Minggu, 21 Oktober 2012

Perkembangan Zulfa di bulan ke 4



Kalo aku nulisnya cuma Zaki ajah, nti pas udah gede bisa2 di protes Zulfa. Kok Bunda jarang nulis tentang aku. Hahaha...jadi saatnya ngobrolin anak Bunda yang satu ini deh sekarang.
  • BB nya sekarang di usia 4 bulan = 5,4 kg. Sempet bandingin sama anaknya temen yang udah 7 kg, tapi kan start awal BB lahirnya beda2 ( BB lahir Zulfa = 2,7 kg ). Jadi teteup kita ga bisa bandingin BB antar mereka. Yang penting kata dokter BB 4 bulan itu = 2 x BB lahir. Jadi Zulfa masih aman...;-)
  • Minum ASI di awal2 Bunda kerja pas Zulfa 3 bulan antara 100 - 200 ml. Sekarang udah mulai melonjak jadi 250 - 400 ml. Dengan pengawasan min. tiap 2 jam harus minum ASIP. Tapi teteup suka2 Zulfa ajah minumnya, kadang ga sampe 2 jam minta ASIP lagi ( minum sedikit2 ). Stock ASIP juga masih tahap aman...
  • Pup nya udah jarang, waktu itu pernah sampe semingguan ga pup. Untungnya ga rewel jadi ga masalah. Dan sekarang udah bisa pake clodi nya kakak Zaki.


  • Dari umur sebulanan kurang, udah ga nyaman dibedong. Jadi paling nyaman pake baju jumper panjang ( punya kakak Zaki juga ) kalo malem2.
  • Bobo malemnya mulai lebih panjang. Jadi kadang bangun sekali ato 2 kali ajah buat mik ASI. Walopun kadang ngajakin ngobrol juga malem2. *ganjel mata*
  • Mulai ngoceh2, senyum2, ketawa ngikik kalo di depannya ada orang yang ngajakin Zulfa ngobrol.

  • Refleks genggam kalo ada sesuatu yang sentuh tangannya. Stimulasi kasi mainan utk dia pegang + bunyi juga. Dan ujung2nya itu mainan jadi dia emut2 arahin ke mulut + jadi ngences banyak. Hahaha...
  • Kaki + tangan bergerak2 aktif banget kalo di depannya dia ada buku cerita warna-warni lagi dibacain ato ada suara musik.
  • Tidur mulai rusuh alias posisi ga bisa lurus lagi krn mulai ndusel2 miring. Jadi malem2 masih posisi vertikal, paginya kadang udah posisi horizontal...;-)
  • Bagian yang nyenengin adalah bayi ini kalo lagi diajak ngobrol senyum2 sendiri kaya ngerti lagi ngobrolin apaan. Jadi setelah itu siap2 ajah pipi Zulfa jadi sasaran cium gemes sampe basah. Hihihi...
  • Kalo lagi mandi, kakinya gerak2 aktif. Nti kita berenang kapan2 yah cayank.
  • Belum tengkurep sendiri, tapi kalo ditengkurepin, kepalanya udah kuat walopun kadang posisi dongak sendiri kadang posisi nyentuh kasur. Gpp yah cayank, Bunda tau kamu slalu berusaha. Suatu saat kamu pasti bisa tengkurep sendiri. Aamiin...
  • Lagi suka masukin tangannya ke mulut. Bisa sampe kelolodan sendiri kalo lagi asyik ngemut tangan. Kadang kalo kita tarik tangannya, Zulfa nangis.

Itu ajah perkembangan Zulfa saat ini. Smoga Bunda bisa tulis perkembangan kalian. Biar pas kalian gede, kalian bisa baca cerita2 ini lagi. Sehat terus yah. Luv u. Kiss kiss...;-*

Rabu, 17 Oktober 2012

Perkembangan Zaki di 35 bulan



Maapkeun Bunda yah nak, udah mulai jarang nulis tentang perkembangan kamu *bilang ajah males*...;-).

si Kakak saat ini :
  • BB masih segitu-gitu ajah antara 13 - 14 kg ajah turun naek turun naek mulu. Kalo tinggi belum ukur lagi tapi kayanya makin panjang.
  • Lagi suka sama aneka truk, pemadam kebakaran, mobil double kabin, truk bak, truk sampah, truk tronton, dll. Tiap hari ceritanya tentang truk, di pretelin lah truknya mpe ga berbentuk lagi, di lem lagi, di pretelin lagi. Ha5. Sama lego juga diutak-atik dan dia bilang truk juga bawa batu bata, pasir, dll. 



Sampe akhirnya Bunda yang disuruh gambar truk *amatir ga jago gambar* trus zaki lanjutin gambar rodanya dan dia bilang apa sodara-sodara ....

