Minggu, 26 Februari 2012

Di suatu malam


Pernah ga kalian mendengar cerita, kata ato bahkan tingkah laku para bocah yang bikin kita ( Baca : emaknya ) brasa HOROR ?. Hi5. Ini kata-kata pembukanya kok jadi brasa serem duluan sih. Ha5. Ga kok cuma pengen tau ajah, apa kalian juga mengalami hal-hal kaya gitu apa ga.

Kalo zaki pernah bilang kata HANTU, tapi aku lebih *nenangin diri* mikirnya, ini bocah lagi berada dalam alam hayalan gara-gara aku pernah nyanyi BURUNG HANTU dan kebeneran juga dia suka banget sama film OWL, si burung hantu. Jadi pas dia bilang 'Ada hantu deket pintu warna coklat pake baju PINK' , aku cuma *berusaha* senyum2 ajah karena ngebayangin si OWL kan burung hantu warna pink. Hi5.

Dan waktu itu juga pernah, pas dia bangun tidur, zaki nunjuk-nunjuk keatas kearah langit2 . Dan habis itu NANGIS. Waduuhhh, ada apaan coba diatas ?. Akhirnya coba nenangin dia sambil dibawa keluar kamar ajah.

Terus dengan tiba-tiba, tadi malam pas lagi duduk ngobrol santai. Zaki bilang 'Bunda, ada kucing hitam, di kamar mandi'. Akhirnya langsung dong, bayangan kucing hitam cerita zaki kaya yang ini....

Gambar diambil disini


Udah horor aja deh bawaannya. Ha5 emak2 parnoan. Dan aku timpalin lagi, 'Iya kucingnya baik yah, zaki berani kan. Gpp kok'. Dan dia bales lagi 'Zaki kaget, liat kucing hitam'. Nah loh...

Akhirnya di tengah ke-parno-an, bingung harus jawab apa lagi ke zaki, Dengan tiba2, bener ada kucing hitam lewat di depan kita berdua. Sebenernya bukan warna hitam kaya di dalam bayanganku siy, tapi lebih ke warna abu-abu kehitam-hitaman. Ada warna putihnya juga kok. Kucing warna campuran lah intinya. Ha5. Dan setelah ditelusuri lebih lanjut, itu kucing terkurung di dalam rumah dan lagi mencari pintu untuk jalan keluar dia. Ha5. Langsung deh ketawa bareng. Zaki bener kok, pas dia liat itu kucing emang lagi di dalam kamar mandi. Hi5...

Maapin Bunda ya nak ga percaya cerita kamu. Besok-besok kita cerita bareng lagi yah. Kiss kiss...;-*

Kamis, 16 Februari 2012

Saat Zaki Diare

Sesungguhnya teori itu ga cukup yah buat hadepin kejadian sebenernya. Soale udah pernah baca2 tentang DIARE, tapi hal itu teteup ga bisa membuatku TENANG, menyembunyikan rasa PANIK, KUATIR, dll nya saat Zaki diare.

Jadi selasa kemaren, 14 Feb 2012, Zaki tiba2 cair pup nya, warna hijau tua tanpa ampas dan sehari bisa lebih dari 5 kali. Dan yang bikin parno adalah muntah 2 kali plus demam 37,7 derajat.
Hari itu ga mau makan nasi, maunya roti dan biskuit ajah dan aku kasih cairan sebanyak2nya karena yang aku takutin DEHIDRASI. Hiks.
Faktanya : Ga gampang membujuknya untuk makan nasi, dll ataupun minum yang banyak karena bocahnya sering banget bilang 'GA MAU' tiap aku tawari apapun. Hari itu maunya nempel mulu sama aku, boboan di kasur dan ga mau maen sama sekali.
Yang aku lakukan : Kalo dia ga mau minum pake gelas kaca, aku pake gelas plastik, aku pakein sedotan yang lucu2, teteup ga mau minum juga. Dan berakhir di botol minum SPONGEBOB, yang sukses bikin dia minum banyak. Jadinya itu botol aku bawa kemana2 aku pergi, keluar kamar, turun tangga, naek tangga. Aku slalu bawa dengan tujuan Zaki minum banyak.
Aku juga kasih dia PHAROLYTE ( Oralit rasa jeruk ) di apotik dan cuma berhasil di minum beberapa teguk ajah.

