Kamis, 29 November 2012

Welcoming Terrific 3



21 November 2012, alhamdulillah Zaki berusia 3 tahun. Ya Allah, anak gw cepet amat gedenya. Bentar lagi sekolah, trus kuliah, trus kenalin temen deketnya trus nikah deh ninggalin emak bapaknya yang kangen setiap hari. Ha5 jauh amat ngehayalnya. *emak lebay*...

Apa aja perkembangan Zaki di tahun ketiga ini :
  • Berat badan masih belum beranjak di angka 14 kg dan tinggi nya sekarang 96 cm. *baru ukur pake meteran setelah sekian lama ke dokter saat imunisasi ga pernah ukur tinggi badan*
  • Pengucapan abjad yang belum jelas masih ada :
  1.  Abjad R masih dibaca Y  >>>> Dorong, Biru
  2.  Abjad C masih dibaca T  >>>> Kaca, Baca 
  3.  Abjad J masih dibaca D  >>>> Baju, Hijau, Anjing
  • Hapal cerita, kalo kalimat yang kita baca salah, dia protes. Waktu itu aku lagi ngantuk banget pas Zaki minta dongengin cerita, akhirnya aku pake kata2 sendiri sambil merem. Dia kritik pas aku bilang 'Apakah kamu lihat bel ku ?'. Kata Zaki 'Bukan Bel ku bunda tapi bel milikku'. Trus aku melek, eiya bener kata yang tertera adalah bel milikku.
  • Suka bercerita, hapal tiap detil kejadian yang kadang kitanya malah lupa.
  • Udah bisa nyuruh2. Kaya 'Pintunya tutup dong Bunda'. Udah ditutup pintunya, zaki bilang 'Yang rapat dong Bunda, belum rapat ituh'. *elus dada sambil nyengir*
  • Lagi suka buka celana sendiri. Tapi ya itu kadang2 kalo dipakein clananya lagi, ngajak kejar2an. *keringetan*
  • Lagi suka ajrut2an di tempat tidur + jungkir balik + jatuh2in badan ke kasur. Emaknya yang deg2an kalo pas ada Zulfa di kasur.
  • Bisa ngerayu. Kalo Zaki lagi ngeselin, trus kita marah. Dia bilang 'Jangan marah dong Ayah / Bunda, sayang sama kakak Zaki'. Maksudnya kepalanya minta dielus2 sayang gitu. *emaknya mewek*
  • Mainan favorit teteup truk, dkk nya. Sambil dengerin Zaki celoteh itu truk isinya apa ajah trus pergi kemana dalam alam hayalan nya dia.
  • Perkembangan Toilet Training adalah ( kadang2 ) udah mau duduk di ujung closet jongkok waktu dia bilang mau pup. Hasilnya berkali2 berdiri - duduk - berdiri lagi - duduk lagi buat ngambil gayung isi air trus airnya dibuang ke closetnya buat bersihin badan dia. Dan pupnya gimana ? Ga keluar sodara2, cuma dia bilang mules ajah dan pipisnya keluar dikit2. Ha5 gpp yah cayank kita belajar lagi.
  • Mulai mau sikat gigi sendiri, makan sendiri dan minum ambil gelas sendiri.
  • Mulai mencari perhatian kalo Bunda nya lagi sama Zulfa. Cemburu mungkin yah ?. Caranya gimana, ya itu tadi ajrut2an di tempat tidur + jungkir balik + jatuh2in badan ke kasur. *lapkeringet*
  • Fase tulis menulis + mewarnai mulai jarang dilakuin, yang sering sekarang adalah mendongeng, berceloteh dan saling bercerita.
