Minggu, 30 Mei 2010

Cerita Zaki ketika makan GASOL

Seperti yang tlah dijelaskan sebelumnya kalo setelah Bunda kenalin Zaki sama alpukat, Bunda mau kenalin sama GASOL dulu. Tujuannya biar nti di akhir2 bulan bisa Bunda combine sama puree yang laen biar Zaki ga bosen kalo GASOLnya udah lulus. ( Emak2 plin plan, ga jadi menu LABU PARANG setelah beras coklat. Hihihi muuupppp ). Btw, GASOLnya dapet di Fruiterie, Margonda Depok. Letaknya di seberang Universitas Gunadarma dan samping Bakmi Margonda.



Yuukkk kita review satu2...

A. Hari ke 4 - 6 menu Zaki adalah Bubur Beras Coklat.
Sebelumnya Bunda mau minta muup dulu sama Zaki karena Bunda jadiin Zaki bahan percobaan yang pada akhirnya percobaan itu GAGAL TOTAL. Huhuhu * nyeselnya sampe sekarang *. Bunda udah tau takaran GASOLnya dari milis, tapi entah kenapa Bunda pikir kok dikit amat maka akhirnya jadilah Bunda menambahkan takarannya sendiri dengan ke sok tauan Bunda. Huhuhu...

Takaran GASOL 1 sdm + 100 ml air matang + 20 ml ASI dan tanpa disaring, menyebabkan setelah suapan ke 2 Zaki nangis trus diselingi mimik ASI dulu dan selama 3 hari berturut2 ga pernah lebih dari 6 sendok baby mamnya.
Kesimpulan : TATA ( Tidak Ada Tanda2 Alergi ), pup lengket dan berwarna kekuningan di hari ke 4 - 6 ( tiap hari ). Agak berampas.

B. Hari ke 7 - 9 menu Zaki adalah Bubur Beras Merah Wangi. Bunda pikir Zaki kaget karena dari peralihan Alpukat yang super lembut banget, kok tiba2 beras coklat yang mgkn teksturnya lebih kasar ( karena Bunda ga saring ). Jadi Bunda mulai mengurangi takarannya utk liat responnya Zaki di bubur beras merah wangi. Soale penasaran apa Zaki bener2 ga doyan GASOL ato gara2 GASOLnya ga Bunda saring ?. Akhirnya menu ga jadi Bunda ubah ke LABU PARANG. Teteupppp ikutin menu sebelumnya yang jatuh ke beras merah wangi.

Takaran GASOL 1 sdt + 100 ml air matang + 20 ml ASI dan disaring, tangisan ketika mam agak berkurang karena Bunda kasih gasolnya beberapa menit ato selang beberapa jam setelah Zaki mimik ASI sebentar jadi Zaki ga dalam keadaan laper banget dan Alhamdulillah mencapai 10 sendok baby mamnya.
Kesimpulan : TATA
( Tidak Ada Tanda2 Alergi ), pup lengket dan berwarna kekuningan di hari ke 7. Agak berampas.

C. Hari ke 10 - 12 menu Zaki adalah Bubur Tepung Kacang Hijau.
Waktu hari ke 8 - 9 Zaki sempet ga pup. Bunda udah kuatir ajah takutnya Zaki sembelit gara2 beras merah wangi soale ga tiap hari pupnya. Tapi alhamdulillah di hari ke 10 Zaki pup juga. Dan Bunda mulai menambah kepadatan takarannya.

Takaran GASOL 2 sdt + 100 ml air matang + 10 ml ASI dan disaring, belajar dari keberhasilan kemaren dan Alhamdulillah mencapai 20 sendok baby mamnya sampe buburnya LUDES. Doi smangat banget mamnya sampe2 sendoknya dikejar pake mulutnya. Hihihi doyan. Alhamdulillah.
Kesimpulan : TATA
( Tidak Ada Tanda2 Alergi ), pup lengket dan berwarna kekuningan di hari ke 10. Agak berampas.

Berbagi tips tentang GASOL dari kesalahan Bunda kemaren2. Hihihi :
  • Mungkin utk awal2 bisa dicoba takaran 1 sdt + 100 ml air matang + 20 ml ASI dan disaring.
  • Nti lama2 bisa ditambah lagi jadi 2 sdt + 100 ml air matang + 10 ml ASI dan disaring.
  • Pas bikin GASOL jangan lupa terus diaduk yah biar ga lengket.
  • Ketika lagi di dinginkan & udah disaring, jangan dicampurin ASI dulu soale nti GASOLnya bisa jadi super duper cair banget.
  • Pas baby udah siap mam & GASOLnya udah agak dingin, baru deh kita campurin sama ASI biar GASOLnya agak kaya bubur & ga cair banget.
Kalo ada moms yang punya tips laen tentang GASOL. Monggo di share juga yah. Hehehe. Jadi ga sabar niy pengen campur2in GASOL sama puree buah ato sayur niy. Pasti Zaki suka benget deh nti. Amiinnnn amiinnnn amiiinnn. Doain yaaahhh...;-*

