Minggu, 24 Juni 2012

Slamat Datang ke Dunia, putriku...

Sabtu, 9 Juni 2012...
Hari itu jadwal kontrolku di minggu ke 37 lebih 1 hari. Seperti biasa, Ayah daftar ke dokter dan dapat no. 1. Saat di timbang, berat badanku ga bertambah, karena ketakutanku akan BB baby Z begitu besar, jadi aku pun mikir2 lagi kalo mau makan banyak2. Walopun rasa laper yang sangat, akan sangat bikin aku lupa BB baby Z nti berapa. *ga ngaruh lagi diet2an, smua teteup dimakan*. Ha5...

Aku pun di panggil ( masuk sendirian krn Ayah sama Zaki diluar ), dengan sebelumnya menceritakan keluhanku pada saat bangun tidur tadi malam, yaitu adanya ngilu2 di sekitar V saat bangun berdiri dan berjalan. Trus adanya mules yang ilang timbul tenggelam, timbul lagi dengan frekuensi yang tidak teratur. Dan baby Z pun di USG. Alhamdulillah BB nya ga beda jauh dari minggu lalu, sekitar 3,1 kg dan tidak ada lilitan, ketuban cukup dan posisi kepala uda di bawah. Trus tiba-tiba, Dr. Oni bilang, yuuukkk kita cek dalem *deg2an lagi* dan ternyataaaaaaaaaaaa...

Udah Pembukaan 2 ajah sodara-sodaraaaaa.... 

Kagetttt banget. Apalagi beliau bilang, waaahh bentar lagi nih. Paling2 tar sore atau tar malem lahirannya. Nah lohhh.. Trus langsung suruh CTG untuk cek gerakan janin seberapa banyak dan alhamdulillah belum terlalu aktif jadi kalo mau pulang siang itu gpp. Padahal udah siap-siap bawa koper isi baju tuh. Ha5. Pulang dari RS kira-kira jam 11 siang...


Sampe rumah, mules ilang timbul pun masih aku alami tapi berusaha dibawa aktifitas, sorenya sempet jalan-jalan ke taman deket rumah sama Ayah dan Zaki. Dan malemnya pun setelah magrib sempet temenin Zaki maen tak umpet kejar-kejaran di kamar. Ha5. Kondisi aku pun akhirnya jadi tambah mules, tapi kok makin teratur per 5 - 10 menit sekali ilang timbul lagi, mulai jam 7 malem. 


Dari awal selalu berdoa 'Ya Allah, tolong kasih tanda sebelum mau lahiran, apapun itu.' Tentunya dengan tambahan doa di minggu sebelumnya, yang kalo bisa lahiran pas wiken, pas jalanan sepi, pas ada orang dirumah, pas sampe RS pembukaan uda hampir lengkap, dll. Dan menuju jam 8 malem itu, sama sekali ga ada tanda flek ato pecah ketuban. Tapi tiba-tiba, di handuk aku ada sesuatu berwarna coklat kemerahan, dikittttt banget dan sempet bikin aku mikir 'Apa ini tanda dari Allah yah ?'...


Ga brani bilang tentang tanda itu ke si Ayah karena ga mau bikin dia panik. Dan tiba-tiba Ayah pun bilang pas aku masuk ke kamar 'Mending kita ke RS sekarang ajah yuk Bun, utk cek bukaan kamu udah berapa. Lebih tenang juga nunggu di RS kalo nti kamu kenapa2'. Yowes aku nurut aja dan kondisi Zaki saat itu uda bobo nyenyak ( nitip Zaki sama orang rumah ) dan kita otw ke RS jam 9 nan lewat. 


Jam 21.25 WIB sampe UGD RS ISLAM, langsung dibawa pake kursi roda menuju ke suatu kamar  untuk cek bukaan. Dan bener ajah, ditanya sama susternya, HPL kapan ? Aku bilang ajah akhir Juni tapi tadi siang udah bukaan 2. Eh di bales 'Siap pulang yah Bu, biasanya kalo masih bukaan 2 mah masih lama lahirannya'. Iyah siap pulang kok walopun koper isi baju udah siap dibawa sama si Ayah. Ha5...*perasaan tenang karena siap pulang, bukaan masih panjang*


Di cek lah itu bukaan, dan lagi-lagi susternya bilang :


Alhamdulillaah bu, pembukaan nya udah hampir lengkap. Kita bisa lahiran sekarang yah. *dan aku pun bengong antara percaya ga percaya*


Setelah pindah kamar ke kamar bersalin, aku pun nunggu Ayah yang lagi nyelesein proses pendaftaran di administrasi. *ya ampun, beneran mau lahiran sekarang ya*. Dan setelah Ayah dateng, bismillah proses lahiran aku di bantu oleh bidan ( karena ga mungkin lagi nunggu dokter yang biasa aku kontrol mengingat bukaan aku uda lengkap dan mules yang teramat sangat ). Akhirnya mikir, lahiran sama siapa ajah deh, yang penting saat itu aku bisa segera ketemu sama bayiku...


Aku pun melalui proses perjuangan antara hidup dan mati *maklebay* ( dengan sebelumnya proses pemecahan ketuban di kamar itu oleh bidan ) karena rasanya sungguh baru aku alami, dimana proses mengejan kencang untuk membantu bayiku keluar sangat-sangat bukan hal yang mudah. Smua proses latihan melahirkan saat senam hamil pun LUPAAAAA. Ha5. Paling si Ayah ajah yang slalu ingetin aku untuk jangan merem biar pembuluh darah di mataku gpp saat mengejan kencang itu...


