Kamis, 29 Juli 2010

Hadapi dengan senyuman

Suka banget sama kata2 ini. Hihihi. Jadi mo cerita gimana yah perjalanan ASI Bunda sekarang. Kalo dulu saat masih cuti kerja, alhamdulillah Bunda berhasil mengumpulkan 99 botol ASI dimana masing2 isinya antara 60 - 90 ml. Terinspirasi dari salah satu sobat yang tlah berhasil mengumpulkan lebih dari 100 botol. Subhanallah...;-). Mulai start nabung dari Zaki umur 1,5 bulan dan mompa saat Zaki lagi bobo, saat wiken, saat Zaki lagi maen, dll. Rela mengorbankan waktu Bunda yang harusnya bisa lebih banyak bersama Zaki demi mencapai lulus ASIX...

Cerita ga berakhir sampe situ ajah, karena Bunda harus tekor stok ASI tiap harinya dimana Zaki mimik lebih banyak dari apa yang Bunda hasilkan. Dan lama kelamaan pun stok Bunda berkurang...

Kalo sekarang setelah Zaki MPASI gimana, otomatis mimiknya pun berkurang. Yang dulu bisa mencapai lebih dari 10 botol, sekarang paling banyak kurang lebih 7 botol. Isi antara 60 - 80 ml ajah...

Perasaan Bunda gimana sekarang ?

Bunda lebih santai dan ga terlalu memaksakan diri. Misalnya saat Bunda udah bener2 capek banget, yowes ga usah mompa. Tapi waktunya bisa dipake untuk istirahat atopun maen sama Zaki. Kenapa Bunda jadi begini yah. Ehhmmm jangan diartikan Bunda malas2an mompa yah. Itu lebih kepada untuk menghindari Bunda stres, yang mana kalo Bunda stres, ASI itu bener2 akan sedikit keluarnya...

Sebel banget kalo ada orang yang slalu membanding-bandingkan Bunda dengan Bunda yang laen 'Kok dapet ASInya cuma sedikit siy, ga kaya si Bunda A ato si Bunda B'. Pliissss banget dunks kita saling menghargai. Apakah Bunda juga ga sedih dengan hasil perahan yang sedikit, apakah Bunda ga khawatir besok Zaki cukup ato ga minumnya, apakah mereka ga tau kalo hasil pompaan ini Bunda harus mengorbankan waktu kerja Bunda yang ga sebentar ???. Bunda adalah salah satu orang yang sangat sangat peduli sama Zaki, anak Bunda yang sangat Bunda sayangi. Oleh karena itulah, Bunda masih sangat mengusahakan Zaki untuk teteup ASI dan niatnya bisa seterusnya. Pasti akan Bunda perjuangkan hingga tetes terakhir. Moga2 Bunda bisa dan slalu bersemangat untuk mengumpulkan tetes-tetes yang berharga itu...

Dan rasanya ga adil juga kalo orang2 berpandangan kalo Ibu yang ngasih sufor itu adalah Ibu yang ga sayang anaknya, Ibu yang pemalas, dll. Tentu ia punya alasan sendiri dunks kenapa harus melakukan itu, ga seharusnya kita menjudge dia sebagai Ibu yang buruk. Jadi mari kita saling menghargai sesama dan saling mendukung untuk terus memberikan yang terbaik buat baby kita.

Jadi untuk smua para mommy...Hadapi dengan senyuman yaahhhh, teruslah memerah ASI, jangan pikirkan hasil yang di dapat, karena berapa ml pun yang bisa kita bawa pulang, itu sangat sangat berharga banget buat baby kita. Jangan pedulikan apa kata orang karena masih banyak orang2 yang lebih sayang sama kita, teruslah bersemangat dan YAKIN ajah kalo Allah SWT pasti akan slalu mencukupi kebutuhan baby kita. Amiiinnnnnn. Luv u much cayanknya Bunda. Muuaaaahhh...;-*

Selasa, 27 Juli 2010

Pernikahan Sahabatku

Entah kenapa rasanya kok sangat sangat bersemangat banget yah kalo ngomongin yang namanya Pernikahan. Dengan sgala keribetan persiapannya dan dengan perjuangan yang panjang utk mewujudkannya, hari itu bener2 ga bisa dilupain. Rasanya smua capek itu terbayar dengan rasa yang eehhmmmm...susah digambarkan dengan kata2. Bahagia banget pastinya. Hihihi lebay. Kalo ditanya 'Pengen ngulang lagi ga ?'. Pasti dengan cepat Bunda jawab 'Mau'. Hehehe...tapi nikahnya dengan orang yang sama yah. Hihihi...;-*