Rabu, 26 Mei 2010

Kalo Zaki lagi kangen sama Bunda

Ternyata bukan Bunda ajah yaaahhh yang kangen terus sama Zaki. Hihihi. Kalo Zaki lagi kangen Bunda gimana siy mimik mukanya dan apa yang akan dilakukannya. Ini dia kisahnya...Hahaha...* Just for fun yah *

Zaki said : 'Ehhhhmmm Bunda kemana siy kok belum dateng2. Aku kan kangen...'



Zaki said : 'Apa yang harus aku lakukan yaahhhh' * sambil mikir *



Zaki said : 'Aku sms Bunda aja aaahhhh'



Zaki said : 'Uuugggghhhh, sms aku ga dibales2. Sebel kelamaan. Aku telepon Bunda ajah deh. Bundaaaaa cepetaaaannnn pulaaanggg'



zaki said : 'A
lhamdulillah Bunda udah pulang. Aciiikkkkk aku bisa kenyang mimik ASI lagi'...Hihihi...


Zaki said : 'Aku ada temennya lagi sekarang. Ada Bunda di deket aku'....Muaaaahhhh. Luv u always cayank...;-*

Selasa, 25 Mei 2010

Kisahku saat MPASI pertama

Ternyata ga semudah yang dibayangkan membuat anak Bunda langsung menerima MPASI pertamanya. Sikonnya harus bener2 pas banget soale kalo ga, waaahhh bisa2 acara makannya jadi bikin Zaki BT. Hihihi...Let's start...:

Hari Pertama ( Menu Alpukat + 20 ml ASI ) :
Zaki udah bangun dari jam 4. Trus ngajak maen, tengkurep, guling2, hahahihi sampe capek sendiri. Jam 5 mimik ASI dan jam 6 Bunda mompa utk campuran puree alpukatnya. Jam 7 kurang Zaki mulai resah utk nagih mimik ASI lagi. Dan jreng jreng...pas kita kasih puree alpukatnya jam 7 an, doi uda dalam keadaan lapar banget. Huhuhu inilah ekspresinya...


Mukanya bingung, tapi teteupppp liat kamera. Hihihi. Suapan pertama langsung ditelen siy, lanjut dengan semburan plus tangisan & berhasil nelen 5 sendok baby. Diakhiri dengan mimik ASI lagi trus bobo. Sebab doi BT adalah ngantuk secara dari jam 4 Zaki melek. Yuuukk besok dicoba lagi.

Hari Ke 2 ( Menu Alpukat + 20 ml ASI ) :
Malemnya udah mompa ASI dulu buat campuran pureenya biar pagi2 udah ga ribet lagi ngurusin ASIP. Jam 5.30 Zaki bangun udah Bunda mimik in ASI dulu. Trus jam 6 an Bunda syiapin puree alpukatnya & udah bisa dipastiin moodnya oke & cukup bobo juga. Jadi moga2 ga BT lagi yaahhh, tapiiiiii...



setelah suapan pertama Zaki nangis lagi, akhirnya Bunda selingi sama mimik ASI dulu sebentar trus lanjut mam lagi. Trus mulai deh Zaki ga sabaran sampe2 bibnya mau dimakan juga. Hahaha. Alhamdulillah berhasil masuk 20 sendok baby. Abis itu teteuppp nagih mimik ASI lagi. Hihihi...* ada kemajuan *

Hari Ke 3 ( Menu Alpukat + 10 ml ASI ) :
Udah mulai kenal sama rasa alpukatnya. Moodnya juga udah oke, udah mandi & ga dalam keadaan lapar banget soale udah Bunda mimik in ASI dulu sebelumnya. Dan ternyataaaaa teteup ditengah2 mam ada acara nangis juga tapi nangis kali ini pengen cepet2 disuapin & alhamdulillah alpukatnya ludes. Hihihi doyan...



Kesimpulan alpukat : TATA ( Tidak Ada Tanda2 Alergi ), pup kuning kecoklatan hingga kuning kehijauan, lembek & lengket ( ga keras ) dan frekuensi pup antara 1 - 3 kali sehari. Alhamdulillah ALPUKAT LULUS...;-)...Next...

Hari Ke 4 - 6 ( Menu Bubur Beras Coklat + 20 ml ASI ) :
Belajar dari 3 hari sebelumnya, jadi acara makan kali ini bener2 liat mood Zaki oke soale menu baru lagi. Berharap ga ada lagi acara tangis2an di sela2 makan, daaannn...



