Selasa, 30 Maret 2010

Ketika Zaki Terapi Uap

Saat itu kudengar tiba2 helaan nafasnya yang agak berat dan laen dari biasanya. Huuaaaa apakah pilek itu datang ?. Dan bener ajah, malam itu Zaki ga bisa bobo, maunya mimik sambil dipeluk terus dan dengan nafas yang agak2 beda dari biasanya. Tapi alhamdulillah ga sampe demam siy, jadi masih agak2 tenang dikit walopun parno juga takut Zaki knp2.

Besoknya langsung deh cari2 informasi tentang Pilek dan cara menghilangkannya secara alami. Soale Zaki kan masih baby. Jadi smua perbuatan yang aku lakuin itu harus ati2 banget. Demi kesembuhan Zaki tentunya. Hihihi. Dan dapet deh info dari Bunda Belva dan Ibu purnamawati :

BATUK
Jika kita membaca literatur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing ( kacang, dsb ). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya. Andaikata kita perhatikan sejenak para penderita Stroke misalnya. Karena ada gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru-paru dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tersebut.
Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk kesaluran nafas kita. Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi. Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung s/d 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila dirumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.

Tatalaksana :

Cari PENYEBAB batuk.
Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir. Melalui cara :
  1. Minum banyak yang hangat misalnya lemon
  2. Jangan ada asap rokok
  3. Ruangan jangan kering ( Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan lebih lembab, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)
  4. Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi
  5. NO – ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik
  6. NO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk( seperti DMP ). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu kandungannya codein ( sejenis narkotika ) yang tidak diketahui manfaatnya. Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya ! Pengencer dahak yang paling aman adalah air putih hangat. Minum.. minum.. minum.

PILEK ( COLDS & FLU )

Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 – 14 hari rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau di sekolah. Jika bayi dan anak memiliki saudara kandung yang lebih besar dan sudah bersekolah, maka ia sangat potensial sering mengalami colds & flu. Tidak ada obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh anakterhadap infeksi virus flu akan meningkat sejalan dengan waktu

Tatalaksana:

  1. Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.
  2. Supaya "ingus" tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril "NaCl" sebagai tetes hidung ( merk dagang "Breathy" ). Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek samping dan aman untuk bayi berusia diatas 1 bulan. Menghirup uap air panas yang sudah ditetesi minyak kayu putih juga banyak membantu saat mengalami colds & flu.
  3. Apabila pada malam hari tidak dapat tidur karena hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung ( Breathy ).
  4. Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan ber AC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi air mendidih yang sudah ditetesi minyak kayu putih setelah anak tidur.
  5. Paracetamol – bila bayi/anak uncomfortable atau high fever ( >38.5 )
  6. Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yg mengenai hidung, anak juga akan "meler" tetapi anak tidak demam, tetap aktif bermain. Bukan berarti juga anak menderita infeksi virus flu.

Pencegahan:

  1. Sering cuci tangan
  2. Hindari kontak erat dengan penderita flu
  3. Jaga kebersihan rumah seperti di kamar mandi, dapur, dsb.

Kapan menghubungi dokter?

  • Persistent cough, fever > 72 hours
  • Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru
  • Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)

Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi dan anak.

Sedikit tips, bila anak / bayi batuk pilek, lakukan home treatment berikut :

  1. Jemur matahari pagi.
  2. Terapi uap. Pada saat bayi tidur, tutup pintu kamar / jendela dan buat ruangan menjadi lebih humid dengan penguapan selama 10-15 menit, yaitu dgn menggunakan ember / teko listrik yg diisi air panas yg ditetesi minyak telon / minyak kayu putih yg diletakkan di sudut ruangan. Terapi uap ini bisa dilakukan 2 atau 3 kali sehari.
  3. Perbanyak ASI...ASI...ASI ( bayi ). Kalau untuk anak, kasih intake cairan yg hangat2, air putih, kuah sup. Untuk pengencer dahak paling ampuh & aman adalah air putih hangat.
  4. Jika tidur nya terganggu karena ingus yg bumpet, tetesin dgn cairan NaCl0.9% (merk dagang 'breathy'). Aman kok buat bayi mulai usia 1 bln ke atas.
  5. Olesin dadanya dgn transpulmin BB ( baby balsam ) tipis2 ( khusus untuk bayi ) untuk memberikan efek hangat.
  6. Pada bayi usia lebih dari 6 bln, saat tidur letakkan di samping bantalnya sapu tangan yg telah ditetesi minyak kayu putih. Ini untuk melegakan pernapasannya dan memberikan efek hangat.
  7. Matikan AC.
  8. Hindari asap rokok.