Begitu juga dengan apa yang terjadi sama salah satu sahabat Bunda di tanggal 17 Juli 2010 kemaren. Dimana tanggal 14 Juli 2010 nya, Bunda dan midhi menemani Ima untuk mencari gaun pengantin. Omaigot, selisih 2 hari lagi dan Ima baru mencari gaun pengantin ?????. Capeng mana yang ga panik. Sebenernya masalah gaun itu bisa diselesaikan dan alhamdulillah akhirnya bisa selesai di hari itu. Jadi waktu 2 hari sebelum hari H, Ima bisa istirahat. Daaannn, ini phutu2 kita sama Ima sebelum doi resmi menjadi istri. Hehehe...



Tanggal 16 Juli 2010 malem, Ayah & Bunda meluncur ke Guest Housenya BKKBN, Halim untuk bermalam. Soale ga mungkin nti kita bolak-balik pulang kerumah untuk ngambil Zaki secara Zaki kan ga mungkin ikut dari akad, kasian pasti capek banget. Akhirnya Bunda dan midhi ikut menginap bersama Ima sekeluarga. Zaki sendiri gimana malem itu ?. Anak Bunda itu malah ga mau bobo, girang melihat2 suasana barunya, padahal itu udah jam 11 malem. Dan alhamdulillah dia ga rewel sama sekali. Hihihi ceneng. Sampe besoknya pun, Zaki nangis cuma pas mandi ajah, dimana suaranya membuat seantero kamar pada denger smua. Hahaha. Dan menu MPASInya di pagi itu adalah 2 buah pisang kerok dan ludes. Hihihi. Pas resepsi, zaki juga berhasil memakan 5 potong melon dan sukses membuat dia ga mau berhenti. Hahaha. Dan sebelum akad, anak Bunda ini sempet phutu2 dulu bareng aunty pow & aunty ra...;-*



Esok harinya, Alhamdulillah acara akad nikah & resepsi berjalan lancar. Dan Bunda jadi ikut terbuai dalam kebahagiaan mereka. Hihihi. Ima dan Ade, selamat menempuh hidup baru yah. Smoga jadi keluarga SAMARA, slalu bahagia, awet terus sampe kiki nini dan smoga cepet dikaruniai momongan. Amiiiinnnn...;-)













Oiya, banyak yang surprised lho, soale ternyata Ima dan Ade ini adalah temen sekelas waktu kita kuliah dulu dimana waktu itu mereka ga begitu deket. Nah sekarang kok bisa ?. Ya bisa ajah, lah wong mereka jodoh. Hihihi. Kalo mo cerita detilnya, monggo ditanyaken kepada yang bersangkutan ajah. Soale ga mungkin dunks, Bunda yang conferensi pers disini. Hehehe...

Yuukkk mariiiii yang bersangkutan bercerita. Hihihi...^_^

Minggu, 25 Juli 2010

Slow Cooker oh Slow Cooker



Awal tau benda ini dari emak2 di milis mpasirumahan. Ga kebayang masaknya gimana dan sama sekali blank soal panci yang katanya ajaib ini. Hihihi. Langsung deh Bunda meluncur ke ITC Cempakas Mas utk beli dan ternyata ada 2 ukuran disana. yaitu yang 0,7 L dan 1,2 L. Huuuaaaaa bingung. Soale pas tanya2 ada juga yang pake ukuran 0,7 L dan banyak juga yang pake ukuran 1,2 L. Huhuhu tambah bingung...;-?

Akhirnya dengan melihat betapa kecilnya yang ukuran 0,7 L, Bunda putuskan beli untuk Zaki yang ukuran 1,2 L ajah dengan harapan bisa masak lebih banyak dan bisa untuk bikin yang laen2 juga nti2. ( Padahal kalo mau beli yang ukuran 0,7 L, cukup juga kok moms. Huhuhu nyesel dot com )...

Tapi ternyata...

