Selasa, 25 Desember 2012

Tiada Hari Tanpa Perdebatan

Menghadapi si 3 tahun ? Makin lama penuh cerita, yang kadang bikin emaknya senewen, senyum2, nyerocos kasih penjelasan dan bahkan bikin langsung berkaca2 seketika. Hahaha iya beneran, soalnya tiada hari tanpa perdebatan seru sama Zaki.

B : Kak, kamarnya berantakan banget. Kita beresin bareng2 yuk.
Z : Jangan diberesin bunda *setengak merengek*
B : Nanti kalo ga diberesin, pas kakak nyari mainan susah lho.
Z : Jangan diberesin, di berantakin ajah. *nada hampir nangis*
B : Bunda mau beresin mainan biar kamarnya rapih, habis itu mau beresin baju
Z : Jangan beresin bajunya *nangis*
B : Biar kamarnya rapih kakak, pokoknya Bunda mau beresin yah *nada tinggi*
Z : Jangan marah2 Bunda *boboan di kasur*
B : Bunda ga marah, bunda sayang sama kakak Zaki. *peluk*
Z : Sedih *emaknya ikutan berkaca2*
B : Kalo kamarnya rapih, nti kakak cari mainan nya gampang.

----------------------------------------------------------

B : Kak, udah laper belum ?
Z : Belum, Udah.
B : Jadi udah laper apa belum ?
Z : Belum, nanti ajah.
B : Bilang yah kalo laper
Z : Iyah nanti ajah. *kasih waktu*
B : Kak, makan pake ayam yuk, enak deh
Z : Ga mau makan apa apa apa apa apa *kata apa nya sampe diulang2 hahaha*
B : Yaud kalo ga mau makan, nti kelaperan lho
Z : Kakak Zaki mau makan Bunda.

---------------------------------------------------------

B : Kak, mandi yuk
Z : Nanti ajah maen truk dulu
B : Supir truk nya mau mandi dulu, biar badannya bersih
Z : Nanti bundaaaaaaa, mau main dulu nih kakak Zaki. Mandinya nanti ajah.
B : Yauda Bunda mau mandi yah, kakak Zaki main sendiri. Bunda cepet kok.
Z : Mau mandiiiiiiiiii *bawa truk ke kamar mandi buat di cemplungin ke air*
B : Bunda pinjem gayungnya yah ?
Z : Ga boleeeeeehhhh, ini punya kakak Zaki. Bunda beli lagi ajah.
B : *ambil gayung tambahan*, ini gayung Bunda yah buat mandiin kakak.
Z : Itu gayung kakak Zaki, pinjem Bundaaaaa. *akhirnya pake 2 gayung buat diisi kosongin*
B : *ambil baskom di dapur buat gayung biar ga diminta bocah* hahaha...
Akhirnya main air, gayung diisi trus di lempar ke bak nya. Kata Zaki 'kaya bom bunda demuaaaarrrrr'. Bundanya udah kuyup ga ada bentuknya lagi ituh. hahaha...
B : Kak, udahan yuk. Baju bunda udah basah nih.
Z : Nanti, truk nya lagi mandi Bunda.
B : Nanti sore kan bisa main lagi.
Z : Ga mauuuuuuuu, mau main air Bunda.
B : *ambil handuk langsung bungkus bocahnya biar udahan* hahaha... 

------------------------------------------------------

Z : *ajrut2an di kasur, jungkir balik, keliling2 di kasur pake guling dibawa2*
B : Kak nanti kasurnya rusak, kakak diem yah. Bunda lagi nen in adik. Kakak bobo aja yuk
Z : Nanti ajah belum ngantuk
B : Yaud Bunda sama adik mau bobo duluan yah
Z : Baca cerita Bunda *jatuhin badan ke kasur*
B : Kakak bobo yah, sini Bunda bacain cerita *uda diulang2 sampe 5x lebih itu cerita, bocahnya belum tidur juga*
Z : Ulang lagi Bunda
B : Kakak bobo dong, Bunda uda ngantuk nih *baca sambil teler matanya*
Z : *Akhirnya merem juga*