Semoga bermanfaat yaahhh.

Dan langsung deh dicoba hari itu juga, matiin AC, terapi uap pas Zaki bobo dan olesin transpulmin BB ( baby balsam ) tipis2 di dada & punggungnya. Alhamdulillah anak Bunda udah ga pilek lagi. Hihihi. Makasi banyak yaahhh Bunda Belva dan Ibu purnamawati.

Kamis, 25 Maret 2010

Zaki dan kartu bermainnya

Alhamdulillah...anak Bunda sekarang udah makin sering ngoceh2, dengan bahasa baby tentunya. Hihihi. Abis yang ngerti cuma dia doang. Paling kita cuma ketawa2 ajah dengernya. Soale suka tiba2 ajah gitu ocehannya pas kita lagi bobo ato lagi diem.

Naahhh, karena itulah Ayah dan Bundanya ini kadang2 mati gaya alias suka kehabisan kata2 kalo ada di hadapan Zaki. Misalnya kalo Zaki lagi santai dan minta diajak maen. Abis anak Bunda ini ga suka berlama2 didepan tv, waktu itu pernah nyoba duduk sebentar, eehhh ga lama langsung nangis. Yowes, diajak pergi deh keruangan laen sambil ngobrol2 lagi. Hihihi. Dan kalo udah diajak liat yang warna warni, pasti Zaki suka banget. Terbukti saat Ayah Bundanya bacain buku cerita yang banyak gambarnya. Tapi lagi2, kadang2 kalo udah super duper cuapek & ngantuk banget, jadi suka garing, ga nyambung dan agak2 maksa ceritanya. Padahal kan harusnya buku cerita itu dibacain dengan alur yang oke. Hahaha. Lah ini maen spontan ajah yang ada dipikiran langsung diutarain. Mgkn Ayah Bundanya harus lebih kreatif lagi niy mencari2 crita baru nan oke buat dongeng ke Zaki nti. Hihihi...

Trus, mulai deh muter2 mikir hal baru yang bikin Zaki enjoy itu apa yah kira2 dan berguna juga untuknya. Akhirnya ketemu deh jalan keluarnya. Hihihi...ini diaaaaa...



Jangan anggap remeh otak balita. Hasil penelitian para ahli mengungkapkan, perkembangan otak manusia paling pesat terjadi pada usia 0 - 5 tahun. Pada rentang usia ini pula, balita akan sangat mudah menyerap segala rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Karenanya, metode smart card sangat tepat untuk membantu meningkatkan kecerdasan balita kita.

Manfaatnya :
  • Merangsang perkembangan dan meningkatkan kecerdasan otak balita.
  • Menambah perbendaharaan kata.
  • Melatih kemampuan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat otak.
  • Memudahkan orangtua dalam mengajarkan balita mengenal angka, huruf, warna dan bentuk sejak usia dini.
Pas diajak maen kartu ini, Zaki seneng banget. Soale kan ada banyak macem, ada pengenalan angka 1 - 20, mengenal huruf A - Z, mengenal warna, mengenal bentuk, mengenal kata, mengenal hewan, dll. Hihihi. Dan yang bikin Bundanya seneng, acara kenal mengenal ini udah bisa mulai dilakuin pas baby kita umur 4 bulan lho. Jadiiii yuuukkk ajak baby kita mengenal lebih dalam lagi tentang hal2 baru. Hehehe...^_^

Kamis, 11 Maret 2010

Berharap bisa mengejar

Ga trasa ngantor udah berjalan kurang lebih 3 minggu. Dengan sgala cara akhirnya lama2 terbiasa juga dengan rutinitas yang baru. Dimana waktu jadi trasa berjalan begitu cepat. Gimana ga, sampe kantor langsung mompa, kerja, mompa lagi, mpe rumah makan, dll trus lanjut mompa lagi. Hihihi. Trus kapan maen sama Zaki ?. Waktu inilah yang akhirnya jadi berhargaaaa banget. Soale kadang2 pas gw pulang, Zaki udah bobo dan bangun2 nangis karena haus trus lanjut bobo lagi mpe pagi. Dan Alhamdulillah, tiap hari Zaki udah teratur jam bangunnya. Jadi sekarang alarmnya bukan jam lagi tapi ocehannya yang bisa gw denger tiap pagi. Hihihi. Lumayan bisa maen sama Zaki 1 jam sebelum berangkat ke kantor. Biasanya dia anteng, ketawa2, ngoceh2, maenin ludahnya sambil matanya berbinar2 kegirangan. Tambah berat ajah rasanya ninggalin dia dalam kondisi seneng kaya gitu. Huhuhu...

