membantu. (TRH)
Terima kasih. (TIm Redaksi Klikdokter)


Bahaya Melahirkan Pada Mata ?

Siang Dok, saat ini saya sedang hamil anak pertama dan usia kehamilan saya 9 minggu. Saya menderita rabun jauh dengan minus 3.50 (mata kanan) dan minus 5.50 (mata kiri). Yang saya ingin tanyakan, apakah ada hubungannya antara mata minus dengan tidak bolehnya melahirkan dengan cara normal? Karena dari beberapa informasi yang pernah saya dapatkan, ada batasan minus agar kelahiran dengan cara normal tidak membahayakan ibu. Apakah itu benar Dok ?. Mohon penjelasan dari Dokter. Terima kasih.(perempuan, 27 thn,170 cm,55 Kg)

Jawaban :

Ibu/Saudari yang terhormat,
Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.
Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tetapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi apabila kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina.

Berdasarkan kekuatan lensa memokuskan objek, miopia dibedakan menjadi miopia derajat ringan (hingga 3.0 Dioptri), miopia derajat sedang (3.0-6.0 Dioptri), dan miopia derajat berat (6.0 DIoptri atau lebih). Pada miopia derajat berat, retina umumnya lebih tipis akibat perubahan degeneratif pada bagian belakang mata. Proses persalinan normal dapat menyebabkan retina yang tipis tersebut terlepas dan berakhir dengan kebutaan, sehingga banyak dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang sangat berhati-hati mempertimbangkan keamanan melakukan persalinan normal pada ibu hamil dengan kondisi tersebut.

Kondisi miopi mata Anda saat ini termasuk dalam derajat sedang. Pada kondisi tersebut boleh saja untuk melakukan persalinan secara normal. Namun ada baiknya apabila Anda mendiskusikan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terlebih dahulu. Diskusikan juga mengenai perlu/tidaknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata, khususnya ahli retina untuk memastikan kondisi retina Anda.
(TRH)
Terima kasih. (TIm Redaksi Klikdokter)

Hope it helps yaaahhh teman-teman...;-)

Kamis, 14 Mei 2009

All Story about yang aneh-aneh

Orang hamil itu ga boleh capek2, orang hamil itu ga boleh makan sembarangan, orang hamil itu harus sabar oleh berbagai cobaan yg menimpa tubuhnya terutama oleh perubahan2 bentuk tubuh, dan masih banyak lagi wejangan2 yg kita dapet dari smua orang disekeliling kitaaa...Tapiiiii giliran orang hamil lagi pengen yang aneh2 diwaktu2 yang ga bisa ditentuin, apa harus ditahan2 karena keadaan ga memungkinkan utk dipenuhi saat itu juga atokah harus memaksakan diri saat itu juga terlaksana ???...

Itulah yang lagi gw rasain, kadang2 tiap hari maunya macem2 wlpn maunya masih 'belum yang aneh2'. Hehehehe sempet ngerasa bersalah juga siii udah merepotkan si mas utk berjuang mendapatkan makanan yg gw mauu...Alhamdulillah, si mas slalu mengerti keadaan gw yang lagi aneh2nya skrg2 ini...;-). Inilah crita2 aneh itu :

Part 1 of Dimsum
Udah dari kapan tau gw pengen banget yang namanya Dimsum, dengan ngarep dimsum itu ada di menu gubug kawinan 2 orang temen gw di hari yang sama minggu yang lalu. Tapiii ternyataaa, mereka menyajikan menu somay di gubugnya dan sama sekali ga ada dimsum dan kawan2nya...( Dasaarrr...ngarep banget siii dapet gratisan. Hihihihi...)

Dan tiap wiken, udah jadi rutinitas kita ber2 untuk nginep di depok ( rumah ortunya si mas ). Dan hari sebelumnya pun, gw udah mulai browsing2 utk nyari dimsum di daerah Depok dan si mas pun udah mulai telp sana sini utk cari2 tempat makan yang menjual dimsum. Dan bad news, dimsumnya GA ADA sama sekali...yowes, sabar ajah menunggu esok hari sapa tau di Jakarta ada. Huhuhuhu...

Trus pulangnya kita naek bis jurusan Depok - Senen, dan menurut informasi dari temen gw, di daerah Sabang ada yang jual Dimsum. Dan lagi2 si mas ga ngijinin gw pergi jauh2, jadilah gw dianter si mas sampe depan gang biar naek Bajaj untuk sampe kerumah dan kemudian si mas melanjutkan lagi perjalanannya dari depan gang itu ke Sabang dengan ber bis ria. Ya ampyuuuunnn, I Lope U banget dehhh...Dan tinggalah gw dirumah H2C nunggu si mas, ada ato ga yah dimsumnya ?. Alhamdulillah adaaa...langsung ajah gw santap...Syenangnya...Muaahhh muaahhh...

