Kamis, 29 April 2010

Bunda tau kamu slalu berusaha

Kalo mo crita tentang Zaki, bawaannya senengggg ajaahhh. Soale dia makin gemesin skrg. Udah bisa ketawa cekikikan kalo lagi becanda dan udah bisa ngambek kalo lagi digodain ada makanan di depannya trus makanan itu diambil. Hahaha cuma diledekin doang siy sebenernya trus ngetes, dia cuek apa ga. Eh ternyata, malah antusias banget kalo liat makanan. Tangannya ga bisa diem, udah mau ngambil ajah trus dimasukin ke mulut. Hihihi...

Sebenernya cerita ini rangkuman dari kejadian yang aku alami bersamanya. Soale hampir sebelum shubuh setiap harinya, Zaki membangunkan kita berdua dengan ocehannya. Bukan itu ajah, Zaki juga slalu miring2 sambil terus berusaha tengkurep & balikin badannya sendiri. Dibarengi sama ocehannya yang setengah teriak seakan2 berkata untuk menyemangati dirinya sendiri. Ayah Bundanya juga ikutan nyemangatin walopun pada akhirnya Zaki nangis juga karena teteup belum bisa balikin badannya sendiri...

Setelah udah tenang, aku pikir dia mau mimik soale posisinya udah kaya biasa mo mimik sambil boboan. Ternyata, anak Bunda ini miring2 lagi & berusaha utk ngelakuin hal yang sama kaya sebelum shubuh tadi...









Abis tengkurep sambil ngoceh2 sendiri trus angkat2 pantat yang maksudnya pengen coba usaha balikin badan dan teteupppp belum berhasil juga, akhirnya anak Bunda kecapean trus gini deh ekspresi mukanya...Hihihi...



Sayang, Bunda ga melihat kamu gagal. Ayah sama Bunda ga marah kamu ga bisa balikin badan sendiri. Bunda seneng banget liat kamu ga nyerah karena Bunda tau kamu bisa lakuin itu smua...walopun blm utk saat ini. Smangat trus yaahh sayang dan jangan pernah menyerah karena Ayah sama Bunda akan slalu ada di belakang kamu. Luv u always. Muuuuaaahhh...;-*

Selasa, 20 April 2010

Perkembangannya di bulan ke 5

Alhamdulillah Ya Rabb, anak Ayah & Bunda sekarang udah makin besar, sehat & makin lucu. Kutitipkan ia hanya padaMU yang menggenggam sgalanya. Banyak keajaiban baru tiap harinya dan rasanya tuw makin dekeeetttt ajah walopun kangen banget kalo jauh2 dari Zaki. Ga ada yang bisa gantiin kebahagiaan slain ngeliat senyumnya tiap hari & denger ocehannya tiap hari. Hehehe...