Awal2 teteup muka bingung dan pastiiiii deh setelah suapan 1 ato ke 2 Zaki nangis ( adaptasi rasa baru kali yaahhh ). Akhirnya di selingi sama mimik ASI dulu ato mimik aer putih, pas moodnya udah oke lagi baru lanjuuuuttt mam lagi. Untuk bubur GASOL beras coklat ini ga pernah lebih dari 6 sendok baby. Gpp...namanya lagi belajar makan. Hihihi...

Kesimpulan beras coklat : TATA ( Tidak Ada Tanda2 Alergi ), pup kuning kecoklatan, lembek & lengket ( ga keras ) dan frekuensi pup antara 1 - 3 kali sehari. Alhamdulillah Beras Coklat LULUS...;-)

Karena Bunda takut Zaki bosen, jadi utk besok yang tadinya bubur beras merah wangi, Bunda ganti jadi LABU PARANG. Kalo lulus juga, tinggal Bunda combine deh sama Beras Coklat nti. Doain yaaahhhh moga2 Zaki suka. Amiinnn...

Tips ala Bunda Icha :
1. Usahain baby cukup tidur sebelum coba MPASI pertama jadi ga rewel karena ngantuk.
2. Liat moodnya, kalo kira2 udah oke bisa dicobain pelan2.
3. Kalo ternyata nangis di sela2 acara makan, bisa kita selingi sama mimik ASI dulu sebentar.
4.Jangan pernah paksain makan lagi kalo baby udah menghindari sendok. Ini artinya 'Udah dunks Bundaaaaa'. Hihihi...

Dan hari ini ditemukan kebiasaan Zaki yang baru lagi yaitu MENGEMUT bubur beras coklat. Pantesan ajah pas di foto2 doi ga ada ekspresi alias menutup mulutnya rapat2. Lah wong mulutnya masih penuh sama makanan. Hahaha. Akhirnya setelah digoda2in suruh ditelen, baru deh itu mulut terbuka lebar. Hahaha...( Jadi tanda tanya niy, dia suka ga yah sama bubur beras coklat ????? )



Oke moms, sekian crita tentang MPASI yang penuh warna ini. Hihihi. Moga2 besok LABU PARANG nya sukses. Amiinnnnn...;-*

Senin, 24 Mei 2010

Perkembangannya di bulan ke 6

Alhamdulillah Ya Rabb atas kesempatan yang berharga ini. Tak trasa waktu 6 bulan tlah berhasil kami lalui dengan segudang suka duka didalamnya. Ya, smua memang butuh pengorbanan dan tentu ajah perjuangan ini belum berakhir sampai disini. Karena niat 2 tahun tetap memberikan ASI udah didepan mata. Smoga ajah niat itu bisa terlaksana hingga waktunya. Amiiinnn...



Tak trasa anak Bunda juga udah makin gede, makin aktif, makin gemesin & makin ngangenin. Rasanya tuh ga mau jauh2 dan pengennya hari slalu jadi wiken ajah biar bisa liat perkembangannya Zaki terus. Hihihi * ngarep dot com *. Dan ada cerita apa siy saat usianya 6 bulan ini :
  • BBnya waktu imunisasi tgl 6 Mei kmrn ( 5,5 bulan = 7,2 kg ). Naek 700 ons. Hihihi alhamdulillah. Skrg jangan2 udah lewat 7,5 kg niy, udah brasa soale kalo gendong lama2. Hahaha...
  • Kalo lagi dibecandain suka ketawa cekikikan. Trus abis itu rambut & badannya kuyup karena keringetan. Hahaha energinya terkuras niy kayanya.
  • Mulai bisa balik badan sendiri dari tengkurep & mulai suka berguling2. Pernah waktu itu lagi telentang trus miring2 lanjut tengkurep. Angkat2 kepala lama & Bunda elus2 kepalanya. Ehhhh, ga lama doi bobo sendiri. Hihihi kecapean yaahhh kamu. Dan kalo lagi liat dia mau syiap2 balik badan sendiri, luuuccuuuu banget. Dulu Bunda pikir pantatnya dulu yang balik, ga taunya Zaki ngejatuhin kepalanya dulu baru deh pantatnya. Hahaha...
  • Mulai ada gejala2 mau merangkak. Diliat dari lututnya yang ditarik ke arah perut. tapi belum berhasil soale yang bergerak malah jadi pantatnya doang keangkat2. Bukan badannya yang maju mundur. Hihihi. Padahal udah dipancing sama maenan di depannya pas doi lagi tengkurep, tapi teteup ajah pantatnya yang gerak2. Hahaha...
  • Mulai ada gejala mau duduk tegak. Kalo lagi dipangku duduk, ga pernah mau sandaran dibadan kita lagi. Badannya malah dimajuin sendiri alias duduk tegak sendiri. Tapi herannya, kalo lagi di bumbo ga pernah mau lama2. Bosenan dot com orangnya. Hehehe...
Dan yang belum berubah :
  • Masih suka maenin ludahnya & masukin tangan ke mulut. Smuanya pengen disantap. Nyam nyam nyam...dan abis dimasukin ke mulut langsung deh dia pegang2 muka. Jadilah itu muka di facial iler. Hihihi...
  • Masih suka kucek2 muka dan kepalanya. Paling2 tangan kita yang tangkis biar ga kena mukanya. Soale takut penuh lagi sama luka cakaran walopun kukunya udah Bunda cek tiap hari. Huhuhu...
  • Mimiknya masih ga bisa diem. Syiap2 deh Bundanya ditarik2 bajunya, maenin tangannya sendiri, nendang2, kakinya kemana2 & berbagai kehebohan lainnya. Hihihi...
  • Masih suka gigitin bibir yang bawah. Gatel kali yah gusinya...
  • Bobonya masih ga bisa diem. Alias pake daerah bobonya Ayah & Bundanya. * Ekstra pengawasan ketat *.
Dan moga2 ajah akan ada banyak lagi perkembangan2nya di bulan yang akan datang. Sehat2 trus yaahhh sayang. Ayah & Bunda luv u...;-*

