Senin, 27 Juli 2015

Saat Zaki Ke Dokter Gigi

Tadi malam adalah kunjungan pertama kami ke dokter gigi. Harusnya mah tiap 6 bulan sekali yah kontrolnya. Hiks maapkeun Bunda yah nak. Tapi akhirnya kemarin2 aku memilih untuk menjaga gigi mereka dengan menyikat gigi 2x sehari dan ga minum susu saat tidur pake dot. Jadi sejak 2 tahun lepas ASI, mereka minum susunya pake gelas saat siang dan malam sebelum tidur. Tapi biasanya aku selalu tanya dulu, mau minum susu ga ? Kalo mau aku bikinin, kalo enggak mau yaudah. He5 *emak fleksibel*

Dan sejak lewat usia 2 tahun, aku perbanyak kasih asupan makanan sama buah2an ajah. Alhamdulillah BB nya masih di ambang batas aman. Ha5 soalnya deg2an bookkk kalo di bilang dokter BB nya kurang. Jadi PR emaknya banget ituuu naikin BB gimanapun caranya. Hi5...

Trus mulus ga perjalanannya ? Tentu tidaakkk. Dulu pernah juga ngalamin masa2 GTM ( Gerakan Tutup Mulut ) karena bocah tumbuh gigi lah, ga mau nasi lah, ga mau dll lah dan segudang drama GTM lainnya. Tapi ternyata disitulah emaknya dituntut untuk selalu CARI CARA di tiap masalah GTM itu. Hi5...alhamdulillah udah terlewati masa2nya...Tenang ajah maakkk, GTM pasti berlalu kok. Mereka akan belajar tentang rasa lapar dan akhirnya lahap lagi makannya...

Dan kembali ke topik diatas...



  
Jadi waktu lagi sikat gigi, aku menemukan gigi seri bawah Zaki kok GOYANG dan mulai ada celah kosong di deket gigi bawah yang goyang itu. Trus di belakangnya ada putih2 di gusi sama kaya waktu Zaki bayi mau numbuh gigi. Langsung deh kepikiran, apa itu calon gigi tetapnya yah di usia 5 tahun 8 bulannya Zaki. Kok cepet banget, apa kurang kalsium, dll apa kenapa yah. banyak deh segudang pertanyaan saat itu.

 
Akhirnya kita dateng deh ke dokter gigi tadi malam dan beliau bilang di umur 5,6,7 tahun adalah masa2 pergantian gigi susu ke gigi tetap. Tapi spesial untuk gigi geraham, baru muncul gigi tetap nya sekitar umur 10 atau 11 tahun. Beda2 tiap anak. Jadi karena gigi geraham dipakenya lama, harus dirawat dari sekarang. Dijaga jangan sampe bolong karena kalo bolong, perlakuannya sama kaya orang dewasa, harus ditambal demi kenyamanan mereka mengunyah nantinya.

Dan setelah diperiksa, dua gigi seri bawah Zaki goyang banget dan ada putih2 di gusinya. Letaknya di belakang gigi yang goyang tadi. Jadi akhirnya harus merelakan kedua gigi seri bawah Zaki dicabut. Kenapa dicabut ? Kata beliau untuk memberi ruang kosong gigi tetapnya dan biar gigi tetapnya tumbuh sesuai letaknya nanti. Jadi susunannya rapi. Aamiin yah kak...

Pas dicabut sempet keluar air mata sebentar tapi habis itu ceria lagi, gara2 setelah pulang dari dokter aku bilang ke Zaki mau mampir ke Alfa beli kapas buat giginya. Walopun ujung2nya jadi beli makanan dan mainan. Padahal kesepakatan di awal ga pake acara nyogok. Ha5 tapi bundanya luluh juga hatinya pas Zaki minta mainan pake nunjuk2 gara2 ga bisa ngomong karena mulutnya disumpel kapas abis cabut gigi trus ditambah pasang muka memelas mau nangis dan bikin bundanya mau nangis juga. Hi5...

 
Setelah aku sampe rumah, kapas di giginya yang dikasi dari dokter itu dilepas, bekas cabutannya juga ga pendarahan lagi. Pagi ini sarapannya juga mau. Alhamdulillah udah ceria lagi kaya biasa...

Smoga sehat2 terus giginya yah cayank. Aamiin. We love u...;-*

2 komentar:

-n- mengatakan...

wah senangnya ya gigi zaki udah pulih dgn cepat. udah ceria n lahap makannya :)

Rizka Munfa Octavianti mengatakan...

Iyah alhamdulillah tante...makasiii yah...;-)