  • Tips makan banyak ala Zaki adalah tiap makan harus ada kriuk2nya alias kerupuk. Kadang aku beli yang udah jadi atau pun goreng sendiri. *demibocahmakanbanyak*
  • Pagi2 sebelum sarapan diusahain pisangnya bisa masuk ke perutnya dulu atau kadang jus jambu merah atau kadang jeruk peres diantara jam makan inti nya. Buah potong apa kabarnya ? Udah dadah2 ke laut dia. Karena Zaki ga mau lagi buah potong. Hiks.
  • Makan inti antara jam 7 - 8, siang jam 12 - 2, sore jam 5 - 7. Waktunya di sesuain sama kondisi bocah saat itu ajah. Sesudah waktu makan inti, Zaki bebas mau ngemil apa ajah, yang penting udah makan nasi. Susu sekarang ? UHT coklat atau mimi coklat atau mimi vanila kadang siang kadang sebelum tidur. Antara 1 - 2 kali sehari.
  • Mulai mengerti konsep berhitung walaupun kadang masih suka2 ngitungnya. Tapi kalo ditanya matanya ada berapa ? Dagunya ada berapa ? Dia bisa jawab beda mata ada 2, dagu ada 1. Tapi pas disodorin buku cerita yang isinya nanya ada berapa burung dan kupu2, Zaki langsung sebutin angka 1 - 10, padahal burung sama kupu2nya cuma ada 3 masing2. Ha5. Gpp yah kak, pelan2 kita belajarnya. Yang penting kamu seneng.
  • Kalo abjad gimana ? Kita nya siy ngajarin, tapi ga sampe huruf Z, Zaki langsung teriak 'Bacaaaaa cerita ajah Bundaaaaaa'. Ha5 okesip cayank. *diebosenkaliye*
  • Warna alhamdulillah udah tau. Kadang masih bingung kalo di bukunya print warnanya suka ga jelas antara hitam - ungu ataupun merah - jingga. Warna2 turunan yang belum diajarin.
  • Kabar gigi gimana ? Akibat lagi suka ajrut2an itu, suatu hari pernah, dia lagi ajrut2an di ubin trus ga tau kenapa tiba2 jatuh di posisi tengkurep di ubin ( kayanya kesandung mainan ) dan akhirnya mengakibatkan gigi depannya PATAH. Alhamdulillah cuma sedikit. Tapi kalo diperhatiin banget, keliatan bedanya antara gigi seri kanan - kiri. Hiks.
  • Kulit gimana ? Yayayayaya akibat suka sepedaan + berenang waktu itu, kulitnya jadi belang-belang di kaki ( efek sendal ), badan dan muka. Hiks. Gpp yah cayank...;-*
  • Beberapa doa mulai bisa disebut sepotong2 ( Sebelum tidur, Utk orangtua, Selamat dunia akhirat ). Kalopun sekarang belum ucap sempurna, suatu saat kamu pasti bisa hapal semua yah cayank. Aamiin. Sekarang banyak2 dengerin ajah yah...;-)
Itu perkembangannya di usia 3 tahun ini. Sehat terus yah cayank, raih mimpimu kelak walaupun harus hadapi situasi sulit karena kamu pasti bisa. Ayah dan Bunda akan slalu menemani kamu lewat doa, smoga DIA slalu curahkan rahmatNYA buat kamu, dijauhkan dari sgala hal-hal buruk dan smoga kamu jadi orang yang slalu mencintaiNYA. Aamiin aamiin aamiin. Slamat Ulang Tahun cayank 'Abyzaki Fathi Zahran'. We love u. Muaaaaahhhh...;-*