Sekarang lebih banyak lagi crita yang bisa Bunda critain tentang kamu sayang. Ini dia perkembangannya di Bulan ke 5 :
  • BBnya waktu imunisasi tgl 6 April kmrn ( 4,5 bulan = 6,5 kg ). Kalo sekarang siy berharap lebih dari itu. Amiinn. Mo berapa ajah yang penting sehat...^_^
  • Lagi suka gigitin bibir yang bawah. Ini ga tau tanda2 mo tumbuh gigi karena gusinya udah gatel ato tanda2 baby udah siap makan yah...;-)
  • Mukanya antusias banget kalo liat ada makanan didepannya. Bawaannya pengen nelen ajah. Hihihi. * tanda2 siap makan juga *
  • Kalo lagi mimik ga bisa diem. Dari mulai tangannya yang kesana kemari maenin baju Bundanya, mencet2, megang muka & rambutnya sendiri sampe2 kakinya nendang2 cari posisi uenak. Jadi kalo mimik udah ga berlaku lagi deh tuw yang namanya posisi kepala, badan & kaki yang tegak lurus. Lah wong kadang2 kakinya kemana, badannya kemana. Jadi tugas Bundanya deh yang meluruskan kembali posisinya ke posisi semula.
  • Bobonya ga menetap. Alias udah mulai miring2 dari posisi telentang rapih sampe posisi berubah 90 derajat. Hihihi. Otomatis lahan Ayah Bundanya digusur sampe2 cuma bisa bobo dengan tempat secuil doang. Hahaha...* ngalah demi anak *. Trus waktu itu juga pernah, Zaki lagi bobo anteng di dalem tudung saji yang utk nyamuk itu ( ga tau namanya ) & pas lagi ditinggal makan dia nangis trus bobo lagi. Pas diliat lagi, kondisinya udah beda yaitu kakinya berada diluar tudung saji & badannya masih didalem tudung saji. Hahaha intinya adalah dia pengen keluar dari tudung saji sambil nendang2in kakinya & angkat2 tudung sajinya tapi baru separo badan udah sadar dari bobonya. Hihihi pas diintip matanya lagi berbinar sambil maenin jari2nya. Hahaha...Harus mulai diawasin niy bobonya...;-)
  • Suka meniru mimik muka orang didepannya. Misalnya lagi digodain lidahnya dikeluarin, eh ternyata dia ngikutin. * nyesel, ga lagi2 godain kaya gini *
  • Mulai mencari arah suara yang memanggilnya Zaki. Pernah waktu itu manggil dari tangga atas. Dia nyari2 sambil liat2 keatas. Hihihi...
  • Makin sering ngoceh. Dulu ngocehnya 'Uh..uh..uh..' ajah. Skrg udah makin kenceng sampe teriak2 'A...a...a...'. Kalo diladenin bisa makin panjang itu obrolan. Hahaha...Tapi untung ajah ngocehnya mulai rutin setelah shubuh jadi ga ada lagi yang namanya malem2 minta ditemenin melek...;-)
  • Bobonya makin panjang jamnya. Paling malem2 bangun 2 ato 3 kali minta mimik.
  • Pupnya juga makin jarang. Waktu itu pernah hampir seminggu ga pup. Bundanya udah kuatir ajah knp2. Ga taunya wajar, soale ASI udah terserap sempurna di ususnya.
  • Suka kucek2 muka dan kepalanya. Dari buku yang pernah dibaca siy, ini tanda2 baby lelah. Tapi waktu itu sempet bertanya2 juga, kok sering yah. Padahal di mukanya ga da merah2 gatal ato di matanya juga ga merah. Jadi berharap siy, ini tanda2 dia lelah & ga berbahaya yah. Amin.
  • Kalo lagi belajar smart card, mukanya ceria seneng banget liat warna warni. Tangan dan kakinya digerak2in. Tapi waktu itu juga pernah waktu belajar smart card, mukanya serius banget kaya anak gede lagi mikir & abis itu langsung keringetan. Ga tau ini karena kegerahan ato karena abis konsentrasi tingkat tinggi yah. Hahaha...Pernah suatu pagi, pas Zaki lagi ngoceh ( untungnya sempet di videoin juga ), samar2 terdengar Zaki nyebut kata 'Sa...tu...' dengan masih terbata2 sambil liatin jari tangannya kaya orang lagi ngitung. Ga tau ini efek dari smart card ato bukan soale tiap hari suka belajar angka sama aneka warna...;-)
Dan yang belum berubah :
  • Masih suka maenin ludahnya & masukin tangan ke mulut. Sebenernya bukan cuma tangannya ajah, ya tangan yang gendong, ya bantal, ya alas ompol, smuanya pengen dimasukin ke mulutnya. * tanda2 baby siap makan juga kayanya *. Hihihi...
  • Belum bisa balikin badannya sendiri dari tengkurep. Jadi masih suka nangis. Akhirnya kalo udah gini, Ayah Bundanya terus kasih smangat ajah sambil liatin mukanya dia yang lagi nangis minta dibalikin badannya. Hehehe...
Yups sekian gosip tentang anaknya Bunda kali ini. Hihihi. Moga2 kamu slalu sehat yaahhh cayang dan smoga Allah SWT slalu mengisi hatimu dengan sifat2 yang baik & slalu melindungimu dimanapun kamu berada. Amiinnnn. Ayah & Bunda sayang kamu. Muuuaaahhh...;-*

