Kamis, 19 November 2009

Kunjunganku ke Dokter Mata

Akhirnyaaaa kamis pagi dirikuw telpon untuk mendaftar. Dimana kemaren adalah jadwal kontrol gw ( ketika 36w1d ) untuk liat ciii dede dan niatnya juga sekalian mo cek retina ke Dokter mata. Waktu kontrol terakhir sama Dr. Oni siy, beliau teteup optimis kalo gw bisa lahiran normal. Tapiii kalo emang gw mo cek retina, yaaahh gpp. Gitu katanya...

Yauda kemaren, bismillah deh gw ke Dokter mata duluan karena dapet no. 1. Hihihi. Ditanya2 ada keluhan apa, gw bilang ajah mo cek mata + retina untuk melahirkan. Dan gw disuruh duduk dikursi sambil di pasang lensa untuk kacamatanya, disuruh baca jarak jauh, menebak2 angka & huruf2. Hihihi...Lalu didapatlah kesimpulan kalo minus gw sukses nambah. Huhuhu mata kanan minus 4,5 dan mata kiri minus 6,5 dari sebelumnya mata kanan minus 3,5 dan mata kiri minus 5,5. Naek 1 tingkat untuk masing2 mata. Ck...ck...ck...

Waktu dulu, gw pun pernah nanya ke Klik Dokter...Ini jawabannya :

Bahaya Melahirkan Pada Mata ?

Siang Dok, saat ini saya sedang hamil anak pertama dan usia kehamilan saya 9 minggu. Saya menderita rabun jauh dengan minus 3.50 (mata kanan) dan minus 5.50 (mata kiri). Yang saya ingin tanyakan, apakah ada hubungannya antara mata minus dengan tidak bolehnya melahirkan dengan cara normal? Karena dari beberapa informasi yang pernah saya dapatkan, ada batasan minus agar kelahiran dengan cara normal tidak membahayakan ibu. Apakah itu benar Dok ?. Mohon penjelasan dari Dokter. Terima kasih.

Jawaban :
Ibu/Saudari yang terhormat,
Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.
Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tetapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi apabila kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina.

Berdasarkan kekuatan lensa memokuskan objek, miopia dibedakan menjadi miopia derajat ringan (hingga 3.0 Dioptri), miopia derajat sedang (3.0 - 6.0 Dioptri), dan miopia derajat berat (6.0 DIoptri atau lebih). Pada miopia derajat berat, retina umumnya lebih tipis akibat perubahan degeneratif pada bagian belakang mata. Proses persalinan normal dapat menyebabkan retina yang tipis tersebut terlepas dan berakhir dengan kebutaan, sehingga banyak dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang sangat berhati-hati mempertimbangkan keamanan melakukan persalinan normal pada ibu hamil dengan kondisi tersebut.

Kondisi miopi mata Anda saat ini termasuk dalam derajat sedang. Pada kondisi tersebut boleh saja untuk melakukan persalinan secara normal. Namun ada baiknya apabila Anda mendiskusikan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda terlebih dahulu. Diskusikan juga mengenai perlu/tidaknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata, khususnya ahli retina untuk memastikan kondisi retina Anda.
Terima kasih. (TIm Redaksi Klikdokter)

Kalo dilihat dari minus yang terbaru sekarang, minus gw masih dalam batas derajat sedang yaahhh. Fuiihhh legaaa deh. Dan pemeriksaan berlanjutt untuk cek retina sama dokternya. Alhamdulillah retina gw normal dan bae2 ajah. Beliau bilang masuk dalam kategori aman untuk melahirkan secara normal. Alhamdulillaaahhhh, tinggal selangkah lagi deh menuju persalinan normal. Amiinnn...

Setelah itu, langsung menuju lantai 3 untuk liat ciii dede ( dapet no. 5 ) dan baruuu ajah masuk ruangan untuk ukur tensi dan nimbang berat badan, tiba2 Dr. Oni nya keluar bilang kalo 'dia harus segera meluncur ke RS. Tambak untuk mendampingi pasiennya yang udah pembukaan lengkap'. Jadi, gagal deh ketemu ciii dede kemaren. Insya Allah jadwal kontrolnya diganti jadi besok siang.

Doakaannn dirikuw yaaahh teman2. Moga2 smuanya bae2 ajah. Amiinnn...^_^

Rabu, 18 November 2009

Bunda, kenapa aku seorang pemarah ?

Rasanya tuw ga habis2 deh crita tentang seminar beberapa hari yang lalu. Dimana tiba2 gw jadi inget ada hal yang belum gw tulis. Ini diaaaa...

Waktu itu ada seorang anak yang bertanya ke Ibunya 'Bunda, kenapa aku jadi seorang anak yang pemarah'. Dan ibu itu pun berpikir sesaat ke belakang, dirinya bukan seorang yang pemarah, keluarganya pun tidak ada yang suka marah2. Lalu ia berpikir lagi dan teringat sesuatu. Pada saat anaknya lahir dahulu, pertama kali yang ia dengar adalah suara Bidan yang menolong anaknya sambil marah2. Dan percaya ga percaya, lingkungan itulah yang mempengaruhi sifat anaknya sampe sekarang.