Senin, 19 November 2012

Tentang Kue

Inilah percakapan antara bocah yang bentar lagi mau 3 tahun...;-)

B : Kak, nanti ulang tahun mau kue apa ? Strawberry apa coklat ?
Z : Kue gratis ajah Bunda
B : *ngakak*

selang beberapa hari ditanya pertanyaan yang sama...

B : Kak, kakak mau kue apa nanti kalo ulang tahun ?
Z : Kue tradisional ajah ah. Kaya kue klepon
B : *senyum2*, anak gw indonesia banget deh. Padahal kue klepon cuma seneng bentuknya doang. Dimakan mah enggak. Trus tau cerita tentang kue klepon dari majalah Bobo, jadinya hapal banget sama kue klepon + kue putu...;-)

Yah sekian cerita ga penting kali ini. Cuma sekedar mendokumentasikan smua celoteh Zaki yang bikin kangen dan bikin emaknya pengen peluk kenceng ga lepas2 sampe anaknya teriak2 sambil ketawa. Hahaha...^_^

Liburan di Taman Mini

Ini adalah kunjungan ketiga kami dan rasanya teteup belum puas menghabiskan waktu seharian disini, secara ya Taman Mini ini kan luas banget. Siap2 fisik ajah dan harus rela berhadapan sama matahari nan panas itu. He5...HTM Rp. 10.000 / orang ( diatas 3 tahun bayar penuh ) + mobil Rp. 6000.
 
Target kunjungan kami sangat banyak dan untuk pertama kali kami masuk ke Museum Listrik dan Penerangan. Tapi karena sepi, Zaki ga gitu tertarik masuk kesini. Akhirnya kita melanjutkan perjalanan lagi menuju target yang kedua.

Dan target kedua adalah kereta Monorail, dengan HTM 15.000 / org ( diatas 2 tahun bayar penuh ). Sayangnya setelah penantian lama, kereta datang dan kita masuk. Udah duduk manis, malah disuruh turun lagi karena mesinnya lagi ada trouble. Jadi gagal naik monorail dan tiket dibalikin lagi. Gpp, kapan2 lagi yah kita kesini cayank.

Trus Stasiun Monorail ini persis bersebelahan dengan Museum Transportasi dan kayanya museum ini yang paling ramai dikunjungi anak2 karena lagi masa2nya bocah suka sama alat2 transportasi. HTM Rp. 2000 / orang ( diatas 2 tahun bayar penuh ) + HTM Rp. 3000 / orang kalo mau masuk naik pesawat

 
Tentu ajah Zaki seneng banget bisa dapet kesempatan naik pesawat ini, trus juga ke area yang biasa Pilot melaksanakan tugasnya dan main kemudi pesawatnya. Ruangan nya ber-AC, diharuskan lepas sepatu sandal dan bagian belakang area pesawat adalah untuk penumpang kelas ekonomi alias bisa duduk lesehan karena ga ada kursinya. Ha5 lumayan numpang ngadem dan bocahnya sempet ga mau turun dari situ. Ha5 betah yah kak...


Dari pesawat, banyak juga yang bisa diliat. Ada bis tingkat, taksi, container, kereta dan pesawat jaman dahulu kala. Smuanya ada disini dan lagi2 bikin Zaki betah sampe rela jalan kaki lepas sepatu ( cuma pake kaos kaki ajah ) gara2 dia bilang kakinya sakit dan ditawarin pake sandal ga mau. Yowes yang penting seneng yah Kak...;-*

Dari sana kita ke Kereta Gantung. HTM Rp. 25.000 / orang ( diatas 85 cm bayar penuh ) dan antri bangeeeettt. Nunggu sampe kurang lebih 1 jam an, mgkn karena long wiken dan pas hari Sabtu kali yah jadinya penuh banget. Zaki & Zulfa sampe tidur nunggu antriannya. Tapi terobati capeknya setelah naik ke Kereta Gantungnya. Zaki seneng banget liat banyak pemandangan dari atas.

Trus setelah itu kita ke Istana Anak-Anak. HTM Rp. 5000 / orang. Dan di sekeliling Istana ini ada banyak banget area bermain. Ada yang diharuskan beli tiket lagi, tapi ada juga yang gratisan kaya ayunan, panjat2an tangga, aneka permainan mirip di taman bermain. Dan kita juga bisa naik ke bagian atas Istana ini untuk lihat pemandangan dari atas. Seruuuu banget...;-)


Seneng banget bisa liat senyumnya Zaki seharian, kalo Zulfa ? Seneng juga dong. Dia anteng ketawa2, paling2 rewel karena haus atau ngantuk pengen bobo. He5 alhamdulillah. Besok kita jalan2 lagi yah kak. Luv u...;-*

Rabu, 14 November 2012

Perkembangan Zulfa di bulan ke 5



Demi menjaga perasaan Zulfa saat besar nanti dan demi menghindari di cap sebagai Bunda yang pilih kasih, jadi Bunda pun akan terus nulis perkembangan kamu yah cayank. Ha5...*siap2 artikel kejar tayang deh inih*