-------------------------------------------------------

Z : *kakinya kena punggung Bunda*
B : Kak, kakinya turun dong kak, nti punggung Bunda sakit
Z : *kakinya kena perut Bunda*
B : Kak, perut Bunda nanti sakit kak kalo kena kaki kakak. Turun yah
Z : Kalo adik keluar dari mana Bunda ? 
B : *Ini bocah tumben2nan nanya kaya gini*. Karena ga siap sama jawabannya, aku bilang 'keluar dari perut Bunda kak'
Z : Sekarang adiknya udah keluar yah Bunda *naekin kakinya ke perut Bunda lagi*
B : Walaupun adiknya uda keluar, tapi kakak Zaki kakinya harus di turunin karena itu ga sopan
Z : Tapi kakak Zaki capek nih Bundaaaaaa.
B : Turunin kak kakinya, itu ga baik kak.
Z : Capekkkkk Bundaaaa *kaki naek lagi ke perut*
B : *turunin kaki zaki trus balik badan*
Z : *lanjut ajrut2an lagi*
B : *amanin Zulfa biar ga kegencet* hahaha...

----------------------------------------------------------
 
Z : Bunda baca Nabi Ibrahim yuk
B : Iya kak, tunggu yah bunda cari bukunya dulu
Z : Kalo Allah ada dimana Bunda ?
B : Allah itu ada dimana2 kak, dekat sama kita. Kalo kakak mau ngobrol sama Allah bisa lewat sholat karena nanti kakak bisa minta apa aja lewat doa. Kakak bisa doain Bunda, Ayah, adik, smuanya.
Z : Kakak Zaki mau sholat Bunda
B : Kan tadi kita udah sholat bareng2 kak, bsk yah kakak sholat lagi
Z : *ditutup dengan pelukan sambil bobo*

----------------------------------------------------------

Z : Bunda, onty Po pergi kemana ?
B : Pergi ke Taman Mini kak sama uncle Ridwan
Z : Ngapain Bunda ? 
B : Mereka mau foto kak disana, kan mau jadi penganten *foto PreWedding maksudnya*
Z : Kakak Zaki mau jadi penganten juga nih Bunda
B : *ngakak* Iya kak nanti jadi pengantennya kalo kakak Zaki udah besar yah
Z : Sekarang kakak Zaki udah besar kok Bunda
B : Iyah kak nanti yah kak *ngakak, cepet amat anak gw minta jadi penganten. hahaha* 


Dan sekarang anaknya ga mau dicium lama2, ga mau dipeluk lama2 dan salah tingkah kalo diliatin lama2 dengan bilang 'Jangan gitu ah Bunda'. Hahaha gemesssssssss. Luv u cayank...;-*

Senin, 10 Desember 2012

3 Hari bersama Pepaya

Alhamdulillah ternyata ga se-deg2an yang dibayangkan sebelumnya. Asal ga ada target Zulfa harus makan seberapa dan sangat sangat mengerti kalo di awal2 itu masih tahap belajar makan. Jadi mau makan banyak / dikit yah gpp. *lega*. Dan tanggal 9 Desember itu jatuh di hari minggu, jadi aku bisa siapin Pepayanya dari Sabtu ( ke pasarnya naek sepeda berduaan sama Zaki *best moment banget* ) walopun harus bongkar2 peralatan perangnya Zaki itu malem minggunya + nyuci2 lagi alat makannya itu di minggu paginya. Hahaha mendadak banget deh. *jangan dicontoh*

Trus nyari moment yang pas itu ga bisa di tentuin waktunya, nunggu moodnya Zulfa enak dulu baru deh aku siapin Puree Pepayanya soalnya kalo jus kelamaan kan rasanya juga ga seger lagi makanya aku bikinnya dadakan. Pas Zulfanya melek baru deh grasak-grusuk di dapur. Hahaha seruuuuu...*nitip bocahnya ama Ayah dikamar*

Dan pas smuanya siap, dipanggil deh artis utamanya ke bumboo seat ( aku sewa 100 rb / bulan sampe Zulfa bisa kuat duduk di kursi yang lebih keras ). Untungnya bocahnya betah duduk disana walopun ada gangguan sedikit dari si kakak yang mau ikutan duduk di bumboo juga. Jadi acara makan pagi itu diawali sama para bocah yang rebutan duduk mau nyobain si bumboo ini. Hahaha...Harusnya nyewa bumboonya 2 yeeee...;-)