Lalu Bu Lanny melanjutkan dengan kata2 yang kembali ia ulang2 di seminarnya kalo Bayi itu punya perasaan dan rahim kita itu ibarat sebuah hotel yang sedang ia huni. Kita sebagai pemilik hotel pasti akan melakukan berbagai cara biar si tamu betah di hotelnya. Naaahhh gimana kalo Ibu nya sendiri udah menciptakan suasana ga nyaman untuk babynya.

Dan menurut Evariny Andriana di bukunya, Emosi Ibu memang ga bisa lewat plasenta, tapi hormon Ibulah yang nti akan melakukannya. Dimana Ibu yang stres akan menghasilkan hormon stres yang berlimpah ( katekolamin ) yang pada gilirannya akan berdampak pada emosi dan bahan pemicu stres ini berjalan melewati plasenta dan membuat sistem tubuh 'merasa takut'. Jika hal ini terjadi terus menerus , si janin jadi terbiasa stres dan ia akan terlahir demikian. bayi yang terlahir dalam keadaan ini akhirnya mengalami gangguan emosi dan gangguan pencernaan.

Trus kata Bu Lanny, ada 2 orang Ibu yang ketika lagi menghadapi stres di pekerjaannya, mereka bilang saat anaknya menendang2 :

Ibu A : 'Sayang, kamu tenang yaahh di dalem. Pekerjaan Bunda selese sebentar lagi kok. Kamu sabaaarrr yaahhh'. ( sambil elus2 lembut )
Ibu B : 'Diaaammm kamu, Bunda tuw lagi kerja' ( sambil mukul kasar perutnya )

Akhirnya janin yang ada di Ibu A kembali tenang & janin yang ada di Ibu B tambah keras tendangannya. Subhanallah, betapa berbedanya respon mereka...^_^

Dan rasanya kok ga rela ajah yaaahhhh, baby yang ada di rahim kita itu menanggung akibat dari apa yang pernah kita rasain ( stres ato marah misalnya ). Dan akibat perbuatan kita itu nti dia jadi anak yang gimana2. Moga2 ga yaahhh sayang karena Bunda mauuuu, kamu jadi orang yang sabaaarrrr...Amiinn...Luv u always...;-*

Selasa, 17 November 2009

Gimana yah biar ketawa saat persalinan

Daripada ngomongin hal2 tentang keluhan Ibu Hamil di minggu ke 36 ini, yang salah satunya adalah mulai timbulnya ngilu2 di paha & sekitar V. Terutama saat tidur & berganti posisi dari kiri ke kanan ato dari duduk ke berdiri. Dan sangat2 trasa banget kalo lagi jalan. Tapiii lagi2, demi ciii dede pasti tak lakuin apa ajah deh & slalu berusaha menikmati setiap moment. Mau itu keluhan atopun crita2 keajaiban slama hamil. Hihihi luv u always...;-*

Oiya, tentang ngilu itu, temen2 sesama Bumil siy rata2 juga ngalamin hal yang sama. Kata mereka, itu tanda kepala ciii dede udah mulai masuk ke panggul. Solusinya, bisa dengan duduk, berjalan2 perlahan ato bisa juga dengan pijatan. Dan kata temen yang udah lulus, solusi terakhir bisa dengan nangis sekenceng2nya. Hihihi...Dan untuk posisi tidur gw sekarang adalah, kadang2 bisa menghadap kiri terus sampe pagi. Itu karena, kalo gw rubah posisi ke kanan, super duper ngilu yang hebat banget. Paling2 si mas yang elus2 dengan pijatan ringan. Hehehe jadi para Bumil, syukurilah : Lahapmu sebelum dietmu, Nyenyakmu sebelum begadangmu & Nyamanmu sebelum Ngilumu. Hehehe teteuppp smangattt yaahh teman2...;-*

Kok jadi panjang lebar ngomongin keluhannya. Hihihi. Sekarang, back to the topic yaahhh...

Berawal dari chatt sama temen yang udah lulus duluan, crita tentang persalinannya. Gimana dia menghadapi rasa panik & stress, karena saat itu juga sakit yang dia alami malah lebih hebat. Dan saat ke RS, dia bawa sebuah boneka, dimana boneka itu bisa bikin dia ketawa. Naahhh pas sakit hebat itu, dia remes2 itu boneka sambil ketawa2. Alhamdulillah sakitnya jadi berkurang. Dan dia menyarankan biar gw melakukan hal yang sama. Ato bisa juga kita liat2 foto baby yang lucu2 biar senyum2 & termotivasi supaya ciii dede cepet2 keluar. Hihihi...

Jadi mikirin, apaaaa yah yang bisa bikin gw ketawa pas lahiran nti ???

