Minggu, 30 Oktober 2011

Weaning With Love ( 23 month )


Aku sedih karena cepat atau lambat proses Weaning itu datang...
Ya, aku belum siap kehilangan moment indah bersamanya...
Aku sadar waktuku hanya tinggal menghitung minggu menuju tahun ke 2 nya...
Ia memang telah tumbuh dengan cepat, bahkan sangat cepat menurutku...
Tapi bagiku, ia masih bayi mungilku yang lucu yang akan slalu berada dalam dekapanku, selalu...

* curhat mewek emak2 yang mau weaning, lap airmata *

Dari lubuk hatiku yang paling dalam, aku ingin sekali dipanggil 'Bunda' walopun saat ini zaki belum bisa mengucapkannya secara sempurna. Malah kadang2 hanya 'nda' doang karena ia lebih suka memanggilku 'NEN'. Tapi entah kenapa, walopun orang-orang menganggap aneh dengan panggilan zaki kepadaku itu, aku sangat menikmatinya. Ehm, apa yah rasanya ?. Seperti menjadi seseorang yang amat sangat zaki butuhkan. * ngerasa penting *. He5...

Dan saat wiken, terutama kalo siang, setelah NEN ( dengan tujuan dia bisa bobo siang ), dia malah mengajak aku terus bermain dan akhirnya malah melewati bobo siangnya. Seneng kali yah Bundanya ada dirumah dan malah membuatku mati gaya gimana lagi cara membuatnya dia bisa bobo siang kalo ada aku. * tepok jidat *. Di situlah peran Ayah diperlukan yah. Hi5. Tetapi kadang-kadang juga, kalo zaki udah ngantuk berat, saat siang, dia mulai bisa bobo 'TANPA NEN'. Kuncinya hanya dipeluk ajah, kdg2 ada ; nyanyian, dongeng dan wejangan2 Bunda. Bikin dia merem seketika. He5...

Saat malam, dia masih 'selalu' NEN sebelum bobo dan perubahan yang terjadi sekarang adalah saat dia bangun tengah malam yang 'kadang2 udah bisa tanpa nangis', zaki mulai minta minum air putih di gelas dengan menunjuk-nunjuk gelas sambil bilang 'NEN' sebagai kodenya. Setelah itu bisa lanjut 'NEN' aku utk sekedar nempel doang atau kadang2 juga langsung bobo sendiri. Soale dulu, cara 'menawarkan' mau minum air putih atau NEN saat dia nangis kejer tengah malem, sangat2 ga berhasil di zaki. Secara bocahnya kan udah nangis duluan dan ga bisa kompromi. Akhirnya langkah singkat menyodorkan 'NEN', langsung ajah aku lakuin biar zaki bisa bobo lagi, begitu juga dengan emaknya. Hi5...

Apapun perubahan kecil, pasti akan slalu aku tulis disini. Dan yang jadi tujuan sekarang adalah bukan 2 tahun pas, zaki udah bisa disapih. Tapi lebih ke usaha pelan-pelan ajah, tanpa paksaan, tanpa kebohongan dan tanpa menyakiti kedua belah pihak. Bukan begitu ?. Mohon doanya yah, smoga kami bisa dan pasti bisa melewati proses Weaning nan indah. Amiin...;-*

Dan bismillah for tandem nursing ( tetap menyusui saat hamil ). Doakan diriku juga yah teman-teman. Aku titipkan janinku padaNYA dan berdoa smoga Zaki begitu juga adeknya slalu di cukupi kebutuhannya olehNYA. Amiin amiin amiin...;-)

Kamis, 27 Oktober 2011

Hadiah terindah tahun ini


Tahun ini, tepatnya 15 Oktober lalu, aku genap berusia 30 tahun. Ga ada yang special siy karena dari dulu emang ga pernah ada acara apa-apa. Paling-paling ucapan slamat ajah diiringi doa karena alhamdulillah dengan usia yang sekarang, begitu banyak nikmatNYA yang tlah aku terima. Apalagi pas hari 'H' dengan spontannya si Ayah bilang 'Maaf yah Nda, aku ga bisa kasih kado apa-apa. Aku cuma bisa kasih doa yang terbaik untuk Nda'. Udah gitu doang. * padahal ngarep juga siy. Ha5 *. Tapi begitulah si Ayah dari dulu, ga ada romantis-romantisnya. But, I love him very much. He5...Ngomongnya juga cuma berapa kalimat doang kan tuh, ga ada panjang-panjangnya itu kalimat. Ha5. * curhat *

Dan karena faktor usia ini juga ( Baca : Mulai Jompo. Hi5 ), akhirnya aku dan si mas memutuskan untuk menambah 'anggota' baru lagi di keluarga kecil kita. Langsung deh cari tau 'masa subur' dan mencatat tanggal-tanggal baiknya ( yaitu hari ke 11 - 15 dihitung dari hari pertama haid bulan lalu ). Dan bismillah...