Akhirnya Zulfa nyobain pepaya pertamanya. Responnya gimana ? Alhamdulillah lahap banget tapi diakhiri sama protes lewat tangisan yang membuat aku harus mengakhiri acara makan pagi itu dan dilanjutkan dengan ASI lagi dari gentongnya. Hahaha...Mana bocahnya udah mulai bisa sembur2, tutup mulut rapet2 sambil mukanya bengong, narik2 slabber plus narik2 piringnya juga. Jadi bisa dipastiin stok sabar harus siap segerobak yah mak pas acara makan pertama kali ini. Hahaha...Gpp yah cayank, yang penting ada yang masuk, yang penting kamu cobain pepayanya, yang penting kamu seneng. Besok kita coba lagi menu yang lain yah. Next target : GASOL Beras Merah slama 3 hari juga. Kalo udah sama2 lulus, tinggal combine Beras Merah + Pepaya nya.

Tapi ngomong2 belum pup slama 3 hari nih, jadi masih H2C menanti pup nya kaya gimana. Apa warnanya, teksturnya gimana, Zulfa sembelit apa ga, dll. Kalo pepaya mah smoga aman kali yah, kan buah yang sangat bersahabat. Hehehe aamiin. Doakan yaaahhh...;-)

Kamis, 06 Desember 2012

Mulai MPASI ( lagi )

Disaat emak2 lain deg2an anaknya UAS atau mungkin ada yang deg2an menanti lahiran *lirik Netta*, sedangkan aku,  lagi deg2an Zulfa mau MPASI. Iya tanggal 9 Desember nanti uda mau 6 bulan aja. Rasanya kaya kembali ke saat2 MPASI zaki dulu, antara deg2an, ga sabar, penasaran, antara siap ga siap dan aneka macam rasa lainnya. Hahaha. Emang sih udah anak ke 2, tapi ga ngaruh. Rasanya sama ajah kaya mulai lagi dari awal, belajar lagi buka2 buku tentang MPASI, bongkar2 peralatan perangnya Zaki lagi dan sebenernya yang bikin deg2an itu menghadapi fase2 GTM dan fase2 yang bikin stok sabarnya harus banyak. Hahaha...

Trus pertimbangan milih buah sekarang itu adalah yang ada di pasar, di minimarket ataupun yang ada di kulkas ajah karena sekarang aku ga punya waktu banyak untuk jalan2 ke ITC cari buah ( kaya waktu zaki dulu ), secara pulang kantor bawaannya udah pengen cepet2 nyampe rumah ajah. *sok sibuk banget*. Jadi untuk Zulfa sekarang ga ada menu2an. Karena menu nya fleksibel hari itu ada apa, ya makan itu sesuai stok yang ada di pasar misalnya. Tapi teteup ikut aturan 3 atau 4 hari menu sama ( utk tau alergi atau ga ) atau kalopun combine harus lulus uji makanan dulu.

Dan pengalaman Zaki dulu menu pertama itu alpukat dan mengingat si alpukat di pasar ini jarang, jadinya aku memutuskan menu pertama MPASI Zulfa itu pepaya. Karena kalo pisang mungkin gampang nyari + ngolahnya tinggal kerok ajah tapi masih takut2 sama efek BAB nya nanti. Secara itu buah kan salah satu pencetus sembelit selain apel. Jadi smoga gpp yah sama si pepaya ini. Aamiin. Untuk GASOL nya uda ready yang Beras Merah sama Kacang Ijo. Smoga Zulfa doyan nti. Aamiin.

Trus aku nemuin buku 'Puree, makanan lembut untuk bayi 6 - 12 bulan' ini di toko buku. Isi 135 halaman, cocok banget buat panduan MPASI awal2 kayanya. Ada cara bikin nya juga, lama waktu yang di gunakan buat ngolah itu makanan, jumlah kalori makanan sampe ke makanan itu boleh dibekuin apa ga. Jadi siap baca2 lagi demi si neng makan nya banyak. Hehehe aamiin...


Hari minggu nanti mulai MPASI nya dan gw deg2an nya mulai dari sekarang. Hahaha. Doakan yah smoga MPASI Zulfa berjalan lancar, dia makan nya lahap dan gw ga sutrisno ngadepin fase2 GTM, dkk nya itu. Hehehe aamiin...;-)