Rabu, 08 Juli 2009

Tips menambah nafsu makan saat kehamilan

Salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil adalah tidak stabilnya nafsu makan. Kadang smangat, kadang males, kadang2 maunya jajan mulu. Yaaahhh itulah yang gw rasain di bulan2 trisemester pertama kemaren, yang akhirnya terbawa juga sampe bulan2 berikutnya. Huhuhu...Gw paling smangat banget kalo soal makan bakso, mie ayam, somay, batagor dan berbagai jajanan lainnya. Gw sadar itu ga sehat untuk bayi gw. Tapiiii, entah kenapa setiap gw liat nasi bawaannya itu kenyaanggg melulu. Kasian deh bayi gw...Hiks...

Akhirnya gw coba cari2 cara karena gw ga bisa terus2an menjalani pola makan yang ga sehat itu karena gw masih mikirin kesehatan bayi gw, dia perlu dan dia layak kok dapat gizi yang lebih baik dari yang slama ini dia dapet. Gw cuma mau satu, gw mau dia jadi anak yang sehat...Itu ajah...Dan gw langsung deh mengurangi dikit2 frekuensi jajan gw, kalo mo jajan gw inget yang di dalem. Tapiii kalo emang ga bisa ditahan2 lagi, yaahhh teteup gw turutin apa yang gw mau. Hihihi...

Kalo untuk nasi, mgkn temen2 juga ngalamin hal yang sama kaya yg gw rasain. Dan dibawah ini, mgkn sedikit tips untuk kita biar lebih smangat makan nasi :
  • Kalopun nasinya sedikit, usahain lauk pauknya teteup masuk perut, kalo perlu ditambah.
  • Untuk gantiin nasi, mgkn bisa diganti sama karbohidrat yang laen. Kaya roti, kentang rebus ato goreng, dan bisa juga ubi rebus ato singkong rebus yang dipakein gula. Ehmmm yummy...
  • Bentuk nasi ada banyak banget, mgkn bisa coba bubur ayam ato lontong ato ketupat dengan lauk yang kita suka.
  • Kalo 3 cara diatas itu teteup ga berhasil juga, mgkn bisa dicoba cara yang terakhir ini. Dari beberapa lauk pauk yang ada, ada yang rasanya ASIN, PEDES, MANIS, GURIH, TUMISAN, REBUSAN, SAYUR BENING dll. Uji coba smua rasa itu dimulut & perut kita, apakah ada yang bikin kita smangat makan ato malah ga smangat sama sekali. Dan setelah itu smua gw coba, ternyata gw menemukan, kalo gw makan lauk yang PEDES & MANIS, GURIH & TUMISAN & BENING, langsung deh gw lahap banget makan nasinya. Kaya semur telor, semur tahu, nasi goreng, sayur tumisan & sayur bening, dll.

Ini smua cuma sekedar share dari apa yang pernah gw alamin. Moga2 berhasil yah teman2 karena walopun nasi yang kita makan sedikit, percaya deh itu akan berguna banget utk janin kita. Tentunya dengan lauk pauk yang menyehatkan lainnya yaahhh. Dan bye bye jajanan...^_^

4 komentar:

sheika mengatakan...

thx ya...infonya berguna...

Icha mengatakan...

Sami-sami sheika...Lam kenal yaahhh...;-)

Anonim mengatakan...

hik.hik.hik... :(
sama yg dialamin istri gw... makannya susah banget paling banyak 3 sendok makan, tp kalo soal jajan yg ga jelas no 1. kantong gw jadi kempes.. stelah gw baca tips itu kira2 ampuh ga yah... pesimis gw...

BunDa aTa mengatakan...

hmmm..sm yg q alamin skrg,hml trimester pertama susah makan,mnm susu pun susah tp unt obat g lupa,kasihan bayiku jd mau g mau ya mkn wlopn sdkt2.smg sll dlm lindungan-NYA.thx ya infonya.