Sehari sebelum Zaki berusia 8 bulan, Bunda melakukan uji coba sama panci ajaib ini. Coba2 tanya sama mbah Google dan ubek2 file milis akhirnya dapet deh ukuran utk beras dan airnya :

Percobaan ke 1 :
Bunda pake ukuran 2 genggam beras + aer 1 ruas jari diukur dari permukaan beras. BERHASIL ( Tombol AUTO ). Proses masak selama 3 jam. Tapi porsinya masih kebanyakan secara Zaki baru mau icip2 dulu, belum tau lahap ato ga nya. * meminimalisasi makanan yang terbuang *. Hihihi...

Percobaan ke 2 :
Karena porsinya yang kmrn kebanyakan akhirnya Bunda kurangin jadi 1 genggang beras + aer 1 ruas jari diukur dari permukaan beras. GAGAL ( Tombol AUTO ). Proses masak selama 12 jam dengan kondisi aer masih menggenang di permukaan beras. Ini siy kayanya kebanyakan aernya. Hahaha...gagal maning...

Huaaaaa gimana yah cari porsi yang pas. Secara awal2 gagal mulu percobaannya. Tanya2 lagi deh sama para smart mommy, dimana mereka rata2 peke ukuran SC 0,7 L dan proses masak ga pernah lebih dari 10 jam. Huhuhu beda ukuran pastinya...

Akhirnya dapet deh ukuran yang pas beras dan air untuk Slow Cooker ukuran 1,2 L ( untuk 1 kali makan ) :
Beras 1 sdm + 100 ml aer mateng / kaldu dengan proses masak selama kurang lebih 3 jam dengan memakai tombol HIGH ( Belum uji coba lagi pake tombol AUTO ).

Untuk daging2an bisa dimasukkan langsung sama berasnya. Dan untuk lauk macam tahu ato tempe dan sayur2an, bisa dimasukkan 2 jam setelah mulai proses masak alias 1 jam sebelum proses masak selesai. Sebelumnya campuran2 itu Bunda cincang2 halus dulu biar Zaki gampang ngunyahnya. Di 3 hari pertama slalu Bunda bejek2 lagi trus disaring. Dan hari ke 4 sampe sekarang ga pernah lagi Bunda bejek2 dan saring, soale emang udah halus banget hasilnya. Dan alhamdulillah, Zaki doyan2 ajah ( apalagi kalo dicampurin keju di buburnya ) walopun kadang2 susye nanggulangin kalo BT pas lagi makannya lagi kumat. Hahaha...

Lagi2 meminimalisasi makanan yang terbuang, Bunda memilih untuk dikit2 bisa nambah daripada banyak2 tapi kebuang. Akhirnya Bunda mengambil beberapa porsi dan sisanya taro di Slow Cooker untuk waktu makan berikutnya ( dalam satu hari ). Pas waktu makan tinggal colok bentar untuk angetin lagi. Ato bisa juga taro di kulkas ( tidak dalam satu hari ) dan di angetin lagi. Masih tanda tanya niy, gimana siy moms cara angetinnya ?. Apa cukup rendem aer panas ajah. Belum pernah kasus nyimpen2 di kulkas niy soalnya...;-)

Buat Bunda, panci ajaib ini bener2 ngebantu banget. Apalagi kita bisa tinggal proses masaknya sambil maen2 sama Zaki ato melakukan aktifitas yang laennya. Hihihi...syenangnya. Moga2 Zaki tambah lahap makannya karena Bunda bisa kombinasiin makanan apa ajah dan smua itu tinggal cemplungin ajah ke Slow Cooker. Hihihi...amiiinnn...;-*

Kalo ada yang salah2 di review Bunda kali ini, mohon koreksinya yah moms...Maaci maaci...^_^

Rabu, 21 Juli 2010

Perkembangannya di bulan ke 8

Yuuukkk mariiii kita mulai lagi dengan dunia pergosipan para baby2. Hihihi. Alhamdulillah...Ga trasa anak Bunda 4 bulan lagi menuju tahun pertamanya dan teteup berharap smoga bisa mencapai S2 ASI. Amiiinnnn...Nah, apa ajah siy perubahan yang tlah Zaki alami di bulan ke 8 ini :