Dan sekarang ada kerjaan baru lagi yaitu nanya2 kabar Zaki dirumah sampe waktu itu pernah saking kangennya nelpon kerumah pas Zaki lagi maen & ga lagi bobo. Pas gw ajak ngobrol dia ngerespon, walopun responnya masih belum jelas. Tapi rasanyaaaa tuh bahagiaaaa banget bisa denger suaranya dari jauh & tentu ajah jadi pengen buru2 cepet pulang. Huhuhu Bunda kangeeeennn...;-*

Trus pertanyaan yang paling sering gw tanyain ke orang rumah adalah tentang stok ASIP, berapa ml kah dia minum hari itu. Soale Zaki ga bisa diprediksi jumlah tetap mimik ASI nya. Jadinya gw uji coba slama 10 hari utk tau berapa ml siy dia mimik. Dan karena banyaknya pertanyaan, moga2 info ini bisa membantu para mommy utk lebih smangat lagi mempersiapkan stok ASIPnya. Ini dia hasil surveinya ( usia Zaki setelah 3 bulan ) :

Hari 1 : 390 ml, frekuensi 5X mimik ASI
Hari 2 : 335 ml, frekuensi 4X mimik ASI
Hari 3 : 505 ml, frekuensi 5X mimik ASI
Hari 4 : 470 ml, frekuensi 6X mimik ASI
Hari 5 : 430 ml, frekuensi 5X mimik ASI
Hari 6 : 355 ml, frekuensi 5X mimik ASI
Hari 7 : 470 ml, frekuensi 7X mimik ASI
Hari 8 : 580 ml, frekuensi 6X mimik ASI
Hari 9 : 615 ml, frekuensi 8X mimik ASI
Hari 10 : 630 ml, frekuensi 8X mimik ASI

Dan kesimpulannya adalaaaahhhhh mimiknya Zaki makin hari tambah buanyaaakkk. Cukup bikin deg2an juga sama stok ASIP niy jadinya. Huhuhu. Takut ga kekejar dengan hasil stok ASIP pompaan tiap harinya. Tapiiii, slama ada kemauan, pasti ada jalan bukan. Moga2 niat teteup ASIX bisa tercapai dengan sgala halangan & rintangan yang menghadang. Amiinnnn. Hihihi bahasanyeeee...

Jangan lupa doakan aku yaahhhh teman2 dan teteuppp smangaattttt juga smuanyaaaa...;-*

Award oh award



Alhamdulillah dapet award dari Wian dan Fie. Maaci yaahhh darliinggg...;-). Moga2 kita bisa terus berbagi cerita tentang apaaaa ajaaahhh yaaahhh...;-*

Dan saatnya berbagi kebahagiaan jugaaa ke temen2ku yang lainnya, ini diaaaaa :
1. Dhita
2. Tya
3. Lia
4. Sari
5. Deedee

Buat yg terima award, ini dia petunjuknya...
  1. Pasang gambar award di blog dengan menyertakan link para blogger yg menerima award dari kamu.
  2. Boleh disebarin boleh ga, boleh 5 atau boleh 10.

Minggu, 07 Maret 2010

ASIP dan sgala solusinya

Kayanya ga ada habis2nya deh kalo ngebahas soal ASI, dkk nya. Hehehe. Soale ternyata banyak hal2 baru lagi yang kita alami. Nah, dengan berbekal pengalaman itulah, mgkn gw akan sedikit banyak share yaaahhh sama kalian...

Breastpumpt electrict ato manual ?
Keduanya punya kelebihan ato kekurangan masing2. Untuk yang electrict, kalo dengan pemakaian yang tidak benar mgkn nti akan dirasakan efek ngilu2 di awal2 pemakaian. Tapi lama2 ga kok & enaknya pake electrict ini, kita bisa atur kecepatan daya hisap pompanya. Kalo yang manual, info dari temen yang udah pernah pake siy, keluhannya cuma pegel ditangan ajah soale yang pegang kendali cuma tangan. Hihihi. Jadi pilihan terserah kalian ajah yah.
Trus setelah ASIP terkumpul, bisa dipindahin ke kulkas kantor ato ke coolerbox.

