Senin, 22 Agustus 2011

Weaning With Love ( 21 month )


Pelan tapi pasti, masa itu akan di hadapi.
Berharap bisa diakhiri dengan indah.
Tanpa salah satu ada yang tersakiti.
Tanpa paksaan.
Tanpa kebohongan.
Bismillah, smoga bisa pelan2 mulai proses Weaning With Love. Amiin.
Luv u 'Abyzaki Fathi Zahran'...;-*

Yang sukses bikin mata ini berkaca-kaca ketika menuliskan kata-kata itu. Yups, waktu terus berjalan dan kita ga ada yang bisa menghentikannya. Dan tiap bulannya, aku pengen sekali menceritakan kisah Weaning With Love bersama Zaki. Bukan untuk apa-apa, supaya suatu hari nanti Zaki bisa baca dan tau betapa sayangnya Bunda sama kamuuuu...;-)

Menuju 21 bulan, Zaki ku udah ga terlalu bersemangat minum ASIP. Isi 1 botol ASIP yang tiap hari berhasil aku kumpulkan kisaran 10 ml - 70 ml ajah. Aku sendiri masih berusaha pumping dikantor, ga peduli berapa hasil yang bisa aku bawa pulang. Yang terpenting adalah aku sempetin pumping agar produksi ASI ga menurun karena takut banget kalo tiba-tiba ASIP ku drop sedangkan Zaki masih membutuhkannya. Walopun kadang2 down juga saat pumping cuma dapet 10 ml ajah. Hehehe...

Entah apa yang menyebabkan Zaki ku ga smangat lagi, jadi minum ASIP nya disiasati saat dia lagi merasa haus banget baru dikasi. Karena kalo ga, minumnya cuma sruput-sruput ajah beberapa teguk. Dan sisanya ( dengan berat hati ), dibuang. Hiks. Dan hari itu, aku juga tlah memberikan yoghurt plain favoritnya dan kadang-kadang juga susu UHT plain atau yang rasa coklat. Ato mungkin juga karena dia udah kenyang sama makanan, camilan buah atau jus buahnya kali yah. Makanya dia udah kenyang kalo harus minum ASIP lagi...;-)

Tapi lain halnya kalo aku lagi ada dirumah. Dia slalu berceloteh 'NEN NEN NEN' tiap kali ketemu sama aku. Maunya nempel terus. Dan bahkan pernah suatu hari, itu bocah sampe ikut ke dalem kamar mandi maen aer pancuran dan aku melakukan aktifitas aku ( Red - BAK, mandi ). Dan akhir-akhir ini, Zaki slalu NEN kalo mo tidur. Tapi ga seLAMA dulu. Cuma sebentar dan abis itu dia jungkir balik cari posisi Enaknya diatas guling. Trus deketin Ayah atau Bunda minta di elus-elus kepala atau punggungnya. Dan akhirnya Zaki pun merem sendiri. Pernah juga waktu itu tanpa NEN, dia merem sendiri. Cuma dielus ajah...;-)

Bunda pun melalui proses pumping ini bertahap :
  • Sebelum Zaki 6 bulan, diusahain bisa pumping 3X ato lebih demi kejar tayang stok ASIP
  • Dari sebelum Zaki 1 tahun, diusahain bisa pumping 3X
  • Setelah Zaki 1 tahun, diusahain bisa pumping 2X
  • dan setelah Zaki 1,5 tahun, diusahain bisa pumping min. 1X

Sekarang, saat Bunda ke kantor, Zaki udah bisa ditinggal tanpa ASIP karena udah tergantikan oleh makanan, jus buah, yoghurt atopun UHT. Kalopun Zaki mau ASIP, bisa ambil kapan ajah di freezer karena stok Bunda alhamdulillah masih cukup.

Tinggal menyiasati saat wiken ajah niy, dimana 'Profile Nen' Zaki masih di 'Dispenser Mode', alias bisa kapan ajah dimana ajah. Bebas suka-sukanya dia. Dan rencana berikutnya tinggal ubah ke 'Sleepy Mode' yaitu Nen saat mau bobo ajah trus pelan-pelan ke 'Nite Mode', alias Nen nya pas malem ajah, jadi siang udah ga minta Nen lagi. Dan lama-lama pun bisa ilang. Hehehe...

Yang masih jadi PR adalah saat Zaki bangun malem2 dan mau ga mau Bunda sodorin NEN karena ga mungkin ada percakapan 'Mau minum aer putih ato Zaki haus ?' soale bocahnya pas bangun pasti nangis dan seketika DIEM dan tidur lagi pas mulutnya NEN.