Minggu, 15 November 2009

Finally we meet U

Sabtu kemaren, saatnya untuk senam hamil lagi di RS. Tambak. Dimana minggu lalu, gw absen gara2 malemnya coba latihan senam hamil dirumah & pagi2nya susye jalan gara2 sukses pegel2. Hahaha udah kaku ini badan kayanya, sekalinya senam dirumah malah jadi sakit2. Makanya, sabtu ini smangat banget mo senam hamil. Daannn ternyata ada beberapa bumil yang hari itu ga ikut senam, waaahhh jangan2 udah pada lahiran yaahhh. Soale pas gw tanyain terakhir ketemu, rata2 usia kehamilan mereka udah menginjak antara minggu ke 37 - 39. Jadinya kenalan lagi deh sama para Bumil2 yang laen. Hihihi berbagi cerita kehamilan dengan orang yang baru. Syenangnyaaaa...;-D

Trus setelah senam, rencananya gw sama si mas mo ikut Seminarnya. Oiyaaa, di RS. Tambak ini, tiap bulannya ada seminar & kursus singkat ( Tentang Cara memandikan bayi, Cara membedong bayi, Memijat Bayi, Merawat Tali Pusat, Gizi Ibu Hamil & menyusui ). Naahh kebeneran untuk Topik Seminar bulan ini tentang Hypnobirthing dan pembicaranya adalah Ibu Lanny Suwandi. Waahhh so surprised banget pas tau beliau yang mengisi seminar kali ini. Soale slama ini cuma baca bukunya ajah dengan judul Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dimana Penulisnya, Evariny Andriana menuangkan pengalaman pribadinya dan kata sambutannya ditulis oleh Ibu Lanny Suwandi ( Clinical Hypnotherapist ).



Saat mendengarkan beliau memulai Seminarnya, perasaan kita tuw udah dibawa ke suasana yang super rileks banget. Dengan berbagi kisah saat 25 tahun yang lalu. Yang saat itu, belum didukung oleh teori2 ilmiah yang bisa diterapkan sehingga nasihat dari ibunda beliaulah yang beliau jadikan pedoman saat itu. Ibunda beliau selalu mengingatkan beliau agar setiap hari mengucapkan niat agar kelahiran bayinya berjalan lancar, beliau & bayinya sehat & selamat. Utk mengingat niat tersebut, setiap hari beliau memasang peniti di baju dan memindahkan peniti itu ketika beliau berganti pakaian. Dan alhamdulillah proses kelahiran kedua putrinya berjalan lancar. Bahkan ketika melahirkan putri keduanya, beliau sama sekali ga merasakan sakitnya kontraksi. Dan peniti itu bukan untuk maksud lain, hanya untuk sekedar mengingatkan beliau terhadap pesan ibunda tercinta agar setiap hari tidak lupa mengucapkan niat tersebut.

Lalu kita diajak untuk menuliskan kata2 positif tentang bayi kita di sebuah kertas, dimana setiap orang harus menuliskan pesan yang berbeda. Walopun saat itu gw sama si mas, pesan kita berdua ga boleh sama. Ga tahan juga siy buat nyontek pengen tauuuu, si mas nulis apa ciii ttg dede. Hihihi ini diaaaaa yang kita berdua tulis :

Kata Bunda : Anakku sehat & cerdas, terbukti ia sudah bisa berpindah posisi sendiri ketika ia sungsang dan sudah bisa merespon apa yang terjadi di luar.

Kata Ayah : Anakku adalah pembuka yang indah. ( Huuuu curaanggg, singkat & padat banget nulisnya. Dimana kata2 ini adalah arti namanya ciii dede kelak. Hihihi...)

Trus kertas itu dikumpulin untuk dibacakan nti pas akhir acara dan selanjutnyaaa kita diajak nonton video 9 bulan dalam rahim nya by Evariny Andriana. Huaaaaa ga tahan untuk ga berkaca2 liat proses ciii dede dari awal sampe lahir. Maha Sempurna banget yaaahhh penciptaanNYA. Subhanallah...^_^

Dan beliau juga menanyakan apa itu 'Rahim'. Bermacam2 deh jawabannya, ada yang bilang tempat bersemayam cii dede slama 9 bulan, ada yang bilang salah satu organ reproduksi wanita, dll. Tapi diluar arti itu smua, Kata Rahim sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah Kasih Sayang. Dan kenapa janin itu ga ditaro ajah di usus, jantung, lambung ato yang laennya.
Tentu ada pesan tersendiri dari sang Pencipta agar kita memperlakukan janin dengan penuh kasih sayang karena Janin itu punya perasaan, terbukti dia sudah bisa merespon apa yang terjadi diluar dengan tendangannya dan sudah bisa berkomunikasi lewat USG 2D, 3D ato 4D.

