Senin, 22 April 2013

Zaki dan Planetnya


Z : Bun, nyanyi matahari terbenam dong
B : Matahari terbenam, hari mulai malam, terdengar...
Z : Tapi jangan pake suara burung hantu *protes*
B : Yaud pake suara kambing aja yah *nyengir*
Z : Jangan pake matahari juga
B : Lah terus bunda nyanyinya gimana ???
Z : *bengong sambil nyengir*

 
Z : *Keluarin bola warna-warni*. Bun, habis planet Uranus apa lagi ?
B : Neptunus kak
Z : Oooo tetunus
B : Bukan kak, Neptunus
Z : Bukan bundaaaaa, Tetunus. *galakan die. hahaha*. Trus bintang yang paling besar apa ? Matahari. *nanya sendiri, jawab sendiri. hahaha*


Z : Bunda, matahari itu ada mata nya yah ?
B : Matahari ga punya mata kak, yang punya mata itu manusia. Ayah, Bunda, adik, kakak, dll.
Z : Ada mata nya bunda, itu namanya kok MATA hari ? *ngotot*
B : MATAhari itu nama benda kak, satu kata. Bukan 2 kata MATA sama HARI
Z : Adaaaaaaaa mata nya bunda *galakan die. hahaha*


Lagi ngobrol sama Ayah tentang bulan April
Z : Bulan nya ada apa lagi ?
B : Januari, Februari...Desember kak
Z : Bentuknya bulat juga yah ?
B : Beda kak sama bulan yang ada di langit, ini hitungan bulan dalam 1 tahun
Z : 1,2,3,4,5,...gitu ?. Banyak yah bunda, langitnya penuh dong nanti ?
B : Beda kak. *gw bingung deh jelasinnya gimana. hahaha*


Z : Bun, meteor pertama kali pernah jatuh dimana ?
B : Di Rusia kak
Z : Ada lubangnya ga ?
B : Ada, besar kak mirip kawah gunung
Z : Kalo meteornya jatuh dirumah kakak Zaki gimana ?
B : Kalo meteor jatuh disini, nanti smuanya hancur kak. Tapi kan ada atmosfir bumi yang melindungi bumi dari meteor. Jadi insya Allah kita aman kak.
Z : Atmosfir bumi gede bun ?
B : Iyah kak luas banget.
Z : Segede gini ? *lingker2in tangannya dia*
B : Bukan kak, lebih gede lagi.
Z : Segede gini Bundaaaaaaaa. *galakan die. hahaha*

Berawal dari sebuah buku yang dapet dari cornflakes yang isinya gambar2 tentang planet. Trus iklan susu juga yang ada seorang anak menaruh planet Jupiter di simulasi Tata Surya nya. Setelah itu Zaki jadi suka smua hal tentang planet. Apalagi pas dia bisa muter2in Globe bumi, bisa baca2 cerita di peta dunia, bisa dateng ke planetarium ( wlpn cuma foto sama astronout doang gara2 kita kehabisan tiket masuk ) dan yang lagi seneng2nya dia lakuin sekarang adalah bongkar lemari dapur buat jadi bahan ceritanya dia ( piring paling gede itu jadi matahari, yang piring kecil itu jadi merkurius, venus, dll ). Itu ga boleh diberesin sodara2, sampe ceritanya dia berakhir. Hahaha...Tapi teteup, syarat untuk masuk ke kamar mau bobo itu Zaki harus beresin piring2 itu dulu...;-)



Masalahnya adalah kalo pertanyaannya dia mulai tanpa henti, Kenapa ? Kok bisa gitu ? Gimana caranya ? Apa namanya ?, dll. Saat itu juga mulut gw lep lep lep ke kunci ga punya jawaban. Hahaha. Emang yah jadi orangtua itu harus selalu belajar tentang apa ajah.
*buka buku tentang planet*...@_@