Lalu ke'PD'an ku pun dimulai dengan mulai melakukan testpack 7 hari setelah proses, hari ke 12 setelah proses, 3 hari sebelum tamu datang, 1 hari sebelum tamu datang dan setelah telat 2 hari. Dari total ke 5 kali test itu smuanya menghasilkan NEGATIF. Harapan samar-samar pun enggak sama sekali. Untung ajah pake testpack yang murah meriah cihuy. Jadi ga gitu brasa kalo hasilnya ga sesuai harapan. He5 * mak-mak pelit yang terlalu PD*.

Akhirnya pilihan selanjutnya jatuh ke menunggu si 'tamu' datang ajah di bulan ini. Kalo emang telat beberapa hari baru deh di test lagi. Berharap moga2 hasilnya nanti yang terbaik. Amiin...* ga mau ke'PD'an lagi ah ( Baca : males test gara2 keseringan NEGATIF )*. He5.

Dan setelah si 'tamu' juga ga dateng2 setelah 6 hari, aku pun melakukan test lagi. * penasaran tapi harus siap manyun *. Garis pertama muncul dengan jelas dan setelah menunggu agak lama, muncul garis ke 2 dengan ke'samar'an nya. Seneng siy tapi takut salah dan berharap moga-moga ajah benar yah. Amiin...

Dan untuk memastikan, saat si 'tamu' ga dateng juga di hari ke 9, hari ini aku pun melakukan test lagi. Alhamdulillah, akhirnya 2 garis itu pun terlihat ( tak terlihat jelas keduanya tapi garis yang satunya lagi terlihat agak jelas di banding test yang kemaren ). Ternyata rasa deg2an nya itu melebihi deg2an waktu lagi mau ke dokter utk cek kehamilan pertama kali yah dan setelah terlihat nyata, ga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Yang pasti, aku bahagia...;-) Alhamdulillah...

Apapun yang terjadi nanti, smoga kehamilan kali ini bisa dihadapi dengan senyuman. Smoga si adek bisa slalu menemani hari-hari. Smoga ia bisa slalu sehat hingga akhirnya nanti melihat dunia. Amiin...;-)

Trima kasihku padaMU atas kehadiran mahluk mungil ini.
Trima kasihku pada mahluk mungil yang telah berjuang dan menjadi pemenang.
Trima kasihku pada mama papa atas doanya.
'Welcoming Baby Inside' dan
Slamat buat zaki ku yang sebentar lagi jadi calon kakak. Kamu nanti punya temen main cayank. Jagain adek yah nanti...;-*
Dan untuk Ayah, kado tahun ini paling indah yah karena ga ada yang lebih berharga dari ini smua. Smoga kita bisa dan pasti bisa hadapi tantangan baru di depan sana. Amiin amiin amiin ya Rabbal 'alamin..;-*

Mohon doanya juga yah teman-temanku yang baik hati. Kiss kiss buat kalian smua. Muuuaaaaahhhh...* peluuukkkkkk *

Bismillaahirrahmaannirrohiim menjalani awal yang akan penuh cerita dan tantangan baru...;-)