Inilah beberapa ceritanya :
  • Ada dua orang ibu yang sama2 lagi hamil, dimana ibu A jarang mengalami keluhan sakit slama menjalani kehamilannya dan ibu B sering banget bolak2ik RS untuk dilakukan perawatan intensif. Setelah ditelusuri penyebabnya, diketahui ibu B mengalami stress berat gara2 sering dipukuli suaminya.
  • Sebelum menjalani USG 4D, sang Ibu bilang ke babynya 'Nti tunjukkan muka cantikmu yah sayang' dan terbukti ketika USG 4D berlangsung, si baby memainkan tangannya seperti maen petak umpet menutup & membuka wajahnya. Seolah2 menunjukkan inilah mukaku Bundaaaa...( kalo ini gw liat langsung videonya. Lutuuuu bgtttt...)
  • Ketika USG 4D dan si Ibu ingin sekali melihat jenis kelamin si baby, si Ibu langsung bilang ke layar monitor 'Tunjukkan kelaminmu sayang, Ayah Bunda mo liat', dan si baby langsung membuka pahanya dan terlihatlah kelaminnya...( kalo yang ini gw juga liat langsung videonya. Gemesshhhh...)
  • Pernah juga ada baby yang terlilit tali pusat & dalam kondisi sungsang. Si Ibu slalu rajin berkomunikasi dengan babynya dan terbukti babynya bisa terbebas dari lilitan & ga sungsang lagi. ( Haruussss dicontohhh crita yang ini untuk dirikuw. Hihihi...)
  • Slama hamil, ibunya slalu meniatkan agar anaknya lahir pada waktu tengah malem dan bener2 kejadian dia lahir pada waktu tengah malem.
  • Ada juga crita, slama hamil, janinnya slalu rajin diajak membaca Al-Quran. Ketika anaknya umur 3 tahun, bisa menghapal ayat2NYA.
Begitu banyak cerita2 keajaiban ketika hamil & melahirkan. Dan tentu ajah cerita melahirkan setiap orang berbeda2. Ada yang merasakan sakit ato bahkan ga merasakan sakitnya kontraksi sama sekali. Dan pikiran kitaaaaa, udah terlanjur dipenuhi dengan rasa sakitnya melahirkan. Padahal melahirkan itu nikmat lhoooo, abis gimana ga nikmat, saat itu adalah perjumpaan pertama kita dengan baby yang slama 9 bulan udah kita kandung & tlah berada di rahim kita. Untuk proses sakit ato ga nya, itu tergantung dari kita sendiri.

Naahhh, gimana kita bisa mengontrol emosi saat melahirkan nti :
  • Pentingnya peran suami utk memberikan ketenangan dengan mengajak istri menarik napas lewat hidung dan mengeluarkan lewat mulut.
  • Yakinlah kalo anak kita sehat.
  • Hindari berteriak2 karena akan menguras energi saat persalinan.
  • Bayangi wajah anak kita yang lutuuu, pipinya yang chubby dan senyumnya yang menggemaskan.
  • Hindari pikiran2 tentang sakitnya persalinan, karena belum tentu itu juga terjadi sama kita.
Betapa besar yaahhh pengaruh pikiran sama apa yang nti kita alami. Jadi berusaha untuk tenang niy sekarang. Apapun yang terjadi,...terjadilah. Toohh itu udah merupakan jalan terbae dariNYA. Berusaha pasrah & teteup berusaha melakukan yang terbae. Demi diriku, dirinya & demi ciii dede tentunyaaaa...

Kata2 terakhir dari beliau yang pasti slalu gw inget dari seminarnya kemaren adalah 'Suara musik terindah adalah denyut jantung dan hembusan nafasmu, Bunda'. Naahhh kebayang kan, kalo kita lagi deg2an ato kita lagi ngos2an, pasti ciii dede akan ikut merasakan juga dan tentunya akan ikut stress kalo kita lagi stress ato panik karena denyut jantung kita pun akan cepat iramanya...

Trus ada juga yang nanya tentang komunikasi pada janin 'Apakah harus diucapkan ato bisa juga lewat dalam hati ?'. Dan jawaban beliau, ketika seorang Ibu sedang mendoakan anaknya diluar negeri untuk mendapatkan kemudahan & ketenangan saat ujian, apakah Ibu itu harus berteriak2. Karena lewat dalam hati pun, anak itu akan mendapatkan apa yang Ibu itu doakan. Ga ada yang bisa mengalahkan ikatan batin antara Ibu & Anak bukan ?...

Jadiii Ayah & Bunda, sering2lah berkomunikasi dengan babynya yaaahhh karena otak mereka sudah memiliki memori. Mereka merekam apa yang tlah kita ajarkan dari sejak dalam kandungan. Dan apa yang kita tanam, itulah yang akan kita petik hasilnya...

Dan saat ini, mulai menanamkan niat dalam hati agar ciii dede lahir dengan lancar, selamat, mudah, sehat sebelum & setelah melahirkan, sempurna, dia menjadi anak yang cerdas, mau mengamalkan ilmunya, fasih lisannya untuk membaca hadist & Al-Quran, tanamkan iman hatinya hanya padaMU, mempunyai rupa yang bagus, saat pembukaan lengkap kepalanya udah turun ke jalan lahir, saat di CTG jantungnya ga melemah, aer ketubannya ga keruh, saat flek kalo bisa pagi2 dan saat mules2 moga2 pas wiken biar perjalanan dari rumah ke RS lancar & ga macet dan saat mules2 itu aer ketuban masih cukup & ga habis ( pokoke saat2 genting gini, lagi ga sendirian alias pas lagi ada orang dirumah ), ciii dede ga kelilit tali pusat lagi & yang terakhir pesen dari Ayahnya, kalo bisa ciii dede dateng dulu kasih isyarat ke Ayah yaahhh lewat mimpi biar Ayah sama Bunda siap2 untuk perjalanan ke RS. Hihihi banyak amat yaahhh niatnya. Moga2 bisa terlaksana smua nti. Amiinnn amiiinnn ya Robbal 'alamin...;-*