Kamis, 20 Mei 2010

Cuti tlah tiba

Sebenernya siy bisa ajah MPASInya Zaki dimundurin jadi Sabtu ato Minggu. Tapi ga tau kenapa rasanya tuw penasaran banget pengen cepet2 liat ekspresinya Zaki besok ( tepat 6 bulan ). Jadi Bunda ga bisa melewati kesempatan itu, kesempatan buat nyuapin anak Bunda sendiri & tentu ajah phutu2 nantinya. Kapan lagi bisa mengabadikan moment yang BARU ini. Hihihi cenengnyaaaa...



Jadi mulai besok Jumat, 21 Mei 2010 dan Senin, 24 Mei 2010 Bunda ambil cuti. Kebeneran cuti juga masih banyak, sayang ajah kalo ga dipake. Hihihi...

Cerita2 baru bisa update Selasa yaaahh teman2ku. Jangan lupa doakan diriku moga2 besok sukses, ga ada GTM, ga ada gigit2 sendok & ga ada sembur2an alias makannya lahap. Hehehe amiiinnn. Babak baru segera dimulaaaiiii. Bismillaahirrahmaanirrahiim...;-*

Rabu, 19 Mei 2010

Peralatan MPASInya Zaki

Moga2 belum terlambat yah Bunda nulis tentang peralatan perangnya Zaki buat MPASI secara MPASInya udah mau besok. Hihihi. Kalo ada yang kurang monggo ditambahin, tapi kalo ada yang lebih maapkeun soale kena syndrom kalap dot com yang entah udah tahap ke berapa. Hahaha. Yuukkk mari kita liat satu persatu ( sebagian beli di carefour dan ada juga yang beli online )...:

1. Blender mini
Ato bisa juga food processor ato hand blender. Gunanya buat bikin Puree.

2. Food Maker
Karena udah ada yang ngadoin, jadi dimanfaatkan ajah. Hihihi. Isinya saringan kawat, pemeras jeruk, parutan kecil, mangkok, sendok, gelas cup, dll.

3. Feeding Set
Ini juga ada yang ngadoin. Isinya piring, mangkok, gelas, slaber & sendok. Makasi yaahhh tante2 yang baik hati. HIhihi...;-*




4. Panci kecil
Kalo ini Bunda pilih yang tutup kaca biar bisa ngintip2 kalo udah mateng.

5. Panci kukusan
Ini tutup kaca juga.

6. Pisau dan Talenan Kayu
Masing2 beli 2 biar nti dipisah antara buah, sayur, ikan, ayam, daging, dll.

7. Sodetan kayu & plastik

8. Pigeon Weaning Bottle ( Botol Sendok )
Ini buat taro jus biar lebih bersih dan rapih.

9. Tepung GASOL beli di Fruiterie, Margonda Depok.
Udah beli rasa beras coklat, beras merah wangi dan tepung kacang ijo.



10. Tempat buat taro smua yang udah di steril



11. Tempat buat taro tepung Gasol mengingat semut, dkk nya suka berkelana dimana2. Hihihi.



12. Plastik Cling Wrap
Buat mengamankan sayur & buah di kulkas.



13. Ice Cubes



Sementara siy baru itu yang udah dibeli, kalo :
1. Sassy Teether Feeder


2. Slow Cooker Takahi

Bisa bulan depan ato pertengahan nti. Hihihi. Yang penting peralatan yang urgent udah syiap smuanya. Teman2ku, doakan besok MPASInya berjalan lancar yaaahhh dan moga2 Zaki mamamnya lahap. Amiiinnnn...* Bundanya bener2 ga sabar niy. Hihihi *

