Kamis, 19 Agustus 2010

Perkembangannya di bulan ke 9



Waaaa
hhh ga trasa yah 3 bulan lagi Zaki menuju satu tahun pertamanya. Hihihi alhamdulillah...Padahal mah 9 bulannya besok niy. Gpp yah reviewnya duluan soale besok wiken. Trus trus anak Bunda udah bisa ngapain ajah yah sekarang. Lets cekidot :
  • BBnya waktu imunisasi kemaren ( 8,5 bulan = 7,8 kg ). Naek cuma 100 gram doang kalo dibanding sama bulan lalu padahal porsi makannya udah banyak. Kayanya lari kemana2 deh itu makanan soale doi sekarang udah mule pecicilan. Hihihi gpp alhamdulillah masih naek...* ga jadi daging *
  • Mulai merangkak mundur. Kalo lagi liat dia berusaha maju, lucu banget. Soale akhir2nya nyungsep sendiri lalu nangis minta ditolongin. Hihihi ayooo sayang smangaaattttt. Bunda tau kamu slalu berusaha...
  • Kalo lagi duduk, ga pernah betah lama2 alias langsung minta di posisiin berdiri.
  • Suka bermain2 sama nipplenya Bunda, dipegang2 sambil diliatin dengan mimik muka heran dan senyum kemenangan. Hahaha...
  • Mimik ASInya masih heboh, goyang2in kaki, matanya kemana2, tangannya ga bisa diem sampe posisi kaki 22nya diangkat trus maenin jempol kakinya sendiri.
  • Suka teriak2 kegirangan kalo lagi seneng ato gemes sama sesuatu.
  • Lebih banyak maennya dibanding bobonya. Apalagi kalo siang. Tapi diusahain kalo siang teteup ada jadwal bobo walopun cuma sebentar2, soale kalo ga gitu doi pas acara makan bisa jadi BT gara2 ngantuk.


  • Masih pecicilan kalo lagi mandi. Akhirnya Bunda beliin dia maenan bebek2an biar doi anteng di bak mandinya. Hahaha...kadang2 malah lebih girang kalo posisi berdiri sambil maen aer. Aya aya wae...hihihi...


  • Kalo udah didudukin, mulai angkat pantat sendiri utk ke posisi 1/2 merangkak ato pegang badan kita / sesuatu utk topang badannya sama kakinya.
  • Ngocehnya makin rame 'Dadadadadadadadahhhhhh'...Pernah waktu itu Zaki liat ada yang lagi makan, trus dia bilang 'deeessssss'. Kata orang itu, makanan ini ga pedes kok. Hihihi...anak Bunda makin banyak ngobrolnya sekarang...
  • Suka guling2an sampe ke pinggir tempat tidur. Pernah waktu itu tiba2 kepalanya udah pindah ke betisnya Bunda. * ekstra pengawasan ketat *
  • Mau sama siapa ajah. Termasuk sama orang yang baru dia kenal. Paling2 cuma awal2nya doang doi ngeliatin, sapa siy ini yang gendong aku. Hihihi tapi ga lama pun teteup nyariin Bundanya...
  • Mulai suka sesuatu yang berbunyi. Alias mulai hentak2an tangannya kaya orang lagi nepuk2. Kaleng, meja ato toples pasti jadi incerannya. Hihihi...
  • Lebih lama kalo bobonya di temenin ato di peluk. Kalo Bunda ada di sampingnya, tangan dan badannya langsung meluk Bunda. Menjadikan Bunda ga bisa melarikan diri kemana2, kalo udah gitu, solusi terbae adalah menggantikan posisi Bunda dengan guling kecil. Jadi kan posisi doi teteup meluk2 tuw. Hahaha muup yah cayank, Bunda kan mau ngerjain yang laen juga. Trus pernah waktu itu eyangma gantiin posisi Bunda utk bobo disampingnya. Eh ternyata Zaki sadar kalo itu bukan Bunda, teteup ajah doi nangis kejer nyari2 Bunda. Hahaha...
  • Mulai suka kalo makanannya agak berkuah dan kasar.
  • Alhamdulillah acara makannya sekarang udah smangat ( belum pernah sama sekali ga mau masuk makanan ) dan antusias sama rasa makanan apalagi rasa yang baru. Tapi kalo doi udah kenyang ato lagi BT minta digendong pasti deh mulutnya ditutup rapet kaya gini. Hihihi Bunda gemeessshhhh...