Minggu, 18 April 2010

Slalu ada saat pertama kali

Akhir2 ini ga tau kenapa kok jadi so worried kalo liat2 isi kulkas. Knp ?. Soale stok ASIP saat ini tinggal 32 botol ( @ 60 - 80 ml ). Dimana skrg Zaki mimi udah mulai mencapai 10 botol tiap harinya. Pernah waktu itu mencapai 14 botol. Hehehe. Banyak amat yaaahhh. Gpp deh, Bunda jadi harus lebih smangat lagi mompanya. Makanya saat wiken, bener2 aku manfaatin buat ngumpulin stok lagi. Dan kendalanya skrg adalah Zaki kalo wiken itu maunya nempel terus sama Bundanya. Dia seolah2 tau kalo Ayah & Bundanya lagi ada dirumah. Jadi kadang2 saat wiken, baru bisa mompa itu malem pas Zaki udah bobo. Tapi kangen cukup terobati karena dari pagi mpe sore puas maen sama Zaki. Hihihi walopun malemnya harus ngorbanin waktu tidur buat kumpulin stok lagi. Gpp sayang, Bunda ceneng kok. Hehehe...;-*

Dan kebeneran wiken ini ada kondangan sodara. Diusahain banget buat dateng tapi langsung mikir Zaki dibawa ato ga yah ?. Kalo ikut dari akad kasian kecapean, kalo ga ikut otomatis akan lebih banyak lagi stok ASIP yang kepake, kalo ikut nti takut rewel, dll. Huaaaaaa bener2 bingung. Soale emang baru kali ini Zaki ikut kondangan. Hihihi. Akhirnya jadilah keputusan kita ikut resepsinya ajah. Mulai deh nyiapin peralatan perangnya Zaki, yang terdiri dari :

- Stroller
- Alas utk di stroller + Bantal
- 3 Mamipoko
- 2 Baju ganti, 2 kaos kaki, 2 kaos dalem
- Saputangan utk iler
- Handuk kecil utk mengeringkan pantat
- Gendongan baby
- Minyak telon, baby cream, baby cologne, baby lotion
- Pigeon Baby Wipes ( Tisue Basah )
- Plastik utk Baju Kotor + utk sampah dispo habis pakai
- Koran utk alas ( model tas tp bisa diubah utk tempat ganti popok )
- 2 Alas ompol utk alas di tas tempat ganti popok
- Pashmina ( yg fungsinya sama kaya nursing cover, soale nursing covernya blm ada. Hihihi )

Ternyata lebih heboh anaknya yah daripada emaknya. Tuh barang bawaan udah kaya mo pindah ajah. Hehehe. Dan berangkatlah kita & slama diperjalanan Zaki mimik. Eh, pas udah nyampe doi malah bobo pules banget.



Yaud setelah aku isi buku tamu langsung ajah menuju ruang rias among tamu cewe soale adem. Hihihi. Dan ternyataaaaa, disana ada banyak emak2 plus babynya. Ada yang lagi mimik, maen, lari2, nangis, bobo, dll. Jadilah itu ruangan mirip kaya ruangan bermain utk para baby. Hihihi lucuuu banget. Ternyata Zaki ga sendirian, banyak temennya disini...;-). Dan ga lama Zaki bangun trus kita bawa keluar ruangan. Dia seneng banget, apalagi kalo liat Bundanya lagi pegang piring isi makanan. Bawaannya udah mau nelen ajah dia. Hahaha mupeng. Abis itu ketawa ketiwi liat orang2 banyak. Tapi pas mau foto keluarga dia nangis ( udah capek + ngantuk kayanya ). Jadi ga ikutan foto deh & dibawa jalan2 lagi keluar ruangan yang agak sepi. Bener ajah, pas pulang di mobil dia mimik trus bobo...



Kata2 seorang sobat yang slalu gw inget trus 'There always be the first time'. Akan ada saat kita pertama kali ke mall, pertama kali berenang, pertama kali kondangan, dll. Kalo kita ga nyoba pasti kita ga tau akan ada cerita apa di dalamnya, kita ga brani utk ngelakuin itu karena takut macem2, dll. Tapi ternyata, ga sesulit yang kita bayangin kok. Malah kenyataannya kita bisa lebih fun soale ada baby kita yang nemenin kita kemana ajah kita pergi...;-*

Syenaaaangnyaaaaa. Alhamdulillah....;-)