Senin, 17 Mei 2010

Menu MPASI 6+ Bulan Zaki

Emang paling smangat deh kalo ngomongin yang namanya makanan. Apalagi kalo itu adalah sesuatu yang baru. Kaya MPASI pertama Zaki ini contohnya. Hihihi cenengnyaaaa. Bunda emang ga pinter masak tapi Bunda akan terus smangat belajar mempelajari smua hal tentang resep2 makanan buat Zaki. Syukur2 nti Zaki doyan dan lahap makannya yaaahhh. Amiiinn. Trus apalagi kalo ditambah dengan senyuman 'kenyang' setelah makan. Waaahhh rasanya pasti bahagia banget liat tatapannya seolah bilang 'Makasih Bunda udah masakin aku'. * ngayal dot com yang moga2 jadi kenyataan nti. Amiinnn. Hihihi. *

Trus Bunda mulai deh cari2 contoh menu buat baby 6+ Bulan. Makanan apa, sayur dan buah apa ajah yang bagus buat pencernaannya, dll. Tapi teryataaaaa, Bunda kena syndrom plin plan dot com alias gonta ganti menu terus sampe akhirnya tinggal menghitung hari gini. Hahaha. Alhamdulillah punya temen2 senasib sepenanggungan, jadilah kita berkeder2 ria bareng2. Hihihi...




Untuk waktunya sendiri bisa fleksibel, tergantung mood baby dan kalo bisa saat baby dalam keadaan lapar ( bukan setelah mimik ASI ). Rencananya juga mamamnya duduk, ga digendong atopun jalan2. Trus menu juga sewaktu2 bisa berubah tergantung dari sikon saat itu. Misalnya, dipasar ga ada bahan2 yang kita butuhkan. Otomatis kita bisa ganti deh sesuka kita. Asal teteup dalam 2 - 4 days rules yah dan kita juga bisa mengcombine beberapa Puree buah sama buah yang laen asal udah sama2 lulus dari alergi ato bisa juga mengcombine bubur GASOLnya nti.

Yang Bunda kuning2in itu adalah menu baru yang Zaki nti akan cobain. Moga2 ajah dia suka smuanya. Amiiinnnn. Kalo menu kalian gimana ?...

Teruntuk Anugrah Terindahku ( 3 )

Melanjuti cerita yang Pertama dan Kedua...

Sayang,
Masih teringat slalu dalam benak Bunda saat pertama kali kita bertemu, saat pertama kali Bunda memelukmu dan saat pertama kali Bunda mendengar tangisanmu. Kehadiran kamu bener2 membuat kami sekeluarga bersyukur atas karunia yang tlah DIA berikan.

Sayang,
Tak trasa sebentar lagi kamu berusia 6 bulan. Waktu sangat sangat cepat berlalu dan banyak sekali cerita yang tlah kita alami bersama. Dan tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain liat senyum kamu setiap harinya.

Sayang,
Betapa sedihnya Bunda saat harus meninggalkan kamu untuk pertama kalinya setelah cuti Bunda berakhir. Apalagi saat itu kamu ga nangis, tapi tatapan mata kamu membuat Bunda beraaaattt sekali pisah sama kamu sayang.

Sayang,
Kamu tau betapa tersiksanya Bunda oleh rasa kangen yang teramat sangat saat waktu 8 jam ga bisa nemenin kamu dan ga bisa liat perkembangan kamu setiap harinya.

Sayang,
Betapa deg2annya Bunda tiap kali pergi ke dokter untuk imunisasi kamu. Dengan segudang penasaran berapakah berat badan kamu saat ini. Bunda mau kamu sehat terus dengan ASI ekslusif Bunda. Bunda ga mau berat badan kamu turun gara2 Bunda.

Sayang,
Kamu tau betapa lelahnya Bunda setelah pulang dari kantor. Tapi Bunda teteup smangat karena hanya satu yang slalu ada di pikiran Bunda, Bunda harus mengumpulkan stok ASIP demi kamu. Walopun Bunda harus mengorbankan jam tidur Bunda.

Sayang,
Betapa takutnya Bunda saat stok ASIP di kulkas mulai menipis. Karena kamu banyak sekali mimik ASI Bunda dan tiap hari Bunda harus slalu mengejar kekurangan itu. Bunda yakin pasti Bunda bisa. Dan ini smua demi kamu sayang.