Banyak cerita baru saat kamu 5 bulan ini :
  • BB kamu saat ini belum ketauan lagi cayank, karena imunisasi kamu baru minggu depan. Tapi bunda berharap smoga BB kamu bisa terus naik dan sehat terus. Aamiin.
  • Kalo Bunda mulai nyodorin gentong, kamu udah bisa memiringkan badan kamu sendiri.
  • Ga mau suasana sepi dan maunya ditemenin sambil diajak ngobrol. Udah gitu langsung cengar-cengir sendiri seolah2 ngerti diajak ngobrol apaan.
  • Suka gigitin bibir bawah kaya orang lagi ngemut permen. Terutama kalo habis minum ASI Bunda. Masih brasa ASI di mulut kali yah.
  • Gerak refleks tangan dan kaki kamu makin aktif.
  • Kalo disodorin tangan atau mainan, gerak refleks menggenggam nya langsung muncul.
  • Ga bisa diem kalo lagi mimik ASI Bunda. Itu kakinya mulai naik ke guling lah, nendang2 Bunda lah, ga mau di peluk lah alias kalo denger suara langsung dilepas seketika nen Bundanya. *pengen tau an*. Hi5.
  • Mulai refleks menggerakkan kaki kalo lagi nyemplung ke bak mandi. Yang ada kita yang pegangin harus ekstra kuat, licin soalnya.
  • Masih hobi masukin tangan ke mulutnya. Kadang yah itu pas mandi, sabun di tangannya ikutan di telen juga. Kadang sampe kelolodan tangan sendiri.
  • Posisi kepala saat kita tengkurepin udah mulai naik dan lebih tinggi. Walopun kadang dia suka BT sendiri kelamaan di tengkurepin, ngusel2 muka di kasur dan berakhir dengan tangisan protes. He5...

 Lagi akrab...;-)
  • Belum terlalu sering tengkurep sendiri, tapi lebih sering memiringkan badan ke kiri atau kanan saat mau mimik.
  • Lebih suka posisi gendong menghadap depan. Liat pemandangan kali yah. He5.
  • Bobonya mulai ga menetap posisinya. Ditinggal sebentar ajah itu posisi bisa jadi miring2 atau tempat kepala jadi kaki dan sebaliknya.
  • Mencari arah suara yang memanggilnya 'Zulfa'. Dan kalo dikasih mainan yang digerakkan ke kiri dan ke kanan, kepala dan matanya mulai mengikuti arah suara.
  • Ocehannya mulai sering 'A...a...a...'. Kalo lagi ngeliat duo Z akrab, kadang endingnya bisa obrolan akrab atau protes keras dari Zulfa yang badannya udah di unyeng2 sama si kakak. Ha5...
  • Bobo nya makin lama di waktu malam. Dan kadang masih bangun buat mimik antara 2 - 3 kali ajah.
  • Pup nya masih jarang dan clodi si kakak sangat sangat berguna banget buat si Adik.
  • Kalo di depannya ada buku warna-warni, langsung disambut dengan gerakan badannya yang antusias dan mata yang berbinar. Acara dongeng sebelum tidur jadi bisa buat berdua yah.
 
Itu perkembangan kamu di bulan ini cayank. Bulan depan kamu mulai MPASI. Smoga makannya lahap nanti dan sehat terus yah cayank. Kiss kiss. Luv u...;-*

Senin, 12 November 2012

Manajemen ASIP anak ke 2

Punya anak ke 2 itu ? Awalnya deg2an, takut, campur aduk, dll. Tapi ternyata setelah dijalani dengan (berusaha) rileks, kita pasti bisa kok. Karena ilmu di anak pertama bisa dipake di anak ke 2. Terutama ilmu tentang per-ASI-an ini.