Rabu, 11 November 2009

Persiapan di minggu ke 35

Wawawawawahhhh ga tau kenapa sekarang waktu kok jadi brasa cepet banget yah. Tiba2 udah wiken lagi, tiba2 udah akhir bulan lagi & tiba2 dari malem udah jadi pagi lagi. Mungkin karena kita bener2 menikmati kehamilan ini kali yah, jadi tuh perjalanan yang udah hampir mau 9 bulan ini tiba2 ajah udah mau berakhir. Huuaaaaaa jadi makin ga sabar mo ketemu baby Z nti...^_^

Persiapan sejauh ini siy tinggal proses melengkapi ajah. Kaya macam perlengkapan baby, tinggal item2 yang bisa dibeli nti alias kalo ciii dede udah agak gedean dikit. Kalopun ada yang ketinggalan, bisa dibeli di ITC nti. Soale yang paling urgent kan perlengkapan yang dalam jangka waktu dekat dipake sama dede. Dan alhamdulillah smuanya udah disiapin...;-)

Urus cuti pun, udah gw coba ajuin dari sekarang dengan mulai cuti tanggal 14 Desember 2009 karena HPL gw itu jatuh tanggal 16 Desember 2009. Maunyaaaa si ( tapi kalo masih kuat ), cutinya itu yaaa pas mo deket2. Biar nti bisa lebih lama sama ciii dede & ga lama2 dirumah. Hihihi tapiiii kalo masih kuat jalan ke kantor yaahhh. Kalopun nti sebelum tanggal 14 Desember 2009 gw udah lahiran, yaud tanggalnya tinggal diganti ajah sama HRD nya. Hihihi syenangnyaaa...Trus utk urusan kerjaan, juga udah mulai nyicil2 melimpahkan ke gerombolan siberat ( para cowo2 itu ) dan langsung diproses sekalian biar mereka bisa tau sama script2 nan njelimet itu dan ga nelpon2 pas gw lagi cuti nti. Hihihi dan terakhir, di layar monitor gw juga udah terpajang sederet no telpon penting, yang sewaktu2 kalo gw ada apa2 nti, temen2 gw bisa hubungi salah satu no itu. Hohoho...

Trus urusan perbekalan alias koper untuk ke RS, belum smuanya masuk. Tinggal beberapa ajah siy yang belum. Yang udah lengkap malah barang2nya ciii dede & si mas. Barang2 gw masih sebagian yang belum. Itu juga udah kaya koper mo pindahan & pergi dalam jangka waktu yang lama banget. Hahaha heboh yeeee. Padahal sapa siy yang mo lama2 di RS. Kalo bisa malah abis lahiran, besoknya udah bisa pulang biar bisa lebih puas sama maenan baru. Hehehe...Insya Allah deh minggu ini, koper udah masuk smua barang2 penting. Ya iya kalo cukup 1 koper, naahhh kalo 2 gmn ?. Yaaa ampyuunnn, syiap2 deh niy. Ciii dede belum lahir ajah perlengkapan perangnya udah heboh gini, gimana nti kalo udah lahir yaahhh. Bisa2 barang2 ciii dede lebih banyak dari barang2 kita niy...^_^

Daannn ga kalah penting dan yang sampe saat ini masih dalam proses yaitu pembuatan Kartu Keluarga biar Akte Kelahiran ciii dede udah jadi pas dia lahir nti. Kalo urusan ini biar si mas ajah yang urus karena doi harus bikin KTP baru dulu dengan melampirkan Surat Pengantar RT & RW utk bikin surat pindah ke alamat yang baru nti. Kata temen2 yang udah pernah proses siy, kira2 jadi KK nya kurang lebih 1 bulan. Waaahhh moga2 ajah kekejar sebelum ciii dede nti lahir yaahhh. Amiiinn...* Telat banget baru grabak grubuk sekarang yah *. Hehehe...

Dan terakhir adalah persiapan fisik & mental. Ini niy yang susye, soale rata2 kontrol aneka rasa yang lagi nano2 campur aduk gini yang susye. Secara Bumil kan ga boleh panik, stress, dll menghadapi persalinan. Makanya, yuukkkk kita ceneng2 dulu dengan relaks, berpikir positif, senam hamil, makan yang kita mau & yang terakhir adalah jalan2. Hihihi yuukkkk mariiii...

Cehat2 tyussss para Bumil...waktu kita udaaah deket niy. Teteup smangat yaahhh karena bentar lagi kita ketemu sama baby2 kita nan lutuuuu ituuuu...Hohoho...^_^

Kamis, 05 November 2009

Bulan ke 8 ku

Akhirnya waktu yang ditunggu2 dateng juga. Kemaren sore, jadilah kita berdua ketemu cii dede. Hehehe syenangnya. Alhamdulillah pas daftar dapet no. 2. Jadi harapan untuk liat dede bisa lebih cepet...