Selasa, 16 April 2013

Cerita Sekolahku

Rabu, 10 April 2013...
Emang bener yah kadang apa yang kita pikirin itu belum tentu sama kaya kenyataan. Siapa yang sekolah, siapa yang deg2an. Hahaha. Yups, emaknya ini udah deg2an dari malem ( deg2an Zaki moodnya jelek gara2 masih ngantuk dan berbagai drama pagi lainnya ). Soalnya aku ga bisa ijin dateng telat ( lagi ) secara Senin kemarin udah ijin telat. Jadi bisa dipastiin waktu pagi itu berjalan cepet banget. Gimana ga, aku masuk kantor jam 8 dan smua ditentuin sama waktu bangun nya 2 bocah. Hahaha...

Tapi yang terjadi di hari kedua ini adalah diluar bayanganku...

Setelah bangun, dua bocah ini manis banget. Jadi aku bisa leluasa bikin sarapannya + nyiapin bekal Zaki. Trus nyuapin + mandiin Zaki. Bocahnya girang2 ajah dipakein seragam trus minta naik sepeda juga ke sekolah gara2 liat temen2nya bawa sepeda kecil. Hahaha...Dan aku sempet anter dia ke sekolah bareng si mba, berangkat jam 7.30. Karena masuk sekolahnya jam 8 juga, jadi Zaki bisa main2 perosotan dulu. 


Trus apa yang terjadi...

B : Kak, kakak uda sampe sekolah. Uda ada temennya maen perosotan. Bunda tinggal ke kantor dulu yah. Nti sore kita cerita2 lagi tentang sekolah kakak.
Z : Iyah. Bunda hati2 yah.
B : Iyah. Kakak baik2 yah di sekolah. Seneng2 belajar sama Bu Guru.
Z : Iyah *sambil dadah maen perosotan*
B : *ternyata rasanya tuh haru2 gimana gitu yah ninggalin anak sekolah*,*mewek*

Langsung berangkat ke kantor, dimana nyampe kantor jam 7.57. Nyaris telat. Hahaha...Waktu 1 menit itu berharga banget lho buat lari2 ngejar absen biar ga telat. Itung2 olahraga pagi lah yah...;-)))

Dan jam 8.30 nelpon si mba, nanya Zaki lagi ngapain. Trus dia bilang Zaki nyanyi lagu Balonku + mewarnai teko. Anteng dan ga nyariin Bundanya. Alhamdulillah. Smoga kamu makin mandiri yah cayank, smangat terus belajar karena kamu pasti bisa. Aamiin. *pelukkkk*


Kamis, 11 April 2013...
Hari ini pertama kalinya Zaki pake baju senam. Hahaha dan gw dengan senang hati ijin kantor ( lagi ) demi nganterin itu bocah. Lebih ke penasaran sih sebenernya. Kalo senam itu mereka ngapain ajah soalnya smua murid setiap kamis sama jumat itu jadi 1 kelas smua alias smua umur jadi 1. Kebayang deh rame nya kaya gimana. Hahaha...

Dan bener ajah, acara hari itu seru banget. Smua murid disuruh baris trus suruh pijet2an sambil nyanyi. Setelah itu ada acara tangkap - lempar bola untuk latihan konsentrasi + motorik kasarnya.




Udah selese ?. Belum ternyata. Si Ibu Guru merapikan kursi plastik untuk dijadiin terowongan trus murid2 suruh melewati rintangan itu dan lanjut naik ke meja trus lompat. Hap hap hap...;-)




Ada yang nangis ga mau masuk ke terowongan, ada yang ga sabar pengen buru2 masuk, dll. Alhamdulillah Zaki bisa melewati rintangan itu. Penasaran kayanya. Hehehe...*emak bahagia*

Trus habis itu makan bekal masing2, berdoa mau pulang dan ada pengumuman dalam rangka memperingati hari Kartini, ada lomba mewarnai ( soalnya ga ada pawai2an ) tanggal 24 April nanti. Aciiikkkk go go go Zaki...kamu pasti bisaaaaaa....*peluk*