Dan alhamdulillah Zaki bisa ASI sampe 2 tahun 1 bulan. Tekad itulah yang terus mengiang-ngiang di telinga, bahwa Zulfa pun harus BISA sampe minimal 2 tahun. Tentunya dengan segudang permasalahan yang pasti muncul, entah apa nti. Dan akhirnya, setelah pulang dari RS di hari ke 4 setelah melahirkan ( dengan sebelumnya kolostrum ajah ), aku mulai nyicil untuk nabung ASIP. Dan menghasilkan cuma 30 ml ajah sodara2 di pumpingan pertama itu...

Kalo waktu Zaki, aku mulai nabung ASIP di usia Zaki 1,5 bulan. Dengan sebelum2nya ada kasus demam tinggi + menggigil gara2 PD bengkak, sering2 kompres air hangat + air dingin dan belum lagi masalah puting lecet gara2 pelekatan ga sempurna, posisi menyusui yang salah, dll. *kasus anak pertama*

Aku belajar banyak dari Zaki dan ga mau masalah itu kejadian lagi waktu Zulfa. Jadinya pumping ASI itu jadi suatu kebutuhan ( bukan keharusan ), soale walopun yang keluar baru sedikit, udah lumayan banget bikin badanku jadi enakan karena bikin PD ga nyut2an menuju bengkak...;-)

Waktu pumpingnya sendiri bisa saat Zulfa tidur ( karena di awal2 dia masih sering tidur ), saat nemenin Zaki main ataupun saat keduanya tidur. Satu atau 2 kali pumping per hari itu juga udah rekor banget buat aku karena godaannya gede banget buat ikutan tidur juga saat duo Z tidur. Ha5. Belum lagi ngapa2in pas mereka tidur juga udah siap menunggu ( makan, mandi, beberes, dll ).

Dan alhamdulilllah waktu cuti 3 bulan itu menghasilkan 200 an botol ASIP, isi antara 60 - 100 ml. *sujud syukur*. Dengan penempatan di 3 tempat : Frezer kulkas biasa, frezer rumah mertua dan frezer sewaan ( bentuknya tiduran kaya frezer untuk jualan es krim ) yang nyewa di penyewaan frezer asi dengan biaya 100 ribu per bulan dengan tambahan ongkir antar jemput nti. Kapasitas bisa 100 an botol.

Udah dong menuju masa cuti berakhir bisa leyeh2 liat stock ASIP aman banget. Tiba2 dua minggu sebelum masuk kerja, pas liburan lebaran lagi nginep di rumah mertua, dapet kabar kalo ASIP di frezer sewaan udah cair smuanyaaaa....*pingsan*, gara2 colokan listriknya ga sengaja kecabut. Udah 2 harian cair dan tanya2 sama @aimi_asi, @mamaperah, @id_AyahASI ( dengan harapan ada jawaban yang ga bikin nyesek ati ), tapi ternyata smua jawaban mereka adalah di BUANG karena kalo ASI udah cair itu cepet basi dan rentan sama bakteri ( kaya UHT juga yah ). Hiks...


ASIP yang udah rusak dan ga bisa dipake lagi

Akhirnya merelakan itu smua dan kembali mulai nabung ASIP lagi di saat2 terakhir menuju cuti berakhir. Alhamdulillah walopun ga tergantikan semuanya, stok ASIP sampe Zulfa 5 bulan ini masih aman dan ga kejar tayang.

Jadi intinya :
  • Mulai nabung ASIP sesegera mungkin setelah melahirkan, biar nti ga kejar tayang pas udah masuk kerja.
  • Jangan pernah taro stok ASIP dalam 1 frezer ajah, tapi taro di beberapa frezer terpisah. Entah di rumah mertua, nitip tetangga, nitip temen, dll. Karena kita ga tau apa yang akan terjadi sama ASIP2 kita itu.
  • Ga usah di target harus stock berapa botol ( biar ga stres ), tapi sebisa mungkin dalam 1 hari ada waktu min. 1 kali mompa.
  • Kalo lagi stres atau BT, cari pelarian yang bikin hari kita seneng ( kalo kasus gw, lari nya ke makan makanan yang gw suka ) dengan tujuan produksi ASI stabil dan ga berkurang.
  • Yakin ASI kita CUKUP, ga kurang dan smoga lebih.
  • Kalo si kakak minta temenin maen terus seharian, bisa mompanya sambil temenin dia maen. Cukup bikin ASI melimpah juga.
  • Jaga posisi pelekatan saat menyusui dengan benar agar puting aman dari lecet, luka, dll.
  • Alhamdulillah puting aman sampe sekarang, kuncinya sebelum dan sesudah nyusui olesin puting dengan ASI sedikit ajah.
Ehhmmm apa lagi yah ? Kayanya itu ajah kunci manajemen ASIP di anak ke 2. Jadi smoga acara menyusui anak ke 2 kalian juga lancar yah. Aamiin. *peluk*

