Senin, 20 Juni 2016

Tips Mengenalkan Puasa ke Anak

Alhamdulillaah tahun ini adalah tahun pertamanya Zaki belajar berpuasa. Saat hari pertama, aku langsung bilang ke Zaki kalo puasanya sampe Magrib ajah dan mungkin Zaki nya juga kaget kok ga makan minum dalam waktu yang cukup lama. Dan dia pun lupa, ga sengaja makan permen. Pas emutan pertama trus inget lagi puasa. Akhirnya permennya dibuang.

Godaan terbesar juga dari Zulfa soalnya kadang dia ngemil di depan kakaknya. Jadi Zakinya juga pengen ikutan ngemil juga. Dan hari pertama, lupa kalo lagi puasa. Soalnya pas Zulfa minum UHT, Zaki ikutan nyobain juga. Tapi abis itu lanjut lagi puasanya. Hahahaa gpp deh masih adaptasi, belajar pelan-pelan biar ga kaget banget yah kak.

Trus sahurnya gimana ? Aku coba bangunin dan dia sukses BT. Makan pun cuma 3 suap, abis shubuh lanjut tidur lagi. Tapi aku ga berhenti nyoba, aku ajak terus Zaki sahur dengan jam yang sama dan waktu tidur yang pengennya lebih awal, tapi belum bisa. Soalnya abis taraweh, bocahnya nonton sebentar trus main lego nya. Hahahaa penuh perjuangan yah ibu-ibu.



Dan aku sadar, mengenalkan anak tentang puasa bukan hal yang mudah, karena harus menghadapi :
  • Kemarahannya saat dibangunin untuk sahur
  • Ketidaksabarannya menunggu waktu berbuka, dengan menanyakan jam terus-menerus
  • Mimik muka yang bikin ga tega saat mereka mengeluh lapar dan haus
 
Alhamdulillaah ternyata smuanya butuh waktu dan proses :
  • Dari yang BT dibangunin sahur, sekarang jadi ga marah-marah lagi krn tau manfaat dan berkah sahur
  • Dari yang makan cuma 3 suap, sekarang udah mau 5 suap lebih
  • Dari berbuka jam 12, lanjut puasa lagi sampe magrib dan terus jam berbuka yang mundur terus tiap harinya. Alhamdulillaah minggu, 19 Juni 2016 ( 14 Ramadhan ) Zaki udah full puasanya sampe Magrib hingga hari ini
  • Dari yang ngeluh lapar dan haus, akhirnya sekarang bisa cari kegiatan untuk ngisi waktu luangnya dengan bermain, istirahat, cerita, dll hingga magrib.
Cuma pengen puasa kali ini dijalani Zaki dengan bahagia biar tambah semangat lagi ke depannya.

Dan ini Tips mengenalkan Puasa ke anak yah : 
  • Orangtua dan anak telah siap
  • Ceritakan manfaat tentang puasa, pahalanya, perintah Allah SWT, kapan waktu sahur, kapan waktu berbuka, dll. Anak akan belajar hakikat lapar haus dan belajar tentang waktu juga
  • Jam berbuka nya diliat dari kondisi anaknya dan mundur pelan-pelan
  • Jangan ada paksaan biar si anak jalanin puasa nya dengan senang. Nti sambil dikasih dorongan juga biar dia tambah semangat jalanin puasanya
  • Kitanya juga sabar dan konsisten saat ngenalin hal-hal baiknya. Yakin deh suatu saat mereka pasti inget terus hal-hal baik yang kita ajarkan ke mereka

Dan jangan lelah mengenalkan hal-hal baik pada anak-anak kita yah karena merekalah jalan kita menuju surga.

Semangattttt yah para Ayah Bunda...

1 komentar:

Maria Soraya mengatakan...

mengenalkan puasa ke anak memang butuh trik ya mbak, kadang ada yg mudah gitu aja belajar puasa, kadang ada yg syusaaaah ya ... tipsnya boleh di bookmark nih