Jumat, 12 April 2013...
Hari ini pake baju muslim bebas trus kumpul lagi smua murid2 untuk belajar baca doa bareng2. Sayangnya bunda ga bisa temenin kamu yah cayank. Cuma dapet ceritanya ajah...;-(. Yang penting kamu seneng2 disana. *peluk*

Ada bahagia tersendiri saat ngeliat langsung proses belajar di sekolahnya Zaki, ada yang hilang saat aku meninggalkannya dan ada yang beda saat aku HANYA mendengar cerita dia di sekolahnya dari orang lain. *edisi galau tingkat propinsi*...;-)

Minggu, 07 April 2013

Sekolah Pertamaku


Rasanya udah dari kapan tau keinginan untuk menyekolahkan Zaki timbul. Dan seperti biasa pada kenyataannya gagal gara2 moodnya Zaki lagi ga enak, dia bilang 'ga mau' ataupun bilang 'masih ngantuk', 'nti dulu', dll nya. Waktu itu mikirnya, aku ga mau maksain Zaki sekolah, kalopun dia belum siap sekolah yaud gpp nanti2 ajah. Soalnya tujuan utama Zaki sekolah itu biar dia seneng ( seneng belajar, seneng ketemu temen2, dll ), ga sering nonton dirumah dan yang paling utama itu pengen Zaki mandiri + adaptasi sama lingkungan luar ( ga dirumah terus ) + ada pelampiasan untuk ke-aktif-an nya dia. Kalo dirumah nih, dia lagi suka maen bola ( dilempar2, tendang2, dll ). *seandainya bisa punya waktu banyak buat nemenin Zaki tiap hari maen bola di lapangan deket rumah. Hiks*. Nah kalo Zaki sekolah, dia bisa maen perosotan, ayunan, dll nya sama temen2nya...;-) 

Atas alasan itulah dari kemarin2 udah cerita sama Zaki kalo sekolah itu nanti ketemu sama Bu Guru, ketemu sama temen2, nyanyi bareng2, belajar bareng2, makan bareng2, dll. Trus pagi2 Zaki juga udah sering bilang 'mau sekolah'. Dan aku pikir, mungkin ini saatnya...*Ya Allah anak gw udah gede ajah mau sekolah*
 
Jadilah pagi ini ( 8 April 2013 ), aku daftarin dia sekolah yang seminggu 4 hari ( jam 8 - 9.30 ). Syaratnya isi formulir ajah + fotocopy AKTE kelahiran + 200 ribu uang pendaftaran ( dapet seragam 2 ) + 25 ribu per bulan. Dan bisa dipastiin, aku harus nemenin dia di hari pertama di dunia barunya. Alhamdulillah bocahnya seneng banget. Pas masuk kelas celingak-celinguk tapi mau salaman sama smua Bu Guru disana. Langsung ukur seragam + dikasi seragam + maunya langsung dipake. Hahaha...

Agenda belajar hari ini adalah mewarnai pesawat terbang pake crayon, dimana tingkat kesulitan mewarnai pake crayon ini agak sulit dibanding pake pensil warna biasa ato pake spidol warna soalnya ujung crayon kan tumpul. He5 tapi Zaki lumayan mau mewarnainya di dalam garis walopun masih tahap suka2 dia coretannya. Hahaha... 
 
Habis mewarnai, cuci tangan, makan bekal masing2 trus habis itu nyanyi bareng + doa bareng. Trus pulang deh. Dan bocahnya ga mau pulang dong. Hahaha, minta naik perosotan terus. Betah nih ye ceritanya. Hahaha...*Gpp deh nemenin sebentar walopun harus ijin dateng siang ke kantor*

Alhamdulillah hari pertama lancar, smoga besok2nya juga lancar yah cayank. Aamiin.