Senin, 26 Maret 2012

Welcoming Trimester ke 3


Beneran deh di kehamilan kali ini waktu kok jadi cepet banget yah. Tiba-tiba uda mau masuk trimester ke 3 ajah minggu ini dan alhamdulillah apapun keluhan kehamilan di jalani dengan happy, jadi kehamilan kedua ini ceritanya ga beda jauh waktu kaya Zaki dulu. Ga ada mual muntah dan rasanya persis kaya waktu sebelum hamil dulu. Jadi alhamdulillah smua bisa masuk perut dengan aman.

Tapi cerita kram kaki di waktu malam, mati gaya waktu tidur karena posisi telentang udah mulai ngap-ngap an, lemes tiba2, begah kalo makan banyak, dll mah pasti ada ajah dalam beberapa hari dan semuanya itu hilang seketika hanya dengan ngeliat senyumnya, tingkahnya dan obrolannya Zaki. Ya, itu bocah bener2 jadi obat mujarabku saat kehamilan ini jadi mungkin keluhan2ku ga lama menetapnya yah. He5. *maklebay*

Jadi intinya, kehamilan kedua ini lebih seru. He5. Kenapa ? Karena disaat kita ada waktu leyeh2 ato mau istirahat sebentar ajah, si bocah tiba2 bilang 'Bunda main', 'Bunda jalan2', 'Bunda bangun ( ga boleh tiduran )', dll. Dan aku dengan senang hati akan ikut menuruti keinginannya karena dengan hitungan bulan ke depan, waktuku bersama Zaki pasti akan sedikit banyak berkurang dengan hadirnya si Adik. *kok jadi sedih*. Kalo kata emak2 yang udah punya anak ke 2, namanya Toodler Blues. Hi5. Tapi smoga perhatian dan kasih sayang kami slalu tercurahkan buat keduanya. Aamiin.

Dan baru sadar juga kalo ga punya foto waktu hamil kedua, jadi diriku foto deh bareng si Adik di usia 26 minggu 1 hari dengan kondisi BB uda 68 kg ( naik 10 kg ). Doakan diriku yah smoga kehamilan ini lancar, persalinan lancar, pembukaan cepet, posisi Adik bagus, ASI lancar dan aku + si Adik slalu sehat2. Aamiin aamiin aamiin...;-)


Trs yang 'katanya mitos' kalo hamil kebo itu anaknya COWO, insya Allah ga berlaku di aku. Jadi emang tiap kehamilan ada yang ceritanya beda, ada juga yang ceritanya mirip2 kaya waktu kehamilan pertamanya. Jadi apapun ceritamu nanti, hadapi aja dengan senyuman yah karena yakin aja kita pasti bisa lewati ini smua. Hi5. Aamiin...^_^

Rabu, 21 Maret 2012

Perkembangannya di usia 2 Tahun 3 Bulan hingga 4 Bulan



Kita gabung aja yah perkembangannya Zaki bulan lalu dan bulan kemaren. Hi5. *lupa*. Demi utk baca2 lagi di esok hari, aku pun coba inget2 apa aja siy yang terjadi slama 2 bulan terakhir ini :
  • BB setelah diare kmrn turun drastis 2 kg jadi ke 11 kg. Hiks. Sekarang alhamdulillah udah brasa lagi kalo di gendong. Naek lagi ke 13 kg.
  • Mulai sadar kamera kalo disuruh foto, entah kameranya yang direbut dia pegang sendiri trs dimaenin, atau kalo di suruh senyum malah ngeledek matanya di merem-meremin. Ha5. *jarang dapet foto senyumnya*
  • Naek tangga masih di pegangin satu tangan, tapi kakinya uda naek secara bergantian kanan terus kaki kiri tiap anak tangga. Kalo dulu kan satu kaki ajah. Kdg2 kalo dia suka ga sabaran, dia merangkak sendirian pake tangannya utk naek tangga.
  • Mulai bisa menjangkau meja. Jadi siap2 ajah isi meja kaya bross, bedak, sisir, gelas, barang2 yang laen, diambil, diacak2, dipake, dilempar, lacinya smua di bukain, tutup lagi, buka lagi dan menghasilkan kamar kaya kapal pecah sodara2. Ha5...
  • Ga bisa pake 2 gayung kalo lagi mandi. Soale itu bocah sibuk sendiri, pindahin aer dari satu gayung diisi ke gayung satunya lagi. Kalo udah penuh, baru aernya ditumpahin kena badannya + badan yang mandiin juga. Ha5...
  • Uda bisa minum sendiri pake gelas. Kemaren2 kan muka nya suka kesiram sendiri kalo lagi minum, sekarang dia uda bisa kontrol antara pegang gelas + atur air ke mulutnya.
  • Lagi suka pencet2. Entah itu power TV, power laptop, remote sampe pada rusak smua gara2 di pencet2 + di banting2 + di keluarin baterenya + baterenya di lempar2. Ha5. *lap keringet*, akhirnya aku coba kasi mainan kaya laptop mainan, dll yang bikin dia bebas pencet2.
  • Mewarnainya mulai penuh di gambar walopun masih keluar2 dari garisnya. Kalo ada beberapa bagian yang masih belum di warnai, dia langsung sadar dan lanjut warnai lagi. Biar hemat kertas, aku pilih buku mewarnai yang bisa di cuci aja jadi bisa cuci trs pake ulang. Gambar favorit masih gambar matahari.