  • Mulai jadi anak pemalu, kalo lagi makan trus di datengin sama bocah2 cewek yang lebih tua umurnya. Ga lama mulutnya langsung dikunci, mingkem rapet2. Ga ngerti karena ga mau jadi bahan tontonan ato karena emang udah kenyang ato emang lagi ga mood makan. Huhuhu pusing deh Bundanya. Hihihi...
  • Dulu masih mau maen sambil boboan, kalo sekarang cepet BT. Jadi Zaki dilatih posisi kaya orang sit up, dari boboan tangannya dipegang biar posisinya berubah jadi duduk. Dan itu bikin Zaki duduk tegak betah berlama2 dengan dunianya.
  • Dari posisi duduk, kita pegang lagi tangannya dan sekarang Zaki udah mulai langsung mengangkat pantatnya dan bertopang sama kakinya. Langsung deh cengar-cengir kalo udah posisi berdiri. Hihihi...
  • Ekspresinya mulai macem2, dari yang pengen digendong dengan tangan yang menjulur ke arah orang yang pengen gendong, kepalanya mulai bergerak2 tanda dia ga mau dicium, marah kalo maenannya diambil, mulai nyahutin kalo lagi diajak ngobrol ato denger orang lagi ngobrol, udah mulai sadar kalo Ayah & Bunda mau pergi dengan matanya slalu mengikuti arah kepergian Ayah & Bunda ( Huhuhu paling berat deh ninggalinnya, waktu itu pernah nangis saat Bunda mau pergi & minta digendong dulu sebentar ).
dan yang belum berubah :
  • Masih suka memasukkan apa ajah ke mulutnya. Bunda udah beliin maenan macam burung2an yang bisa diputer trus gerak2, krincing2an, bola warna warni. Dan pemenangnya adalah ... baskom, remote, saputangan, jilbab Bunda, guling, bantal dan kawan2nya yang akhirnya jadi sasaran untuk masuk ke mulutnya. Hahaha...
  • Ludahnya masih banyak. Skrg juga masih di sembur2in sampe itu mulut berbusa. Hihihi...
  • Masih belum bisa merangkak, kalo lagi tengkurep dan bolak balik, cuma pantatnya ajah yang naek plus kakinya yang gerak2 abis itu kepalanya nyungsep lagi. Tapi sekarang doi udah mulai menguasai kasur alias kalo lagi mulai tengkurep bolak balik dari ujung tempat tidur, bisa akhir2nya tiba di ujung yang satunya lagi. Hihihi...* ekstra pengawasan ketat *
  • Masih mood2an kalo lagi makan. Apalagi kalo dalam keadaan ngantuk dan ga bisa ditebak moodnya. Acara makan bisa jadi lebih seru. Hehehe...
Sehat terus yah cayank. Smoga Allah SWT slalu merahmatimu dengan berkah yang tak putus, memberikanmu kesehatan, melancarkan ASI Bunda dan smoga kebersamaan yang indah ini akan terus kita jalani. Amiiinnnn. Luv u much. Muaaaahhhh...;-*

Selasa, 20 Juli 2010

Variasi resep Oatmeal & Camilan


Untuk Oatmeal, Bunda pake Quacker Oats yang biru ( Quick Cooking ). Dengan sebelumnya diblender kering dulu, trus masukin ke wadah ketutup. Jadi tiap kali mau pake, tinggal masak ajah ga perlu disaring lagi. Mungkin nti kalo Zaki udah makin pinter ngunyahnya, Bunda ga perlu lagi blender kering dulu. Hihihi...

Trus untuk pemberiannya, Bunda variasiin tiap 4 hari sekali. Kenapa ?. Soale menurut Pak Wied Harry di milisnya :

Sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan produk gandum untuk membuat makanan bayi karena produk gandum mengandung PROTEIN KHUSUS yaitu GLUTEN yang sulit dicerna yakni membutuhkan 3X Siklus Metabolisme atau 3 hari 3 Malam. Boleh diberikan tapi tidak setiap hari dan terlalu sering. Produk Gandum yaitu :
1. Biskuit
2. Roti
3. Mie ( bisa diganti dgn mie wortel,mie jagung,dsbnya. )
4. Pasta
5. Makaroni
Untuk Oat atau Havermut, boleh diberikan karena gluten yang dikandungnya sedikit sekali, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Untuk mengganti produk gandum yang juga mengandung karbohidrat, dapat diberikan Kentang dan Umbi2an yang mengandung Karbohidrat selain Nasi dan lebih alami.