Sayang,
Kadang2 timbul perasaan dilema untuk memerah saat wiken karena kamu slalu nempel terus sama Bunda dan lagi2, Bunda ga mau kehilangan moment sama kamu karena Bunda kangen banget tapiii satu2nya kesempatan mengumpulkan stok hanya saat wiken.

Sayang,
Betapa sayangnya Ayah sama kamu, hingga suatu saat ia pernah mengkhawatirkan kamu. Dan saat itu Bunda hanya bisa menenangkan Ayah walopun Bunda juga lebih khawatir daripada Ayah.

Sayang,
Betapa sedihnya Bunda saat Bunda harus melepaskan kamu saat breastfeeding karena Bunda harus berangkat ke kantor. Ingin rasanya terus memelukmu dan menceritakan hal2 yang baik tentang apa ajah.

Sayang,
Betapa irinya Bunda saat kamu berada dalam pelukan orang lain dan ia bisa membuat tangisanmu berakhir.

Sayang,
Betapa beratnya memperjuangkan kemauan Bunda sendiri karena begitu banyak saran2 yang ingin sekali memberi kamu makan sebelum waktu 6 bulan. Hanya karena ga tega melihat kamu slalu terlihat lapar. Bukannya Bunda tega sayang, Bunda hanya ingin memberikan kesempatan pencernaan kamu agar berkembang sempurna dulu.

Sayang,
Betapa ga sabarnya Bunda nunggu saat2 MPASI pertama kita nti. Bunda ingin melihat ekspresi kamu dan berharap moga2 kamu nti mamamnya lahap.

Sayang,
Doakan Ayah & Bunda yah, smoga smangat itu akan slalu ada karena kami yakin kami pasti bisa memberikan yang terbaik. Smuanya hanya untuk kamu sayang. Dan Bunda doakan smoga kamu slalu berada dalam lindungan & rahmatNYA. Amiinnn...

Dari Ayah & Bunda yang slalu menyayangimu. Muuuaaahhh...;-*





Kamis, 13 Mei 2010

Rencana menu MPASI pertama Zaki

Ga sabar deh rasanya nunggu 1 minggu lagi menuju MPASI plus deg2an & penasaran liat ekspresi Zaki nti. Sangat sangat berharap nti dia mamamnya lahap. Amiiiinnn. Dan untuk menunya sendiri, sebenernya Bunda udah bikin utk satu bulan ke depan. Tapi yah itu, berubah lagi berubah lagi. Hihihi plin plan dot com. Soale emang ada banyak perbedaan pendapat tentang menu MPASI pertama yang bagus itu apa. Ada yang bilang lebih baik sereal ( tepung2an ) dulu, ada yang bilang buah dulu. Tapi kalo buah dulu, nti takutnya jadi ga doyan sayur, dll. Waaaahhh jadi tambah bingung ajah deh.

Alhamdulillah dapet pencerahan setelah baca bukunya Pak Wied Harry Apriadji, judulnya 'Variasi Makanan Sehat Bayi'...:

Buah segar menjadi pilihan pertama makanan pemula pendamping ASI. Berbeda dari nasi dan makanan pokok lainnya, buah segar mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, yaitu gula buah. Kemudahan gula buah dicerna bayi mendekati ASI karena secara alami dilengkapi dengan enzim pencerna. Oleh karena itu, buah digolongkan dalam predigested food ato semidigested food yaitu makanan yang sudah separuh tercerna.

Sebaliknya, bayi usia dini ( 6 - 7 bulan ) tidak diberi karbohidrat kompleks dalam bentuk nasi dan bahan makan pokok lainnya yang tidak mudah dicerna. Lagipula, nasi dan makanan pokok lainnya tidak dilengkap enzim pencerna pati sebagaimana buah. Pisang adalah buah kaya pati. Oleh karena itu, bayi usia dini tidak diberi pisang dalam jumlah banyak ( tidak lebih dari 50 gram setiap kali makan ) dan diencerkan.

Pada tahap awal pemberian makanan pendamping ASI, biasanya bayi perlu menyesuaikan diri selama 3 – 4 hari. Walopun demikian patokan ini tidak mutlak karena ketrampilan makan setiap bayi tidak sama.

Dan buah juga merupakan sumber vitamin C, salah satu jenis vitamin yang penting untuk menjaga system kekebalan tubuh bayi. Betakaroten ( pro vitamin A ) juga banyak tersimpan dalam buah, terutama buah berwarna merah ato jingga, seperti semangka merah, jambu biji merah dan pepaya. Vitamin C dan betakaroten termasuk antioksidan kuat yang mempercepat pemulihan gangguan kesehatan pada bayi. Alpukat berlimpah asam lemak omega 3, salah satu jenis lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak bayi dan kecerdasannya.