Rabu, 15 Feb 2012, Zaki udah ga demam dan ga muntah2 lagi. Alhamdulillah juga mau makan nasi, sop, jus apel, kacang hijau dan yoghurt. Udah mau maen juga dan pup masih cair walopun pupnya sedikit2 keluarnya tapi frekuensi udah ga sesering kemaren.
Faktanya : Karena saking senengnya dia mau makan, aku smangat nyodorin smua makanan. Tapi akhirnya dia memakannya dengan porsi sedikit2.
Yang aku lakukan : Mencoba memberinya BRATY saat diare ( Banana, Rice, Apple, Toast dan Yoghurt ), walopun yang berhasil masuk cuma apel sama yoghurt doang. Dan sorenya alhamdulillah membuat pup nya lebih ber-ampas.

Kamis, 16 Feb 2012, Zaki terlihat lemas, maunya di gendong + boboan ajah dan sarapan pagi cuma mau makan roti 3 suap. Asupan cairan alhamdulillah masih mau. Tapi pup nya pagi ini udah 2 kali berbentuk sambel kacang encer warna coklat muda. Hiks.
Faktanya : Makan dan minumnya mulai mood2an lagi karena dia lebih memilih bobo atau di gendong ajah.
Yang aku lakukan : Membawanya ke dokter Prastowo di RS. Islam, Cempaka Putih karena diarenya tak kunjung reda selama 3 hari, aku takut dia DEHIDRASI, dll. Hiks.

Dan kata dokter :
Penyebab paling sering untuk diare adalah virus jadi ga perlu antibiotik. Hindari makanan berserat tinggi dulu seperti sayur berdaun hijau, buah dan agar2 karena memperberat kerja usus. Sedangkan kondisi usus saat ini sedang luka. Jadi makan porsi sedikit2 tapi sering gpp. Untuk susu sapi sebaiknya di hindari dulu. Tapi kalo susu kedelai atau yoghurt oke. Jadi makanan yang aman seperti nasi, bubur, ayam, kuah2, telor dulu ajah. BRATY juga oke ( Banana, Rice, Apple, Toast dan Yoghurt )

Beliau pun memberikan LACTO B. Lacto B ini bukan obat tapi semacam probiotik yang mengandung bakteri baik yang membunuh bakteri jahat di usus. Bentuknya seperti serbuk, rasanya manis ( kita ikut nyobain juga krn penasaran ), bisa dilarutin di air minum, susu, dicampur di makanannya ataupun dimakan langsung dan harus disimpan di kulkas. Alhamdulillah zaki doyan karena kata dia 'kaya permen'. He5. * padahal belum pernah cobain permen, cuma tau ajah rasa manis = permen *

Dan dikasi Zinc Kids, ini juga probiotik untuk terapi diare karena diketahui dapat mengurangi keparahan dan lamanya diare untuk memperbaiki dinding-dinding usus yang rusak. Kalo ini bentuknya kaya tablet dan harus di larutin di air minum. Dikasi 10 tablet dan sebaiknya dihabiskan walopun diarenya udah sembuh.

Kata beliau kita juga harus waspada tanda2 ini jika :
- Dalam 6 jam tidak pipis
- Pup berlendir / berdarah
- Muntah
- Demam

Dia bilang harus langsung dibawa ke RS kalo itu terjadi. Duh smoga ajah ga yah. Aamiin...

Lengkapnya tentang DIARE bisa liat di webnya Mama Zahra yah, yang dikutip dari buku ( must have books ) :
'Buku pintar merawat bayi 0-12 bulan' oleh dr. Suririnah, penerbit PT.Gramedia dan ada juga di dalam 'Buku pintar mengasuh batita' oleh dr. Suririnah, penerbit PT.Gramedia

Kemaren aku juga coba kasih YAKULT gara2 yoghurt yang zaki suka lagi ga ada. Dan hari ini, pupnya masih cair tapi alhamdulillah udah ada ampasnya. Kita lihat besok di hari ke 5 ada perubahan ato ga. Smoga kamu makin membaik yah cayank. Aamiin aamiin aamiin...;-*

Dokter Spesialis Anak ini telah membuatku tenang dan kita emang berkewajiban untuk mencari partner diskusi yang handal bukan, yang memberikan solusi tepat disaat anak2 kita membutuhkan jawaban atas penyakitnya. Nanti si Adek, mau ke dia juga ah konsulnya. *loh*. Hi5...

