Minggu, 28 Februari 2010

Cerita keajaiban tentangmu

Kalo ngomongin tentang perkembangan baby tiap harinya, pasti ga ada habisnya. Adaaa ajah yang baru, mau itu perubahan kecil atopun kebiasaan baru yang kita alami bersama si kecil. Yups, Zaki udah banyak berubah. Seneeeeengggg banget rasanya ikutin perkembangan dia. Smua rasa capek ilang seketika begitu liat senyumnya dia. Huhuhu Bunda jadi kangen kamu sayang...;-)

Zaki di bulan ke 1 :
Adaptasi yang luar biasa banget soale sama sekali belum tau smua hal tentang baby. Apalagi yang namanya rasa ga PD urus bayi, takut salah & berbagai saran2 yang kdg2 malah membingungkan jadi bikin kdg2 hati ini jadi down sendiri. Apa iya gw ini ibu yang baik ? dan segudang rasa tumpah ruah jadi satu semuanya. Bersyukur banget di saat2 genting itu, ada teman berbagi cerita. Smua rasa khawatir, sedih, seneng, dll bisa terobati dengan sharing & support dari sesama ibu2 yang abis melahirkan juga, ada yang kenal lewat blog dan ada juga yang masih contact mpe sekarang dari sejak awal waktu nyiapin wedding msg2. Syenangnyaaaa memiliki kalian. Luv u all girls...;-*

Kalo kebiasaan Zaki sendiri, awal2 ga suka dibedong soale tiap kali dibedong pasti kedua tangannya langsung keluar. Hihihi. Untuk pup & pepinya masih masuk kategori sering banget. Abis mimi langsung pup dan ga lama pepi. Sampe pernah waktu itu popok yang terpakai mencapai angka lebih dari 20 buah. Hehehe. Trus kalo bobonya, masih suka bangun untuk mimi ato ganti popok diwaktu2 malam dan sering bobo disiang harinya. Apalagi saran dari dsa, kita harus sering2 mimiin antara 2 - 4 jam sekali. Jadilah gw sering2 liatin jam, jaga2 kalo Zaki bobo terus. Makanya untuk membantu Zaki bedain siang & malam, gw ajak dia liat sinar matahari, lebih banyak ngobrol saat jamnya maen disiang hari dan lebih hening dimalam hari. Jadi dia tau siang waktunya maen dan malam waktunya bobo. Hihihi...



Zaki di bulan ke 2 :
Dia udah mulai tersenyum, langsung reflek kalo ada sesuatu yang menyentuh telapak tangan ato kakinya, mulai bersuara, kadang mengigau saat tidur, nyaman didekap dan kalo sampe kondisi popok belum bersih & kering, pasti dia nangis terus. Jadi kita yang gantiin popoknya harus berkejaran sama waktu. Hihihi. Dan kadang2 masih suka nangis pas ditaro diboxnya kalo udah kita timang2 dianya bobo, yaud...ditimang2 lagi deh. Hihihi.



Zaki di bulan ke 3 :
Senyumnya lebih sumringah, suka banget kalo diajak ngobrol, nangis kalo pas dia tau ada orang dideketnya tapi dia dicuekin, suka liat warna warni, suka banget dibacain cerita, lebih suka kalo digendong duduk arah depan ato digendong gaya pas sendawa. Mgkn biar dia bisa liat2 pemandangan didepannya kali yah. Masih suka liat2 keatas juga dan udah mulai miring2 badannya. Pernah kdg2 tengkurep sendiri dan nangis karena belum bisa balikin badannya lagi. Hehehe. Trus sekarang kok jadi suka liatin tangannya yah, malah kdg2 digigitin juga sama dia. Hihihi.



Dan sekarang jadi lebih gemesin, badannya lebih memanjang ( menurut penglihatan gw si, ga tau deh kalo diukur BB nya nti berapa. Moga2 ajah nti slalu naek. Amiinn ) dan terakhir, masih suka nangis kalo disabunin pas mandi. Tapi giliran pas nyemplung ke aer, diem dan ketawa2 lagi. Ga ngerti juga knp gitu. Hihihi lutu kalo inget lagi.

Huuuaaaaaa Bunda jadi kangeeeeennnnn...Luv u always...;-*

Rabu, 24 Februari 2010

Berbagai kisah tentangmu


Apa kabar smuanyaaaaa ?. Waaahhh kangen rasanya ga update blog ini setelah sekian lama diriku cuti. Hihihi. Soale sisa cuti yang tinggal 1,5 bulan lalu dimanfaatin buat stok ASIP. Itu juga berkejaran sama waktu karena gw mompa pas zaki lagi bobo. Selesai mompa baru deh aktifitas laen trus lanjut mimiin zaki lagi. Gitu ajah aktifitas rutinnya. Soalnya termotifasi sama sahabat gw yang ASIPnya udah menembus angka lebih dari 100 botol. Huaaaa langsung deh mikir, bisa apa ga yah gw menghasilkan produksi ASIP sebanyak itu. Langsung deh, tiada hari tanpa mompa. Walopun dikit gpp. Awalnya gw pikir, saat kita merah itu kaya pas merah sapi alias ngucur mancur terus. Ga taunyaaaa...awal2 gw merah ituuuu, setetes demi setetes yang keluar. Ya ampyuuunnn, jadi berharga banget deh setetes ASI itu. Pernah waktu itu, bangun jam 2 pagi sama si Ayah buat merah ASIP. Sama2 melek, sama2 ngantuk, sama2 capek. Betapa perjuangan yang indah bukan, yups...smuanya demi Zaki. Apapun akan Bunda lakuin sayang...