Moga2 kamu slalu sehat, slalu ceria, slalu smangat dan slalu berada dalam lindunganNYA. Amiinnnn. Luv u much. Muuuaaahhh...;-)

Rabu, 18 Agustus 2010

Rencana Menu 9+ Bulan Zaki

Alhamdulillah tinggal menghitung hari menuju ke 9 bulan. Waktu tuh bener2 cepet banget deh rasanya. Hihihi ceneeennggg. Soale anak Bunda makin besaaarrr dan moga2 sehat trus yah cayank. Amiinnnn...;-*

Nah apa ajah siy yang udah Zaki cobain slama 3 bulan ini :
Serealia :
Gasol beras coklat, gasol beras merah wangi, gasol tepung kacang merah, gasol tepung kacang hijau, kacang hijau, Oats ( Quick Cooking ) dan beras putih.

Buah :
Pepaya, Pisang, Apel, Pear, Alpukat, Jeruk, Jambu biji merah, Blewah, Melon, Mangga dan Semangka

Sayur & Lauk :
Kentang, Labu Parang, Kabocha, Zuchini, Jagung manis, Kacang polong, Tahu, Tempe, wortel, bayam, buncis dan brokoli

Protein hewani : Ayam, Sapi
Lain-lain : Keju, roti gandum, yogurt dan unsalted butter


Sedangkan target makanan yang mau Bunda kenalin di usianya yang 9+ bulan ini adalah :
Labu Siam
Kembang Kol
Tomat
Kangkung
Oyong
Makaroni
Tuna
Salmon
Tenggiri
Kiwi


Sebenernya dari yang udah2 siy, ga pernah sesuai sama menu yang udah Bunda bikin. Jadi kali ini Bunda ga bikin menu yah. Hihihi males dot com. Pokoke tergantung sama apa yang ada di kulkas / di pasar. Fleksibel ajah jadinya. Hehehe...Jadwal makan pun jadi bertambah, dimana di usia yang 8 bulan kemaren cuma Jus Buah / Potongan Buah, Bubur Sayur + Buah/Lauk tanpa disaring, Nasi Tim. Smuanya 1 kali. Dan di 9 bulan ini Bunda tambah Nasi Timnya jadi 2 kali. Jadi total Zaki makan 4 kali. Kalopun bocahnya masih keliatan laper, camilannya bisa ditambah jadi 2 kali ato di mimik in ASI Bunda ajah...

Antara Jam 7 - 8 : Sarapan
Antara Jam 9 - 10 : Camilan
Antara Jam 12 - 13 : Nasi Tim
Antara Jam 16 - 17 : Nasi Tim

Kalo mo ditambah camilan lagi diantara 2 waktu makan Nasi Tim yah monggo2 ajah yah. Trus bisa juga sisa waktunya dipake buat jadwal mimik ASIP Bunda, dimana saat ini mimiknya bisa mencapai antara 300 - 500 ml.

Nah, menu sarapan yang biasanya Bunda pake dan Alhamdulillah Zaki pun ga pernah nolak ( moga2 seterusnya. Amiinnn) , yaitu :
Oats + Buah / Sayur
Oats + Bawang + Daging / Sayur
Kacang Hijau + Buah / Sayur
Kacang Hijau + Keju
Kacang Merah + Buah / Sayur
Kacang Merah + Kaldu + Daging / Sayur
Macaroni + Kaldu + Daging / Sayur
Macaroni + Buah / Sayur
Macaroni + Kaldu + Keju

Untuk macaroni Insya Allah bulan ini mau dicoba...dan camilannya :
Yogurt + Buah
Roti + Buah
Agar2 + Buah
Homemade Biskuit
Buah / Sayur kukus

Untuk Nasi Timnya sendiri Bunda bikin pake SC ukuran 1,2 L dengan komposisi karbohidrat, Protein Nabati dan Hewani serta sayur. Ditambah dengan aer kaldu + taburan keju. Ehhmmmm nyam nyam nyam deh...

Daging ayam / sapinya Bunda rebus dulu trus taro di kulkas deh untuk makan besok2. Kalo sayuran yang keras dan lama matengnya macam wortel, kentang, jagung, dkk Bunda masukin bareng beras, daging, lauk dan aer kaldunya. Tapi kalo sayurannya gampang mateng macam buncis, bayam, dkk. Bunda masukin kira2 1 jam sebelum makanan mateng. CMIIW yah moms...;-)

Di usia ini Bunda juga jadi tau kalo Zaki suka makanannya agak berkuah, jadi Bunda tambahin ajah aer kaldunya pas masak di SC ato bikin sop sendiri buat pelengkapnya. Kalo teksturnya sendiri masih bisa utk Zaki latihan ngunyah soale setelah mateng Bunda tinggal bejek2 ajah pake ulekan kayu tanpa disaring / tanpa di blender lagi.