Dulu dan sekarang , ...
Nikmati smangat lari-lariannya sebelum lemahnya
Nikmati gesitnya sebelum diamnya
Nikmati mainnya sebelum tidurnya
Nikmati gandengnya sebelum gendongnya

Bunda ingin ceriamu kembali, Bunda mau makan kamu kaya dulu lagi. Cepet sembuh yah cayank. Smoga Allah SWT slalu menjagamu dalam rahmatNYA. Aamiin aamiin aamiin ya Robbal 'alamiin. We luv u. Kiss kiss...;-*

Rabu, 08 Februari 2012

Setengah Perjalanan


Tak terasa diriku mulai memasuki minggu ke 20. Masih ada 20 minggu lagi yang harus aku tempuh. Dan sampe sekarang pun masih bingung gimana ngitung usia kehamilan pake itungan bulan. Karena kalo 20 minggu / 4 minggu dalam sebulan, b'ati kan 5 bulan yah. Bukan 4,5 bulan. Jadi kalo ada yang nanya, jawab sebisanya ajah deh. He5. * abaikan, beginian ajah kok dibahas *.

Terus udah naek berapa kilo ? Timbangan dulu siy 58 kg, sekarang mulai melejit jadi 65 kg ( naek 7 kg ). Apa kabar nanti pas menuju detik2 melahirkan yah, apakah mencapai puluhan kg lagi naeknya kaya zaki dulu. Ha5 kita liat nanti yah. Dan alhamdulillah keluhan makan minum juga ga ada, jadi smuanya bisa masuk perut tanpa kendala. Tapi ya itu, bawaan untuk jajan kok gede banget yah. Ya bakso, bakwan malang, somay, pempek, mie ayam smua pengen dicobain. Gpp kan yah sekali2 ? * ngerasa bersalah *. Setelah itu, langsung menenggak jus buah, makan sayur, roti dan camilan lainnya biar asupan di Adek teteup masuk.

Kalo susu gimana kabarnya ?. Entah kenapa minum susu hamil rasanya kok udah kenyang ajah bawaannya. Jadi kadang minum kadang ga. Kalo pengen, minum UHT, susu kedelai, ga harus hari itu harus minum susu hamil ato susu yang lain. Soale jadwal makan inti + minum jus + makan camilan + buah potong tiap hari udah padet banget maakkk. Kalo ditambah harus minum susu lagi, rasanya perut kok kenyang banget. Lagipula asupan dari makanan lebih diserap tubuh dibanding susu sapi bukan ?. Jadilah diriku lebih memperbanyak makan dibanding minum susu. Kalopun pengen, minum, tapi ga jadi patokan minumnya harus tiap hari. * senyum2 *

Dan apa kabar ngidam kali ini ? Beberapa teman dan adik2ku menyebutku lebih centil di kehamilan kali ini dan selanjutnya mereka bilang 'Kayanya anaknya cewe niy'. Dalam hati siy di AMIN in ajah, kan biar sepasang. Hi5 tapi kalopun nanti cowo lagi juga gpp. Yang penting dia sehat sempurna. Amiin. Nantikan curhatan selanjutnya di kunjungan dokter bulan ini yah, smoga jenis kelamin si Adek udah ketauan nanti, ga diumpetin lagi kaya bulan kemaren. Hi5 penasaran soale.

Setelah ngidam zaki kemaren Sendal Ungu, ngidam ( Baca : mau emaknya ) yang sekarang itu pengennya shawl kamiidea violet. Dimana nyarinya itu susah banget karena rata2 yang jual via online stoknya habis. Hiks. Beruntung ada temen yang kasih tau kalo kakak sepupunya jual dan lanjut transaksi via bbm. Alhamdulillah kesampean juga memiliki shawl yang cantik ini. * berlebihan *. Ha5...* loncat2 girang, malu tutup muka *


Dan aku juga beli majalah MOSHAICT yang jilid 2 nya, coba2 modelnya dan berakhir dengan ketidak-PD-an pake model2 itu secara bentuk mukaku kan mbulet yah. Ha5. Tapi eh tapi, ada 1 model yang aku suka dan mulai brani pake ke kantor. Ternyata pakenya juga ga sesulit yang dibayangin. Tinggal pake inner ninja, libet-libet, kuwel-kuwel * apa sih * dan tambah beberapa peniti ajah / bros cantik. Hi5 cenengnyaaaa. Sssstttt bocoran, ternyata lebih simple model2 hijab di majalah MOSHAICT yang jilid 1 lho maaaakkk. Dan sayangnya, majalah ini ga dijual di toko2 buku besar. Jadi kalo mau beli siap2 ajah dengan tambahan ongkir yah. * promosi, numpang iklan *. Hi5.


Kalo ini penampakan bumil sekarang dengan perut, yang mungkin, belum terlalu keliatan. Gimana mau keliatan yah, kan ditutupin sama kakinya zaki. Hi5...;-)


Sekian curhatan ga jelas sore ini...^_^