Resepnya sendiri Bunda copas in dari blognya Mba Inta mamanya Bita . Ijin ya mbak...;-*

Oatmeal rasa bawang

Bahan:
2 sdm havermut larutkan dengan 150 ml air matang
1 siung Bawang putih cincang halus

Cara membuat:
1. Masukkan air matang dan havermut ke dalam panci bersama bawang masak hingga mendidih dan bawang wangi
2. Jerang diatas api kecil, aduk2 hingga matang

* Bawang putih dapat diganti dengan daun bawang/seledri/bawang merah/daun salam.

Oatmeal rasa jeruk

Bahan:
2 sdm havermut
150 ml air matang
Air jeruk dari ½ potong jeruk baby

Cara membuat:
1. Masak havermut dengan air diatas api kecil, aduk2 hingga rata dan matang, dinginkan.
2. Peras jeruk baby
3. Siram air perasan jeruk baby secukupnya ke dalam bubur havermut ( jangan terlalu encer )

Bubur oatmeal Labu/kabocha kuning

Bahan:
3 sdm havermut
20 gr labu kuning, cuci, potong kecil2/parut
1 helai daun bawang, cuci, cincang halus/diikat
¾ cangkir air matang

Cara membuat:
1. Rebus air bersama labu parang dan daun bawang, biarkan hingga air mendidih
2. Masukkan havermut, aduk2 hingga matang. Angkat.
3. Sajikan hangat

Sup Krim

Bahan:
1 sdm oatmeal, grinder halus, cairkan dengan kurleb 3 sdm air matang
1 sdt wortel parut
1 sdt kentang parut
2 sdm daging ayam cincang – bisa diganti daging sapi
1 ½ cangkir air matang

Cara membuat:
Rebus wortel, kentang dan daging ayam cincang hingga matang. Masukkan oatmeal cair, aduk hingga sup kental, sajikan hangat. Bisa juga disajikan dengan puree kentang/makaroni rebus.

Oatmeal Tomat Daging

Bahan:
½ cangkir kaldu daging sapi
2 sdm oatmeal
1 bh tomat ukuran besar, potong kecil, haluskan
Bawang bombay cincang secukupnya
2 sdm daging sapi cincang rebus
1 sdm keju parut
1 sdt unsalted butter

Cara membuat:
Tumis bawang bombay dengan unsalted butter hingga wangi dan layu, masukkan kaldu daging didihkan. Masukkan tomat halus aduk rata, masukkan oatmeal aduk2 hingga matang, taburkan keju parut aduk sebentar, angkat. Angkat oatmeal, masukkan daging rebus aduk rata, sajikan hangat.

Oatmeal Gurih Manis

Bahan:
2 sdm oatmeal quick cook
1 sdm wortel parut
1 sdm apel royal gala parut
Daun bawang cincang halus
1 cangkir air matang

Cara membuat:
Masak oatmeal dengan air matang dan daun bawang aduk2, masukkan wortel dan apel aduk rata, masak hingga matang, angkat, sajikan.

Pisang oatmeal kukus

Bahan:
1 bh pisang kepok/raja, kerok dengan sendok
3 sdm oatmeal
½ cangkir air matang
1 sdm unsalted butter
10 ml asip

Cara membuat:
Kocok dengan sendok unsalted butter hingga halus, masukkan oatmeal aduk rata, masukkan pisang aduk rata, masukkan dalam pinggan tahan panas kukus. Sajikan dengan asip.

Oatmeal kabocha apel

Bahan:
2 sdm oatmeal
2 sdm kabocha parut
1 sdm apel washington parut
1 cangkir air matang
Cara membuat:
Rebus air dan kabocha hingga mendidih, masukkan apel aduk rata. Masukkan oatmeal aduk2 hingga matang. Angkat, sajikan hangat.

Oatmeal Ubi merah

Bahan:
2 sdm oatmeal
2 sdm ubi merah parut (dari ½ potong ubi merah ukuran sedang) 1 bh pisang ambon, kerok dagingnya ( tinggalkan bagian bijinya )
1 sdm keju parut
150 ml air matang

Cara membuat:
Rebus air dan ubi merah hingga mendidih. Masukkan oatmeal masak hingga matang, taburkan keju parut aduk rata. Matikan api, masukkan pisang aduk rata, sajikan.