Tetapi kelelahan itu berujung indah, bayiku berhasil keluar dari rahimku jam 21.50 WIB dengan panjang 49 cm dan berat badan 2,73 kg dan kita beri nama :


Vazkia Anindya Zulfa ( panggilannya Zulfa ) yang artinya Anak Bayu dan Rizka yang cantik sempurna ( lahir batin ) dan selalu dekat ( dekat dengan Allah SWT, dengan orangtua, dengan keluarga, dll ). Aamiin aamiin aamiin...






Dilanjutkan dengan proses pembersihan, adzan dan IMD. Dan proses IMD itu memakan waktu  kurang lebih 1 jam an karena Zulfa lebih sering tidur di dekapan aku, belum sadar dan mungkin masih capek kali ya dia setelah melalui proses yang panjang tadi. Hi5...


ASI pun baru keluar di hari ke 3, sebelumnya masih kolostrum dan anak kedua ini mau berusaha konsisten utk pumping ASI nya karena mengingat kalo ga di pompa rasanya nyut-nyut an dan menghindari demam + menggigil karena banyaknya ASI di PD yang tersimpan. Alhamdulillah di hari ke 15 setelah Zulfa lahir, udah terkumpul 67 botol ASIP untuk tabungan saat aku kerja nanti. Isi antara 30 - 90 ml. Smoga bisa tercukupi kebutuhan ASI Zulfa nanti. Aamiin...


Untuk golongan darahnya, aku O dan Zulfa A. Dimana kalo ibunya O, anaknya A, B atau AB, kemungkinan bilirubin tinggi itu sangat mungkin terjadi. Jadilah di hari ke 3 bilirubin Zulfa 8 ( boleh pulang ), hari ke 5 nilainya 13,9, hari ke 10 nilainya 14,4 dan hari ke 11 nilainya 15,58. Makin hari makin naik yah, hiks. Tapi secara fisik Zulfa masih aktif nyusu dan matanya uda ga kuning, kulitnya juga ga pucet. Jadi dokter anak optimis, Zulfa ga perlu di sinar. Dan rajin jemur matahari pagi aja antara jam 7 - 9 pagi dengan waktu antara 15 - 30 menit. Soalnya kalo di blue light, proses turunnya bilirubin itu emang cepet dan kalo sinar matahari itu emang memakan waktu yang agak lama. Jadi bismillah ajah, kalo bilirubin Zulfa nanti turun perlahan-lahan. Aamiin. Besok di hari ke 16 mau cek bilirubin lagi. Berapa yah nilainya ????. Doakan smoga turun yah. Aamiin...



Foto kakak Zaki bersama adik Zulfa. Luv u...;-*

Minggu, 03 Juni 2012

Kunjunganku di 36 minggu 1 hari

Kunjungan bulan ini bisa 1 atau 2 minggu sekali, tapi entah kenapa di bulan ini aku ga bisa nunggu sampe minggu depan untuk cek baby Z karena kan smua bisa terjadi dalam 1 minggu. Aku pengen tau cepet2 ada perubahan apa dia slama 1 minggu ini.

Akhirnya kita ke Dr. Oni. Dan seperti biasa diukur BB aku udah 74 kg ( naik 1 kg dari 1 minggu kemarin, total jadi 16 kg ) dengan tensi 110 / 70. Dan pas masuk langsung bilang ke beliau kalo sampe minggu ini aku belum terlalu sering kontraksi palsu. Kata dia gpp. Trs diliat deh si Adik :


Yang mengejutkan adalaaaaaahhhhhhhhh...*gaya setengah kaget* . Ha5...

BB nya udah mencapai 3150 gram di minggu ke 36 lebih 1 hari ini ( naik 650 gram dalam 1 minggu ini ), ketuban cukup, ga ada lilitan, denyut jantung ada tapi posisi kepala belum masuk ke panggul. *efek makan es krim 3 cup kecil cukup pengaruh banget deh ternyata, jangan ditiru ya*.

Pas dipegang pun, perutku udah mengeras dan kata dokternya, siap lahir kapan ajah. *mulai deg2an*. Dan langsung ajah gitu di periksa dalem *ngilu* untuk tau kepala sejauh mana. Bener ajah, kepalanya masih jauh dari jalan lahir. Jadi aku disuruh banyak2 jalan kaki biar dia cepet turun. Aamiin...

Sekarang yang terjadi adalah dilema, mau makan banyak takut dia BB nya naik drastis *jauh2 dari es krim lagi*, tapi kalo makan dikit, laper. Ha5. *abaikan*. Jadi pasrah ajah deh sambil nunggu si mules dateng yah.

Aku pun dikasi surat rawat untuk sewaktu-waktu aku tiba2 keluar flek. Tas pun udah siap dibawa tiba2. Sekarang hanya berharap waktu yang terbaik saat si Adik mau keluar nanti.

Ya Allah, smoga KAU beri waktu yang terbaik. Saat wiken, saat ada orang dirumah, saat jalanan sepi biar perjalanan menuju RS lancar, saat sampe RS pembukaan udah hampir lengkap dan saat posisi kepala Adik uda berada di tempat terbaiknya. Seperti saat KAU permudah proses kelahiran Zaki dulu. Aamiin aamiin ya Robbal 'alamin.

Mohon doanya yah teman-teman smua. Kiss kiss...;-*