Rabu, 26 Oktober 2011

Perkembangannya di bulan ke 23




Insya Allah sebentar lagi zaki menuju tahun ke 2 nya. Cepet banget yah. * haru biru *. Dan apa ajah perkembangannya di bulan ini :
  • Kalo bulan kemaren gigi taring atas bawahnya + gigi geraham bawah kanan kirinya masih intip2, bulan ini udah muncul ke permukaan.
  • BB juga belum tau lagi nambah berapa, cuma yg pasti kalo gendong zaki sebentar ajah, bisa bikin badan kretek-kretek. Ha5 berlebihan sekali siy...
  • Kosakata bulan ini nambah jadi 'Ubin', 'Uang', 'Gampang', 'Ada Adik', 'Petik', 'Dapat Teman', 'Ada', 'Ba' ( Mba ), 'Bobo', 'Bapak', 'Kakak', 'Nenek', 'Mamah', 'Papah'. Dan 2 kata terakhir inilah yang sempet bikin si Ayah plin-plan mau ganti panggilan ajah karena katanya, rasanya gimana gitu pas zaki manggil 'Papah'. Tapi akhirnya kita yakin suatu saat zaki bisa kok manggil 'Ayah Bunda' secara lengkap walopun skrg masih jarang2 dan cuma buntutnya ajah. Hi5. Sebenernya gregetan juga siy soale zaki udah bisa ngomong 'BUah','aDA', andaikan ditambahin 'N' ditengah-tengahnya jadi deh kata 'BUNDA' yah. Hi5. Sabar nunggu ajah deh. Walopun pas disuruh ngomong 'BUNDA', zaki malah ngomongnya 'NEN' terus. Ha5.
  • Suka bergaya jalan jinjit, jalan mundur, muter-muter di tempat dan loncat-loncat. * lap keringet *

  • Bisa turun naek ke kursi, turun dari tempat tidur sendiri, turun naek tangga. * pengawasan ketat *
  • Suka banget sama coret-coret. Dikertas, ( di karpet, di ubin, di tembok, di sprei juga ikut2an jadi sasaran, * ga boleh lengah lagi ) dan lagi suka bikin bentuk lingkaran + garis lurus + garis benang kusut + garis meringkel-ringkel. Ha5.

  • Udah tau kalo mewarnai itu ga boleh keluar dari garis di gambarnya. Jadi zaki cuma memberikan beberapa titik ajah di dalam gambarnya dengan hati-hati. Walopun kadang2 kalo lagi gemes, suka2 dia ajah itu gambar di coret awut-awutan. Ha5. Kita belajar lagi yah nanti cayank.
  • Sampe dengan saat ini, udah beberapa kali jatuh dan kejedot. Jatuh dari anak tangga, jatuh dari tempat tidur, jatuh dari sepeda, kejedot tembok dan kejedot meja. Dimana kesemuanya itu menghasilkan benjol yang lumayan dan alhamdulillah ga ada tanda2 bahaya kaya muntah ato demam. * tepok jidat *


Ini bocah sekarang lagi enerjik banget, jadi kita yang jagain bener2 ga boleh lengah 1 menit pun. Terbukti hasil lengah, jadi ada insiden kejedot + jatuh itu. Ha5 siap-siap deh yah badan kurus kering kerontang ngikutin bocah kemanapun dia pergi. Ha5...

Dan kayanya masih banyak PR aku untuk zaki saat ini. Smoga smuanya nanti bisa di slesein satu-satu yah. Amiin...

Senin, 24 Oktober 2011

Buku Mewarnai yang dapat dicuci

Sebenernya siy masih lanjutan cerita kemaren tentang corat-coret si bocah. Dan tau ga ? He5. Ternyata sekarang ada lho Buku Mewarnai yang bisa dicuci * baru tau *. Hemat kertas yah pastinya. Tapi aku ga kebayang juga sebelumnya bukunya itu kaya apa, gimana pakenya, dll nya. Sempet mikir juga, masa siy bisa dicuci...

Dan ternyata bener, cara mencucinya itu cuma pake kran air ajah sambil di gosok2 sedikit sama tangan kita. Trus langsung ilang deh noda spidolnya. Lanjut jemur dan besoknya bisa dipake lagi buat coretan2 si bocah. Tapi sebelum di cuci, aku foto2in dulu itu hasil karya coretannya zaki utk kenang-kenangan. Ha5 teteuuppp...

Ini dia hasilnya...


Buku mewarnai bahan kain ini harganya 80 ribu. Terdiri dari 10 halaman masing2 ukuran 23,5 cm x 21,5 cm dan kita udah dapet 12 spidol warnanya. Lucu dan bermanfaat banget deh moms.




Ada 2 judul yaitu Seri Angka dan Seri Aneka Bentuk. Kalo ada yang berminat, belinya bisa melalui aku dengan meninggalkan alamat email di comment box atau bisa langsung meluncur ke FB nya Vazkia Babycard yah. Hi5 teteuuppp promosi. * gpp yah *..;-)

Rabu, 19 Oktober 2011

Solusi saat anak hobi corat-coret

Foto saat zaki menggunakan crayon putar

Semenjak zaki mulai suka mencoret-coret, aku mulai mencari media untuk menyalurkan hobinya itu. Dan langkah pertama, aku membelikan dia aquadoodle yang ukuran kecil. Setelah dicoba, pen nya yang di isi air membuat aquadoodlenya basah oleh coretan. Dan itu membuat zaki harus menunggu dulu beberapa menit, hingga aquadoodlenya kembali kering untuk melanjutkan coretan selanjutnya.
Kesimpulannya : Harus sabar menunggu kering.