Part 2 of Tahu Cina
Masih crita gw yang slalu merepotkan...suatu hari, tiba2 siang2 gw sms si mas pengen tahu cina yang kotak gede utk dibikin tahu isi. Sempet bingung juga dia, kok bukan tahu kulit. Akhirnya gw bilang, nti bikinnya pas hari Sabtu ato Minggu ajah. Ehhh ternyataaa, si mas bilang ke mamanya & si mama langsung beli utk dibawain ke gw. Jadilah sore itu setelah si mas mpe rumah, di tasnya ada tahu cina putih 3 buah. Omaiggoottt...langsung besoknya gw olah jadi tahu isi wortel ( Resepnya menyusul yahhh...). Maaci maaci...

Part 3 of Es Krim
Dan hariii iniiii...gw sms si mas lagiiii, bilang kalo gw pengen eskrim. Sekalian mo minta ijin sama si mas utk keluar kantor pas istirahat siang ini. Yaahh wlpn sebentar, tapi teteuppp gw harus minta ijin dulu kalo mo kemana2 biar kalo ada apa2 dia tahu. Dan lagi2 ridho suami itu kan diatas sgala2nya bukan, wlpn cuma sekedar beli eskrim. Hehehehe...Tapiii tiba2 niat itu gw urungkan, karena bisa nanti ajah pas pulang kantor belinya. Dannn, selang beberapa menit setelah waktu istirahat slese, tiba2 temen gw nawarin eskrim dan jadilah hari ini keinginan gw langsung tercapaiiii...Emang yah rejeki itu bisa dalam bentuk apa ajah. Alhamdulillah...;-)

Apa harus keinginan itu tercapai saat itu juga atokah bisa menunda hingga esok hari melalui perjuangan panjang ?. Yang pasti, kita hanya bisa berharap & terus berusaha untuk mencapainya walopun kadang2 kita bisa gagal...^-^

Kamis, 07 Mei 2009

8 minggu bersamanya

Ga trasa waktu udah menunjukkan 8 minggu. Dimana titik aman trisemester pertama ada di minggu ke 13. B'ati masih ada 5 minggu lagi utk mencapai titik aman itu. Alhamdulillah...sampai saat ini gw masih doyan makan, suka makan buah & wajib minum susu apapun keadaan perut gw. Karena sekarang, bener2 harus ada manajemen waktu makan yang bagus, karena kalo ga, disaat gw harus makan nasi & temen2nya pas makan siang ato malam, bisa2 gw brasa kenyang karena abis makan cemilan ato jus buah. Oleh karena itulah, beberapa jam sebelum makan siang ato malam, gw ga komsumsi cemilan berat2 atopun minum susu...

Hal terberat yang harus dilakuin adalah ketika munculnya rasa penuh di perut kita ( karena abis makan, selain makan nasi ) dan ketika saat itu juga kita diharuskan oleh kondisi makan makanan bergizi. Mulai timbul perasaan kenyang dan malas untuk makan yang ada di depan kita. Rasanya ingin banget makan hanya beberapa suap lalu membiarkan gitu ajah lauk pauk yang laen...Tapiiii rasanya...gw kok jadi ngerasa egois banget membiarkan dirinya hanya menerima sedikit makanan2 itu. Dengan terus mengingat, dirinya harus sehat & kuat nantinya, akhirnya gw membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan2 itu. Yang pasti, sedikit2 tapi masuk smua makanannya...

Hal terberat kedua adalah ketika dokter menvonis kita harus makan ini itu & ga boleh makan ini itu. Soale kadang2, masih timbul perang hati antara keinginan sendiri & kata2 dokter. Karena pas hamil, kita bener2 ga boleh makan apapun yang kita mau. Takut nanti efeknya ke janin. Tapi gimana kalo beberapa makanan yang dokter larang itu adalah makanan kesukaan kita ???. Lagi2, pengorbanan harus dimulai saat ini, dengan teteup mengesampingkan ego sendiri demi dirinya...;-)

Dan hal terberat ketiga saat ini adalah ketika gw harus satu rumah dengan my little sister yang sedang kena cacar. Begitu banyak informasi tentang bahaya cacar untuk ibu hamil sampe2 akibatnya fatal banget dan begitu mudahnya virus cacar itu menular lewat udara. Tapi good news, kata dokter penyebaran virus itu cepet nular kalo daya tahan tubuhnya lemah. Ketika daya tahan tubuh kita kuat, Insya Allah ga akan tertular. Jadi lagi2, gw hanya bisa berusaha untuk menguatkan daya tahan tubuh sendiri sambil teteup berharap moga2 virus itu ga menular ke siapa2. Toh smua penyakit pasti ada obatnya dan penyakit itu pun sudah diatur mau singgah ke tubuh siapa. Jadi...kupasrahkan padaMU sgalanya...^-^

Doakan dirikyu teman-teman, moga2 gw bisa terus berjuang menuju titik awal pertama & menuju titik2 berikutnya karena kalo kita enjoy lewatin itu smua, pasti ga ada hal2 berat walopun awalnya susah kita hadapin. Bukankah begitu ? ...;-)