Okey, mungkin pelan-pelan kebiasaan bangun malem NEN atau NEN sebelum bobo ini bisa ilang nti. Amiin amiin amiin. Doakan kami yah...^_^

Minggu, 21 Agustus 2011

Perkembangannya di bulan ke 21


Kemaren, Zaki ku 21 bulan. Tinggal menghitung bulan menuju 2 tahun yah. Alhamdulillah. Di bulan ini, ada perkembangan :
  • Gigi yang kelihatan 4 seri atas dan 4 seri bawah. Ditambah 1 di geraham atas kanan dan 1 di geraham atas kiri bagian belakang. Ditambah dengan 1 geraham bawah kanan dan 1 geraham bawah kiri. Ditambah yang masih intip-intip, 2 gigi taring atas. Hehehe. Untuk sikat giginya, Bunda 'usahain' tiap mandi pagi dan sebelum bobo malem rutin dilakuin. Laen crita yah kalo Zakinya udah ngantuk duluan dan ga sempet sikat gigi malem. Hehehe...
  • BB yang sekarang belum nimbang lagi. Harapannya sekitar 11 - 12 kg an. Amiin.
  • Lagi suka nyium-nyium yang dia suka. Misalnya nyium balon, gambar bintang, gambar Ondel-Ondel, gambar bunga dan pernah juga waktu itu perut Bunda yang jadi sasaran ( Emangnya di dalemnya ada dedenya yah cayank ? ). Hihihi...
  • Mulai hafal sama angka. Angka yang Zaki hafal duluan adalah angka 8. Gara-gara dia liat nomer rumah Oma ada unsur angka 8 nya. Trus pas disuruh ambil angka-angka untuk digambar, ada beberapa angka yang kita maksud, bener diambil sama Zaki. Gpp yah cayank, nti kita belajar lagi...;-)
  • Masih suka sama balon dan bintang. Akhirnya kalo lagi jalan-jalan, biar Zaki seneng, Bunda cari-cari deh tuh balon gratisan. Dengan tampang melas, alesan buat anak, suka dapet juga itu balon. Hahaha * mak-mak ngarep gratisan *. Walopun dalam beberapa hari, balonnya udah ga berbentuk lagi alias hancur lebur meledak dimaenin sama Zaki. Hahaha...

  • Masih suka bantu-bantu ( Baca - ngerecokin ) kerjaan rumah. Hihihi...
  • Kalo denger orang ngobrol, suka nyimak dengan mimik muka yang lucu. Abis itu dia nyahutin dengan ekpresinya. Kaya ketawa sendiri atau liatin muka orang yang lagi ngobrol berharap diperhatiin.

  • Sekarang udah mau bertamu ke rumah orang. Dulu pernah, Zaki ga mau masuk sama sekali, nangis kejer maunya diluar ajah. Akhirnya Bunda tiap kerumah orang, slalu bawa mainan favoritnya biar Zaki slalu merasa nyaman dan alhamdulillah sukses bikin dia anteng dan mau maen sama yang laen. Fuuiiihhhhh * lap keringet *. Jadi moga-moga acara silaturahmi lebaran nti berjalan lancar yah. Amiin..
  • Kosakata di bulan ini nambah jadi 'BUAH','MELEDAK','NDA' ( Akhirnya Bulan ini Bunda disebut lagi. Hihihi aciiiikkk ). Kalo 'APA APA APA APA', 'WUIH','TAK ADA','NEN','UH','YAH','OH','ABDAN','Pak Mbem','Pak Bu','MAMAM','MAMA', plus bahasa baby yang ga jelas lainnya masih suka kedengeran. Hahaha...
  • Udah bisa pura-pura merem kalo lagi disuruh tidur. Jadi kalo lagi 'NEN', Zaki pura-pura merem trus melek, dianya yang ketawa sendiri. Giliran Bunda yang merem, ga boleh. Malah di tepuk-tepuk suruh nemenin dia melek. Hahaha...
  • Posisi tidur favorit masih diantara guling-guling. Hahaha...
  • Sayuran masih disembunyiin. Tapi ga ada masalah siy, soale slama itu bocah masih mau. Gimanapun caranya, yang penting kan sayuran bisa masuk yah. Alhamdulillah...;-)

Kayanya itu dulu cerita tentang Zaki di bulan ini. Kalo cerita tentang proses Weaning nya, akan Bunda posting terpisah yah. Moga2 kamu slalu sehat, makin pintar, slalu ceria dan smoga slalu dalam lindungan dan rahmatNYA yah cayank. Muuaaaahhh...;-*