Kapan waktu terbaik utk mompa dikantor ?
Sebenernya ga ada patokan harus berapa jam sekali. Soale ada yang PD nya memproduksi ASI lebih cepat, jadi kalo PD udah trasa penuh, langsung ajah dipompa. Trus ASI itu kalo makin sering dipompa akan smakin banyak karena PD akan sering kosong dan akan memproduksi ASI lebih banyak lagi. Jadi, perlunya manajemen waktu biar waktu mompa ga mengganggu waktu kerja. Hehehe. Cara mencucinya, kita bisa sedia sikat & sabun dikantor. Trus disteril di aer panas, soale kan ga bisa ngerebus dikantor.

Kapan mulai sedia stok ASIP ?
Lebih cepat lebih bae. Soale di awal2 setelah kelahiran, biasanya baby lebih sering bobo. Jadi kita bisa manfaatin waktunya utk mompa. Kalopun antara 1 - 1,5 bulan sebelum masuk kerja mulai stok ASIP, teteup oke kok.

Gimana kalo lagi mompa dirumah, baby tiba2 bangun ?
Kita bisa lanjutin mompa lagi nti setelah mimiin si baby & gabungin hasil pompaannya selama masih dalam 24 jam. Asal suhu di ASI pompaan ke 1 sama pompaan ke 2 masih sama. Misalnya pompaan 1 kita taro dikulkas dulu, naahh pompaan 2 kita taro di kulkas juga. Baru kalo udah kira2 suhunya sama, kita bisa gabungin.

Trus Zaki kalo mimi itu mood2an, alias suka2 dia berapa jam sekali, mo berapa banyak, dll nya. Tapi akhirnya dikira2 ajah dari rata2 dia minum perhari itu antara 350 - 500 ml dengan rentang waktu antara 1 - 2 jam ( sedangkan gw dikantor bisa dapet antara 250 - 400 ml ajah, makanya lebih enak stok ASIP lebih cepet lebih bae biar nti ga kejar2an stok ).

Naahhhh untuk masalah pemberian ASIPnya, timbul lagi pertanyaan...

Sisa ASI yang udah dimimiin ke baby itu harus dibuang karena air liur baby itu memancing berkembangnya kuman2.
Solusi : Kita bisa memanaskan ASI sedikit2. Misalnya di botol ASIP ada 100 ml. Kita bisa manasin 50 ml dulu, sisanya masuk kulkas lagi. Dan kalo si baby masih kurang, kita bisa panasin lagi. Kenapa siy ga sekalian ajah manasinnya ?. Kalo ternyata yang 100 ml itu ga habis, kita ga bisa manasin ulang kedua kalinya soale nti gizi yang terkandung didalamnya bisa berkurang. Dan lagi2, kayanya tuh sayaaaaanggg bgt kalo dibuang...

Saat Zaki nangis, kita pikir dia haus, ternyata ngantuk & kita udah terlanjur manasin ASIP. ASIPnya gmn ?
Solusi : Teteup kita kasih kalo dia bangun dengan catatan ga lebih dari 4 jam. Kalo udah lewat, dengan berat hati harus dibuang...;-(

Kalo baby aktif banget, ga sabaran saat acara mimi dan ketika mimi pake sendok sering tumpah2an ?
Solusi : Kita bisa coba cara laen selain pake sendok seperti cup feeder, dll.

Sementara siy baru itu dulu moms. Mgkn nti kalo ada tambahan, menyusul yaahh dan monggo ajah kalo ada koreksi. Yang gw slalu inget dari hasil googling adalah ASI itu diciptakan untuk siap saji dan sama halnya dengan susu UHT yang siap minum, jika kemasannya udah dibuka, pasti harus langsung dihabisin karena kalo ga, pasti ga lama akan basi.

Oleh karena itulah, gw membuang jauh2 pikiran sayang kalo ASI ga habis. Akan lebih baik kalo Zaki minum ASI segar dari botol ASIP yang baru dan ga basi karena kesehatannya jauh lebih penting. Jadi mulai sekarang, tinggal disiasati ajah cara pemberian ASIPnya dan harus lebih rajin lagi mompanya...^_^