Belajar dari sebuah kisah

Zaki lagi suka bercerita. Saat aku pulang kerumah, aku menghindari pertanyaan umum kaya 'Kakak udah makan belum, udah mandi belum, makan banyak ga, dll'. Kayanya ngebayangin aku ditanyain gitu terus tiap hari kok yah jadi stres sendiri yah, akhirnya sekarang pertanyaan itu aku ganti jadi 'Kakak seneng ga hari ini, jalan2 ga, kemana ajah, liat apa ajah, dll'. Dan langsung Zaki cerita hari itu dia ngapain ajah, liat apa ajah, ada kejadian apa ( yang aku ga tau cerita itu dari si mba, malah akhirnya jadi tau cerita itu dari Zaki langsung ), kejadian yang bikin dia seneng atau sedih, smuanya di critain. Dan berakhir dengan pelukan, trus dia bilang 'Kangen Bunda'. *mewek campur bahagia*. Begitu pun yang aku lakukan sebelum tidur, saling tukar cerita apa yang aku liat dan alami sepulang dari kantor ke rumah.

Seperti cerita beberapa minggu lalu, yang aku ngeliat seorang ibu 2 anak, yang 1 di gendong pake kain, yang 1 lagi ikut makan nasi bungkus sama ibunya. Ibu itu bawa gerobak untuk taro barang2 bekas atau kardus. Entahlah. Pokoknya dia bawa itu semua sendirian. Mereka bertiga terlihat akrab, tanpa beban dan sangat2 menikmati nasi bungkus itu yang mungkin hanya sedikit di pinggir jalan. Hingga habis tak bersisa 1 butir nasi pun. Begitu berharganya nilai sebuah makanan untuk mereka. 'Jadi kita harus bersyukur kak, kalo ada makanan harus dimakan. Sayang nanti mubazir'. Begitulah kata2 tambahan yang aku lontarkan ke Zaki.

B : Kalo kakak makan banyak, nti sehat. Bisa jalan2 ke taman, naik sepeda, liat truk.
Z : Kalo sakit ?
B : Kalo sakit nanti cuma bisa tiduran di tempat tidur, ga bisa kemana2, ga bisa sepedaan, ga bisa liat truk.

dan dilanjutkan dengan pertanyaan

B : Kakak udah laper belum ?
Z : Belum, nanti ajah. Main truk dulu.
B : Yaud bilang yah kalo laper. *diemin sebentar*
Z : Mau makan, laper. *emak girang*

Trus kalo dia lahap makan, kita puji2 deh makannya pinter dan yang bikin takjub kadang porsinya ga kita bayangin sebelumnya. Mana habis itu kadang minta camilan laen. Alhamdulillah...;-)

B : Kalo kakak udah makan nasi, boleh makan puding, boleh makan roti, boleh makan biskuit, boleh susu gajah nanti. Biar kakak sehat yah.
Z : Boleh puding ?
B : Boleh. *tertawa bahagia anak gw sekarang doyan makan*

Apa ini gara2 cerita tentang si Pemulung itu, apa karena emang umur2 segini makannya udah bisa negosiasi, apa emang fase2 GTM udah lewat ? Entahlah. Dan berharap, smoga makannya lahap terus kaya gini ( dengan catatan harus ada kriuk2nya ). Aamiin. Hehehe...*nyengir bahagia*