Oleh karena itulah, akhirnya Bunda memutuskan untuk hari 1 - 3 jatuh ke Alpukat. Kenapa ? Selain alasan yang diatas tadi, Alpukat juga buah yang rasanya netral. Jadi moga2 kalopun buah yang diperkenalkan duluan, Zaki nti teteup mau mam serealia atopun sayur. Amiinnn. Trus kenapa juga Bunda hanya memakai aturan 3 hari ( dari anjuran sebaiknya 4 hari ), karena biar variasi menunya Zaki dalam 1 bulan bisa lebih banyak jadi moga2 Zaki nti ga bosen. Amiinnn. Dan Bunda juga bisa lebih gampang mengindentifikasi makanan pencetus kalo nti terjadi alergi ato pupnya susah nti. Hihihi...



Untuk hari ke 4, dst gimana ?. Baru deh Bunda kenalin satu2 sama serealia dan sayur. Serealianya jatuh ke Tepung GASOL soale banyak juga yang merekomendasiin ini jadi MPASI & banyak juga aneka rasanya. Moga2 ajah nti Zaki doyan. Amiinnn. Trus untuk minggu pertama, mgkn hanya 1 X makan ajah plus diencerkan banget. Naahh minggu ke 2, dst, mulai nambah jadi 2 X makan dengan tingkat kepadatannya yang sedikit2 ditambah dan variasi menunya yang harus ada buahnya ( Biar pupnya nti ga susah ). Amiinn...* Tambah ga sabar *

Trus dapet tips juga niy dari milis mpasirumahan smua hal tentang Alpukat :

Banyak cara buat membuat alpukat matang ( kalo ga dapet yang matang )...
1. diperam di beras 3 - 4 hari
2. dibungkus dalam kantong kertas
3. dibungkus dengan kain
4. dibungkus kertas bersama dengan apel
5. ditaruh dekat potongan tempe (ragi tempe yang bantu mematangkan alpukat)

Memilih alpukat untuk bayi:
1. pilih jenis alpukat mentega ( berdasarkan share disini lebih OK nih yang mentega )
2. pilih yang mulus, karena yang berbercak biasanya dalamnya berserat.
3. Kocok alpukat untuk mendengar bunyi bijinya. Kalau ada klotok2 berarti alpukat sudah tua.
4. warna kulit hijau muda dan keras --> masih jauh matangnya. cocok kalau mau disimpan dan tidak langsung konsumsi.

Alpukatku sudah matang ??? , berikut cara mengetahuinya :
1. kalau dipencet atau diremas sudah empuk keseluruhannya
2. bisa gunakan tusuk gigi, tusuk di bagian pangkal buahnya. jika tusuk gigi masuk dengan mudah berarti buah sudah masak. kalau masih seret, berarti masih harus diperam.
3. coba kupas sedikit kulitnya. jika mudah dikupas berarti sudah matang.

Beberapa ide mengolah alpukat untuk bayi :
1. puree + asip/formula/ yoghurt
2. puree + perasan air jeruk
3. puree + pisang kerok
4. puree + puree buah lain
5. puree + puree buah lain, lalu dibuat smoothies, simpan dalam freezer. jadi 'es krim' deh buat baby nya ( yg ini idenya menariiik niih! )

Moga2 bermanfaat yaahh moms sharingnya kali ini. Hihihi. Trus trus ( dari tadi ga slese2. Hahaha )...waktu imunisasi HIB 1 kemaren, dsa nya juga bilang gini :

MPASI adalah makanan pendamping ASI, jadi ASI teteup yang utama. Saat ini, dia makan bukan untuk kenyang. Tapi belajar & melatih otot motoriknya utk menelan, mengunyah dan mengenal rasa asli dari makanan. Trus kalo bisa juga hindari gula, garam, zat aditif makanan dan madu utk usia 6 - 9 bulan karena dapat memperberat kerja ginjal, liver dan pangkreasnya.

Mungkin kita pikir ga enak dunks yah itu makanan ga ada rasanya, dan kata Dr. Suririnah di bukunya 'Bayi belum mengerti rasa kok, jadi kita ga usah kuatir'. Malah kalo kita tambahin macem2, dia jadi bisa bedain makanan enak & yang ga enak. Hihihi...