Langkah kedua, aku membelikan dia magnetic drawing board. Dimana papan tulisnya ini bisa terhapus otomatis dengan cara menggesek. Cukup simpel memang karena si bocah bisa dengan cepat menuliskan coretannya lagi dan lagi tanpa harus menunggu lama.
Kesimpulannya : Karena ukuran imut-imut jadi kayanya kurang menampung coretan zaki yang mulai besar-besar ukurannya, panjang dan ga beraturan. Tapi cukup oke buat bocah yang mau mulai coret-coret.

Bisa beli online di FB Vazkia Babycard atau follow @vazkia_babycard

Langkah ketiga, aku membelikan dia white board ukuran mini dengan memakai spidol. Dan karena ukurannya lebih besar, cukup menampung ide-ide zaki dengan coretannya. Cuma masalahnya, dia juga dengan cepat membuat tato di badannya dengan spidol itu, juga mencoret-coret ubin. Ha5. * tepok jidat * .
Kesimpulannya : Saat memakai whiteboard harus diawasi benar yah agar tato-tato di badan ga dadah-dadah sama kita nti.

Langkah keempat, aku menggunakan media kertas biasa dengan pulpen ujung lancip. Zaki pun girang dan terkadang kalo lagi smangat banget coret-coretnya, dia juga melanjutkan coretannya di badan, sprei dan karpet plastiknya. Bahkan kertasnya juga ikut di tusuk-tusuk pake pulpen mpe bolong. * lap keringet *.
Kesimpulannya : Mengingat bocahnya suka gemesan, jadi akhirnya media pulpen kayanya harus diganti sama yang lain.

Langkah kelima, aku membelikan dia crayon biasa. Dimana tujuannya, zaki juga jadi belajar warna-warni. Dan berhasil membuat dia coret-coret berbagai bentuk lingkaran, garis lurus, garis meringkel-ringkel sampe garis awut-awutan. Ha5. * kata2nya mulai ga jelas yah eike *. Kesimpulannya : Si bocah suka penasaran dan akhirnya crayon itu di patah-patahin, dibuka kertas pelindungnya sampe akhirnya polos smuanya dan pernah waktu itu dicobain juga gara2 itu crayon warnanya hitam. Mungkin dikira dodol kali yah. Ha5. Untung langsung dilepehin. 'Good Boy'. Dan membuat tangannya juga penuh crayon karena teteup doi bikin tato juga di badannya plus ubin & tembok juga jadi sasarannya. Bener2 pengawasan ketat yah mak. * meres saputangan yang udah penuh sama keringet *. Ha5.

Penampakan crayon patah-patah sekarang

Bisa beli di toko buku

Langkah keenam, aku bertanya sama emak-emak twitterland nan baik hati, dan mereka menyarankan untuk menggunakan crayon putar untuk balita yang lagi hobi coret-coret. Dimana bentuknya seperti pulpen tetapi ujungnya tumpul. Tangan si bocah juga ga kotor karena crayonnya kan dilindungi. Ga bisa dipatah-patahin juga. Paling2 dia ikut muter2in ujung crayonnya krn pengen tau dan udah liat kita muter2in sblm dia pake. Ha5. Dia bisa belajar 12 warna juga. Sip banget deh pokoknya.
Kesimpulannya : Oke banget, cuma kadang2 zaki masih suka ketuker mana posisi crayon & mana posisi twistnya ( putarnya ). Jadi dia udah smangat nulis, eh ternyata malah posisi yang utk twistnya jadi kan ga ada coretan tuh. Mungkin yang ini butuh penyesuaian ajah kali yah. Trus juga kadang2, kalo zaki udah bosen gambar2, si crayon puter diketok2 ke meja kecilnya alias jadi drum-drum an dadakan krn bentuknya emang panjang kaya pulpen. Ha5 gpp deh yah, paling aku ingetin ajah ke zakinya kalo itu ga baik. * tarik napas lega sambil benerin jilbab yg mencong *

Bisa beli di toko buku


Atau bisa juga model yang kaya gini
Bisa beli online di FB Nadhin Shop

Kalo ada lagi cara yang lebih baik untuk menyalurkan hobi coret-coretnya dari crayon putar ini, pasti aku akan coba deh. Biar zaki makin pintar dan biar dia makin seneng dengan kegiatan barunya nti. Amiin...;-)

Selasa, 18 Oktober 2011

Sahabatku, Allah sayang padamu

Beberapa hari lalu, seseorang menceritakan tentang begitu besarnya harapan dia untuk memperoleh kabar baik di bulan ini. Dan ternyata, 'tamu' itu datang ( lagi ) dan mematahkan harapan yang telah ia bangun. Langsung terbayang apa perasaannya. * ikut mewek *.