Z : Ini bukan truk Bunda
B : Ini truk kok sayang *emak kekeuh* 
Z : Bukan, ini gerobak.
B : *ngakak* iyah mirip gerobak yah. *tutup muka pake helm biar ga malu*

  •  Tahap perkembangan Zaki belajar sepeda adalah :
  1. Awal2 pake mobil2an yang bisa dikayuh sendiri pake kaki.
  2. Trs sepeda nya di kayuh ke belakang pake kaki, sepeda ga bergerak, kita yang dorong sepedanya ke depan. 
  3. Sekarang lagi di tahap kayuh ke depan terus ( belum kayuh muter ), sepeda udah jalan ke depan dan udah bisa pegang rem nya juga.  
  4. Smoga nanti bisa kayuh muter kaya orang naek sepeda biasa yah cay. Aamiin...

 Teteup sepedaan maunya deket truk

  • Lagi suka dongeng sebelum tidur, baca buku tentang Winie The Pooh, tentang Nabi-nabi ( Seri Al-Qur'an Pertamaku ), tentang kendaraan, dll. Smua halamannya warna-warni. Bikin betah bacanya. Pernah sampe 8 buku minta dibacain sebelum tidur, emaknya udah bacain sambil teler nen in Zulfa. Zzzzz...
  • Mau ikut sholat jamaah bareng kita berdua, gerakan belum sempurna suka-suka dia aja ( sujud kadang sujud beneran, kadang kalo dia lagi capek malah posisi tengkurep. Ha5. ). Dan mau berdiri sampe kita slese pake sajadah kecil trus ikut berdoa.
  • Makan buah dan sayur jangan ditanya, krn skrg bocahnya udah bisa nolak, ga bisa dipaksa, tutup mulut, dll. *bingung* . Favorit masih sayur sop, puding sama pisang.
  • Tahapan penting : Nyapih ASI done sejak 2 thn 1 bln, Botol DOT done sejak 1 thn, yg terakhir Toilet Training masih proses.
  • Bisa dilepas naik turun tangga sendiri, kdg ato tanpa ditemenin.
  • Proses penting, Ajarin : Bersepakat tanpa ancaman, Tanggungjawab, Berjuang utk dapetin apa yang dia mau, Milih dengan pilihannya sendiri, Tau kegagalan biar makin smangat raih yang lebih baik, Motivasi untuk melebihi dirinya sendiri ( ga bandingin dia sama yang laen ). *banyak banget deh PR nya*
  • Nangis juga masih mewarnai hari2, tinggal diliat itu tangisan emosi sedih ato strategi utk dapetin apa yang dia mau.

B : *buka pintu kamar mau pipis*
Z : Bundaaaaaaaaaa, sini temenin. 
B : Lari pipis buru2, ninggalin 2 bocah dikamar yg sama2 nangis.


B : *lagi nen in Zulfa*
Z : *mainan nya di lempar ke kolong tempat tidur*, Bunda mainan nya manaaaaaa, tolong ambilin. *nangis kejer*
B : Kan Zaki yang lempar ke kolong, coba Zaki ambil sendiri yah. Bunda lagi nen in Adik. *cuek denger tangisan, ambil stok sabar segerobak*


B : Zaki hati-hati ya main mobilnya
Z : Bem bem pim pim *klakson truk* trus 'plung' itu truk nya jatuh ke kolam ikan. Bunda tolong ambil truknya *nangis kejer*
B : *ngubek2 kolam ikan nyariin truk yang entah dimana*


B : Zaki makan yuk
Z : Ga mau. Ga mau nasi, ga mau ayam, ga mau sayur, makan piring ajah kalo mau.
B : Sodorin piring ke zaki
Z : Digigitlah itu piring trs nyengir. Mau donat ajah.
B : Ga boleh donat, kalo zaki belum makan nasi. *belajar bersepakat*
Z : Mau donat, ga mau nasi
B : Ga boleh donat, kalo zaki belum makan nasi.
Z : Mau donat, ga mau nasi *nangis kejer*
B : Ga boleh donat, kalo zaki belum makan nasi. *ambil nasi lauk + donat, konsisten, ga terpancing + cuek lahir batin denger tangisan strategi, siapin stok sabar*
Z : *mangap sambil nangis, akhirnya diem, mau makan nasi, habis*
B : Tuh kan kakak makannya pinter deh, kalo nasi udah habis boleh makan donatnya. *sodorin donat, tarik napas*


Z : *Utak atik truk, banting2 truk sampe rusak*. Truk nya jelek Bundaaaaaaa *nangis kejer*
B : Kakak kalo truknya mau bagus jangan dibanting-banting.
Z : Beneriiinnnnnnn *nangis kejer*
B : *ambil selotip*


Z : *Ajrut2an di tempat tidur*
B : *amanin Zulfa dari Zaki takut kegencet* Kak, yang tenang sini kak, nti kasurnya rusak.
Z : *kejedot tembok, nangis kejer*
B : *peluk zaki* Besok pelan-pelan yah kak, sakit ga ?
Z : *nangis kejer*


Z : Bunda dimana ?
B : Dikamar mandi kak.
Z : Mau ikut mandi kakak Zaki
B : Kakak nanti yah mandinya, Bunda dulu.
Z : Mau mandi sekarang sama Bunda *nangis kejer*
B : *mandi bebek*


Dan banyak drama-drama lain tiap harinya. *nyengir*. Sehat terus yah cayank. Kiss kiss...;-*