Senin, 12 April 2010

MPASI & persiapannya


Emang siy...masih 1 bulan 1 minggu lagi menuju MPASI ( jatuh tanggal 21 Mei 2010 ). Tapi waktu berjalan dengan cepat bukan ?. Apalagi godaan2 slalu datang. Misalnya aja niy, saat kita lagi makan di meja makan, Zaki ngeliatin terus sambil ngences & ditambah dengan raut muka yang ingin tau makanan apa ajah yang ada di meja. Banyak deh yang ga tega & mulai meracuni dengan menyuruh aku utk mulai memberikan biskuit, pisang dan teman2nya. Hihihi. Tapi teteup dunks no no no no, Bundanya Zaki ini kekeuh sumekeh sabar menunggu waktunya tiba utk mulai kasi Zaki MPASI. Soale bukan apa2, kan demi kesehatannya Zaki juga sambil nunggu pencernaannya siap mengolah makanan2 tsb.

Trus mulai deh grasak grusuk nyari info sgala hal ttg MPASI. Dan beruntunglah Bubun Olel kasi tau kalo aku suruh gabung ajah di milis mpasirumahan yang ternyata emang banyak banget ilmu2 baru yang kita dapet. Hehehe syenangnyaaaa...

Ditulis bebas oleh Depezahrial
SUMBER : www.wholesomebabyfood.com

Dan ternyata ada aturannya lho, sekilas kok sepele tapi ternyata penting banget, seperti :

1. Berikan bayi makanan yang SAMA selama 4 hari berturut-turut. Hal ini untuk melihat, apakah ada reaksi alergi dari si anak terhadap makanan.
2. Jangan memperkenalkan lebih dari 1 macam makanan baru dalam satu waktu. Kalau kita mencampur lebih dari 1 makanan dan ternyata terjadi alergi, kita nggak akan tahu makanan mana yang bikin alergi.

Nggak usah mikir apakah bayi akan bosan atau tidak. Kebanyakan bayi baru makan belum ngerti apa yang mereka makan. Asalkan rasanya nggak beda jauh sama yang mereka ‘makan’ sebelumnya… yaitu ASI / Sufor. ( itulah sebab makanan bayi pertama kali sebaiknya dibuat encer dengan tambahan ASI / Sufor )

Kedua aturan simple tadi akan sangat membantu, terutama kalau memang ada ‘turunan’ alergi dari orang tua/keluarga. Reaksi alergi itu sendiri biasanya akan muncul dalam 24 jam setelah makanan masuk dan akan lebih baik mengenalkan makanan baru di pagi hari atau siang hari.

Kenapa? Karena, kalau misalnya terjadi reaksi alergi, kita bisa dengan mudah membawa ke dokter. Dan kalaupun parah, akan lebih mudah mencari bantuan di siang hari daripada malam hari kan ?.

Naah.. bila bayi sudah diperkenalkan pada sebuah bahan makanan dan nggak terjadi reaksi alergi / reaksi pencernaan, baru deh boleh dicampur-campur… AMAN !

Waaaahhhh aku makin excited ajah niy, apalagi kalo ngebayangin Zaki mamam dengan lahapnya. Pasti gemesin banget nti. HIhihi tambah ga sabar...;-*

Trus lanjut lagi dengan hunting buku2 yang berisi sgala macam resep makanan baby dan smua hal tentang MPASI...


Buanyaaakkk juga yah. Hehehe. Sekarang tinggal berharap moga2 Zaki mamam nya lahap dan smua jenis makanan sehat bisa masuk ke perutnya. Biar makin nduuutttt dan berat badannya nambah nti. Amiinnn...Om & Tante, doakan yaaahhh...;-)

Selasa, 06 April 2010

Teruntuk Anugrah Terindahku ( 2 )

Melanjuti cerita yang pertama...

Sayang,

Betapa bahagianya Bunda saat pertemuan pertama kali kita. Kamu begitu mungil sekali dengan berat badan 2,9 kg dan panjang 49 cm. Tangisan pertamamu jam 03.35 WIB dan kamu langsung ditaruh di dada Bunda utk IMD tapi kamu malah tertidur pulas. Kamu kecapean kali yah saat dorong2 Bunda untuk keluar melihat dunia...;-)

Sayang,
Betapa groginya Bunda saat membawa kamu pertama kalinya kerumah. Dengan segala ketidaktahuan Bunda tentang baby dan Bunda masih harus belajar lebih banyak lagi untuk mengenal kamu agar kita bisa semakin dekat sayang...