Puding oatmeal alpukat

Bahan:
2 sdt bubuk agaragar plain
2 sdm oatmeal yang dihaluskan
150 ml air
Alpukat yang dihaluskan dengan 20 ml air
2 keping Biskuit bayi (optional) dihancurkan kasar
Asip secukupnya

Cara membuat:
Atur terlebih dahulu remahan biskuit dalam mangkuk cetak. Masukkan ke dalam panci oatmeal, agar2 dan air, masak hingga matang. Angkat, masukkan alpukat aduk rata, tuang ke dalam cetakan, diamkan hingga beku.

Wahhhh banyak niy. Hihihi. Maaci yaaahhh mba Inta...;-*. Kalo menu favorit sarapan dan camilannya Zaki apa yah, ini dia :

Oatmeal buah/sayur


Bahan:
2 sdm havermut
150 ml air matang
* 1 buah Pisang ( dikerok )

Cara membuat:
1. Masak havermut dengan air diatas api kecil, aduk2 hingga rata dan matang, dinginkan.
2. Haluskan / kerok pisang, masukkan adonan havermuth. Aduk.
3. Sajikan segera, atau dinginkan atau bekukan terlebih dahulu.

Roti saus buah

Bahan:
1 lembar roti tawar / roti gandum ( cabik2 ato blender )
air matang/ASIP secukupnya
* Jus Buah sebagai saus

Cara membuat:
1. Campurkan roti dengan buah. Sajikan buahnya sebagai saus.

Agar2 buah

Bahan:
2 sdt agar2 swallow putih ( plain )
150 ml air matang
* Jus Buah sebagai saus / campurkan saat agar2 sudah hampir matang

Cara membuat:
1. Campurkan agar2 & air, aduk2 terus dan masak dengan api kecil. Tunggu hingga dingin. Lalu dinginkan di lemari es / langsung sajikan berupa potongan kecil2 / bisa juga diserut...

* Buah / sayur bisa diganti sama yang udah lulus uji yah moms...

Jadi tambah smangaaaaatttt niy mau bikinin smua yang enak2 buat Zaki. Hihihi. Luv u much cayank. Muuuaaaahhhh...;-*

Rencana Menu 8+ Bulan Zaki

Ga trasa anak Bunda udah menjalani homemade mpasi slama 2 bulan. Hihihi alhamdulillah. Awal2 kebayang ribet bgt, tapi ternyata ga sama sekali lho. Bunda bisa bebas utak-atik menu sesuai sama bahan2 yang ada dan lebih smangat cari2 resep menu yang baru. Hehehe kita BISA itu selain karena biasa tapi juga karena mau nyoba bukan ?. Jadi teteup smangat yah moms. Walopun kita ga bisa masak, kita belum pernah bikin makanan2 baby, dll, tenang ajah, soale banyak yang senasib sama kita dan kita juga ga sendirian, pasti diluar sana banyak banget smart moms yang bisa dan siap kapan ajah untuk kita tanya2. Hehehe menenangkan diri...;-*

Nah apa ajah siy yang udah Zaki cobain slama 2 bulan ini :
Serealia : Gasol beras coklat, beras merah wangi, tepung kacang merah, tepung kacang hijau dan Oats ( Quick Cooking )
Buah : Pepaya, Pisang, Apel, Pear, Alpukat, Jambu biji merah, Blewah dan Melon
Sayur & Lauk : Kentang, Labu Parang, Kabocha, Zuchini, Jagung manis, Kacang polong, Tahu dan Tempe

Alhamdulillah smuanya Zaki doyan, ga ada alergi dan alhamdulillah juga pupnya normal. Dalam sehari bisa 1 - 3 kali pupnya dan kategorinya lembek, semi padat. Di bulan ini juga udah mulai keliatan kalo Zaki suka makanan yang bertekstur. Waktu dikasi puree tempe ato puree tahu, Bunda sengaja cuma di bejek2 ajah, ga disaring pula. Ternyata Zaki ngunyah2 lho. Hihihi lucuuuu bgt kalo inget dia lagi ngunyah. Soale pas ada kacang kedelai di tempe yang ga gitu halus, Zaki malah ngeluarin dari mulutnya dan lanjut ngunyah2 lagi. Hehehe gemessshhhh...;-*

Untuk menu di 8 bulan ini, Bunda udah menyiapkan menu Tim Saring. Dan banyak target makanan yang akan dikenalkan sama Zaki. Tapi Bunda bismillah niy maen campur2 ajah alias ga puree makanan tunggal utk jenis sayuran yang baru. Soale mau dicampur sama Tim saringnya. Hihihi...