Rabu, 17 Agustus 2011

He is not a baby anymore



Saat foto ini diambil, Zaki berusia 4 hari menuju 21 bulan. Yups, waktu berjalan begitu cepat yah. Sampe2 dalam itungan bulan, Zaki akan berusia 2 tahun. Sedih dan seneng mulai campur aduk. Sedih karena moment saat breastfeeding akan perlahan-lahan hilang dan seneng karena Zaki ku sebentar lagi akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, pintar dan sehat. Amiin...;-)

Tanggal 17 Agustus kemarin, Bunda ikut jadi peserta bazar Ramadhan bareng temen2 dan tempatnya itu ada di halaman sebuah TK. Otomatis bikin Zaki jadi seneng banget liat macem2 disana. Keliling2 sendiri dan banyak tanya tentang apa yang dia lihat. Tentunya dengan bahasa andalannya dia 'APA APA APA APA APA'. Hihihi...


Zaki sendiri mulai kapan sekolahnya ?. Bunda ga mau kasi patokan kapan waktunya, liat kesiapan anaknya, liat jadwal sekolahnya tiap hari atau ga ( kalo tiap hari takut bosen ) trus liat sekolahnya ngapain ajah ( mungkin cari yang ga terlalu berat belajarnya, lebih banyak mainnya utk sosialisasi dia ajah ). Dan yang penting ga ada paksaan Zaki harus sekolah, kalo ga mau yauda gpp karena kan belum wajib yah. Hehehe...


Calon sekolah sendiri mungkin cari yang deket2 rumah ajah. Dan sampe sekarang juga belum survei apa2, entah TK, entah sekolah PAUD. Hahaha * mak-mak sante *. Yang penting, timbunan logam mulia dan reksadana harus mulai ditambah dikit2 niy buat dana pendidikan Zaki. Kalo dana pendidikan siap dan anaknya siap, mau dimana atau kapannya kan tinggal menunggu waktu yang tepat ajah bukan ?...* pertanyaan buat nenangin diri sendiri *. Hehehe...

Langsung deh ngebayangin Zaki pake seragam, bawa tas sekolah isi bekal makanan dan alat tulis lucu2 dan pake sepatu keren. Amiin amiin amiin. * abaikan tulisan barusan, cuma lamunan siang ajah kok * Hehehe...^_^

Yups, He is not a baby anymore. Luv u always cayank. Kiss kiss...;-)

Selasa, 16 Agustus 2011

Pojok Favorit Zaki


Sebenernya ini cerita cuma buat ilangin kantuk saat puasa ajah niy. Mengobati kerinduan Bunda akan bocah lucu yang lagi bawel2nya ngomong suka2 dia. Hahaha...Kalo sekarang Zaki lagi suka ngomong 'ABANG BANG BANG BANG', apalagi kalo kita tanyain 'Beli balon dimana ?' atau 'Beli bubur dimana ?'.

Nah masalahnya adalah kalo tiba-tiba itu bocah keluar trus manggil 'ABANG BANG BANG BANG' ke tiap tukang jajanan lewat. Padahal kan kita belum tentu mau beli yah. Hihihi. * cuma ketakutan Bunda ajah kok, belum terbukti itu bocah melakukan itu * . Hahaha...

Kembali ke topik, entah kenapa pojok favorit ini suka banget di kunjungi Zaki, entah dia duduk ngadem cari angin, maen buka tutup pintu atau ketok2 maenin grendel pintu besi. Nah suatu hari, Zaki duduk di pojok ini dengan muka ga jelasnya. Maksudnya entah itu seneng, konsentrasi ato lagi serius nikmatin angin sepoi2. Tiba2 ajah pas dia bangun dari duduknya, langsung kecium deh itu bau khasnya. Yups, doi PUP. Hahaha. Ternyata tadi lagi konsentrasi mau keluarin sesuatu yah cayank. Hahaha...

Ini dia muka konsentrasinya...^_^


Hahaha sekian cerita menuju adzan Ashar sore ini...;-)

Kamis, 11 Agustus 2011

Kisah Ramadhanku tahun ini


Baru inget saat lagi buka2 blog kalo tahun lalu aku sama sekali ga nulis cerita tentang Ramadhan. Seingetku siy Zaki saat itu berusia 10 bulan...