Aku pun berharap ga ada ( lagi ) orang usil yang menanyakan kepadanya 'Kok belum ?'. Mungkin 2 kata ini ga b'ati apa-apa yah buat yang nanya. Tapi tau ga siy maknanya apa ?. Maknanya banyak banget, efek terhadap kata-kata ini juga banyak, bisa sedih sehari semalem, ya iya kalo semalem. Kalo sampe berhari-hari gimana coba ?. Apalagi ini pertanyaan yang si penjawab ga tau jawabannya karena emang dia kan ga tau 'Kenapa belumnya ?'.

Trus jangan langsung men-judge dia ga 'usaha', dll karena smua orang pasti punya jalan cerita sendiri-sendiri kok menuju kesana. Cuma masalah 'waktunya' ajah yang kita ga tau. Dan bukannya ga dapet, tapi DIA lagi mencari saat yang tepat sampe kita siap menerimanya. Bukan begitu ?.

Gambar diambil dari sini

Sahabatku, Allah sayang padamu karena 'mungkin' dirimu masih diberi kesempatan untuk bersenang-senang berdua dulu, untuk menabung menyiapkan masa depan, untuk mengejar cita2 yang akan dicapai dan rencana-rencana lain yang sedang disusun olehNYA. Jadi jangan biarkan dirimu berlama-lama dalam kesedihan yah, karena air matamu terlalu berharga untuk jatuh. Dan jangan pernah berhenti berharap. Keajaiban pasti datang padamu. Entah kapan...;-*

Yakinlah, smua yang indah pasti akan datang disaat yang indah pula karena Allah Maha Tahu kapan waktu yg terbaik kita diberi amanah olehNya. Jadi teruslah berusaha dan pasrahkan smua kepadaNYA yah.

Ingatlah, Doa terbaikku slalu untukmu sahabatku. * peluuuuuuuuuuuukkkkk *

Rabu, 12 Oktober 2011

Selalu Ada Keajaiban


Sebenernya siy ceritanya biasa ajah, tapi buat smua ibu yang ngalamin kejadian ini pasti bikin hatinya seneng banget. Hi5 alhamdulillah...

Jadi tadi malem saat Zaki lagi belajar kartu-kartu tentang warna, aku sebutin smua nama-nama warna dan tiba-tiba ajah dia ikutin bilang 'ABU-ABU' pas aku bilang warna abu-abu. Dan ekspresinya zaki saat BISA bilang abu-abu itu giraanggggg banget. Rasanya tuh gimana yah, senengggggg banget liat dan denger dia ngomong itu. Walopun akhirnya buat bahan maenan dia karena bibirnya sambil dimaju-majuin sgala. Ha5 bocah...

Seperti yang aku ceritain sebelumnya kalo zaki belum bisa bicara 1 kalimat utuh di umurnya yang hampir 23 bulan. Tapi dia mengerti kalimat perintah yang kita bicarain. Misalnya 'Taruh amplopnya dekat telepon yah' atau 'Ambil gelas untuk minum', dll. Dan untuk benda-benda sekitar kalo kita tanya, Mana tangga, mana pintu, mana kursi, mana meja, mana karpet, dll zaki udah bisa nunjuk-nunjuk. Begitu juga dengan anggota tubuhnya, dia langsung pegang kepala kalo kita tanya mana kepala, dll.

Stimulasi yang aku lakukan untuk mendukung dia berbicara adalah dengan bermain kartu tema benda atau kata, tema abjad, sayuran, hewan, warna dan angka, membacakan buku cerita atau bernyanyi. Emang kita di tuntut untuk lebih banyak berkata-kata yah. Dan inilah kata yang udah diucapkan zaki hingga saat ini, dikelompokkan berdasarkan akhiran dan ada beberapa kelompok kata yang aku acak akhirannya :
  • ADZAN
  • JAJAN
  • NEN ( Bunda, Minum )
  • NDEN ( ondel-ondel )
  • NDA ( Bunda ) -----> sayangnya jarang dipanggil krn dia lebih sering manggil 'NEN'
  • BUAH
  • YAH ( Ayah )
  • DAH ( Udah, Dadah )
  • ABANG
  • KE GANG
  • KE BANK
  • TERKADANG
  • BUANG
  • APA APA APA
  • Ini Apa
  • ATING ( Anjing, Kucing )
  • APATING ( Ada Anjing, Ada Kucing )
  • DINDING
  • ADE
  • EE ( pup )
  • PAK BU
  • ABU-ABU
  • TAK ADA ( ga ada )
  • PAK MBEM
  • MAM ( makan )
  • UP ( kakek, balon )
  • DEKAT