Seharian itu gw berusaha tenang, walopun penasaran banget tentang posisi dede sekarang ada dimana. Tapi ga ada yang bisa gw lakuin slain pasrah, setelah beragam usaha yang tlah kita berdua lakuin 2 minggu kemaren. Apa yang mo terjadi, yah terjadilah. Toohh smuanya udah ada yang nentuin bukan...;-)

Emang siy, sebelum2nya tenang. Tapi rasa itu ilang setelah kita berdua masuk ke ruangan Dokter. Huaaaaaa kok jadi berubah deg2an gini yah. Hihihi langsung deh bismillah, tarik napas trus keluarin...Fuiihhh...

Trus dokter nanya gimana keadaan gw dan apa keluhan yang slama ini gw rasain. Gw bilang ajah sekarang jadi sering anyang2an, punggung suka sakit & ga bisa duduk lama, kaki & tangan bengkak dan kakinya suka sakit kalo pagi2 dibawa jalan. Beliau bilang smua itu siy masih dalam batas normal. Dan dia nanya juga :

T : Sekarang kedutannya lebih banyak dimana ?
J : Lebih sering di perut sebelah kanan & di perut bagian atas Dok. Tapi kalo saya raba2 diperut atas, kok keras juga yah. Jadi ragu2 apakah ini kepala ato bukan soalnya kalo saya raba sebelah kanan, ehhh tiba2 bejendol sebelah kiri ato sebaliknya. Saya jadi takut ngeraba2 lagi, takutnya itu kepalanya Dok & takutnya dia jadi keganggu gara2 rabaan saya itu.
T : Yaud, sekarang kita liat yuuukkk...

Huaaaaaaa makin deg2aaaannnn...Mana sebelum di USG beliau raba2 perut gw & bilang 'Iyaaaa yah, kok masih keras'. Huhuhu sediihhhh...dan USG pun dimulai...




T :
Oooowwwww, ternyata yang keras ini pantatnya dan Alhamdulillah posisi kepalanya dia udah muter kebawah niy. Walopun belum masuk ke panggul gpp, nti kamu sering2 jalan ajah yah biar kepalanya makin deket sama jalan lahirnya. Ga usah sujud2 lagi sekarang...
J : Alhamdulillaaahhhh...Trus yang laennya gimana Dok ?
T : Aer ketuban cukup, plasenta aman ga nutup jalan lahir, jantung oke tapiiii dia masih kelilit tali pusat dilehernya sebanyak 1 lilitan. Gpp kok jadi ada hikmahnya juga dia kelilit, karena moga2 dia ga bisa muter2 lagi & menetap terus posisinya sampe nanti. Slama asupan makanan cukup & BB nya dia naek terus, lilitan itu ga masalah. Yang penting, kamu teteuppp pantau terus yah gerakan janin. Kalo sehari dia diem ajah, kamu langsung buru2 kesini...
J : Duuhhh moga2 ajah dia sehat terus yahhh Dok...

Trus timbangan gw naek 2 kg ( dari 69 kg ke 71 kg ), tensi gw pun normal 110/70 dan berat badannya dia di 34 minggu 1 hari udah mencapai 2250 gram. Itu juga gw masih disuruh untuk makan putih telur tiap hari untuk nambah BB nya dia. Syiiaapp deh Dok...smua bakal dilakuin demi cii dede. Hihihi...

Langsung deh kita berdua agak lega setelah tau posisinya dede udah muter, walopun sekarang dia masih kelilit tali pusat. Yang penting moga2 pas mo lahir nti smuanya mudah & lancar. Amiinnn...

Dan selama 2 minggu kemaren banyak yang udah kita lakuin; sering2 sujud kalo tiap abis sholat sampe pernah waktu itu mencapai rekor 20 menit. Ck...ck...ck...setelah itu langsung deh punggung, pinggang & dengkul gw ngilu2. Hihihi..., trus sambil sujud gw ajak ngomong sambil ngebayangin dia di dalem perut lepasin lilitan & muter kebawah kepalanya, kadang2 Ayahnya juga sambil elus2 perut bawah dengan harapan cii dede akan menghampiri elusan Ayahnya itu, trus sambil bacain buku cerita ato suara Al-Quran di deket gw dengan harapan juga cii dede akan menghampiri ke arah suara itu. Dan usaha yang terakhir adalah...disogok. Hihihi kalo nti dia muter akan dikasi ini, ini dan ini. Hahaha dan bukan cuma gw ajah yang ngerayu2 cii dede lewat sogokan. Eyangnya, Tantenya, dkk pun juga pada ikut2an. Naahhh sekarang kan jadi tinggal emaknya ajah niy yang nagih2 sogokan itu karena udah muternya cii dede. Hihihi bener2 jadi pihak yang diuntungkan deh...;-)

Tapiii dari usaha itu smua, ga ada yang bisa mengalahkan DOA. Karena doa smuanya lah cii dede sekarang udah di tempat yang seharusnya. Dan gw yakin akan masih adanya crita2 keajaiban yang lainnya, slama kita masih percaya akan keajaiban itu. Bukannya kalo DIA udah berkehendak, smuanya pasti terjadi bukan ???. Sekalipun itu hal yang menurut kita ga mungkin...