  • Mulai belajar menggunting. Jari tangannya lagi belajar kontrol gerakin gunting walopun kertasnya belum sempurna berhasil dia gunting, yang ada dia ga sabaran dan akhirnya kertasnya malah di sobek2. Ha5. Gpp yah nti belajar lagi. Dan berakibat, baju, sprei, mainan, kartu, buku, gemes pengen dia gunting2 juga. *tepokjidat*
  • Lagi suka nyamain gambar. Kalo lagi baca buku tentang hewan2 ato maen kartu2, ada gambar matahari dan bulan yang sama2 bentuk lingkaran, itu halaman ga boleh di bolak-balik. Itu aja yang dibuka dan terus2an ngomong tentang matahari dan bulan. Kalo kartu, favoritnya sekarang masih gambar Burung Merak. Jadi siap2 kartu itu di pisahin dari yang lainnya. Dan, masih suka tertukar antara gambar nyamuk dan lalat. Mirip kali yah gambarnya.
  • Untuk kosakata bicaranya juga masih belum sempurna, ada beberapa abjad kaya :
  1. Abjad J masih dibaca D : Baju, Hijau, Anjing
  2. Abjad R masih dibaca Y : Dorong, Biru
  3. Abjad L masih dibaca N : Ambil, Kecil
  4. Abjad C masih dibaca T : Kaca, Baca
  5. Abjad S masih dibaca SY : Sayur = Syayur
  6. Abjad Z masih dibaca S,D : Zebra = Debra, tapi kalo 'Zaki' dia uda bisa sebut.
  • Suka maen sama tetangga sebelah yang seumuran. Biar ngomongnya tambah lancar yah + belajar adaptasi juga.
  • Tantrum masih suka berjalan. Kadang saat terbangun di malam hari, terbangun saat bobo siang dan saat keinginannya ga tercapai. Solusi, aku perbanyak aktifitas di siang hari biar energi negatifnya tersalurkan. Jadi pas malem, bobonya nyenyak sampe pagi.
  • Lagi suka sikat gigi sendiri. Aktifitas sebelum tidur malem, ajak si bocah ke kamar mandi, kasih sikat gigi + odolnya dan biarin dia sikat sendiri *tepatnya, ngemut2 ntu sikat gigi* sambil aku ikutan sikat gigi di depannya. Habis aku slesai sikat gigi, gantian aku yang sikatin giginya pake sikatnya lagi biar tambah bersih. Tapi teteup aja, warna 2 gigi seri atas kok beda yah dari yang laen ? Lebih gelap sedikit.
  • Uda lupa sama NEN, jadi sebelum bobo minta di usap2 sambil peluk aku dan tangan zaki pegang perutku. Katanya 'peluk adik' sambil nyuruh aku buka perut. Hi5. *bestmoment*
  • Kalo lagi maen puzle, setelah dia susun smuanya, itu puzle di terbalikin mpe berantakan smua dan abis itu dia kumpulin taro di ember kecil abis itu di tumpahin lagi. *tepokjidat*
  • Lagi suka maen bola sama tetangga. Walopun sebenernya bukan maen bola beneran, lebih ke acara rebutan bola jadinya. Dulu2an yang pegang bola terus dibawa kabur, yang lainnya lari kejar2 itu bola yg dipegang. Ha5. Karena zaki umur paling muda, jadinya itu bocah cuma pasrah melongo bolanya diambil sama si kakak2 tetangga yang lebih tua. Ha5. *yang kecil ngalah*
  • Suka ajrut2an di tempat tidur dengan posisi berdiri trs jatuhin badan dengan posisi duduk atau tiduran.
  • Udah bisa pilih baju, sepatu, sandal yang dia mau. Pernah suatu malam, dia ga mau pake piyama tidur yang biasa. Dia bilang 'Mau pake baju bagus', akhirnya kita pakein aja baju pergi yang lengan panjang dan si bocah girang. Apakah ini pertanda piyamanya udah pada jelek2 yah. *alesan biar beli lagi*. Ha5...
  • Saat zaki lagi maen laptop mainan yang banyak musiknya, ada beberapa lagu yang ceria, slow, tempo cepat, dll. Tiba2 pas dia pencet tombol lagu slow, dia bilang 'SEDIH' dan ternyata pas aku denger lagi, emang lagu itu kaya bikin hati gimana gitu.