Lagi2, menu ini sebenernya fleksibel. Cuma biar kebayang2 ajah Zaki mau makan apa dan tau bahan2 apa yang mau dibeli tiap harinya. Trus kalo misalnya dirasa2 campuran untuk nasi timnya kurang, ya monggo ditambah2 sesuai sama apa yang kita mau. Bismillah, moga2 baby kita ga ada alergi nti. Amiinnnn...;-)

Kalo ikutin mau Bunda siy, rasanya pengen banget kenalin roti gandum dan makaroni ( selain Oats dan kacang hijau ) buat alternatif menu sarapannya Zaki. Moga2 ajah bisa kesampean nti. Syiap2 menu berubah lagi. Dengan harapan nti bisa icip2 juga bareng2 Zaki. * Emak2 plinplan & ga mau rugi *. Hihihi...

Utk persiapannya sendiri, Bunda udah mulai membeli Slow Cooker ukuran 1,2 L. Dengan tujuan bisa untuk bikin tim saring dengan waktu yang tidak mengganggu saat Bunda harus pergi ke kantor. Moga2 ajah Zaki makannya tambah lahap nti. Amiiinnn. Resep2nya to be continued yah moms...;-)

Selasa, 06 Juli 2010

Antara keinginan vs kenyataan

Memasuki bulan ke 7 MPASI dan udah masuk hari ke 17, banyak crita yang Zaki alami. Untuk makanan2 yang berhasil Zaki coba yaitu : Oatmeals, Jagung manis, Zuchini, Tahu, Kacang Polong dan kaldu. Smuanya aman alias TATA ( Tidak Ada Tanda2 Alergi ) dan untuk pupnya ga bikin sembelit. Paling lama 2 hari sekali. Teksturnya bervariasi, dari yang lembek, agak padet bulet2 sampe yang semi padet meringkel2 ( Maapkeun kalo bahasanya agak2 gimana gitu yah. Hihihi...). Smuanya juga sukses bikin Zaki mengejar sendok dan lahap sampe ludes. Syenangnyaaaaa. Alhamdulillah...;-*

tapiiiii...

Permasalahan dimulai ketika kadang2 Zaki mulai mood2an makan dan GTM di tengah2 acara makan. Bunda mulai deh bingung dan mencari2 penyebab GTM nya Zaki. Bisa karena :
  • Bosen dengan tekstur makanan
  • Bosen dengan menu
  • Bosen dengan suasana
  • Mau tumbuh gigi
  • BT karena ngantuk
Untuk tekstur makanan, Bunda udah pelan2 ajari Zaki dengan makanan yang agak padat dan untuk menu juga berubah2 setiap hari ( berbagai combine makanan yang udah lulus udah dicobain ), smuanya ga ada masalah. Jadi kayanya ga mungkin penyebabnya kedua hal ini...

Kalo mau tumbuh gigi juga ga mungkin soale pas Bunda intip2 gusinya, blm ada sesuatu yang warna putih dadah dadah sama Bunda. Hihihi...

Jadi, kemungkinannya karena bosen sama suasana ato doi BT karena ngantuk. Padahal udah dipilih waktu yang oke pas Zaki lagi mood, tapi entah kenapa, kadang2 di tiap acara makan, di tengah2nya Zaki slalu nangis di bumboonya & diem lagi kalo digendong. Apa doi bosen makan sambil duduk yaaahhh ?. Huhuhu...

Solusi saat ini yang bener2 bikin dilema adalah Zaki makan sambil digendong & melihat2 sekeliling utk mengembalikan moodnya lagi. Rasanya tuw jadi campur aduk ngeliat situasi kaya gini. Apakah Bunda harus teteup memaksakan keinginan Bunda karena Bunda mau Zaki tau kalo makan harus duduk tapi Zaki ga mau makan atooooo Bunda harus mengorbankan keinginan Bunda demi melihat Zaki mau makan ???. Berharap smoga situasi ini berjalan sementara & ga seterusnya. Amiinnn amiiinn amiiinnn...;-*

Karena masih ada tempe, ubi kuning, mangga, blewah dan jambu biji yang harus Zaki cobain. Moga2 selahap makanan2 sebelumnya, mau makan sambil duduk, ga GTM lagi dan moodnya oke. Amiiinnnn...Luv u always. Muuuuaaaahhhhhh...;-*