Teteuuppp smangaaattt yaahhh moms...;-*

Selasa, 02 Maret 2010

Hari Pertama meninggalkannya

Entah kenapa saat 3 bulan jadi trasa sangat sangat begitu cepat berlalu. Apalagi seminggu sebelum gw masuk kerja, Zaki tuuuhh maunya dekeett terus sama Bundanya. Lebih sering becanda, lebih sering pengen digendong dan pengen lebih lama ngobrol deket2 Ayah Bundanya. Berat, pastinya dan emosi gw bener2 jadi melow banget. Jadi gampang berkaca2 dan tanpa sadar udah netes ajah ini aer mata saat gw liat senyumnya. Yups...senyum itu ditujukan ke gw, binaran matanya seolah2 bicara 'Bunda, jangan menangis. Zaki kuat jadi Bunda harus kuat juga yah'. Dan akhirnya senyum itulah yang menguatkan gw saat akan meninggalkannya...;-)

Hari yang dinanti datang juga. Pagi itu smuanya tlah siap dan ga tau kenapa tiba2 Zaki nangis kaya seolah2 tau gw akan pergi. Akhirnya gw coba gendong, gw pangku sambil duduk & ajak dia ngobrol. Ternyataaaa, nangisnya ilang & langsung duduk anteng di pangkuan gw. Huuaaaa rasanya makin berat ajah ninggalin dia. Tapiii gw teteup harus berangkat..;'-(

Selama perjalanan ke kantor, rasanya makin ga karuan. Gini yaahhh rasanya jauh dari anak. Padahal gw baru ninggalin dia beberapa menit tapi rasanya tuh udah kangeeeeeeeennnn banget. Huhuhu...Dan setelah sampe kantor pikiran gw teteup ga bisa ilang dari mikirin Zaki, bawaannya pengen tau ajah keadaannya dia dirumah gimana, rewel ato ga, bisa bobo ga dan yang penting, berapa banyak dia mimi ASI pada hari itu. Karena gw ga mau Zaki sampe kekurangan ASI slama gw ga ada. Makanya gw udah stok ASI dari 1,5 bulan sebelum gw masuk kerja dan moga2 stok ASIPnya terus dalam jumlah aman. Amiinnn...

Dikantor, saatnya manajemen waktu dimulai. Dimana kita harus mencari waktu yang pas utk memompa ASI biar kerjaan juga ga keteteran. Akhirnya jam 7 lewat pas gw nyampe kantor dan jam 1 saat istirahat, gw manfaatin buat mengumpulkan setetes demi setetes biar Zaki teteup bisa mimi ASI. Hehehe...

Daaannn setelah diamati slama beberapa hari, banyaknya Zaki mimi ASI tiap harinya itu antara 350 - 500 ml dengan jeda waktu antara 1 - 2 jam. Otomatis gw harus terus mengejar untuk stok ASIP soale dikantor dengan waktu mompa yang hanya bisa cuma 2 kali, Alhamdulillah gw dapet antara 250 - 400 ml. Mungkin nti diatur lagi waktunya biar waktu mompa dikantor bisa lebih sering lagi. Hihihi...Tapi kalopun ga kekejar dikantor, gw bisa kejar pas dirumah, setelah pulang kantor lanjut mompa lagi ato bisa juga malem pas Zaki bobo. Pokoknya gimana caranya biar hari itu gw ga nombok jumlah ml ASI. Hihihi. Moga2 terus slalu bersemangaatttt. Amiinnn...

Yang bikin gw smangat mompa dikantor adalah sambil mompa gw liatin foto Zaki biar gw bisa lebih sabar untuk menunggu setetes demi setetes terkumpul. Dan setelah terkumpul rasanya tuuhh senenggggg bangeetttt, berapapun ml yang gw dapet. Walopun dikit, gw teteupppp seneng. Alhamdulillah...;-)

Dan saat jam 5 tiba, bawaannya pengen cepet2 nyampe rumah ajah. Pengen meluk Zaki, pengen ajak becanda & ngobrol, pengen liat senyumnya dan satu hal yang sekarang bikin gw teramat sangat kangen banget, yaitu saat2 breastfeeding. Dimana Zaki bisa terus dalam dekapan hangat gw sambil gw ajak ngobrol atopun sambil gw belai2 kepalanya. Huhuhu. Soale skrg, moment itu cuma bisa gw alami setelah gw pulang kantor. Jadi waktu gw dikantor, rasanya kaya ada yang ilang ajah ga bisa nemenin Zaki saat breastfeeding. Tapiii, ga boleh lama2 syedih. Kita bisa karena biasa bukan ?. Jadi moga2 gw bisa lewatin masa2 awal back to work ini. Dengan smangat mengumpulkan ASIP tentunya. Amiinn...^_^

Kalian jugaaa teruuuusss smangaaatttt & jangan menyerah yaahhh...;-*