Sekarang, mau menu MPASI pertama apa, terserah kalian ajah baenya gimana. Karena keputusan ada di tangan kita sendiri. Hehehe...Jangan lupa cerita2nya nti yaahhhh...;-*

Kalian selalu di hati

Persahabatan kami dimulai dari awal SMU. Dimana saat itu begitu banyak cerita yang telah kami lalui, tertawa, menangis, menghabiskan waktu sepulang sekolah, dll. Smuanya serba bareng2 karena kita sangat2 kompak. Hihihi. Untuk pribadinya sendiri gimana. Ya, banyak sekali perbedaaan diantara kita. Ada yang pribadi tegas, lainnya pribadi yang lembut, dll. Smuanya unik, dengan sifat masing2. Tapi itulah yang bikin persahabatan kita jadi seru. Disaat yang lainnya sedih, support & berbagai pendapat pun berdatangan. Disaat kita bahagia, kita pasti ga akan melupakan moment itu. Kita terus saling dukung...;-*

Dan saat ini, kita tlah berkutat dengan rutinitas masing2. Makanya utk cari waktu ketemuan tuh susah2 gampang. Soale mencari waktu yang sama untuk 7 orang yang punya kesibukan masing2 itu harus bener2 diatur. Dan alhamdulillah, tadi malam kita jadi ketemuan di Cheesecakefactory, Cikini. Ada yang lagi hamil, ada yang bawa anak dan ada juga yang dateng sendiri ( ga bawa babynya ). Kaya aku ini contohnya, hihihi soale pas mau dibawa, Zakinya ngantuk. Jadi biar dia bobo ajah deh dirumah. Hehehe...;-)



Mulai deh curhatan para wanita cantik ini dimulai ( Girls only ). Hehehe. Janjian dari jam 4 sore ( Maapkeun diriku telat dateng ) dan akhirnya baru pada pulang jam 9 malem. Hihihi itu juga masih kurang puas mengingat banyaknya cerita yang harus diceritain. Yuukkk ketemuan lagi yuuuukkk. Really really miss u girls...^_^

Dan kita emang jarang ketemu, jarang menghabiskan waktu bareng2 lagi ga kaya dulu. Tapi aku bahagia memiliki kalian, aku bersyukur bisa bertemu dengan kalian dan ga akan melupakan apa yang kita pernah lakukan dulu. Nice to meet you girls. Kalian selalu dihati dan akan tetap dihati. Luv you all...;-*

Senin, 03 Mei 2010

Zaki dan bumbo seatnya

Mulai lagi diary hari ini tentang Zaki...( 4 Mei 2010 )...

Karena anak Bunda ini mulai ga bisa diem kalo digendong dan kalo digendong maunya menghadap ke depan dan kalo udah dalam posisi duduk badannya condong2 kedepan sendiri. Makaaaaa jadilah Bunda memutuskan untuk menyewa bumbo disini biar Zaki bisa bebas belajar duduknya dan juga buat persiapan MPASI karena Bunda ga mau Zaki mam nti sambil digendong2 atopun sambil jalan2 ke taman yang banyak debu itu. Bunda mau ngajarin Zaki kalo mam itu harus duduk. Abis mam, baru boleh deh jalan2 ato maen ke taman. Trus kenapa bumbonya sewa ?. Soale ga bertahan lama dan takutnya di bagian pahanya ga muat alias Zaki cepat membesar. Hihihi bahasanya. Cepet gede maksudnya...;-)

Zaki setiap hari slalu penuh dengan pembelajaran, belajar balik badan sendiri, belajar duduk sendiri, belajar mengenal orang, suara, dll. Dan itu smua perlu dukungan soale mereka hanya butuh itu. Jadi tiada hari tanpa belajar. Hihihi. Ayoooo sayaaaanggg, smangaaattttttt. Kamu pasti bisaaaaaaa...;-*

1 Mei kmrn datenglah si bumbo kerumah dan inilah ekspresinya...:

Awal2 mukanya masih bingung, 'Aku duduk dimana niy Bundaaaaa'...



Ga lama kegirangan sendiri, mulai ga bisa diem deh...



Trus pas tray nya dipasang, mulai penasaran 'Ini apa ciiiii Bundaaaa, boleh aku makan ga yah ?'. Hihihi...



Dan abis itu, si bos kecil pun santaiiiii. Soale sambil diskusi sama Bunda 'MPASI awal enaknya mam apa yaahhh Bundaaaaa ?'. Hihihi. Liat ajah tuw tangannya yang satu udah kebelakang bumbo. Hahaha...



Dan kenapa ini bumbo warna ungu. Otomatis karena obsesi Bundanya yang ga kesampean ngedandanin Zaki warna ungu. Secara ye bow, doi kan cowo. Masa iya Bunda pakein baju ato baby stuff laennya ber-ungu-mania. Machonya ilang dunks nti. Hihihi. Jadi, maapkeun Bunda yaahh sayang kalo bumbo ini bukan warna kesukaan kamu. Hihihi...;-*