Moga2 ajah mam nya tambah lahap, BT an nya berkurang ( minta digendong ) dan tambah pinter smuanyaaaa. Amiinnn...Luv u much. Muuuaaahhh...;-*

Next, tinggal cari tau cara mengolah ikan ?. Ada yang tau moms ?...^_^

Rabu, 11 Agustus 2010

Ramadhan bersamamu

Waaahhhh rasanya lama banget ga nulis update-an crita. Hihihi. Sebelumnya Bunda sekeluarga mengucapkan 'Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Mohon maaf lahir dan batin' yaahhhh. Jadi inget tahun lalu saat Zaki masih ada di dalam perut, eh tahun ini bocahnya udah bisa nemenin Ayah & Bunda sahur. Hahaha alhamdulillah...;-*

Bunda akhirnya memutuskan untuk ikut berpuasa dikarenakan kondisi yang moga2 sehat trus sampe akhir Ramadhan nti. Amiiinnnn. ASIP sendiri masih dalam kategori aman dan alhamdulillah hasil pompaan di hari pertama puasa kemaren masih blm ada perubahan alias sama kaya hari biasa. Duuhhh moga2 bisa sampe seterusnya nti. Amiinnn. Dari hasil tanya2 sama Mbah Google. Puasa itu tidak mengurangi produksi ASI asal kita memperbanyak cairan di malam hari dan saat sahur, gizi makanan ibu per hari itu tercukupi dan hindari stres. Jadi waktu makan yang biasanya pagi, siang, malem diganti menjadi saat sahur, berbuka dan menjelang tidur. Kalo bisa juga ditambah susu 2 - 3 kali sehari.

Dan kenyataannya...

Emang yah kalo sebelum berbuka itu bawaannya smua yang ada di meja pengen dimakan smua. Hahaha kalap dot com. Tapi apa yang terjadi ?. Pas udah masuk itu makanan selingan yang ga gitu banyak, rasanya perut udah penuh ajah. Hihihi. Kayanya susah deh kalo emang ternyata makan beratnya jadi 2 kali setelah bedug tiba. Ga sanggup nampung. Hihihi. Akhirnya solusinya Bunda makan porsi sedikit2 tapi sering ajah. Moga2 menambah kalori dan menimbun cadangan lemak untuk esoknya. Amiinnnn...

Zaki sendiri ngapain ?. Anak Bunda jadi ikutan melek, baik saat berbuka atopun sahur. Kayanya ikut dalam suasana Ramadhan niy makanya jadwal tidurnya jadi berubah. Hahaha...doi ikut di meja makan dengan tangan yang rasanya pengen acak-acak isi meja itu. Hihihi mule pecicilan. Pernah waktu itu tempat sendok diambilin smua sendok / garpunya, secara bunyinya kan lumayan nyaring tuw kalo kena meja. Tanpa rasa bersalah, doi malah cengar-cengir denger bunyi yang nyaring itu. Hahaha...

Pernah juga pas sahur pertama kemaren, Zaki udah bobo pules banget dengan posisi badan 1/2 tengkurep. Jadilah akhirnya Ayah & Bunda jalan mengendap2 menuju pintu kamar, ternyata ga lama doi bangun gara2 badannya mau berubah telentang dan menyentuh kelambu nyamuk yang mirip tudung saji itu. Hihihi jadilah akhirnya doi minta digendong dan ikutan sahur dengan mata berbinar. Hahaha...;-)

Trus trus, saat 8,5 bulan kemaren, si mba nya menemukan Zaki sama aunty Pow ( adek bungsunya Bunda ) lagi pesta biskuit dikamar. Dimana sebelumnya Bunda sama sekali belum pernah kasih Zaki biskuit pabrikan yang mengandung gula & garam. Biasanya utk camilan dikasi Buah, agar2 atopun biskuit homemade bikinan Bunda sendiri. Huhuhu kecolongan deh. Tapi dari laporan yang beredar siy, anak Bunda itu sukses ngabisin langsung dengan kunyahannya 1 keping biskuit R*G*L dengan lahapnya. Hahaha cukup kali ini ajah yah sayang, nti Bunda bikinin lagi biskuit yang lebih enak deh. Hihihi. * tambah smangat cari2 resep biskuit *

Yang pasti, makin perlu adanya manajemen waktu yang oke niy. Soale biar smuanya bisa dapet dan moga2 bisa meraih pahala sebanyak2nya di bulan penuh rahmat ini. Amiinnnn...Met puasa yah smuanyaaaa...;-*