Pertama merah dapet 40 ml. Yowes, gpp yang penting ada hasil. Trus selanjutnya meningkat jadi 60 ml, 80 ml, 100 ml, dll. Itupun gw jadiin 2 botol karena gw blm tau ukuran Zaki mimi itu berapa ml. Jadi stok ASIP gw yang nomer awal2, isinya masih dikit2. Hihihi. Trus perjuangan merah berlanjut, selain berkejaran sama waktu Zaki bobo, gw juga harus beradaptasi sama breastpumpt electrict dimana rasa ngilu harus gw alami. Knp ?. Karena pemakaian gw ga bener, jadinya nipple gw bergesekanlah sama corongnya dan pas Zaki mimi rasanya tuwww, huaaaa mantaabbb deh ngilunya. Sampe2 gw ketakutan sendiri saat tiba waktunya nyusuin Zaki. Takut sakit, takut dimaenin sama Zaki ( soale Zaki suka narik2 nipplenya kalo dia lagi gemes ato udah slese mimi ), dll. Akhirnya PD yang gw kasi ke Zaki itu yang ga sakit dan berakibat PD gw yang lagi ngilu2 lecet itu bengkak, keras dan tentu ajah kalo dipegang tuw ngiluuuu banget. Huhuhu. Jadilah badan ini demam dan menggigil. Rekor demam sampe2 40,4 derajat temen2. Obatnya ga ada selaen PD yang udah terisi ASI buanyak itu dimimiin ke Zaki biar PD nya ga keras & agak lunak. Trus buat ilangin lecet di nipplenya, tiap kali Zaki abis mimi, gw ga pernah lap dan ngebiarin sisa ASI di nipple gw itu kering dengan sendirinya. Dan bener ajah, sisa ASI itu bisa utk ngobatin lho. Subhanallah banget yaahh. Hehehe...;-)

Hari demi hari, gw jalani merah ASIP ini. Kuncinya emang cuma sabar. Sabar menunggu ASIPnya penuh, sabar melawan capek & ngantuk, syiap melawan rasa panik jaga2 kalo pas lagi merah Zaki bangun, dll. Awalnya mungkin susah, tapi lama2 ternyata kok bisa juga atur waktu. Soale kita udah kira2, jam brp Zaki bangun. Dan biasanya gw merah saat Zaki udah dalam keadaan kenyang, popok bersih dan dalam keadaan dia lagi bobo. Alhamdulillah, stok ASIP masuk dalam bilangan cukup aman. Jadi niat lulus D3 ASI moga2 bisa dilalui Zaki nti. Aminnn...Teteuppp smangattt yaahhh Bundaaa...^_^

Saat ini, Zaki udah 3 bulan. Ga trasa yah waktu. Dia udah makin pinter, sering minta diajak ngobrol, sering senyum kalo lagi ngobrol sama orang, seneng banget kalo dibacain cerita, seneng liat warna2, bobo udah mule muter2, miring2, angkat pantat sendiri, sering liatin tangan, sering gigitin tangan, dll. Zaki jadi lebih ekspresif dan lebih aktif. Kalo udah gitu, ini mulut keluar ajah smua obrolan yang mungkin kadang2 ga nyambung, dengan sendirinya. Dari mulai menghayal macem2 tentang binatang untuk bahan cerita dongeng sampe2 mengarang lagu2 ciptaan sendiri buat menghibur dia kalo lagi nangis ato saat dia lagi giraanggg. Hihihi lucuuuu deh kalo inget itu. Kita jadi berprofesi penyanyi dadakan gitu. Yaahhh walopun suara ga merdu2 amat, tapi cukup enaklah buat Zaki. Buktinya dia anteng pas abis nangis sambil senyum2. Hahaha...










Intinya, have a baby itu sangat2 menyenangkan banget. Walopun capek banget, tapi lebih banyak senengnya. Kuncinya sabar dan ikhlas. Dan tentu ajah support dari suami penting banget. Jadi sama2 deh smuanya. Sama2 seneng, sama2 capek dan sama2 manusia biasa yang kadang2 ada ga sabarnya. Tapi kalo team itu kuat dan saling dukung, pasti deh smuanya bisa dilewatin. Hihihi...

Teteuppp smangatttt yaahhhh smuanyaaaa...;-*