Jadi para Bumil2, jangan patah smangat yaahhh. Waktu kita makin dekat & kita harus yakin cii dede pasti keluar dengan sehat & selamat. Amiinnn...^_^

Untuk Jagoanku,
...
Bertahanlah di posisimu skrg yah sayang. Jangan muter2 lagi. Gpp kamu cobain aer ketuban, gpp kamu cegukan, gpp maenin jempol utk di isep2, gpp maenin tali pusat tapiii jangan sampe kelilit lagi yaahhh karena sekarang kita berdua harus terus berusaha untuk lepasin liiltan itu biar moga2 asupan makanan kamu ga terganggu. Ayoooo kita pastiiiii bisaaaaa...;-)
Truuusss maafin Bunda, kemaren ternyata udah sering2 noel2 yang ternyata adalah pantat kamu. Ternyata kamu keganggu yahh. Makanya pas Bunda noel kiri, kamu bejendol ke kanan & sebaliknya. Dan kadang2 juga perut Bunda jadi ga simetris lagi. Hihihi...abis Bunda penasaran apa ini kepala ato yang laennya...Hehehe...
Sehat2 trus yaaaahhh sayanggggg & kitaaaa jangan berhenti berusahaaaa...Luv u always...;-*

Selasa, 03 November 2009

Menanti hari esok nan penuh cerita

Rasanya tuuuhhh ga sabaaaarrrr banget mo besok sore. Yups, besok adalah jadwal kontrol untuk liat ciii dede. Smangatttt ???. Pastinya. Dan tentu ajah ada sebersit harapan untuk melihatnya dengan posisi yang udah muter karena akhir2 ini tendangan itu trasa di perut bagian atas dan samping kanan. Entah apa, tapi kita berharap siy moga2 itu kakinya. Amiinn...Walopun kadang2 deg2an juga kalo pas lagi ngeraba2 perut atas, kok keraaass lagi. Duhhh apa dia masih muter2 yah. Huhuhu...

Lebih deg2an juga kalo tiba2 pas bangun tidur, perut gw bejendol sebelah, bergerak2 lagi & simetris lagi buletnya. Hihihi lucuuu juga. Kebayang ajah kalo lagi tidur miring ke kiri, jangan2 dia ikut mojok ke kiri juga. Soale pagi2 bejendol & lebih berat itu sebelah kiri. Apa jangan2 dia melintang. Duuhhh kok jadi banyak jangan2 nya niy. Hehehe...tau ah ga mau ngebayangin dia gmn. Yang penting kan abis itu perut gw simetris lagi...;-)

Trus sekarang, gw lebih sering anyang2an. Kaya ada yang sesuatu yang nyenggol2 kandung kemih gw. Timbulll terusss ilang, timbulll lagi ilang lagi. Kalo itu apa yah ?. Kepalanya kah yang nyenggol2 ato kakinya. Hihihi ga tau deh...dan bisa dalam sehari itu pipis bisa dalam itungan menit. Baru pipis, eehh pipis lagi & keluarnya itu dikit2. Pernah waktu itu sebelum tidur gw minum banyak banget dan pas bangun perut gw sakiittt banget. Kapok deh, ga lagi2 minum banyak sebelum tidur. Huhuhu...

Untuk kaki & tangan, udah muncul sedikit pembengkakan. Kadang2 bangun tidur, utk dibuat jalan, telapak kakinya suka ngilu2. Tapi abis itu ilang ngilunya dan kalo masalah perut, sekarang jadi hobi ngegodain ciii dede. Sering ngelatih dia untuk respon, misalnya dengan tepukan lembut 3 kali sambil bilang 'Tendang, tendang, tendang' eehhh ga lama dia nendang di tempat yang kita tepuk itu. Ato dengan usapan lembut di perut dan ga lama dia ikut nendang juga. Hihihi...si Ayahnya jadi ikutan juga ngegodain, katanya lucuuuu. Hehehe...

Untuk tendangannya sendiri, lebih bisa gw rasain. Kalo malem2, kalo gw belum makan, kalo Ayahnya ga ada, kalo lagi dengerin musik, kalo lagi sujud, kalo lagi ngaji, kalo lagi gw ajak ngobrol, kalo kita lagi bacain buku cerita, kalo Ayahnya lagi usap2 perut, dll. Seneng ajah siy sekarang ciii dede udah sering merespon, walopun gw masih bertanya2 apakah arti tendangannya...^_^

Pernah waktu itu pagi2, ketika gw mo buka bungkus roti dan bikin susu. Tiba2 dia udah nendang2 duluan & pernah juga pas lagi mo motong mangga, baruuu ajah mo ngupas kulitnya, dia nendang2 juga. Hihihi tau ajah kamuuuu diluar perut ada makanan enak yaahhh...;-)

Dan sekarang, ciii dede udah 34 minggu. Ga trasa bentar lagi akan melihat dunia & bertemu dengan orang2 yang sayang sama dia. Terutama Ayah Bundanya ini...Hehehe...