Kalo Ramadhan tahun ini Zaki berusia 20,5 bulan. Dimana itu bocah sekarang udah bisa jalan kesana kemari dan porsi minum ASI nya udah ga terlalu banyak kaya dulu. Tapi teteup Bunda usahain untuk terus pumping dikantor 1 kali saat istirahat siang biar produksi ASI nya ga berhenti. Dan hasilnya cukup mengejutkan, kenapa ? Karena waktu si 'tamu bulanan dateng' di hari pertama Ramadhan, Bunda pumping cuma dapet 10 ml ajah padahal saat itu Bunda ga puasa dan porsi makan + ngemil + minum ga berubah. Trus besoknya Bunda puasa dan pumping dikantor, malah dapet 50 ml. Subhanallah banget hasil yang di dapet yah. Alhamdulillah biarpun ga banyak tapi masih cukup buat Zaki. Lagipula bocahnya kalo siang juga udah minum jus, makan yoghurt plain atopun UHT coklat ( UHT plain ga gitu doyan ) dan malemnya bisa bebas minum ASI dari gentong. Jadi itu bocah masih aman sepeninggal Bunda ke kantor...;-)

Yang seru adalah saat sahur, soale walopun Bunda udah bergerak perlahan2 ninggalin kasur, Zaki tau kalo Bunda ga ada di sampingnya trus dia sadar dan akhirnya malah melek. Obatnya adalah liat video Ondel-ondel di Hp, buka buku cerita liat gambar matahari atopun buka laptop utk liat aneka bintang, binatang, balon warna warni dan bunga warna-warni.

Setelah sahur, sebelum shubuh, Bunda cepet2 mandi trus sholat shubuh. Abis itu lanjut lagi nina boboin Zaki sambil mimik in ASI. Dan jam 6.30 ato jam 7 Zaki bangun trus sarapan. Lauknya juga fleksibel karena saat sahur, Bunda udah pisahin lauk yang untuk Zaki sarapan. Kalo bocahnya ga mau lauk sahur, bikin nasgor sayuran, telur dadar + kecap, omelet sayur, bubur, oats, atopun makan roti + susu kental coklat. * mati gaya menu, yang penting makan deh *. Hehehe...

Saat Buka Puasa, itu bocah nimbrung di meja makan. Makan takjilan bubur sumsum, biji salak, es campur ( mau buahnya ajah ato agar2nya ), minum teh ( kdg2 soale ga boleh banyak2, takut penyerapan zat besinya terganggu ), makan bakwan, tahu isi, tempe goreng ato apa ajah yang dia pengen makan pas liat isi meja makan. Hahaha. Abis itu lari marathon keliling meja makan sambil sesekali narik2 bangku makan, dorong2 stroller ke lokasi yang dia mau, matiin trus nyalain tombol power TV. Dan abis itu kecapean, minta mimik ASI Bunda. Jadilah Bunda makan sambil mimik in Zaki. Hahaha * tepok jidat, lap kringet, geleng2 *

Abis itu sholat magrib dan Bunda nemenin Zaki maen sambil nunggu Isya. Kalo Zaki udah ngantuk, bosen maen dan minta NEN Bunda, b'ati itu saatnya nina boboin dia. Belum tentu langsung merem, abis NEN jungkir balik lagi cari posisi enak diatas guling dan akhirnya merem sendiri. Hahaha. Langsung deh Ayah sama Bunda manfaatin waktu bobo Zaki ini untuk Taraweh berjamaah. Pernah waktu Taraweh slese, mau Witir, Zaki nangis dan akhirnya Bunda boboin Zaki dulu baru lanjut Witir lagi. Jadi agak deg2an juga pas sholat, takut2 Zaki bangun...;-)

Setelah aman slese Taraweh, Bunda bisa punya waktu ngemil camilan 'lagi' ataupun baca Al Qur'an. Dimana godaan ngantuk di bulan ini gede banget, jadi harus bener2 di lawan buat manfaatin waktu semaksimal mungkin buat ibadah yah. Baru deh abis itu tidur.

Nah besoknya, apa yang terjadi, terulang lagi saat sahur hingga berbuka. Hehehe. Seru banget kan. Sampe ga trasa hari ini udah menginjak hari ke 12 Ramadhan dan masih sadar banget kalo Bunda masih harus memanfaatkan sisa waktu Ramadhan ini untuk melakukan lebih banyak amalan lagi.

Smoga kita bisa meraih surgaNYA. Amiin amiin amiin Ya Robbal alamin.

Met puasa yah smuanya. Smoga amal ibadah Ramadhan kita diterima oleh Allah SWT. Amiin...^_^