Sekian cerita bocah 2 bulan terakhir ini. Smoga besok2 ada cerita seru lagi yah. Sehat trs yah cayank. Kiss kiss. Luv u...;-*

Rabu, 07 Maret 2012

Obrolan Bocah ( 2 )

Mari kita mulai lagi dengan cerita bocah yang kadang2 obrolannya diluar dugaan kita. Dan entah kenapa sekarang kok jadi lebih banyak kata 'TAKUT' sama 'KAGET' yah.

Z : Bunda, peluk Adik *suruh Bunda buka perut*
B : Nti kalo Adik uda lahir, kakak jagain adik yah.
Z : Ga mau, TAKUT adik terbang tinggi.
B : *ketawa dalam hati*, adik ga terbang tinggi, yang terbang itu burung, kupu-kupu, nyamuk.

B : Zaki, liat bulan sabit di luar yuk.
Z : Ga mau, TAKUT bulan nya jatuh kena zaki.
B : *ngakak*. Bulan ga jatuh, bulan slalu ada di langit. Gpp, liat yuk.

B : Zaki mandi yuk.
Z : Ga mau, TAKUT diguyur, TAKUT basah
B : *padahal kalo uda dikamar mandi, ini bocah kadang2 ga mau udahan saking senengnya maen aer*. Ha5.

B : Zaki, ini minumnya.
Z : Ga mau, TAKUT batuk.

B : Zaki kemaren jalan-jalan liat apa ?
Z : Liat barongten ( barongsai ), KAGET dung-dung-dung. Digendong Ayah.

Z : Bunda, nyalain kembang api.
B : Mau yang bintang ( bentuk lidi ) atau yang air mancur ?
Z : Air mancur ga mau, asapnya banyak. Zaki KAGET. Duuaaaaarrrr. *heboh cerita sendiri*


Setelah di kumpulin kok banyak kata TAKUT nya, jadi aku setelah dia bilang gitu ( entah bilang beneran ato bilang karena emang buat alesan ga mau yah ), aku timpalin dengan kata-kata 'Zaki BERANI'. Kan untuk membangun percaya dirinya yah. Iya ga ?. He5. Nah kalo kata KAGET, bingung deh di timpalin sama kata-kata apa ?. Ha5. *emak-emak mati gaya*.

Kamis, 01 Maret 2012

Kunjungan Keempatku di bulan ke 5

Tiap mau kontrol si Adek pasti slalu ga sabar. Karena itu artinya akan ada info-info baru yang aku dapet tentangnya. Walopun disertai dengan rasa yang campur aduk deg-degan ga karuan takut dia kenapa-kenapa. He5...

Dan kali ini aku daftar via telpon, ga seperti biasanya si Ayah yang datang langsung kesana. Otomatis line telpon sibuk dong pagi-pagi. Jempol keriting ga nyambung2 dan membuahkan hasil jadi ke nomor antrian ke 17 teman2. Bakalan masuk jam berapa nih ?. Kebayang lamanya deh...;-(

Sebelum kesana, aku telpon lagi ke ruangan dokternya dan ternyataaaaa...Dr. Oni nya belum dateng karena lagi ada operasi Caesar. Untung belum ke RS. Islam, jadi masih bisa maen dirumah sama zaki dulu. Dan tepat jam 2 kita akhirnya berangkat ke RS *santai soale nomor akhir* dan masuk2 jam 3 an. Diukur tensinya 120 / 70 dan timbangan udah naek 7 kg jadi ke 65 kg. He5. Apa kabarnya timbangan nanti pas bulan-bulan terakhir yah, siap-siap naek puluhan kg lagi nih...;-)

Trs pas masuk aku curhat soal keluhan keputihan dan nyeri perut bagian bawah dan beliau bilang insya Allah smua itu normal2 ajah. Dimana pikiran ibu hamil sangat mempengaruhi tingkat ke-stres-an, jadi mariii kita pikirin yang baik2 ajah tentang bayi kita yah. Suka banget deh kata2nya. He5...

Si Adek pun di USG, posisi kepala ada di bawah, plasenta ga nutup jalan lahir, ketuban cukup, gerak aktif, lingkar kepala normal, BB nya di usia 22 minggu 1 hari adalah 500 gram, panjang 16 cm dan yang bikin senyum2, insya Allah ga ada tanda2 monasnya keliatan. Tapi mau diliat lagi di bulan depan, kan kemungkinan berubah bisa aja yah. Hi5. Untung si Adek posisinya lagi telentang, jadi bisa keliatan smuanya walopun untuk bikin dia telentang, Dr. Oni mengguncang-guncangkan perutku dulu sebelum USG dimulai. He5. Dan aku pun disuntik TT ( Tetanus Tokso ) oleh beliau...^_^


Apapun jenis kelamin kamu nti, mau berubah lagi ataupun ga, yang penting kamu sehat-sehat terus yah cayank dan Bunda akan slalu menikmati tendangan kamu dan berjuang terus untuk kamu. Hi5. Kiss kiss. Love u...;-*