Ekspresi :
  • WUIH
  • OH
  • YAH
  • UH

Kuatir, pastinya. Tapi inilah zaki apa adanya dan aku berharap suatu saat nti akan ada kejutan-kejutan diluar dugaan darinya. Amiin. He5. Teteup smangat yah belajar ngomongnya cayank. Muaaahhhh...;-*

Seperti tweetnya @BraveKidsVoices yang bilang kalo 'Parenting is not a competition. Parenting is not an ego trip. Parenting is about making sure your children are happy'. Jadi dinikmati ajah deh. Bukan begitu ?. He5.

Tiba-tiba jadi inget syukuri yang 5 sebelum 5 :
  • Diamnya sebelum guling-gulingnya
  • Duduknya sebelum titahnya
  • Berjalannya sebelum lari-larinya
  • Lahapnya sebelum GTMnya dan
  • Ngocehnya yang ga jelas sebelum bicara + bertanya nya yang ga ada hentinya.

Ha5 jadi intinya teteup dijalani dengan stimulasi maksimal ajah deh biar hasilnya nanti juga bisa optimal. Amiin. He5. Ya kan ya kan ya kan ?...Smangaattttt ...;-)

Senin, 10 Oktober 2011

Cara melatih minum menggunakan sedotan


Keliatannya simple banget tapi ternyata membutuhkan kesabaran tinggi. Gimana ga, tiap diajarin, sedotannya malah di gigit2, diambil trus diputer2 buat jadi maenan sambil nanya 'apa apa apa' dan zaki pun jadi ga sabar untuk minum aernya dan berakhir pada aer yang tumpah dimana2. Ha5 * keluarin stok sabar yang banyak dan maju terus pantang mundur buat ngajarin bocah *.

Aku pun cari informasi tentang sedotan ini. Seperti cara pertama yang ada di link ini, dan teteup berujung itu sedotan buat bahan gigit2. Ha5...

Dan cara kedua, menggunakan gelas aqua, dimana pas sedotannya ada di mulut zaki, gelasnya aku pencet2 dengan tujuan airnya keluar dan zaki bisa lanjut menghisap. Tapi ternyata gelas aquanya direbut, dia ikutan sibuk pencet2 sendiri dan berakhir dengan basah dimana2. Ha5.

Lalu cara ketiga, aku menggunakan UHT coklat. Caranya sama seperti gelas aqua, aku pencet2 sambil bilang 'Zaki sedot yah, caranya kaya lagi minum NEN Bunda' trus aku sambil praktekin juga, ikut2an nyedot di depan dia. Sampe acara bunyi sgala. Ha5. Seru banget deh ngajarin ini bocah biar bisa minum pake sedotan. Dan ternyata ....

jreng ... jreng ... jreng ...

* bukan iklan yah *

Ga lama zaki langsung sruput-sruput itu UHT. Sampe bunyi juga sedotannya plus tumpah kemana2. Gpp deh. Yang penting zaki bisa. Aciiiikkkk. Alhamdulillah ...

Besoknya, si bocah udah bisa nyamperin kulkas buat nagih minum UHT lagi. Trus sruput-sruput dan dalam hitungan menit langsung ludes. Ha5. Jadi mulai besok kalo pergi kemana2 bisa tinggal sruput si UHT dan kalo minum jus buah pas lagi pergi2, bisa lewat sedotan. Bye bye tumpah2an. He5. Tapi teteup, kalo dirumah, baik jus ataupun air putih aku pakein gelas. Biar zaki bisa minum sendiri pake gelas.

Dan mereka pinter2 lho moms, jadi terus smangat latihan ajah yah karena kita pun yakin mereka PASTI bisa...^_^

Noted : Jika ada yang belum berhasil pake air putih, coba deh mereka suruh nyedot jus buah favorit ato susu favorit yah moms. Smoga berhasil ...^_^