Udah banyak perubahan yah, pipi, perut, dllnya. Dan teteuppp ada juga yang bilang 'Kok ga keliatan yah' ato 'Kok udah gede banget siy'. Gpp deh, terserah mereka mo bilang apa. Yang penting kan cii dede dalam perut sehat2 & bae2 ajah. Amiinn...^_^

Kalo soal deg2an menuju persalinan. Hohoho pastinyaaa. Tapi skrg udah lebih pasrah & lebih mikirin ga sabarnya mo ketemu ciii dede untuk ilangin rasa ga karuan itu. Dan gw percaya, apapun yang terjadi nti, itu adalah jalan yang udah DIA kasi ke gw. Mo jalannya normalkah ato cesarkah, yang terpenting adalah ciii dede bisa keluar dengan sehat & selamat nantinya. Amiinn...;-)

Ga sabaaaarr niy mo tau cerita esok hariiii. Abis lagi smangat2nya & teteup berusaha jauh2 dari pikiran negatif. Hehehe, kan biar ga deg2an critanya. Doakan akyuuu yaaahhhh...^_^

Minggu, 01 November 2009

Perlengkapan melahirkan yang harus dibawa ke RS

Genap sudah diriku ini memasuki usia 34 minggu di minggu ini. Dimana dari crita temen2 gw yang baru ajah melahirkan, rata2 pada maju smua waktu melahirkannya ( sebelum usia 40 minggu ). Bahkan ada yang maju 3 minggu dari waktu yang seharusnya. Ck...ck...ck...diluar dugaan banget yaaahhh...

Oleh karena itulah, bulan November ini udah waktunya gw untuk berjaga2 walopun due date nya jatuh tanggal 16 Desember 2009 nti. Soale ga ada yang bisa memprediksi ada apa gerangan di depan sana. Jadiiii mulai deh cari2 info tentang perlengkapan apa ajah yang harus dibawa ke RS. Dapet bocoran dari Jeung Anthie dan dari berbagai sumber. Ini dia listnya...

Untuk Bumil :
  • Dompet ( KTP, ATM, Uang Cash )
  • Al-Qur'an
  • Jilbab segitiga & jilbab bergo & daleman jilbab
  • Peniti & Bros
  • IPOd & charger ( untuk ilangin stress, tegang, dll sebelum & sesudah melahirkan )
  • Tempat kacamata
  • 1 Baju untuk pulang
  • 3 Baju ( blus ) Kancing depan untuk menyusui
  • 3 Kain panjang / kain bentuk sarung (Better bentuk sarung biar dipakenya lebih gampang)
  • 3 Kimono ( jaga2 kalo ribet pake blus kancing depan & kain sarung )
  • 6 atau lebih Pakaian dalam
  • 2 Gurita ibu
  • Kaos kaki ( jaga2 kalo kedinginan )
  • 2 atau 3 bra menyusui
  • Pembalut bersalin untuk darah nifas
  • Sandal Ungu untuk ke kamar mandi dan jalan-jalan
  • Hp & Charger ( buat SMS temen-temen kasih tau kabar bahagia...)
  • Cemilan & minuman
  • Perlengkapan Make up ( biar teteup cakep. Hihihi...)
  • Buku2 ato majalah ( untuk ngisi waktu luang )
  • Perlengkapan Mandi ( sabun, sikat gigi, odol, shampo, deodorant, colonge, handuk )
  • Baby oil
  • Body lotion

Untuk Baby Z :
  • 2 pasang Baju newborn ( untuk pulang dari RS. Karena slama di RS, pake baju dari RS )
  • 2 Topi bayi
  • 2 pasang Sarung tangan bayi
  • 2 pasang Kaos kaki bayi
  • 2 Gurita bayi ( utk jaga2, walopun ada beberapa RS yang ga menganjurkan utk dipake )
  • 2 - 5 Diapers ( new born diapers ) / Cloth diaper
  • 2 helai Bedong bayi
  • Selimut yang ada topi nya ( untuk setelah pulang dari rumah sakit )
  • Anting bayi ( kalo babynya Perempuan yaahh, biar bisa sekalian ditindik di RS )

Untuk Ayah :
  • Dompet ( KTP, Uang Cash, ATM )
  • Camera Digital + Charger ato HandyCam + Charger
  • Peralatan Mandi ( Sabun, Shampo, Deodorant, Sikat gigi, Odol, Cukuran, handuk )
  • Baju ganti + Pakaian dalam
  • Sendal jepit
  • Cemilan & minuman
  • Hp & Charger
  • Al-Qur'an + Sarung + Sajadah
Ehmmm apalagi yaahh. Monggo kalo2 ada yang kurang ditambahin yaahhh...;-)

Tips : Ada baenya kalo kuku kita dipotong dulu dan dijaga agar slalu pendek. Trusss kalo bisa hubby nti pake lengan panjang untuk menghindari luka2 cakaran & remasan tangan kita nti. Hihihi...^_^...Duuhhh kok jadi deg2an yaahhh...;-)