Sayang,
Betapa campur aduknya perasaan Bunda saat ASI Bunda belum keluar dan baru keluar di hari ke 4. Begitu banyak godaan2 dari luar yang kasih masukan macem2 untuk begini begitu dan ga sedikit juga yang menyalahkan 'ASI nya ga keluar karena Bundanya bla bla bla siy...'. Bunda sedih sayang tapi Bunda harus teteup kuat demi kamu karena Bunda bertekad untuk slalu memberikan yang terbaik untuk kamu. Walopun Bunda harus sabar menunggu sampe tiba saatnya ASI Bunda mengalir untuk kamu...

Sayang,
Betapa senangnya Bunda ketika melihat ada cairan putih saat kamu slese minum dan kamu terlihat kekenyangan. Alhamdulillah ASI Bunda udah keluar. Dan saat melihat muka kamu, bikin Bunda sangat2 bersyukur atas sgala anugrahNYA...

tapi Sayang,
Betapa sedihnya Bunda saat pertama kali ASIP, Bunda hanya berhasil mengumpulkan 30 ml ajah. Dan Bunda ga boleh berhenti untuk terus memerah ASI untuk kamu. Alhamdulillah, smangat itu slalu ada. Kamu tau ga sayang, waktu itu Ayah pernah bangun juga jam 2 pagi untuk nemenin Bunda memerah dan slalu menyemangati agar Bunda ga nyerah.

Sayang,
Betapa bingungnya Bunda saat sesuatu terjadi sama kamu. Dan lagi2, Bunda sangat2 bersyukur akan banyaknya informasi yang Bunda dapatkan dari keluarga, buku2, internet maupun dari sahabat2 Bunda yang punya kisah serupa. Bunda bahagia karena Bunda ga sendirian. Slalu ada yang nemenin Bunda seiring berjalannya waktu...

Sayang,
Ayah sayang banget sama kamu. Slalu kamu duluan yang Ayah tanya kabarnya. Bunda cemburu ?. Iyaahhh Bunda cemburu, tapi rasa bahagia Bunda ketika tau kabar kamu baik2 ajah dirumah mengalahkan rasa cemburu Bunda...

Sayang,
Ayah juga sayang banget sama Bunda. Saat Bunda mengalami baby blues dan saat ada pihak2 yang menyalahkan dan menyarankan Bunda karena ini itu di awal2 kelahiran kamu. Ayah slalu mendukung Bunda untuk terus melihat kamu. Untuk apa ?. Biar Bunda bisa slalu kuat saat Bunda ingat wajah & senyum kamu. Karena Bunda yakin Bunda pasti bisa jadi Bunda yang terbaik untuk kamu walopun Bunda yakin Bunda bukan Bunda yang sempurna...

Sayang,
Sebentar lagi kamu MPASI, kita sama2 berjuang yah sayang. Karena pasti akan ada saran2 baru untuk kamu yang tentu ajah akan Ayah & Bunda telusuri dulu sumbernya dan Bunda akan lebih hati2 dalam hal ini karena smua itu menyangkut tentang kesehatan kamu di masa mendatang.

dan saat ini,
Kamu telah berusia 4,5 bulan. Tiada kebahagiaan selain melihat senyum kamu setiap harinya. Tiada hal yang bisa mengobati rasa kangen Bunda selain bisa slalu ada disamping kamu untuk mengikuti perkembangan kamu dan Bunda rasanya ingin terus memeluk tubuh kamu biar kamu tau ada Bunda disini yang akan slalu menjaga kamu.

Sayang,
Betapa kangennya Bunda saat jauh dari kamu. Tiap saat slalu nanyain kabar kamu dirumah dan rasanya pengen cepet2 pulang ajah untuk deket2 sama kamu lagi. Bunda kangeeeeeennnnnnnnn...

dan Bunda mohon padaNYA, agar :
Kamu slalu berada dalam lindunganNYA, diberikan kesehatan jasmani & rohani, Allah SWT slalu mengisi hatimu dengan sifat2 yang baik dan smoga Allah SWT slalu merahmatimu dengan berkah yang tak putus. Amiinnn...

Cun cayang dari Ayah & Bunda. Luv u always. Muaaahhh...^_^